cover
Contact Name
Pindi Setiawan
Contact Email
jurnalwimba@gmail.com
Phone
+62222516567
Journal Mail Official
jurnalwimba@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Seni Rupa & Desain - Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha No.10 Bandung, 40132
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Wimba: Jurnal Komunikasi Visual
ISSN : 20850948     EISSN : 27147207     DOI : https://doi.org/10.5614/jkvw
Wimba Jurnal Komunikasi Visual (2085-0948) is a peer-reviewed and open access journal in the field of visual communication and aims to publish academic article and to create discussion among lecturers, students, researchers and professionals in the field of visual communication design, graphic design, heritage-related design, illustration, typography, photography, multimedia interactive design, advertising and social campaign, branding, packaging design, sign system, interface design, visual language, animation, game design and other visual commucation-related fields. Published and organized by Visual Communication and Multimedia Research Group of ITB (Bandung Institute of Technology) since 2009, the journal is published twice a year every July and December. Wimba Jurnal Komunikasi Visual (2085-0948) adalah jurnal peer-review dan akses terbuka di bidang komunikasi visual dan bertujuan untuk mempublikasi artikel akademik serta menciptakan diskusi di antara pendidik, mahasiswa, peneliti dan profesional dalam bidang desain komunikasi visual, desain grafis, desain berbasis budaya tradisi, ilustrasi, tipografi, fotografi, desain multimedia interaktif, periklanan dan kampanye sosial, branding, desain kemasan, marka grafis, desain antarmuka, bahasa rupa, animasi, desain game dan bidang lainnya yang terkait pada komunikasi visual. Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia, FSRD ITB sejak tahun 2009 dan terbit dua kali setahun setiap Juli dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2019)" : 5 Documents clear
POTENSI KINETIC TYPOGRAPHY SEBAGAI MEDIA INFORMASI Annisa Luthfiasari
Wimba : Jurnal Komunikasi Visual Vol. 10 No. 2 (2019)
Publisher : KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.811 KB) | DOI: 10.5614/jkvw.2019.10.2.2

Abstract

Seiring dengan munculnya berbagai media komunikasi baru dan kebutuhan akan media digital yang terus meningkat, muncul suatu bentuk karya tipografi baru yaitu dalam bentuk kinetic typography. Menurut Hostetler, kinetic typography adalah kombinasi antara tipografi dan gerak (motion) atau biasa juga disebut sebagai typographic animation [2]. Peran tipografi (huruf) sebagai alat komunikasi tentunya tidak dapat dipungkiri lagi. Akan tetapi, dirasa perlu untuk mengkaji lebih jauh bagaimana tipografi bila diadaptasi dalam bentuk digital dan bertransformasi dalam bentuk time-based media. Dalam jurnal ini akan dibahas bagaimana potensi dari kinetic typography sebagai media informasi dengan mengintegrasikan beberapa teori untuk dapat diambil kesimpulan. 
"LITTLE MOMENTS" PERANCANGAN KAMPANYE QUALITY TIME BAGI IBU BERKARIER Tania Andini
Wimba : Jurnal Komunikasi Visual Vol. 10 No. 2 (2019)
Publisher : KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.941 KB) | DOI: 10.5614/jkvw.2019.10.2.3

Abstract

Gaya hidup di perkotaan yang serba cepat membuat tekanan dari pekerjaan menjadi semakin berat. Tuntutan peran ganda sebagai ibu dan sebagai pekerja mengakibatkan ibu berkarier menjadi golongan paling rentan terhadap stres dan berbagai penyakit yang bersumber dari stres – terutama bagi ibu berkarier yang tinggal di wilayah perkotaan. Rasa bersalah karena kurang menghabiskan waktu bersama keluarga dan mengurus anak dapat mengakibatkan stres bagi ibu berkarier. Kampanye dirancang bagi ibu berkarier untuk pengoptimalan quality time bersama keluarga sebagai salah satu cara mengurangi stres. Secara keseluruhan, kampanye ini akan terbagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap conditioning, tahap informing, dan tahap reminding. Target audiens untuk kampanye ini adalah ibu berkarier rentang usia 28-40 tahun, SES AB, bekerja di kota besar, memiliki anak yang masih dalam rentang usia di bawah 12 tahun, aktif di media sosial dan memiliki banyak aktivitas di luar rumah. Kampanye ini dapat menggugah kesadaran ibu untuk membangun ikatan emosional yang lebih kuat dengan keluarganya, terutama dengan anak yang masih membutuhkan peran ibu, dengan cara-cara yang masih bisa dilakukan. Dengan demikian, maternal deprivation dapat dicegah bagi anak sekaligus mencegah stres bagi ibu berkarier.
PERANCANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI UNTUK REMAJA TUNARUNGU Siti Amalia
Wimba : Jurnal Komunikasi Visual Vol. 10 No. 2 (2019)
Publisher : KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.793 KB) | DOI: 10.5614/jkvw.2019.10.2.4

Abstract

Kebanyakan remaja tunarungu memiliki tingkat intelegensi yang sama dengan remaja normal, hanya saja kebanyakan remaja tunarungu memiliki rata-rata prestasi di bawah remaja normal (non-ABK) dikarenakan mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan serta potensinya secara optimal. Padahal sudah tercantum dalam UUD pasal 5 ayat 1 bahwa "setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan bermutu". Tingkat kemampuan berkomunikasi yang rendah mengakibatkan mereka lebih memilih untuk menghindari situasi komunikasi dengan orang yang mendengar karena tidak berani untuk menyampaikan gagasan, ragu terhadap diri sendiri dan takut salah sehingga memunculkan rasa tidak percaya diri. Kurangnya rasa percaya diri dalam diri mereka membuat mereka pasrah dalam menjalani hidup dan tidak sadar akan potensipotensi mengagumkan yang dapat mereka miliki. Ini salah satu penyebab mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga lebih rentan terhadap kemiskinan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya motivasi pentingnya meningkatkan rasa percaya diri untuk kalangan remaja tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode berupa studi literatur dan metode kuantitatif berupa pengumpulan data primer melalui wawancara, observasi serta kuesioner yang dilakukan kepada siswa SLB B berusia 16-19 tahun. Hasilnya, hanya 1 dari total 12 remaja tunarungu pengisi kuesioner yang memiliki rasa percaya diri dari ketunarunguan di miliki dan banyak dari mereka yang memiliki keyakinan bahwa ketunarunguan mereka yang menghambat mereka untuk mewujudkan cita-cita atau melanjutkan sekolah setelah lulus SMA nanti. Konsep yang dipilih adalah media linear film pendek dengan teknik animasi 2D karena dianggap mampu mempersuasi remaja dengan cerita yang emosional untuk memotivasi dan memunculkan rasa percaya diri. Konsep animasi ini berfokus pada motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi remaja tunarungu.
PERANCANGAN KAMPANYE KOMERSIAL GOJEK DENGAN MENGANGKAT FENOMENA PENGENDARA DI BAWAH UMUR Muhammad Afif
Wimba : Jurnal Komunikasi Visual Vol. 10 No. 2 (2019)
Publisher : KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.053 KB) | DOI: 10.5614/jkvw.2019.10.2.5

Abstract

Gojek sebagai pelopor ojek online di Indonesia memiliki peran untuk mewujudkan salah satu pilar perusahaannya yaitu berdampak sosial. Dengan itu penulis akan merancang kampanye komersial Gojek yang mengangkat isu sosial yaitu pengendara di bawah umur. Tiap tahunnya korban kecelakaan yang melibatkan pengendara dibawah umur terus meningkat. Berdasarkan analisis, akar dari masalah ini adalah karena orang tua memberikan kendaraan pribadi kepada anakanya yang masih belum cukup umur dengan berbagai alasan. Dari fenomena itu perusahaan Gojek sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi berbasis ride-hailing bisa mengadakan kampanye komersial yang mengandung unsur edukasi sebagai solusi permasalahan fenomena ini. Perilaku orang tua yang memberikan anaknya kendaraan pribadi sebelum waktunya dapat dianalisa melalui wawancara pada ahli, wawancara pada target audiance, dan studi literatur. Perilaku yang membahayakan tersebut dapat diberikan edukasi dan solusi melalui kampanye komersial Gojek dengan informasi yang tepat. Informasi yang diberikan mengenai bahaya mengizinkan anak dibawah umur untuk berkendara dan memberikan Gojek sebagai solusinya. Melalui kampanye pemasaran dengan nilai edukasi yang dikemas menggunakan strategi komunikasi dan edukasi yang tepat, perubahan perilaku orang tua yang mengizinkan anaknya berkendara dibawah umur akan semakin membaik secara bertahap.
PERANCANGAN 4 SERI BUKU ANAK BERTEMA BINATANG UNTUK TERAPI ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD): TACTILE, CONCEPT, SEQUENCE, SOSIAL. Wenny Yosselina
Wimba : Jurnal Komunikasi Visual Vol. 10 No. 2 (2019)
Publisher : KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.164 KB) | DOI: 10.5614/jkvw.2019.10.2.1

Abstract

ASD (Autism Spectrum Disorder) adalah gangguan pada pertumbuhan anak yang menyebabkan kesulitan fungsional dasar sehingga anak menarik diri dari dunia luar. Sekitar 6.900 anak Indonesia menyandang ASD (2000) dan terus meningkat 1 per 500 anak/tahun. Anak ASD cenderung belajar secara visual seperti menggunakan Buku Cerita Anak namun di Indonesia buku tersebut masih langka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara terapi dan elemen grafis alat bantu terapi di Hasanah Autism Center Bandung. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan metode mengajar dominan adalah Floor-time dan alat bantu terapi grafis berupa kartu memori dengan ilustrasi berbentuk gambar informatif tentang benda kongkret.

Page 1 of 1 | Total Record : 5