cover
Contact Name
Aenor Rofek
Contact Email
biro3@unars.ac.id
Phone
+6281331725275
Journal Mail Official
aenor_rofek@unars.ac.id
Editorial Address
Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Jl. Pb. Sudirman No.7, Karangasem, Patokan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68312
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Education and Counseling Journal
ISSN : 27761223     EISSN : 27759466     DOI : 10.36841
Core Subject : Education, Social,
Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan jurnal pendidikan dan juga konseling, jurnal ini mewadahi segala bentuk penelitian yang diharapkan mampu memberikan publikasi kepada masyarakat luas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET" : 7 Documents clear
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORTING DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DENGAN JUMLAH SISWA 15 SISWA DI SD NEGERI 1 KAPONGAN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Sunaryadi .
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.576 KB) | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.924

Abstract

Pembelajaran yang kurang memperhatikan perbedaan individual siswa dan didasarkan pada keinginan guru, akan sulit untuk dapat mengantarkan siswa ke arah pencapaian tujuan pembelajaran. Kondisi seperti inilah umumnya terjadi pada pembelajaran konvensional. Konsekuensi dari pendekatan pembelajaran seperti ini adalah terjadinya kesenjangan yang nyata antara siswa yang cerdas dan siswa yang kurang cerdas dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Guru agama Islam adalah orang yang memberikan materi pengetahuan agama Islam dan juga mendidik murid-muridnya, agar mereka kelak menjadi manusia yang takwa kepada Allah SWT. Di samping itu, guru agama Islam juga berfungsi sebagai pembimbing agar para murid sejak mulai sekarang dapat bertindak dengan prinsip-prinsip Islam dan dapat mempraktikkan syariat Islam. Ketuntasan Individual Seorang siswa dikatakan telah memenuhi standar ketuntasan belajar bila mencapai skor 65 dari skor maksimal 100. Ketuntasan Klasikal Suatu kelas dikatakan telah memenuhi standar ketuntasan belajar di kelas tersebut telah mencapai 75% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai 65. Sehingga berdasarkan hasil tersebut diperoleh data dari 39 siswa yang mengikuti ulangan harian 1 siswa yang tidak tuntas belajar, karena siswa tersebut memperoleh nilai < 65 dari nilai maksimal 100 dan 37 siswa tuntas secara perorangan. Hasil tersebut mengalami peningkatan dari siklus I ini dapat terlihat dari rata-rata nilai. Rata-rata pada siklus I sebesar 66 dan pada siklus II sebesar 77. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya mencapai 60, pada siklus II ini sudah mencapai standar ketuntasan klasikal yang diterapkan pihak sekolah yakni mencapai 75%. Pada hasil belajar siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VI SDN 3 DEMUNG Akhmad Rasidi
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.876 KB) | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.904

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktifitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan aktifitas belajar. am, (2)Mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa lembar observasi aktivitas siswa dan hasil tes dalam setiap siklus.Dari hasil analis didapatkan bahwa aktifitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II. Pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 72.73% dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II mencapai 86.36% dengan kategori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 72.73% (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 100% (tuntas). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN PUSAT PADA KELAS 4 SEMESTER II SDN 1 KAPONGAN KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING ( CTL ) Iriyana .
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.703 KB) | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.932

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan dalam pengertian sebagai citizenship education, secara substantif dan pedagogis didesain untuk mengembangkan warga negara yang cerdas dan baik untuk seluruh jalur dan jenjang pendidikan. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan program pendidikan berdasarkan nilai-nilai pancasila sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat menjadi jati diri yang diwujudkan dalam bentuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari peserta didik baik sebagai individu, sebagai anggota masyarakat dan makhluk ciptaan tuhan Yang Maha Esa. hasil observasi awal di SDN 1 Kapongan, terlihat bahwa situasi belajar mengajar masih menggunakan metode lama yakni Ceramah, hal ini menyebabkan pengajaran yang berpusat pada guru sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN 1 Kapongan masih rendah dan menunjukkan nilai yang masih di bawah Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM=70). Sistem pengajaran yang baik seharusnya dapat membantu siswa mengembangkan diri secara optimal serta mampu mencapai tujuan-tujuan belajarnya. Dari hal tersebut perlu dicarikan alternatif lain untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi peranan globalisasi. Hal ini mengingat pentingnya pengajaran PKn untuk membentuk karakter siswa tingkat Sekolah Dasar, sehingga dipilihlah pendekatan CTL yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn pada materi peranan globalisasi. Selain itu penerapan CTL menekankan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga merangsang kemampuan berfikir yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn pada materi peranan globalisasi.Hasil pembelajaran pembelajaran PKn siswa pada siklus I diketahui jumlah nilai rata-rata yang diperoleh adalah 69.75 dari dua puluh siswa, yang mendapat nilai di atas KKM berjumlah sepuluh orang, dan sisanya masih banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah. Hal ini berarti bahwa nilai pembelajaran PKn siswa 50 masih di bawah KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Pada Pembelajaran PKn siswa pada siklus II diketahui jumlah nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77.75 dari dua puluh siswa, yang mendapat nilai di atas KKM berjumlah enam belas orang, sisanya masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini berarti bahwa nilai pembelajaran PKn siswa 80 sudah di atas KKM yang ditetapkan, yaitu 70.
PENERAPAN METODE CTL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA.1 SMA NEGERI JENGGAWAH MELALUI PEMBUATAN MODEL STRUKTUR SEL 3D An Rini Mudayanti
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.498 KB) | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.909

Abstract

The research application of CTL (contextual teaching and learning) method through making of 3D cell model aims to determine the effect on student's motivation, learning outcomes and to find out the understanding student concepts. For this reason, it is necessary to have a PTK with 2 cycles. The subjects of this research were students of SMA Negeri Jenggawah especially class XI IPA.1 which consisted of 36 students with 12 male and 24 female. The data analysis used is standards descriptive statistical of data analysis. The results of this research indicate that the application of CTL method through making of 3D cell models has a significant impact on student motivation and learning outcomes. Indicated by an increase in student learning motivation, so that it affects learning outcomes from pre-cycle to cycle 2 by 69%. There were 25 students who obtained very good criteria and an increase in classical learning outcomes of 86.11% (31 students who completed) with an average score of 79.83 = 80 and the highest score was 98 while the lowest score was 68.
PENANAMAN KARAKTER DEMOKRATIS PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS 2 SDN 3 AGEL KECAMATAN JANGKAR TAHUN AJARAN 2020/2021 Aenor Rofek; Desi Azhari
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.601 KB) | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman, kendala dan solusi dalam penanaman pendidikan karakter demokratis pada siswa melalui mata pelajaran PKn di kelas 2 SDN 3 Agel Kecamatan Jangkar .Data Penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model interaktif yang mempunyai beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penanaman pendidikan karakter demokratis pada siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas 2 SDN 3 Agel yaitu: siswa berani menyatakan pendapat, menyetujui hasil keputusan bersama, memiliki rasa kebersamaan, terbuka dan menerima pendapat orang lain. Kendala dalam penanaman pendidikan karakter demokratis yaitu, a). Faktor Lingkungan, dan b). Latar belakang siswa.Solusi terhadap kendala penanaman pendidikan karakter demokratis pada siswa melalui mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas 2 SDN 3 Agel diantaranya: mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran pembiasaan dan latihan
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP PECAHAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DALAM MASA PANDEMI COVID 19 DI SD 1 WRINGIN ANOM KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Mory Victor Febrianto; Nur Halimatus Zuhro
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.964 KB) | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.912

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas-kelas saat ini masih kurang di minati oleh siswa-siswi terutama di sekolah dasar, Minat ini besar pengaruhnya terhadap belajar, karena minat siswa merupakan faktor utama yang menentukan derajat keaktifan siswa, bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, sebab tidak ada daya tarik baginya. Berdasarkan hasil observasi kelas IV di SDN 1 Wringin Anom yang di lakukan oleh peneliti, peneliti menemukan suatu masalah yaitu masalah yang sering dirasakan sulit serta kurang diminati oleh siswa dalam pembelajaran matematika seperti contoh siswa merasa jenuh dan kesulitan dalam memahami pembelajaran yang di sampaikan oleh guru. analisis minat belajar Matematika pada materi konsep pecahan di kelas 4 SD Negeri 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng dapat di pengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor fisiologi dan faktor psikologi sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan belajar pada saat kegiatan luring. Dari faktor eksternal yang mempengaruhi adanya minat belajar siswa dari lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua, lingkungan belajar pada saat kegiatan luring berupa kedisiplinan yang harus diterapkan pada saat kegiatan luring dilaksanakan. Dari faktor-faktor tersebut harus diberikan penanganan yang khusus agar peserta didik memahami untuk pembelajaran matematika hususnya pada materi konsep pecahan, tidak adanya minat belajar yang dialami oleh peserta didik didalam pembelajaran Matematika materi konsep pecahan pada akhirnya dapat diketahui dan ditemukan secara sistematis yang berlokasi di SD Negeri 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2020/2021
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Dodik Eko Yulianto
Consilium: Education and Counseling Journal Vol 1 No 1 (2021): EDISI MARET
Publisher : Biro 3 Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/consilium.v1i1.2206

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) pada siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo mata pelajaran IPS materi uang semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo dari hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.

Page 1 of 1 | Total Record : 7