cover
Contact Name
Muhammad Malthuf
Contact Email
m_malthuf@uinmataram.ac.id
Phone
+6281805771373
Journal Mail Official
jurnalsociety@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam Negeri Mataram, Jl. Gajah Mada no. 100 Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
ISSN : 20870493     EISSN : 27155994     DOI : https://doi.org/10.20414/society.v12i2
Core Subject : Social,
Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram menjadi UIN Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Mataram (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 67). Jurnal Society menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan sosial.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013" : 5 Documents clear
ACTUALIZATION OF PEDAGOGY FOR TRANSFORMATION IN SOCIAL SCIENCE EDUCATION Ade Alimah
SOCIETY Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v4i2.332

Abstract

Ade Alimah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram Email: Abstrak Dalam masyarakat kontemporer yang ditandai dengan perubahan yang cepat, globalisasi, kemunculan pengetahuan baru, dan kemajuan teknologi di satu sisi; dan persoalan-persoalan sustainabilitas di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan lingkungan di sisi lainnya, pedagogi transformatif diperlukan. Berdasarkan teori pembelajaran transformatif yang dikembangkan dari pandangan konstruktivisme dan humanisme, pedagogi transformatif bertujuan untuk mengubah persepsi, sikap, dan perilaku peserta didik yang pada akhirnya dapat mendorong aksi sosial dan perubahan sosial demi terwujudnya keadilan dan sustainabilitas pembangunan. Pedagogi transformatif menekankan pentingnya suasana belajar yang ramah dan dialogis yang dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Pedagogi transformatif menuntut pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang mengintegrasikan ranah kognisi, afeksi, dan psikomotor peserta didik; menghubungkan suatu topik pelajaran dengan berbagai disiplin ilmu; dan mengkontekstualisasikan pembelajaran dengan kehidupan nyata. Pedagogi transformatif mendorong pendidik untuk mendesain aktivitas-aktivitas pembelajaran yang menantang dan mendalam sehingga peserta didik mau terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membangun pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif. Refleksi kritis sebagai salah satu strategi terpenting dalam pedagogi transformatif berguna untuk menelaah persepsi-persepsi dalam pengetahuan dan praktik-praktik sosial yang bias; menimbulkan kesadaran kritis; mengubah kognisi, afeksi, dan perilaku peserta didik; dan mendorong tindakan sosial sehingga pada akhirnya peserta didik dapat berkontribusi bagi perubahan sosial menuju keadilan dan sustainabilitas pembangunan
TEKNIK MANAJEMEN KELAS BAGI EFEKTIFITAS AKTIVITAS PEMBELAJARAN Supardi Supardi
SOCIETY Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v4i2.333

Abstract

Teaching in a typical classroom, teachers play at least three major roles: making choises about instructional strategies, designing classroom curriculum and making employing classroom management technique. Of the three roles, classroom management is arguably the foundation. Effective teaching and learning can not take place in a poorly managed classroom. If students are disorderly and disrespectful, and no apparent rules and procedures guide behavior, chaos becames the norm. In these situstions, both teachers and students suffer. Teachers struggle to teach, and students most likely learn much less than they should. In contrast, well-managed classrooms provide an environment in which teaching and learning can flourish. But a well-managed classroom management does not just appear out of nowhere. It takes a good deal of effort to create, and the person who is most responsible it is the teacher. This article discusses some questions relating to the concept of classroom management, teacher’s role as a classroom manager, and procedure and discipline as the main aspects of classroom management including research and practice perspectives on which they are based.
IMPELEMENTASI GOOD GOVERNANCE DI IAIN MATARAM Baiq Ari Yusrini
SOCIETY Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v4i2.334

Abstract

Good governance bagi perguruan tinggi merupakan sebuah konsep yang muncul karena kesadaran bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi dan institusi perguruan tinggi memang tidak dapat disamakan dengan penyelenggaraan sebuah negara atau korporasi. Dalam fikih terdapat tiga aspek good governance (1) spiritual governance, (2) economic governance, dan (3) political governance. Nilai-nilai good governance yang harus dilaksanakan oleh IAIN Mataram mencakup 5 (lima) aspek, yaitu : transparansi (transparancy), kemandirian (independence), akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibility), kesetaraan dan kewajaran (fairness). Nilai-nilai ini diperlukan di IAIN Mataram untuk menjamin pencapaian kinerja yang berkesinambungan dengan tetap memperhatikan pemangku kepentingan (stakeholders).
STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI INDONESIA Hanna Fithriyati
SOCIETY Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v4i2.335

Abstract

Pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan sebuah upaya untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional. Eksistensi dan peran UMKM mencapai 55,21 juta unit usaha, dan merupakan 99,99 persen dari pelaku usaha nasional. Kontribusi yang diberikan oleh UMKM disamping dalam hal penyerapan tenaga kerja sebesar 97,24 persen dari total penyerapan tenaga kerja yang ada, juga terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia cukup tinggi yaitu mencapai 57 persen. Namun terdapat beberapa masalah yang dihadapi dalam strategi pengembangan UMKM, diantaranya kesulitan pemasaran, ketersediaan bahan baku dan kesulitan permodalan. Oleh karena itu dilakukan berbagai strategi pemberdayaan UMKM meliputi strategi peningkatan iklim usaha yang kondusif peningkatan akses kepada sumber daya produktif, pengembangan produk dan pemasaran, peningkatan daya saing sumber daya manusia, peningkatan pola kemitraan dengan sesama UMKM maupun dengan usaha besar.
PEMBELAJARAN MAHARAT AL-KALAM DALAM BAHASA ARAB Wira Purwana
SOCIETY Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v4i2.337

Abstract

Tulisan ini menginformasikan tentang Pengajaran Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Arab pada semua tingkatan sekolah. Secara jelas diakui bahwa keterampilan menyimak menempati urutan awal menurut prioritas, disusul oleh keterampilan berbicara, kemudian membaca dan terakhir menulis.Tulisan ini juga menginformasikan sistimatika pelaksanaan pengajaran keterampilan berbicara dalam bahasa Arab yang diawali pemilihan/pengorganisasian materi, jenis-jenis kegiatan komunikatif, pre-teaching Plan (Rencana Penyajian Materi), Demonstration/mendemonstrasikan percakapan dan Role Plays/main peran yaitu menulis naskah yang dikerjakan secara berkelompok baik yang dipersiapkan dalam kelas maupun di luar kelas (di luar jam kuliah), seterusnya secara bergilir diminta memainperankan tugasnya di depan kelas. Informasi pada tulisan ini diharapkan dapat menjadi bahan perbandingan terhadap apa yang telah dilaksanakan atau sementara dilaksanakan pada pengajaran keterampilan berbicara dalam bahasa Arab.

Page 1 of 1 | Total Record : 5