cover
Contact Name
Rista Dwi Permata
Contact Email
rista.permata.rp@gmail.com
Phone
+6282141311172
Journal Mail Official
gcejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61 (62391) Tuban-Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
GCEJ (Golden Childhood Education Journal)
ISSN : -     EISSN : 27750221     DOI : https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1
Core Subject : Education,
Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Anak Usia Dini Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Inovasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, dan Berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE STICK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 4-5 TAHUN Ifa Aristia sandra; afifi nur Rohmatin; Anindya Purnama
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.091 KB)

Abstract

Pengembangan Media Puzzle Stick dipilih oleh peneliti karena kurangnya media dalam mengenalkan angka pada anak. Penyebabnya anak tidak tertarik pada pembelajaran dan pembelajaran kurang menantang bagi anak. Pengenalan lambang bilangan angka 1-10 pada anak dapat dilakukan melalui media yang menarik perhatian anak. Pemilihan media yang tepat dapat mempengaruhi pemahaman anak terhadap apa yang dipelajari. Objek pada penelitian ini adalah media Puzzle Stick. Untuk menentukan kelayakan media puzzle stick yang dikembangkan data yang dihasilkan analisis dengan menggukan kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari validasi produk yang dilakukan oleh ahli media didapatkan presentase sebesar 72,3%. Serta penilaian dari ahli materi didapatkan persentase sebesar 79,8% . Sehingga media puzzle stick Layak digunakan sebagai media pembelajaran mengenal angka.
PENGEMBANGAN MEDIA BUSYBAG UNTUK PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOGNITIF, BAHASA DAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA BUSYBAG kholifah kholifah; Sumiyati Sumiyati
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.245 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v2i2.337

Abstract

Penelitianini dilatar belakangi kurangnya ketersediaan media yang menarik untuk pelaksanaan pembelajaran. Maka dari itu, peneliti melakukan pengembangan media busybag untuk membantu pembelajaran anak usia 3-4 tahun terutama dalam perkembangan aspek kognitif, bahasa dan motorik halus. Tujuan dari‘penelitian ini adalah menciptakan sebuah media yang menarik Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut, pengembangan media busybag menggunakan pendekatan penelitian RND (Researc and development) dengan menggunakan’model pengembangan Borg and Gall (dalamSugiono, 2015:35);yang terdiri dari 10 tahap dintaranya adalah:’1).Observasi’dan pengumpulan data, 2).Perencanaan, 3). Pengembangan bentuk awal’produk, 4).Pengujian lapangan bentuk’awal, 5).Revisi Produk awal, 6). Uji kelayakan produk, 7).’Revisi produk yang dioperasionalkan,;8). Pengujian;lapangan produk, 9).Revisi produk akhir, 10). Pendesiminsian dan pengimplementasian. Akan tetapi dikarenakan adanya pandemi covid-19 maka peneliti hanya menggunakan beberapa langkah yaitu’1). Observasi dan pengumpulan data, 2). Perencanaan, 3).Pengembangan bentuk awal, 4).Uji kelayakan produk, 5). Revisi produk akhir. Hasil penelitian media Busybag telah diuji oleh 2’dosen ahli materi dan 3 dosen ahli media. Penghitungan darirahli media mendapat 4,23 dan dinyatakan valid, dari ahli materi sendiri penghitungan mendapatkan 4,1 dan dinyatakan valid menjadi media busybag untuk membantu dalam pembelajaran kemampuan kognitif, bahasa dan’motorik halus anak usia 3-4 tahun.
UPAYA MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERMATA BUNDA KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN Rista Dwi Permata; Dewi Fatimah; Sumadi Sumadi
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.183 KB)

Abstract

Bahasa merupakan salah satu dari aspek perkembangan yang terdapat pada tiap-tiap individu yang perkembangannya harus di stimulasi dengan optimal. Pendidikan anak tidak bisa dilepaskan dari peran Bahasa. Kemampuan anak dalam menerima ataupun menyampaikan informasi tergantung dari seberapa berkembangnya kemampuan berbahasa anak. Pada prakteknya di lapangan, banyak kemampuan berbahasa anak di TK Permata Bunda masih belum berkembang dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK dengan melalui 2 siklus. Dari pelaksnaan penelitian ini didapatkan hasil yang memuaskan anatar siklus I dan siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan. Dari siklus I didapatkan hasil nilai rata-rata kelas 60%, meningkat menjadi 77% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa anak.
PENERAPAN MEDIA TANAMAN HERBAL TERHDAPA KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGENAL BAU PADA ANAK KB SEMI MULYA Ifa Aristia sandra; Titin Khomsatun
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.255 KB)

Abstract

Penelitian. ini .dilatar .belakangi .hasil .pengamatan .peneliti, .bahwa .keterampilan .proses .sains .pada .anak .kelompok .B .KB .Semi .Mulya .masih .rendah.. .Dikarenakan .media .pembelajaran .yang .digunakan .belum .tepat.. .Untuk .menyelesaikan .masalah .tersebut .peneliti .akan .menggunakan .media .tanaman .herbal .untuk .meningkatkan .keterampilan .proses .sains .khususnya .mengenal .bau. .Rumusan .masalah .dalam .penelitian .ini .adalah .apakah .dengan .menggunakan .media .tanaman .herbal .dapat .meningkatkan .keterampilan .proses .sains .dalam .mengenal .bau .pada .anak .didik .kelompok .B .di .KB .Semi .Mulya .pada .tahun .pelajaran .2019/2020. Adapun .tujuan .dalam .penelitian .ini .adalah Mengetahui .bagaimana .peningkatan .penerapan .penggunaan .media .tanaman .herbal .terhadap .keterampilan .proses .sains .mengenal .bau .pada .anak .Kelompok .B .di .KB .Semi .Mulya .tahun .pelajaran .2019./ .2020.. .Jenis . .Penelitian .ini .adalah .Penelitian .Tindakan .Kelas . (.Classroom .Action .Research.) .dengan .dua .siklus., .setiap .siklusnya .terdiri .dari .empat .tahap .yaitu .perencanaan., .tindakan., .pengamatan., .dan .refleksi.. .Subjek .penelitian .adalah .anak .didik .kelompok .B .KB .Semi .Mulya .yang .berjumlah .18 .anak.. .Data .dikelompokkan .melalui .teknik .observasi .dan .dokumentasi.. .Analisa .data .menggunakan .teknik .deskriptif .kualitatif .dengan .mencari .presentasi .ketuntasan .siswa .65.% .dan .ketuntasan .kelas .85.%. .Hasil .penelitian .data .prasiklus .prosentase .ketuntasan .kelas .33.% .atau .6 .anak., .pada .siklus .I .prosentase .ketuntasan .kelas .67.% .atau .12 .anak., .dan .pada siklus II prosentase ketuntasan kelas 87,5% atau 16 anak yang artinya kelas dinyatakan tuntas dalam memenuhi indikator yang diinginkan peneliti. Kesimpulannya, ada peningkatan keterampilan proses sains mengenal bau dengan diterapkan melalui media tanaman herbal pada anak kelompok B KB Semi Mulya Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020
PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER HURUF DAN ANGKA UNTUK MENGENALKAN HURUF-HURUF ABJAD DAN ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN dwi imam efendi
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.794 KB)

Abstract

This research produces a specific product and tests the product. iThe product developed will be tested and each trial will be evaluated. The ASSURE model combines iall instructional activities, starting from designing good activities starting with student interest then presenting new material. The conclusions obtained from this research and development are as follows: Media development Media calendar letters and numbers in learning have been validated by several experts. Media experts get a percentage of 90%, material experts get a percentage of 92%, so that the letter and number calendar media in learning is declared very feasible to use. So that the letter and number calendar media in thematic learning is very much needed and contributes greatly to supporting learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 5