cover
Contact Name
Rista Dwi Permata
Contact Email
rista.permata.rp@gmail.com
Phone
+6282141311172
Journal Mail Official
gcejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61 (62391) Tuban-Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
GCEJ (Golden Childhood Education Journal)
ISSN : -     EISSN : 27750221     DOI : https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1
Core Subject : Education,
Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Anak Usia Dini Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Inovasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, dan Berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DITINJAU DARI ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA Endah Nugrahaningtyas; Kholifah Kholifah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.259 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v3i1.396

Abstract

Urgensi bimbingan konseling pada dunia pendidikan disetiap tingkatan harus selalu disadari perannya dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan, demikian juga pada pendidikan anak usia dini. Untuk mencapai perkembangan yang optimal sesuai dengan kapasitas dan usia perkembangan anak usia dini diharapkan berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Kehidupan diera teknologi sekarang ini permasalahan semakin komplek tidak terkecuali pada anak usia dini yang menjadi korban efek tersebut. Bimbingan konseling dalam usahanya adalah membantu menhindarkan terjadinya hambatan dan membantu menyelesaikan hambatan yang terjadi. Pendidik PAUD dalam kegiatan pembelajaran di lembaganya sudah melaksanakan ide-die bimbingan konseling, hanya saja belum terorganisir secara sistematis sesuai dengan ide atau tata kerja dunia bimbingan konseling. Realitanya pelaksanaan bimbingan konseling anak usia dini sampai saat ini masih belum dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ialah untuk menggugah kesadaran para kepala lembaga PAUD dan para pendidiknya tentang pentingnya untuk melaksanakan bimbingan konseling pada anak usia dini. dan membekali sumder daya manusia yang mampu untuk melaksanakan bimbingan konseling pada anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA SMART APRON Maria Ulfa; Rista Dwi Permata; Dwi Imam Efendi; Sumadi Sumadi
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.394 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v3i1.397

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak, khususnya mengenai kemampuan mengenal bentuk geometri. Hal ini diduga disebabkan karena dalam proses pembelajaran, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Sehingga menyebabkan anak tidak memperhatikan perhatian guru ketika menjelaskan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam hal mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media smart apron. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sedayulawas dengan kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 12 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulam data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui media smart apron dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam hal mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.
KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MARBLE LITERASI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4 -5 TAHUN Lilik Denis Wijayanti; Siti Marli'ah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.211 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v3i1.399

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kurangnya variasi pada media pembelajaran bahasa sehingga pengembangan kemampuan bahasa pada anak terutama pada kemampuan dan minat membaca menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil penilaian kelayakan media Marble Literasi untuk menstimulasi kemampuan membaca awal pada anak. Prosedur dan langkah penelitian yang digunakan terdiri dari 5 tahapan. Tahapan tersebut diantaranya yaitu (1) Masalah potensial (2) Akuisisi data (3) Desain produk (4) Verifikasi Desain (5) Revisi Produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di lakukan pada penelitian ini adalah menyajikan data kualitatif dan kuantitatif dari hasil angket yang telah diisi oleh validator ahli materi dan media. Hasil angket yang diisi didapatkan hasil prosentase kelayakan sebesar 74,96% atau pada kategori “layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media “Marble Literasi” layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia 4 – 5 Tahun.
STORYTELLING TENTANG PROSOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK Luluk Masluchah; Zeti Andriani
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.52 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v3i1.406

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh storytelling tentang prososial terhadap perilaku prososial siswa RA umur 5-6 tahun. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh storytelling tentang prososial terhadap perilaku prososial anak RA. Populasi penelitian ini adalah murid RA Khoirun Nissa’Tegalrejo Bareng. Sampel ditetapkan sebanyak 22 anak kelas B dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah storytelling sedangkan variabel tergantungnya adalah perilaku prososial anak RA yang diungkap dengan rating scale perilaku prososial. Analisis data menggunakan Mann Whitney U Test. Perhitungan analisis statistik menggunakan SPSS. Hasil analisis diperoleh t= 38.000 dengan signifikan 0.139(>0.05) yang berarti tidak ada pengaruh storytelling terhadap perilaku prososial anak.Hal ini menunjukkan hipotesis ditolak.
MUSIK RELAKSASI SUARA ALAM TERHADAP PENURUNAN PERILAKU AGRESIF ANAK Wardatul Mufidah; Maya Rahmawati
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.919 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v3i1.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara musik relaksasi suara alam dengan perilaku agresif anak usia dini. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh mendengarkan musik relaksasi dengan perilaku agresif anak usia dini. Sample dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik RA Muslimat Tampingmojo umur 4- 6 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk memperoleh data agresivitas dalam penelitian ini, metode pengambilan data metode observasi dengan Rating Scale Agresivitas anak TK dengan dua orang Rater Uji Hipotesis yang digunakan adalah t- test one sample statistics. Berdasarkan hasil analisis t-test one scale Statistic didapatkan bahwa Indeks t = 8,487 dengan p = 0,000 (p < 0,01), Mean A1 > Mean A2. Hal ini menunjukkan ada perbedaan perilaku agresif yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah diperdengarkan Musik Relaksasi Suara Alam, dimana Perilaku Agresif sesudah diperdengarkan musik relaksasi Suara Alam lebih rendah (turun) dibanding sebelumnya. Jadi Hipotesis yang diajukan diterima.
ANALISIS VALIDITAS MEDIA MOVABLE BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA AUD Firdausi Nuzula Apriliyana
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.373 KB) | DOI: 10.55719/gcej.v3i1.408

Abstract

The type of this research is development research that produces Movable Book media products. The purpose of this study was to determine the feasibility of Movable Book media to stimulate language skills in children aged 5-6 years at Baiturrohman Kindergarten, Wangun Village, Palang District, Tuban Regency. This study uses the Research and Development (R&D) method which refers to the 4-D development model. The 4-D development model includes 4 stages, namely defining or defining, planning or design, developing or developing, and disseminating. In the process of collecting data, the researcher used a closed questionnaire which was submitted to the validators as experts. The validators involved in this study were five people consisting of two material experts and three media experts. There is no field test for students due to the COVID-19 pandemic which causes no teaching and learning activities in educational institutions. The subjects of this study were the five validators. Meanwhile, the object of this research is the Movable Book media. Based on the results of data analysis obtained from the validators, the results obtained from material experts are 76% with the criteria of "Very feasible". From the media experts, the results of the feasibility process were 75% with the "feasible" criteria. So from the feasibility analysis it can be concluded that this media is suitable to be used to improve children's ability to recognize prayer movements.

Page 1 of 1 | Total Record : 6