cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74,Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO)
ISSN : 14113635     EISSN : 29625645     DOI : -
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO) Fakultas Teknik - Universitas Persada Indonesia Y.A.I Volume 22, No. 2, Oktober 2021 P-ISSN: 1411-3635
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020" : 12 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DENGAN TEMA DRAG RACE BERBASIS VIRTUAL REALITY Farel Rocky Gary Kainama; Asril Basry
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.193 KB)

Abstract

Virtual reality merupakan bentuk pendekatan baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi dalam lingkungan simulasi komputer. Game Drag Race adalah salah satu jenis game balapan di mana para pembalap harus beradu kecepatan di trek lurus untuk mencapai garis finish. Seiring perkembangannya, Game Drag Race sudah mulai banyak diminati baik oleh kalangan anak muda ataupun dewasa. Dalam perkembangan teknologi dibidang pengembangan game, saat ini game dengan menggunakan virtual reality menjadi acuan bagi banyak developer game untuk mengkomersilkan game mereka. Berdasarkan permasalahan di atas penulis mendapatkan ide untuk membuat sebuah aplikasi dengan metode virtual reality menggunakan android yaitu sebuah Rancang Bangun Aplikasi Game Drag Race Berbasis Virtual Reality. Aplikasi ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) sebagai sebagai proses pembuatan aplikasi ini serta model dan metodologi untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Serta C# , unity sebagai aplikasi pengembangannya. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan permainan game drag race yang sudah dibuat dengan berbasis virtual reality dapat memberikan sensasi pengalaman yang berbeda saat game dimainkan. Kata kunci : Game drag race, C#, unity, SDLC, virtual Realty
PEMBUATAN APLIKASI TRANSAKSI SISTEM ANTRIAN PELANGGAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) (STUDI KASUS PADA KANTOR PLN PONDOK UNGU PERMAI) Eka Budhy Prasetya
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.752 KB)

Abstract

Queue of customers in PLN are common. This is because the number of customers coming for more than the existing number of cashiers and customer inter-arrival time is shorter than the time it takes the cashier to serve the customers to complete transactions. The result is complete customer wait time for the longer will be served so as to make the customer feel bored. For applications that need to be made of a queue management system that can be used to handle problems that occur queue in order to improve customer satisfaction. Queuing situation in PLN modeled using queuing models Single Phase Multi Channel where more than one cash register and customers waited in the queue line. The maximum number of counters that can be run in the application queue management system as much as 9 counters. Customer queue management system application in the PLN PLN can assist in addressing problems that occur queue segaligus improve service quality to customer satisfaction. UML (United Modeling Language) is a tool used to develop a computer monitoring system and its applications. Keywords: Customer Queue, Application Transaction, UML (United Modeling Language), Multi channel single phase.
ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN, KENYAMANAN DAN EFISIENSI TERHADAP FREKWENSI PEMBELIAN PRODUK MELALUI INTERNET Agus Wismo Widodo
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.609 KB)

Abstract

The aim is to determine consumer behavior in deciding to buy products through the internet. This study uses a survey method of respondents through the internet with involved 125 responden consisting 0f 3 catagories age 15-25 years, aged 26 -35 years and those aged over 35 years. The results show that the ability of consumers to buy products through the internet depends on the amount of income. Income is grouped into three catagories, namely income of 1.000.000 - 5.000.000, 5.000.000 -15.000.000 and consumers who earn more than 15.000.000. the results of the analysis based on consumer characteristics show that 42.4% of consumers with an income of 5.000.000 – 15.000.000, while incomes of 1.000.000-5.000.000 anf above 15.000.000 are respectively 34.4 % and 23.2 %. While based on gender there is a positive and significant relationship with the frequency of purchases through the Internet. Gender factors influence the frequency of product purchases through the internet. For the age factor there is a positive and significant relationship to the frequency of product purchases. Young people between the ages of 26-35 years dominate the purchase of products through the internet, because they have mastered the technology and financially. They are also quite good. Keywords : Ease, Comport, efficiency, and frequency of product purchases.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PESERTA POSYANDU PADA PUSKESMAS UTAN KAYU UTARA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PHP DAN MySQL Aldilla Saputra Gumela Ramadhan; Dian Gustina
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.903 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi setiap tahunnya semakin berkembang dengan cepat. Hampir 85% kebutuhan manusia zaman sekarang menggunakan komputer, maka dari itu komputer sudah menjadi kebutuhan premier bagi setiap manusia bisa hardware maupun software. Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang dibutuhkan oleh Posyandu Nusa Balita untuk menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para peserta. Maka dari itu penulis mencoba untuk membuat sebuah rancangan sistem informasi yang dibutuhkan Posyandu Nusa Balita agar berkembangnya bisnis proses terhadap posyandu ini semakin berjalan dengan lancar dan baik. Melihat dari bisnis proses yang sedang berjalan saat ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pendaftaran hingga proses penyimpanan data-data yang berhubungan dengan proses pendaftaran sampai dengan pembuatan laporan. Sehingga memungkinkan adanya miss komunikasi data yang terjadi untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengelola posyandu ataupun peserta. Solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada yaitu membuat sebuah rancangan sistem informasi yang terkomputerisasi agar tercapai suatu kegiatan yang efektif dalam menunjang aktifitas pada posyandu. Pihak posyandu dengan mudah dapat mengelola data peserta posyandu. Kata Kunci : Perancangan Sistem Informasi, Pengelolaan, Posyandu
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMESANAN JASA MAKEUP ARTIST (MUA) BERBASIS ANDROID Yunita Sari; Dimaz Gary Mustamu; Erwin Suhandono
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.603 KB)

Abstract

Semakin berkembangnya dunia hiburan serta majunya sebuah teknologi menjadikan entertainment sangat penting sebagai peran industry modern belakangan ini. Banyak pekerjaan yang muncul berkat dunia entertainment, salah satunya adalah profesi sebagai makeup artist. Akan tetapi dibalik berkembangannya sebuah teknologi terdapat minimnya pengetahuan dan pengalaman seseorang dalam mencari informasi mengenai layanan makeup artist (MUA), sehingga faktor tersebut menjadi bagian utama dalam hal mempercantik diri. Aplikasi Makeup Artist (MUA) ini adalah sebuah aplikasi pemesanan jasa MUA yang akan menyediakan makeup kepada konsumen, dimana pada aplikasi ini akan diberikan informasi yang detail mengenai makeup artist seperti makeup yang diinginkan, dan juga proses booking serta trackingnya berbasis Android. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan konsumen yang menggunakan jasa makeup artist akan sangat terbantu dan dimudahkan dalan hal mempercantik diri, serta membantu dunia entertainment menjadi lebih menarik lagi. Kata kunci : Makeup Artist, Entertainment, Android
ANALISIS DAN PERBANDINGAN KOMPLEKSITAS ALGORITMA EXCHANGE SORT DAN INSERTION SORT UNTUK PENGURUTAN DATA MENGGUNAKAN PYTHON Dwipo Setyantoro; Rika Astuti Hasibuan
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.141 KB)

Abstract

Ada banyak algoritma yang dapat digunakan untuk mengurutkan data dan masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada algoritma yang mempunyai running time yang konstan dengan berbagai urutan data (seperti Insertion Sort, Selection Sort), dan ada yang mempunyai runnng time yang sangat singkat jika data yang akan diurutkan sudah urut terlebih dahulu, seperti Exchange Sort. Penelitian ini membahas tentang implementasi dan analisis proses pengurutan data menggunakan dua algoritma yang berbeda, yaitu Insertion Sort dan Exchange/Bubble Sort. Pada tahap pertama, kedua algoritma tersebut diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python untuk mengurutkan sejumlah angka yang sudah ditentukan. Kemudian, program dimodifikasi agar dapat membangkitkan data sejumlah yang diperlukan yaitu sejumlah 1000, 100.000 dan 500.000 data secara acak. Kedua algoritma tersebut mengurutkan data tersebut dan hasilnya kemudian dibandingkan. Dari eksperimen yang sudah dilakukan, algoritma Insertion sort memiliki jumlah iterasi yang sama dalam setiap kondisi, sedangkan kasus terbaik dari Exchange Sort adalah hanya diperlukan satu kali iterasi jika data sudah terurut menaik. Keyword: Algoritma; Insertion Sort; Exchange Sort; Phyton
PERANCANGAN APLIKASI JADWAL KERJA DAN ABSENSI KARYAWAN BERBASIS WEB STUDI KASUS CV. BERKAH ANANDA Essy Malays Sari Sakti; Marnis Marnis
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.571 KB)

Abstract

BERKAH ANANDA adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan limbah pabrik. Dalam aktifitas menggambilan barang pada pabrik membutuhkan penjadwalan kerja karyawan agar tidak ada seorang Karyawan yang tercatat dalam pengambilan barang pada waktu yang sama untuk lokasi pabrik yang berbeda. Saat itu CV. BERKAH ANANDA dalam pembuatan jadwal kerja pengambilan barang masih dilakukan secara manual yaitu dengan mencatat pada buku catatan jadwal kerja. Hal ini mengakibatkan bayak waktu yang sia-sia karena Seorang Karyawan yang akan mengambil barang ke Pabrik harus datang terlebih dahulu ke Kantor untuk mendapatkan informasi tentang jadwal kerjanya dengan melihat pada buku JadwaL Kerja Karyawan dan selain itu Karyawanpun melakukan absensi dengan cara menulis kehadirannya pada dalam buku Absensi Karyawan. Untuk menangani masalah tersebut maka dibangun Aplikasi Jadwal Kerja dan Absensi Karyawan yang dapat memberikan informasi jadwal kerja karyawan tanpa harus datang ke kantor serta dapat melakukan absensi di luar kantor. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode WDLC (Web Development Life Cycle) dan bahasa pemrograman PHP , database MySQL serta pemodelam sistem UML (Unified Modeling Language) . Hasil pengujian memperlihatkan bahwa tidak ada waktu yang sia-sia karena Karyawan dapat langsung ke lokasi pabrik untuk mengabil barang serta dapat melakukan absensi. Kata Kunci : Absensi , Jadwal Kerja, UML, WDLC
PERANCANGAN ARSITEKTUR APLIKASI SISTEM MENGGUNAKAN METODE ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) PADA PERUSAHAAN ASURANSI KESEHATAN PT. XYZ Fahrul Nurzaman
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.926 KB)

Abstract

Perusahaan XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa asuransi kesehatan kelompok yang memberikan pelayanan fasilitas jaminan kesehatan yang bersifat komersial untuk karyawan dan keluarga dari perusahan-perusahaan yang menjadi client Asuransi Kesehatan. Untuk meningkatkan daya saing bisnis dan juga meningkatkan layanan kepada client maka perusahaan XYZ mempunyai Strategi yaitu salah satu nya adalah mengembangkan Teknologi Informasi dengan menerapkan Sistem digitalisasi. Saat ini Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang dimiliki belum semua nya terotomatisasi dan terdigitalisasi. Sistem saat ini hanya diperuntukkan dalam mendukung proses bisnis utama dan operasional kerja perusahaan untuk semua unit kerja. Sistem dan Teknologi informasi kedepannya akan berhubungan dengan Eksternal Entitas perusahaan dan mendukung bisnis intelligent perusahaan. Maka dari itu dilakukan analisa dan pembuatan desain Enterprise Architecture menggunakan metode Enterprise Architecture Planning (EAP) untuk perusahaan Asuransi Kesehatann XYZ. Proses pertama yang dilakukan adalah menganalisa model bisnis dan strategi bisnis perusahan. Setelah itu melihat teknologi informasi yang sudah dimiliki perusahaan, permasalahannya serta kebutuhan perusahaan di masa sekarang dan masa depan. Setelah mendapat informasi maka dilakukan pembuatan desain arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi. Kata kunci: Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Enterprise Architecture Planning, Sistem Digitalisasi.
ANALISIS PENGARUH USER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MOBILE APPLICATION E-COMMERCE SHOPEE MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN Sarip Hidayatuloh; Yusrina Aziati
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.508 KB)

Abstract

Kepuasan pengguna terus menjadi prioritas utama dalam dunia e-commerce dan menjadi faktor yang sangat penting untuk kesuksesan e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang meramaikan segmen mobile marketplace melalui aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat ponsel. Namun, masih banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengguna aplikasi shopee sehingga berdampak pada kepuasan penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pengguna berdasarkan pengaruh dari pengalaman pengguna aplikasi shopee dengan menggunakan model DeLone & McLean yang dimodifikasi dengan menambahkan variabel perceived utilitarian dan perceived hedonic sebagai dimensi utama yang mewakili IT user experience. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee sebagai pembeli dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sementara analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan bantuan tools SmartPLS 3.2.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa information quality, system quality, perceived hedonic dan use memiliki pengaruh terhadap user satisfaction, sedangkan service quality dan perceived utilitarian tidak. Dari 15 hipotesis yang diajukan, tiga diantaranya ditolak yaitu service quality terhadap use dan user satisfaction kemudian perceived utilitarian terhadap user satisfaction. Kata Kunci: E-commerce, Kepuasan Pengguna, User Experience, Shopee, Delone & Mclean, PLS-SEM
KONSEP KOTA PINTAR DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KODE QR PADA PEMESANAN TIKET ELEKTRONIK Arman Syah Putra
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 21 No 1 (2020): Vol. 21, No 1, Bulan April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.827 KB)

Abstract

The background of this research is the problem of developing payment systems that are carried out in almost all fields and in the future almost all payments are no longer using cash, but by using electronic money, with this development the authors use research on electronic money payments in the field of ticket reservations, the method used in this study is to use a proposed system by looking at the current system, and developing the existing system to be a better system, the existing system using a manual ordering system and the payment is still using cash, by using payment with the QR code, it is expected that the ticket booking system will facilitate the public, and not complicate with ordering and payment of tickets, it is expected that the QR code system will be used in ordering bus tickets and plane tickets in the future, and merging the system with s another system will make it better. Keywords: Smart City, E-Ticket, Transportation, System

Page 1 of 2 | Total Record : 12