cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKON
ISSN : 19786972     EISSN : 28303067     DOI : -
IKON: Jurnal Komunikasi diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. IKON: Jurnal Komunikasi memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian dan non penelitian dibidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tim Redaksi IKON: Jurnal Komunikasi akan menerbitkan tujuh (7) artikel hasil penelitian dan non penelitian yang relevan yang disemaikan pada jurnal ilmiah nasional
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON" : 7 Documents clear
PENGARUH KONTEN REVIEW SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY A72 DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT Abdul Rahman
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.077 KB)

Abstract

Pada saat ini hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone pada kehidupan sehari-hari untuk kebutuhan bertukar informasi atau berbagi informasi dengan orang lain menggunakan media sosial. Dewasa ini banyak sekali pembuat konten yang aktif di media sosial Youtube sehingga banyak video yang telah diunggah salah contoh videonya adalah tentang review smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten review smartphone Samsung Galaxy A72 di Youtube terhadap minat beli masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penilaian sosial dan model AIDDA. Adapun konsep yang saya gunakan antara lain komunikasi, komunikasi persuasif, media baru, Youtube, ulasan, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif dan menggunakan metode survey sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah penonton konten review smartphone Samsung Galaxy A72 di channel Youtube GadgetIn sejumlah 1.184.409 orang dan yang menjadi sampel penelitian sejumlah 100 sampel yang diperoleh dengan rumus Slovin. Uji Korelasi menunjukkan hasil sebesar 0,734, nilai koefisien determinasi sebesar 53,9% dan diketahui hasil perhitungan uji t sebesar 10,714 > ttabel sebesar 1,6605, lalu diperoleh persamaan regresi Y=12,851+0,950X. Dari hasil analsisa data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh konten review smartphone Samsung Galaxy A72 di Youtube terhadap minat beli masyarakat.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Merek Minuman Le Minerale Terhadap Minat Beli Konsumen Anak Muda Di Wilayah Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur Sylvia Theodara; Sri Ekowati P
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.338 KB)

Abstract

This time people are starting to like packaged beverage brands that tend to be more practical. This condition involves consumers being faced with various types of beverage brands, of course, with varying prices and good product quality that can convince people to buy these beverage products and in the end generate a sense of interest by consumers to buy. The company PT Tirta Fresindo Jaya in 2015 launched a beverage product branded Le Minerale. The purpose of this study was to determine the effect of Le Minerale Product Quality and Brand on Purchase Intention of Young Consumers in the Kelurahan Penggilingan, East Jakarta. The theory used in this research is marketing communication theory. As well as concepts related to communication research, product quality, brand, and purchase interest. This study uses a quantitative approach in an explanative form. To conduct this research the authors used two techniques, namely, data analysis techniques in the form of observation, questionnaires, and research data through literature studies. The total population is 28,240 and the sample used is 100. And this research method uses a survey method.The results showed that statistically it is clear that simultaneously the variables of Product Quality and Brand have a very strong influence on Consumer Purchase Interest in young people in the area of Penggilingan Village, East Jakarta. The conclusion of this research is that the quality of Le Minerale products and beverage brands is one proof that these drinks provide good quality so that Le Minerale can be liked and attracted by consumers.
Konstruksi Realitas Karakteristik Generasi Millenial Rizqy Rahayu; Aan Setiadarma
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.302 KB)

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang dengan cepat menjadikan generasi millenial berbeda dengan generasi sebelumnya dan memiliki keunikan tersendiri. Generasi millenial setidaknya memiliki tiga karakter utama, yaitu connected, creative, confidence. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik generasi millenial melalui tanda dan makna yang kemudian dikonstruksikan dalam iklan televisi Axis Bronet 4G Owsem. Penelitian ini dianalisis dengan semiotika Ferdinand De Saussure melalui penanda (signifier) dan petanda (signified). Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial atas realitas Peter L. Berger dan Thomas Luckman yang menyatakan bahwa televisi memiliki kekuatan untuk mengkonstruksikan realitas sosial. Hasil penelitian dari analisis yang dilakukan adalah penggambaran realitas karakteristik generasi millenial dalam kehidupan sehari-hari di era digital. Iklan Axis ingin mengkonstruksikan bahwa generasi millenial adalah generasi yang “owsem” atau “awesome” yang memiliki arti menakjubkan dan Axis memaknainya agar pelanggan Axis bisa tetap eksis dalam segala aktivitas digitalnya dengan pilihan paket internet yang disediakan oleh Axis di jaringan 4G. BesokSabtu sebagai pembuat iklan diharapkan dapat memberikan hal-hal yang menarik bagi calon konsumen dalam penyampaian pesan tidak hanya menonjolkan unsur humor saja, namun tujuan dari pihak perusahaan untuk menyampaikan pesan melalui iklan lebih diutamakan.
Sikap, Norma Subyektif, Perceived Behavioral Control Dan Perceived Risk Pada Intensi Menggunakan Produk Energi Yuli Yulfinarsyah
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.382 KB)

Abstract

Dengan menggunakan kerangka analisis Theory of Planned Behavior (TPB) dan Perceived Risk, tesis ini mencoba melihat faktor-faktor yang mempengaruhi intensi menggunakan atau melanjutkan produk energi domestik dalam konteks kampanye komunikasi publik konversi minyak tanah ke LPG 3 kg. Variabel Perceived Risk ditambahkan pada determinan teori TPB sebagai faktor yang diduga memiliki hubungan korelasional secara negatif dengan intensi. Suatu data penelitian kualitatif yang dikumpulkan dari 20 wawancara singkat dilakukan untuk mencari beliefs terkait penggunaan LPG 3 kg. Kemudian survey kuantitatif dilakukan menggunakan kuesioner yang khusus dikembangkan dari beliefs sebagai hasil elisitasi. Data diambil dari 100 penduduk Kelurahan Pisangan Baru, matraman, Jakarta, yang dipilih secara probabilitas dengan teknik multistage simple random sampling. Berdasarkan hasil uji validitas dengan menggunakan analisis faktor terlihat bahwa items konstruk mengelompok sesuai dengan dimensi dari variabel-variabel TPB, dan variabel Perceived Risk. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh linear antara keempat variabel terhadap intensi berperilaku. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara semua variabel TPB, yakni sikap, norma subyektif, dan perceived behavioral control, serta juga variabel tambahan perceived risk dengan intensi berperilaku.
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SCHOLARS_IG SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PROGRAM BEASISWA Izzatul Chumairoh; Sandy Permata
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.51 KB)

Abstract

Social media is a platform that can influence many people. Many people use it not only as a place of remembrance that can be seen by the public but can also be used to provide information, knowledge and tucked in it for promotional media. Instagram is one of the platforms that is considered very effective in providing the latest information, almost everyone has the Instagram social media. The use of Instagram Scholars_Ig Social Media can attract followers to join the scholarship program online. The purpose of this study was to identify and explain the use of Instagram social media "Scholars_Ig" as a promotional medium for the digital scholarship program. The type of research used in this research is qualitative with case study method. The data analysis technique used is in-depth interviews from several sources and non-participant observations by visiting official intellectual companies. The results of the research obtained by researchers regarding that Scholars ig have carried out media promotions by create content marketing and online. Scholar Ig also create an event and announce to the member by direct message and online sales promotion by instagram. The Scholars_ig Instagram account is managed by a team headed by Social Media Management or what is called SMM in which there is an Instagram admin creative team.
PELUANG CSR DALAM DUA SUDUT PANDANG: TINJAUAN TEORITIS DAN PRAKTIS Arifah Armi Lubis
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.444 KB)

Abstract

Perkembangan CSR telah dijelaskan dalam berbagai konteks studi. Selama bertahun-tahun, CSR CSR telah melalui jalan yang berat untuk dipahami sebagai sebuah strategi perusahaan dan jalan menantang untuk diimplementasikan sebagai kewajiban terbaik demi menjadi perusahaan baik. Melalui konteks komunikasi, paper ini mengajukan sudut pandang baru yang membantu memahami dan mengimplementasikan CSR dengan lebih baik.
KAJIAN REPUTASI ORGANISASI – STUDI KASUS RS OMNI 2008-2009 DAN EIGER 2020-2021 Fit Yanuar; Daesy ek
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 2 (2021): Vol. 26 No.2 Agustus 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.227 KB)

Abstract

Reputasi organisasi selalu dijaga, namun adakalanya terjadi kesalahan dalam penjagaan reputasi. Dari sudut pandang ilmu kehumasan, kasus RS Omni vs Prita Mulyasari pada tahun 2008-2009, diikuti oleh kasus Eiger vs YouTuber Dian Widiyanarko pada tahun 2020-2021, pantas dijadikan contoh tentang kesalahan dalam penjagaan reputasi organisasi itu. Studi ini mengkaji kedua kasus di atas dari sudut tinjauan ilmu kehumasan. Kajian didasarkan pada hasil riset yang menggunakan metode dokumentasi atas berita-berita yang diproduksi oleh media massa berbasis internet. Kajian dilakukan secara metodologi kualitatif, berbentuk studi kasus intrinsik, dengan analisis yang ditegakkan secara evaluatif. Untuk mendukung analisis, dipergunakan teori sudut pandang dan konsep kehumasan koalisi dominan untuk fungsi dan posisi public relations dalam organisasi. Kesimpulan kajian menyatakan telah terjadi pengabaian reputasi organisasi pada kedua organisasi di atas. Pengabaian terjadi akibat organisasi memberikan otorisasi yang terkait dengan hubungan publik kepada pihak dari latar belakang yang bukan ahli dan terampil dalam bidang komunikasi c.q. public relations.

Page 1 of 1 | Total Record : 7