cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
p3m@stkipaisyiyahriau.ac.id
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/editorial
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Agregat Journal of Economic Education
ISSN : -     EISSN : 27769534     DOI : -
Jurnal Agregat is Journal of Economic Education, Economics and Business. Published by the Economic Education Study. This scientific periodical journal focuses on the study of Economic Education, Economics, Management, Social and Business. This journal is published twice a year. Registration process can be done easily. Author that wants to published their manuscript must have account in this system. Please access Login and register yourself and then submit your article.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA VII7 DENGAN MODEL MAKE A MATCH SMPN 15 PEKANBARU: Mardahlena, Henri Yanto Daulay, Asri Neli Putri Mardahlena Mardahlena; Henri Yanto Daulay; Asri Neli Putri
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang masalah adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan hanya sebagian siswa yang menyelesaikan tugas sesuai waktu yang diberikan oleh guru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus difokuskan pada materi tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII7. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi HAM. Hal ini terbukti dari aktifitas belajar siswa dan guru serta hasil perolehan belajar siswa yang meningkat, Pada Siklus Ke I aktifitas guru memperoleh skor 35 dengan kategori sempurna dan aktifitas belajar siswa memperoleh skor 143 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 80. Pada siklus ke II aktifitas guru menujukkan adanya peningkatan menjadi skor 43 dengan kategori sangat sempurna dan aktifitas siswa menjadi skor 212 dengan kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata rata 88,8. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan siklus II adalah 9%.
PENGARUH PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU: Muhammad Mazwan, Khairi Murdy, Asri Neli Putri Muhammad Mazwan; Khairi Murdy; Asri Neli Putri
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa kelas XI ADP di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Populasi dari penelitia ni 150 siswa dan saya mengambil Sampel sejumlah 60 siswa. Variabel yang menjadi fokus penelitian ini adalah fasilitas perpustakaan, hasil belajar siswa, fasilitas perpustakaan sebagai variabel (X) dan hasil belajar sebagai variabel (Y). metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan dibantu alat SPSS 17.for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dianalisis dengan menggunakan uji t atau statistika pada derajat kepercayaan (dk) = 0,05 nilai t hitung = 14,79 dan t table = 1,686 jadi t hitung> t table. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari derajat penentu (koefisien determinasi), (r2) sebagai berikut r2 = 0,79 (79%)yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan fasilitas perpustakaan sebesar 79% sedangkan 21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diangkat dalam penelitian ini. Berdasarkan dari data penelitian dan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari pengunaan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa terlihat dari pengamatan dan hasil analisis.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP SEMANGAT MENGAJAR GURU IPS SDN 18 PEKANBARU Najaruddin Siregar; Zul Afdal; Henri Yanto Daulay
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Software Macromedia Flash Terhadap Semangat Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS di SDN 18 Pekanbaru. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket terhadap 9 orang guru di SDN 18 Pekanbaru. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Software Macromedia Flash yang diteliti terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan semangat mengajar guru di SDN 18 Pekanbaru. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran Software Macromedia Flash Terhadap Semangat Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS di SDN 18 Pekanbaru.
ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI K13 DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SMKN 6 PEKANBARU Saprianto Saprianto; Zul Afdal; Khairi Murdy
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian adalah Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 dalam Revolusi Industri 4.0 di SMKN 6 Pekanbaru. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1).Persepsi Guru terhadap perubahan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam Revolusi Industri 4.0 ini, Penyempurnaan SKL memperhatikan pengembangan nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu dengan fokus pada pencapaian kompetensi. Perubahan SKL lebih meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa serta diharapkan menghasilkan lulusan/pencari kerja. 2).Persepsi Guru terhadap perubahan Standar Isi, kedudukan mata pelajaran kompetensi, dari mata pelajaran menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi, dimana Kompetensi Intinya mencakup kompetensi sikap spritual, sikap sosial, keterampilan dan pengetahuan.3).Persepsi Guru terhadap perubahan Standar Proses. Perubahan Standar Proses berarti perubahan strategi pembelajaran. Guru wajib merancang pembelajaran aktif yang menyenangkan, dapat menggunakan teknologi media pembelajaran dan siswa difasilitasi untuk mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. 4).Persepsi Guru terhadap Standar penilaian pengisian raport, guru menilai dari kompetensi lulusan siswa mencakup sikap spritual, sosial, keterampilan dan pengetahuan, selain dengan penilain menggunakan angka/pengsekoran, serta penilaian pembelajaran harus mengukur kemampuan skill yang berbentuk laporan diri, skala penilaian global, dan tindakan observasi di setiap kompetensi. Guru juga harus memaparkan/mendeskripsikan hasil penilaian siswa di setiap penilaian kompetensi.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU (SLRT) DI SIAK: Suhartono, Asri Neli Putri, Henri Yanto Daulay Suhartono Suhartono; Asri Neli Putri; Henri Yanto Daulay
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) Di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap kualitas pelayanan Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) Di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak sebagai sampel guna mendapatkan gambaran konkret kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa temuan yang relevan dengan judul penelitian yang telah dilakukan terhadap 5 indikator Pelayanan publik di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak sudah menerapkan lima indikator tersebut. Penilaian Kualitas SLRT yang sudah berjalan dengan baik di masyarakat dalam dimensi ini antara lain mendahulukan kepentingan pengguna layanan, pegawai melayani dengan sopan santun, pegawai melayani dengan tidak diskriminatif, dan petugas melayani serta menghargai setiap pengguna layanan. Namun pada pelaksanaannya masih terdapat indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat seperti pegawai pelayanan belum begitu menguasai alat Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan ada juga dalam melayani kurang bersikap ramah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5