cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
p3m@stkipaisyiyahriau.ac.id
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/editorial
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Agregat Journal of Economic Education
ISSN : -     EISSN : 27769534     DOI : -
Jurnal Agregat is Journal of Economic Education, Economics and Business. Published by the Economic Education Study. This scientific periodical journal focuses on the study of Economic Education, Economics, Management, Social and Business. This journal is published twice a year. Registration process can be done easily. Author that wants to published their manuscript must have account in this system. Please access Login and register yourself and then submit your article.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): JURNAL AGREGAT VOL.II NO.2 DECEMBER 2021" : 5 Documents clear
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT REMAJA DESA MELANJUTKAN PENDIDIKAN DIPERGURUAN TINGGI Affizul; Henri Yanto Daulay; Asri Neli Putri
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 2 No 2 (2021): JURNAL AGREGAT VOL.II NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.016 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apa saja Faktor yang menyebabkan Rendahnya Minat Remaja Desa Teluk Lecah Melanjutkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 24 orang, Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan cara purposive sampling, dengan kriteria anak remaja desa sebagai informan utama dan orang tua anak remaja sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Berdasarkan penelitian Mengenai Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Desa Melanjutkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi ( Studi Kasus Pada Remaja di Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis ) Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) faktor internal yang menyebabkan rendahnyaminat remaja melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Teluk Lecah adalah: (a) Faktor Kurangnya Motivasi , (b) Faktor Kebutuhan. 2) Faktor eksternal yang menyebabkan adalah :(a) faktor ekonomi orang tua dan (b) faktor lingkungan.
HUBUNGAN KEPRIBADIAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN STKIP AISYIYAH RIAU Afri Liarda Neta; Asri Neli Putri; Khairi Murdy
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 2 No 2 (2021): JURNAL AGREGAT VOL.II NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.376 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepribadian dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar di STKIP Aisyiyah Riau. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Populasi adalah mahasiswa STKIP Aisyiyah Riau yang berjumlah 262 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 73 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis koefisien korelasi . Untuk menguji hipotesis digunakan uji t digunakan untuk menguji besar hubungan setiap variabel bebas terhadap varibel terikat. Berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,440 dan nilai t hitung yang diperoleh adalah 4,13 sedangkan nilai t tabel adalah 1.99 untuk derajat db = 5% dan 2,65 untuk derajat db = 1%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi dosen, agar seorang dosen juga harus mempunyai kepribadian yang baik dalam proses belajar pembelajaran untuk membangkitkan semangat belajar mahasiswa, agar mahasiswa dapat belajar dengan tekun. Selain itu di harapkan bagi mahasiswa agar dapat bersungguhan untuk mengikuti proses belajar pembelajaran dengan baik. Selain itu mahasiswa hendaknya menunjukkan sikap yang positif terhadap dosen sehingga dapat memudahkan kominikasi antara dosen dan mahasiswa dalam proses belajar pembelajaran
ANLISIS BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SMAN 4 DURI Keivin Prayuda; Asri Neli Putri; Khairi Murdy
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 2 No 2 (2021): JURNAL AGREGAT VOL.II NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.578 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar di SMA N 4 Mandau, Duri, Riau. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 4 yang belajar ekonomi, sedangkan objeknya adalah kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 4 Mandau. Informan kunci dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di mulai dari X IPS 1 Hingga X IPS 5, dalam melakukan proses pembelajaran berjumlah 173 orang dan informan tambahan adalah 1 orang guru ekonomi yang mengajar kelas X di SMA N 4 Mandau. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, Kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMAN N 4 Mandau berkategori kemampuan berpikir kritis nya sedang, Karena kurang nya metode pembelajaran yang di kembangkan guru Ekonomi Kelas X IPS dan siswa harus lebih aktif mencari hal hal yang belum di ketahui.
PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI ZOOM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA Ramli Saputra; Suparmi; Henri Yanto Daulay
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 2 No 2 (2021): JURNAL AGREGAT VOL.II NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.383 KB)

Abstract

PeneIitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi beIajar siswa melaluai aplikasi zoom. Metode daIam peneIitian ini adaIah peneIitian tindakan keIas dengan jumlah Subjek peneIitian sebanyak 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data daIam peneIitian ini adaIah teknik persentase. Hasil peneIitian menunjukkan peningkatan Partisipasi BeIajar Siswa pada siswa dari sikIus I ke sikIus II. pada sikIus I memperoleh skor rata-rata 55 (50,9%) dengan kiteria rendah. Terjadi peningkatan partisipasi beIajar siswa sikIus II dengan skor rata-rata 84,7 (78,4%) dengan kiteria tinggi (T) dapat dikatakan bahwa mengalami peningkatan dari sebelum dilakukannya tindakan peneIitian dibandingkan dengan setelah dilakukannya tindakan peneIitian dengan Aplikasi Zoom. Hasil peneIitian yang telah dilakukan bahwasannya penerapan Aplikasi Zoom memiliki pengaruh terhadap peningkatan partisipasi beIajar siswa dimana partisipasi siswa daIam pembeIajaran sangat penting untuk menciptakan pembeIajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi zoom ini berdampak positif terhadap partispasi beIajar siswa
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS Rohana; Khairi Murdy; Henri Yanto Daulay
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 2 No 2 (2021): JURNAL AGREGAT VOL.II NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.258 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknis analasis deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPS. Objek penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskripsi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Yang terdiri dari dua faktor yaitu pertama faktor internal diantaranya karena sakit, karena kurang sehat, cacat tubuh, inteligensi, bakat dan minat, yang kedua faktor eksternal diantaranya orang tua, suasana rumah, alat peraga dan media massa. siswa hendaknya memiliki pemikiran positif pada pelajaran ekonomi agar lebih semangat mengikuti pelajaran ekonomi serta lebih aktif dalam pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5