cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
p3m@stkipaisyiyahriau.ac.id
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/editorial
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Agregat Journal of Economic Education
ISSN : -     EISSN : 27769534     DOI : -
Jurnal Agregat is Journal of Economic Education, Economics and Business. Published by the Economic Education Study. This scientific periodical journal focuses on the study of Economic Education, Economics, Management, Social and Business. This journal is published twice a year. Registration process can be done easily. Author that wants to published their manuscript must have account in this system. Please access Login and register yourself and then submit your article.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): AGREGAT JOURNAL VOL. III NO. 1 JUNE 2022" : 5 Documents clear
PENGARUH STRATEGI TIPE PEER LESSONS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS VII SMP Endrizalman; Asri Neli Putri; Suparmi
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 3 No 1 (2022): AGREGAT JOURNAL VOL. III NO. 1 JUNE 2022
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer lessons terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi SMP Kategori VII. Penelitian dilakukan di SMP pada bulan Agustus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen yang hanya cocok dengan metode pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII2 eksperimen dan 34 siswa kelas VII3 kontrol, dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji statistik, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peer lesson berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi siswa kelas VII SMP.
PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PESONNA PEKANBARU Devia Alen Sari; Paijan Rambe; Asri Neli Putri
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 3 No 1 (2022): AGREGAT JOURNAL VOL. III NO. 1 JUNE 2022
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen di hotel Pesonna Pekanbaru. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 95 tamu di hotel Pessona Pekanbaru. Analisis kuantitatif melalui uji regresi linier berganda yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu fasilitas (X1) dan harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. hasil uji yang dilakukan pada uji t menunjukkan varibel bebas (X1) fasilitas dan (X2) harga yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan konsumen. variabel X1 (fasilitas ) diperoleh nilai t hitung = 5,999 dengan tingkat signifikansi 0,000 dengan demikian, maka Hipotesis X1 diterima atau fasilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil uji F pada penelitian ini didapatkan nilai F hitung sebesar 30,788 dengan angka signifikansi (P value) sebesar 0,000. Dengan tingkat signifikansi 95% (α=0,05). Angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Atas dasar perbandingan tersebut, maka variabel Fasilitas dan Harga mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan konsumen.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII Hafizh Al Haq; Khairi Murdy; Henri Yanto Daulay
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 3 No 1 (2022): AGREGAT JOURNAL VOL. III NO. 1 JUNE 2022
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 11 kota Dumai untuk sampel sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan instrument kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah program SPSS 23.0 for Windows. Hasilnya bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut: 1) kompetensi.pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji regresi linier berganda dengan hasil yang diperoleh untuk nilai t hitung sebesar 3,397 dan nilai signifikansi sebesar 0,002. 2) motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji regresi linier berganda dengan hasil yang diperoleh untuk nilai t hitung sebesar 2,695 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. 3) kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 31,1%, hal tersebut berdasarkan.uji regresi linier berganda dengan hasil yang diperoleh nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,003 ˂ 0,05.dan nilai F hitung 7,541 ˃ F tabel 3,34. Kemudian, diketahui bahwa nilai adjusted R Square adalah sebesar 0,311. Sehingga dapat diketahui bahwa 31,1% hasil belajar siswa.dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik.guru dan motivasi belajar siswa.
ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN PADA KOPERASI PERDAGANGAN DAN JASA PRIMA UMEGA PEKANBARU Hayatur Raihani; Henri Yanto Daulay; Suparmi
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 3 No 1 (2022): AGREGAT JOURNAL VOL. III NO. 1 JUNE 2022
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sebuah fungsi manajemen pada koperasi perdagangan dan jasa prima umega pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2017, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis fungsi manajemen pada koperasi perdagangan dan jasa prima umega sudah cukup baik, namun masih ada sebagian yang belum terlaksana, hal ini dapat dilihat dari perencanaan, tingkat kejenuhan pada usaha simpan pinjam yang masih tinggi sehinga target meningkatkan jumlah pinjaman masih belum maksimal. Dari segi pengorganisasian sudah cukup baik ini dapat dilihat dari adanya ketetapan tugas yang telah disepakati atas tugas pengurus. Hanya dalam pelaksanaan langkah-langkah tersebut masih banyak yang belum dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sedangkan dari segi pengarahan dan pengawasan sudah cukup baik, namun belum sepenuhnya terlaksana karena sering terjadinya piutang yang macet terhadap koperasi, dan para anggota yang telat membayar angsuran.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BUDAYA MELAYU RIAU DENGAN DISCOVERY LEARNING KELAS XI SMKN 1 BANTAN BENGKALIS Lagiono; Suparmi; Henri Yanto Daulay
Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business Vol 3 No 1 (2022): AGREGAT JOURNAL VOL. III NO. 1 JUNE 2022
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar Budaya Melayu Riau pada siswa SMKN 1 Bantan Bengkalis dan juga dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan perbaikan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas satu kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 27 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode discovery learning ternyata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Budaya Melayu Riau siswa kelas XI SMKN 1 Bantan Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Kemampuan mengajar guru jelas terlihat ada peningkatan antara siklus I, siklus II dan siklus III, begitu juga dengan kemampuan pemahaman siswa juga meningkat pada saat dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Peningkatan kemampuan siswa ini dapat dilihat pada pertemuan terakhir siklus III, di mana ketuntasan secara klasikal mencapai 76,67. Dengan metode ini diharapkan dapat menjadi reeferensi dalam pembelajaran, terutama di pelajaran budaya melayu di SMKN 1 Bantan Bengkalis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5