cover
Contact Name
Adrian Topapo
Contact Email
adriantopan@iainbengkulu.ac.id
Phone
+6282281688976
Journal Mail Official
multikultural@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
Jl. Raden Fatah kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
ISSN : 27152987     EISSN : 28084748     DOI : http://dx.doi.org/10.29300/jem.v1i2
Core Subject : Social,
Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports that enhance knowledge regarding Education studies. This may include articles that report the results of quantitative or qualitative research studies. The conceptual idea publishes articles conceptually relevant to the Education studies in accordance with the present theories, models, or philosophical position in such Education studies.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Februari" : 5 Documents clear
PENDIDIKAN TOLERANSI ANTAR AGAMA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 2 KOTA MANNA BENGKULU Selly Moneca Sari; Moch. Iqbal
Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA" Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Pascasarjana s-3 IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jem.v4i1.9494

Abstract

AbstrakKesadaran dan pengetahuan akan pentingnya toleransi antar umat beragama perlu diberikan pendidikan sedini mungkin. Fakta dilapangan menunjukan masih rendah sekali rasa toleransi antar umat beragama di Indonesia. Fenomena ini terjadi tidak hanya terjadi pada remaja dan lingkungan saja, namun orang dewasapun masih banyak yang tidak memiliki rasa toleransi. Pebelajaran IPS dinilai sangat penting dalam memberikan pendidikan mengenai toleransi antar umat beragama dimulai sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa praktik penerapan pembelajaran IPS terhadap kesadaran peserta didik akan pentingnya rasa toleransi antar agama. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan tidak hanya peserta didik tetapi dengan teknik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya tahap mereduksi data dan penyajian data menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menytakan bahwa pembelajaran IPS dapat direalisasikan dalam pendidikan toleransi yang ada di sekolah. Pembelajaran IPS yang mengajarkan  pentingnya rasa toleransi antar sesama umat beragama akan menciptakan sekolah yang memiliki siswa dengan rasa toleransi yang tinggi agar tidak terjadi konflik antar agama.   
KESENJANGAN SOSIAL DALAM MENGAKSES PENDIDIKAN DI INDONESIA Tiara Della Sinta; Betti Dian Wahyuni
Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA" Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Pascasarjana s-3 IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jem.v4i1.9495

Abstract

AbstrakMelalui pendidikan bangsa dapat menciptakan generasi yang berkualitas untuk memimpin dan mengemban tugas dalam mewujudkan cita-cita suatu tujuan suatu bangsa. Namun permasalahan ketidakmerataan tunjangan fasilitas sarana dan prasaran, infrastruktur dan factor lainnya menjadi penghambat dalam mewujudkan kualitas SDM yang merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor penyebab kesenjangan social dalam mengakses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya melakukan tahap reduksi data, penyajian data yang dihasilkamn dari analisis hasil data yang telah diperoleh , dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam bidang pendidikan, antara lain Rendahnya kualitas sarana sekolah dan tenaga pengajar, minimnya infrastruktur, sedikitnya buku refensi, masalah biaya pendidikan dan SBN.Kata Kunci:Kesenjangan Sosial, Akses Pendidikan
ALIRAN PROGRESIVISME, ALIRAN ESENSIALISME, DAN ALIRAN PERENEALISME DALAM PENDIDIKAN Anisyah Rahmadania; A. Suradi; Nopian Gustari
Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA" Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Pascasarjana s-3 IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jem.v4i1.9496

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan Ada beberapa aliran filsafat yang digunakan dalam dunia pendidikan. Diantaranya yaitu, aliran progresivisme, aliran esensialisme, dan aliran perenealisme. Landasan filsafat yang digunakan menjadi pemikiran menarik karena dengan landasan filsafat yang jelas maka arah dan tujuan pendidikan menjadi jelas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif- analitis dengan model kajian pustaka untuk menganalisis aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan Masalah pendidikan tidak dapat dipecahkan  hanya dengan menggunakan  metode ilmiah semata, akan tetapi untuk memecahkan masalah pendidikan seseorang harus menggunakan analisis filsafat. Penelitian ini membahas pengertian, sifat, prinsip-prinsip, ciri-ciri, dan pandangan dari aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan (aliran progresivisme, aliran esensialisme, dan aliran perenealisme).Kata Kunci : Filsafat Pendidikan, Progresivisme, Esensialisme, Perenealisme
NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI ADAT KAYIK NARI DI DESA GUNUNG SAKTI KABUPATEN MANNA PROVINSI Agustya Erawati
Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA" Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Pascasarjana s-3 IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jem.v4i1.9511

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bermaksud untuk menguraikan Tradisi adat Kayik Nari adalah ritual adat turun temurun atau bebuyutan dari para nenek moyang dahulu ketika satu keluarga mempunyai anak perempuan yang mulai meranjak usiah remaja atau baligh, berkisaran umur 5-9 tahun, anak yang di Kayik Narikan tersebut melakukan beberapa ritual adat diantaranya yaitu ke aik dan nari sehingga dinamakan Kayik Nari. Dalam tradisi adat Kayik Nari terdapat arti dan nilai yang tersirat pada perlengkapan dan peralatan ataupun tahap tahap serta tujuan pelaksanaannya tetapi masyarakat belum memahami dan mengetahuinya. Penelitian ini untuk mengetahui sejarah, proses pelaksanan dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi adat Kayik Nari di Bengkulu Selatan. Pelitian ini adalah jenis keterangan kualitatif dengan metode diskriptif. Adapun rumusan masalah yaitu sebagai berikut : 1. Kesenjangan sosial dalam interaksi masyarakat desa dan kota, 2. Pendidkan. 3. Kesenjangan sosial terhadap warga pendatang. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: Pertama, membaca secara keseluruhan Kedua, mengidentifikasi. Ketiga, memberi tanda pada setiap data. Penelitian ini menggunakan instrumen panduan analisis data yang berupa tabel pengklasifikasian data. Instrumen ini digunakan untuk mengumpulkan data jurnal atau artikel. Teknik Analisis data yang digunakan merupakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi (1) penyeleksian data, (2) pemaparan data, dan (3) penarikan kesimpulan..Kata Kunci : Nilai-nilai, Islam  adat. khayik. nari
PERAN KEAKTIFAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA DI MA’HAD AL-JAMI’AH UINFAS BENGKULU Deko Rio Putra; Anisa Wafiq Azizah; Arini Julia
Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA" Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Pascasarjana s-3 IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jem.v4i1.12026

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analize how the role of teacher activity in improving student achievement. In making this scientific paper, the author use a literature study method sourced from several expert opinions contained in scientific papers, both journals, articles, and books, in this reserch is descrivtive qualitative or explains a theory completely and arranged. The data obtained from the opinions of these experts is supported by the results of observations made at ma’had al-jami’ah fatmawati sukarno state Islamic University Bengkulu. The conclusion obtained from this study is that teacher activity plays an important role in improving the intelligence of students. However, in addition to active and qualified teachers, it turns out that innate talent or initial capital in learning and student learning interests also greatly influence student achievement.Keyword: Active, Teacher, Achievement ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peran keaktifan guru dalam meningkatkan prestasi mahasiswa. Dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini penulis menggunakan metode studi literatur yang bersumber dari beberapa pendapat para ahli yang terdapat di karya tulis ilmiah, baik jurnal, artikel maupun buku-buku, dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif atau menjelaskan suatu teori dengan lengkap dan tersusun. Adapun data yang diperoleh dari pendapat ahli tersebut didukung dengan hasil observasi yang dilakukan di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Adapun kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah keaktifan guru sangat berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan mahasiswa. Namun selain adanya guru yang aktif dan mumpuni ternyata bakat bawaan atau modal awal dalam belajar dan minat belajar siswa juga sangat memberikan pengaruh dalam meningkatkan prestasi siswa.Kata kunci: Aktif, Guru, Prestasi

Page 1 of 1 | Total Record : 5