cover
Contact Name
Wari Dony
Contact Email
talentasipil.unbari@gmail.com
Phone
+6285266559852
Journal Mail Official
talentasipil.unbari@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Batanghari Jambi Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Talenta Sipil
ISSN : -     EISSN : 26151634     DOI : https://www.doi.org/10.33087/talentasipil
This journal publishes scientific articles on research results and reviews covering the fields of engineering
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Agustus" : 7 Documents clear
Studi Perilaku Rantai Pasok Konstruksi Pada Proyek Pembangunan Gedung Refdizalis Refdizalis; Taufika Ophiyandri; Yervi Hesna
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.911 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.30

Abstract

Rantai Pasok Konstruksi adalah sebuah sistem pemasok, produsen, layanan transportasi, distributor dan penjual yang diciptakan untuk mengubah bahan dasar menjadi suatu produk konstruksi sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengguna sesuai nilai yang dimintanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa pola rantai pasok material konstruksi serta menganalisa perilaku para pihak dalam rantai pasok konstruksi bangunan gedung. Penelitian ini dilakukan pada proyek bangunan gedung di Kabupaten Tanah Datar, dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif yakni teknik analisis yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan kumpulan data wawancara dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat pola umum rantai pasok konstruksi yang digunakan yakni pola pekerjaan yang dikerjakan sepenuhnya oleh kontraktor utama, pola pekerjaan yang dilaksanakan oleh sub kontraktor termasuk penyediaan material, tenaga kerja dan peralatan, pekerjaan yang dilaksanakan oleh sub kontraktor spesialis dengan peralatan, material dan tenaga kerja disediakan oleh sub kontraktor spesialis, serta pola pekerjaan yang dilaksanakan oleh tenaga kerja dengan keahlian khusus, namun peralatan utama dan material masih diadakan langsung oleh kontraktor utama. Perilaku rantai pasok konstruksi dilakukan dengan mengkaji hubungan interaksi pelaku rantai pasok konstruksi meliputi analisa tentang sistem pengadaan yang digunakan, bentuk perjanjian, sistem pembayaran dan pengelolaan jaringan rantai pasok oleh kontraktor utama terhadap pelaku rantai pasok dibawahnya.
Analisa Nilai Hasil Terhadap Waktu pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium FKIP Tahap IV (Lanjutan) Universitas Jambi Siti Umi Azizah; Fakhrul Rozi Yamali; Elvira Handayani
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.479 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.35

Abstract

Didalam pengendalian waktu dan pengendalian biaya pada suatu proyek sangat diperlukan agar suatu proyek mampu menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu yang telah di rencanakan dan dengan biaya yang telah direncanakan. Metode analisis nilai hasil (Earned Value Analysis) adalah salah satu cara untuk mengetahui perkembangan proyek yang sedang berlangsung dengan menggunakan tiga indikator, yaitu ACWP, BCWS dan BCWP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengendalikan waktu dan biaya serta memantau indeks kinerja proyek pelaporan pada pembangunan gedung laboratorium Fkip tahap IV (lanjutan) Universitas Jambi. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai schedule variance (SV) sebesar (-14,88%), hasil ini menunjukkan pelaksanaan pekerjaan terlambat dari jadwal rencana proyek. Nilai cost variance (CV) sebesar (-6,51%), hasil ini menunjukkan biaya lebih besar dari anggaran yang telah di rencanakan. Nilai budget variace (BV) sebesar (7,28%), hasil ini menunjukkan bahwa anggaran yang digunakan lebih besar dari pada anggaran yang telah direncanakan. Prakiraan waktu penyelesaian proyek (EAS) selama 26,29 minggu dengan prakiraan total waktu penyelesaian proyek 0,29 minggu, hal ini menunjukkan bahwa penyelesaian proyek lambat dari jadwal yang telah direncanakan, dengan nilai kontrak yaitu dalam kurun waktu 26 minggu. Untuk prakiraan biaya penyelesaian proyek (EAC) sebesar Rp. 18.512.224.334,00 dengan sisa anggaran yaitu Rp. -1.127.524.334,00, hal tersebut menunjukkan bahwa biaya yang dikeluarkan lebih besar dari anggaran pelaksanaan, dengan total anggaran biaya sebesar Rp. 17.384.700.000,00.
Analisa Sisa Material Konstruksi Pada Kegiatan Pembangunan Mesjid Annisaa Dwiretnani; Kiki Rizky Amalia; Alfiando Wijaya A.K
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.497 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.31

Abstract

Sisa material konstruksi merupakan salah satu masalah serius pada pelaksanaan proyek. Adanya usaha meminimalkan hal tersebut turut membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Pada penelitian ini difokuskan pada kajian sisa material konstruksi untuk pekerjaan balok dan kolom pada Kegiatan Pembangunan Mesjid Komplek Perkantoran Walikota Jambi (Lanjutan). Penelitian dilakukan dengan menganalisa persentase sisa material konstruksi, persentase terbesar sisa material konstruksi dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya sisa material konstruksi pekerjaan balok dan kolom pada Kegiatan Pembangunan Mesjid Komplek Perkantoran Walikota Jambi (Lanjutan). Persentase sisa material konstruksi pekerjaan balok dan kolom terbanyak adalah pasir, yakni sebanyak 33,33% atau setara dengan 2 m3.
Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Kendaraan Pada Hotel Swiss-Bell di Kota Jambi Rizky Ananda T; Fahrul Rozi Yamali; Kiki Rizky Amalia
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.176 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.32

Abstract

Pada umumnya fasilitas kebutuhan masyarakat memerlukan sarana tempat parkir yang nyaman dan efisien, salah satunya pada Hotel Swiss-Bell di Kota Jambi. Kebutuhan parkir yang tidak terpenuhi, dapat menimbulkan masalah lalulintas karena pengguna badan jalan untuk lahan parkir (on street parking) sehingga menyebabkan kemacetan karena penggunaan kapasitas jalan dan terganggunya fungsi jalan. Metode survei yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan melakukan survei langsung ke lapangan yaitu dangan cara mencatat nomor kendaraan yang masuk dan keluar beserta waktu masuk dan keluar kendaraan dari tempat parkir. Pencatatan nomor kendaran yang masuk dan keluar dapat dilakukan di daerah pintu masuk dan keluar fasilitas parkir, yang dapat dilakukan pengelompokan tiap 10 menit atau pencatatan langsung waktu masuk dan keluar kendaraan. Dari data kendaraan dilakukan analisa untuk mendapatkan akumulasi parkir, durasi parkir, kapasitas parkir dan indeks parkir. Berdasarkan perhitungan kebutuhan ruang parkir di Hotel Swiss-Bell untuk kendaraan roda dua jumlah ruang parkir yang disediakan 150 ruang parkir dengan luas ruang parkir 225 m2 mampu melayani kapasitas parkir sebesar 195 kendaraan/hari dan untuk kendaraan roda empat jumlah ruang parkir yang  di sediakan 80 ruang parkir dengan luas 1000 M2 mampu melayani kapasitas parkir sebesar 118 kendaraan/hari. Ini menunjukan kapasitas parkir untuk kendaraan roda empat harus ada penambahan lahan parkir sebesar 275 M2 agar mampu menampung kendaraan yang parkir sebesar 118 kendaraan.
Analisa Produktivitas Tenaga Kerja terhadap Pekerjaan Kolom Dan Balok Beton Bertulang Nike Norjana; Ria Zulfiati
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.73 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.33

Abstract

Sumber daya termasuk faktor penentu dalam keberhasilan proyek konstruksi. Sumber daya yang berpengaruh seperti Man, Materials, Machine,Money, dan Method. Keberhasilan proyek konstruksi keseluruhan tergantung dari keberhasilan setiap pekerjaan dalam proyek tersebut, sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah produktivitas tenaga kerja. Faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas dalam proyek konstruksi dimana salah satunya faktor tenaga kerja yang berkaitan langsung dalam pembangunan konstruksi di lapangan. Secara umum keterlambatan proyek sering terjadi karena adanya penggunaan tenaga kerja yang kurang efektif,  seperti mengobrol, menganggur, makan, minum dan merokok diluar jam istirahat. Adapula faktor yang mempengaruhi produktivitas seperti umur, pengalaman, pendidikan, upah, pekerja dan hubungan kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan studi work sampling. Jenis pekerjaan yang diamati adalah pekerjaan pembesian, dan bekisting. Pekerjaan ini digolongkan menjadi tiga kegiatan yaitu : effective, contributory ,dan ineffective. Pada penelitian ini, pengamatan dilakukan pada jam normal yang dibagi menjadi 2 periode yaitu pagi (08.00-12.00 wib) dan siang (14.00-17.00 wib).  Pengamatan dilaksanakan pada proyek pembangunan rehab gedung Kejaksaan Tinggi Jambi. Dari data pengamatan di lapangan dan analisa perhitungan maka diperoleh  hasil analisa produktivitas work sampling pagi hari menunjukan bahwa nilai LUR pada pekerjaan pembesian dan bekisting kolom berdasarkan jam kerja adalah sebesar 70,05%, untuk siang hari pekerjaan pembesian dan bekisting kolom didapat sebesar 78,24% sedangkan untuk pekerjaan pembesian dan bekisting dipagi hari  pada pekerjaan balok didapat sebesar 86,98% dan untuk pekerjaan di siang hari didapat sebesar 79,19%.
Pengaruh Halte Bus Trans Semarang terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Jalan 2/2 TT (Studi Kasus: Jalan Dokter Wahidin) Ari Setiawan
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.915 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.29

Abstract

Bus Trans Semarang merupakan salah satu moda transportasi umum yang diterapkan di Kota Semarang dan diharapkan mampu mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Pengoperasian Bus Trans Semarang masih menimbulkan beberapa kendala yaitu Halte Bus Trans Semarang tidak dilengkapi teluk bus.   Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keberadaan Halte Bus Trans Semarang terhadap kinerja lalu lintas. Metode analisis pengaruh kinerja lalu lintas yang digunakan adalah membandingkan kecepatan, kepadatan, derajat kejenuhan pada lokasi ada halte dengan tanpa halte. Hasil perhitungan pada lokasi dimana ada halte saat Bus Trans Semarang berhenti (v = 48.353 km/jam, k = 6.669 smp/km dan Dj = 0.913), ada halte saat Bus Trans Semarang tidak berhenti (v = 50.617 km/jam, k = 5.575 smp/km dan Dj = 0.668) dan tanpa halte (v = 51.555 km/jam, k = 4.117 smp/km dan Dj = 0.543). Kesimpulan yang diperoleh, keberadaan Halte Bus Trans Semarang dapat menurunkan kinerja lalu lintas diperburuk pada saat Bus Trans Semarang berhenti di halte. 
Studi Persepsi Risiko pada Proyek Konstruksi Bidang Pengairan Di Sumatera Barat Dwi Putri Nengsi; Taufika Ophiyandri
Jurnal Talenta Sipil Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.273 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v3i2.34

Abstract

Industri konstruksi memiliki lebih banyak risiko dibanding industri yang lain. Risiko merupakan peristiwa yang tidak diharapkan karena mengandung ketidakpastian. Contoh risiko yang tidak diketahui kapan terjadinya adalah banjir. Menurut data BNPB dalam lima tahun terakhir, tren bencana banjir di Sumatera Barat cenderung meningkat. Kejadian banjir memiliki risiko yang besar dalam pelaksanaan proyek khususnya bidang pengairan. Untuk itu sangat penting mengidentifikasi dan mengetahui persepsi pengguna jasa maupun penyedia jasa dalam memandang risiko. Sehingga dapat menentukan dengan benar pihak yang paling bertanggung jawab dalam memitigasi risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi risiko dari pengguna jasa dan penyedia jasa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada pengguna jasa dan penyedia jasa yang terlibat dalam proyek pengairan di Sumatera Barat. Faktor-faktor risiko diperoleh dari studi literatur dan penelitian terdahulu. Pengolahan data dengan cara analisis data parametrik dan nonparametrik menggunakan program statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan cuaca hujan lebat merupakan risiko paling sering terjadi. Sedangkan risiko yang sangat berdampak terhadap waktu pelaksanaan konstruksi adalah rumitnya masalah perijinan atau pembebasan lahan, Responden konsisten dalam menentukan risiko yang harus dibagi atau ditanggung oleh pengguna atau penyedia jasa. Namun, ditemukan bahwa banyak risiko diputuskan secara ragu-ragu dan responden memiliki persepsi yang berbeda mengenai risiko.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7