cover
Contact Name
-
Contact Email
nurodin@iuqibogor.ac.id
Phone
+6281316817632
Journal Mail Official
nurodin@iuqibogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch Noh Nur No. 112 Leuwiliang Bogor-Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Islamic Economics Ad Diwan
ISSN : 28097130     EISSN : 28094840     DOI : https://doi.org/10.51192/ad.v1i2.310
Journal Islamic Economics Ad Diwan; Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor adalah jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi islam dan masalah ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata atau keduanya. Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli, antara lain: Ekonomi Islam, Kewirausahaan Syariah, Manajemen dan Perbankan Syariah, Etika Bisnis Syariah, Manajemen Investasi Syariah, Manajemen Risiko Bank Syariah, Manajemen Dana Bank Syariah, Akuntansi Syariah, Anggaran Bank Syariah, Manajemen Zakat, Modal Syariah Pasar. Jurnal Ad Diwan ini diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu Bulan September dan Maret.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS PEMBAYARAN NON TUNAI (CASHLESS) PADA BUMP PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI Moh Asep Zakariya Ansori
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1616.129 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.132

Abstract

Perkembangan sistem ekonomi yang pesat menuntut kita untuk semakin inovatif dan kreatif dalam mengikuti perkembangan zaman secara terukur dan tanpa menghilangkan unsur-unsur syariat islam sehingga efektifitasnya bisa didapatkan. Pembayaran merupakan komponen (Rukun) penting dalam transaksi perdagangan barang atau jasa, perkembangan teknologi dan besarnya nilai transaksi serta resiko, sistem pembayaran yang aman dan lancar menjadi semakin penting dan mendukung perkembangan sistem keuangan. Sebuah alternatif yang menjadi pilihan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) pada transaksi keuangan santri di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami adalah pembayaran non tunai atau Cashless Payment. Sistem ini bertujuan untuk kemudahan transaksi, upaya preventif pengurus pesantren dalam meminimalisir terjadinya kekhawatiran dalam pengelolaan uang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui efektifitas BUMP Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami dalam pelaksanaan pembayaran Non Tunai (Cashless), metode yang digunakan adalah Pendekatan fenomenologi yang dilakukan secara sistematis dengan cara menggali informasi dari suatu fenomena dan pengalaman secara kritis. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa 1) beberapa wali santri belum memahami sistem Cashless. 2)Penerapan sistem cashless yang terbilang baru berjalan mengakibatkan minimnya penguasaan petugas kantin atau mart (Unit usaha) 3) Padatnya aktifitas santri dan kendala server pada sistem dan jaringan menghambat proses transaksi
ANALISIS DAYA SAING PRODUK EKSPOR INDONESIA KE TIONGKOK Muhammad Mulya Tarmidzi; Dina Rahayu
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1141.293 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.133

Abstract

Perdagangan internasional adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa lintas negara atas kesepakatan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor, Dan Salah satu negara yang menjadi mitra dagang Indonesia adalah Negara Tiongkok. Untuk dapat memasuki suatu pasar luar negeri tentu membutuhkan produk yang memiliki daya saing tinggi. Untuk itu perlu diketahui kekuatan daya saing dari produk Indonesia yang selama ini di ekspor ke pasar Tiongkok.Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis daya saing, posisi pasar, dan untuk mengetahui sektor apakah yang perlu didorong selama 2015-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan periode tahunan. Berdasarkan hasil RCA hanya ada 34 dari 97 sektor produk yang memiliki keunggulan komparatif atau nilai rata-rata RCA lebih dari satu. Dan berdasarkan hasil EPD sebagian besar produk ekspor Indonesia tidak memiliki keunggulan kompetitif di negara Tiongkok, Karena terdapat 40 dari 97 sektor produk yang berada pada posisi reatreat yang artinya adalah adanya kemunduran pangsa pasar ekspor pada sektor produk tersebut
ANALISIS PENGARUH TRANSMISI SUKU BUNGA DAN BAGI HASIL TERHADAP TOTAL PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2019 Jamaludin; Irfan Fauzan
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1243.076 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transmisi suku bunga dan bagi hasil terhadap total pembiayaan perbankan syariah di Indonesia tahun 2017-2019. Total pembiayaan merupakan bagian dari variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah tingkat suku bunga dan bagi hasil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan suku bunga pada Bank Indonesia (BI), Bagi Hasil dan Total Pembiayaan pada website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan sampel data dikumpulkan berdasarkan data suku bunga pada Bank Indonesia tahun 2017-2019, Bagi Hasil berdasarkan data Bank Umum Syariah tahun 2017-2019. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suku bunga dan bagi hasil berpengaruh terhadap total pembiayaan perbankan syariah di Indonesia
PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PRODUK TABUNGAN WADIAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM Roisiyatin; Rida Raudatun Nisa
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.494 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.135

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengetahuan Konsumen (Consumer Knowledge) Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Tabungan Wadiah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor”. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen tentang keputusan menjadi nasabah produk tabungan wadiah pada Koperasi Simpan Pinjam Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor.  Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 110 responden yang menggunakan produk tabungan wadiah. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sedangkan untuk jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data, yaitu uji validitas data, uji reliabilitas data, uji normalitas data, uji homogenitas data, uji t (parsial) dan uji koefisien determinasi. Dari uji hipotesis penelitian ini dinyatakan Ha (diterima) artinya adanya pengaruh pengetahuan konsumen (X) terhadap keputusan menjadi nasabah produk tabungan wadiah (Y). Dan dari hasil uji t terdapat nilai signifikansi sebesar 0.000 yang artinya lebih kecil dari 0.05. Kemudian variabel (X) variabel keputusan menjadi nasabah produk tabungan wadiah (Y) adalah 0.574 atau 57.4% dan sisanya 42.6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
ANALISIS PENDAPATAN TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT UMMUL QURO AL- ISLAMI Moch Zaenal Muttaqin; Ukon Bulkoeni
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.702 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.136

Abstract

Analisis pendapatan terhadap konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Ummul Quro Al-Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Ummul Quro Al-Islami. Lokasi penelitian ini dilakukan di kampus Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini adalah metode dengan analisis deskriptif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner/angket dengan iast pengambilan sampel menggunakan random sampling. Tekhnik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan berpengaruh terhadap konsumsi mahasiswa
PENGARUH KEBERADAAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PENDUDUK DESA LEUWIMEKAR KECAMATAN LEUWILIANG BOGOR Anggi Septiani
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.222 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.137

Abstract

Perguruan tinggi sering didefinisikan sebagai mesin pembangunan ekonomi, sehingga peran perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan penduduk di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan pendapatan rata-rata penduduk sebelum berdirinya perguruan tinggi dan setelah berdirinya perguruan tinggi di Desa Leuwimekar. Untuk melihat perbedaan pendapatan rata-rata penduduk sebelum berdirinya perguruan tinggi dan setelah berdirinya perguruan tinggi dilakukan uji T, serta melihat faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan rata-rata penduduk melalui studi kasus pelaku UMKM di Desa Leuwimekar menggunakan metode OLS. Hasil uji T menunjukkan perbedaan pendapatan responden sebelum dan sesudah berdiri IUQI sebesar 32,2%, yang berarti secara rata-rata pendapatan responden meningkat sebesar 32,2%. Dan hasil pengolahan data dengan metode OLS menunjukkan bahwa variabel ln modal tidak berpengaruh positif terhadap pendapatan rata-rata responden dengan nilai koefisien 0,032972 pada taraf nyata 5%, begitupun dengan variabel ln jarak dengan nilai koefisien sebesar -0,161506 pada taraf 5% tidak berpengaruh positif terhadap rata-rata pendapatan responden

Page 1 of 1 | Total Record : 6