cover
Contact Name
Nila Zaimatus Septiana
Contact Email
joiem@iainkediri.ac.id
Phone
+6285815444827
Journal Mail Official
joiem@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam (IAIN) Kediri Jln. Sunan Ampel No. 7, Ngronggo, Kota Kediri Telp. (0354) 689282
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Islamic Education Management
ISSN : 27225542     EISSN : 27225534     DOI : https://doi.org/10.30762/joiem
Aims and Scope JoIEM: Journal of Islamic Education Management is a research journal focuses on Islamic education management with the scope limited to the various dimensions including: leadership in education organizational culture education management functions the substance of education management education administration and supervision quality management management information systems management of formal and non formal education
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020)" : 6 Documents clear
Strategi Kepala Sekolah Sebagai Pelatih Di SMA Negeri 1 Srengat Blitar Nurul hidayah; Mohammad ja’far as-shodiq
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.365 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i2.2199

Abstract

Pendidikan yang berkualitas amat membutuhkan kepemimpinan yang efektif. Kepala sekolah yang efektif salah satunya memiliki karakteristik mampu dalam memberikan coaching kepada seluruh sumber daya manusia di lembaga pendidikannya. Strategi sebagai coach (pelatih) mutlak diperlukan untuk lembaga pendidikan saat ini karena tantangan perubahan semakin besar. Kepala SMA Negeri 1 Srengat adalah salah satu pemimpin yang menjalankan perannya sebagai pelatih dengan menerapkan prinsip-prinsip coaching ke dalam beberapa strategi, yaitu: pertama, strategi kepala sekolah sebagai pelatih dalam membangun hubungan kemitraan dilakukan melalui pendekatan humanis, yakni dengan menjalin hubungan kemitraan yang harmonis dengan anggota dan melaksanakan 6 S (senyum, sapa, salam, sopan, santun dan salim). Kedua, strategi kepala sekolah sebagai pelatih dalam mengembangkan proses berpikir kreatif dilakukan dengan memancing berpikir kreatif melalui pertanyaan-pertanyaan eksploratif dan memberi contoh. Ketiga, strategi kepala sekolah sebagai pelatih dalam mengembangkan potensi dilakukan dengan pemberian pelatihan (workshop dan metode superleader), pemberdayaan potensi secara optimal, dan pembiasaan perbuatan yang tidak biasa. Keempat, strategi kepala sekolah sebagai pelatih dalam membangkitkan kesadaran dilakukan dengan memberikan motivasi.
Fungsi Pengawasan dalam Lembaga Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Guna Menciptakan Profesionalitas Kerja Ainul Yaqin; Imam Syafi’i
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.21 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i2.2155

Abstract

Pengawasan dalam lembaga pendidikan Islam merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas baik itu individu atau seluruh komponen yang terdapat dalam sebuah lembaga/ instansi yang terkait guna menciptakan suatu lembaga yang berkompeten dan berkualitas. Ada beberapa cara yang dapat kita tempuh guna menciptakan lembaga yang berkompeten yakni diantaranya adalah membentuk pribadi individu pekerja yang profesionalitas yaitu bisa melalui diklat atau training yang menunjang kemampuan tiap-tiap bagian individu tersebut, selain itu bisa dilakukan cara lain yaitu dengan cara pengawas menilai tiap individu yang ada dalam lembaga tersebut apakah performa kerjanya sudah cukup baik atau dirasa kurang baik jikalau kurang maka harus segera dilakukan evaluasi kerja supaya nantinya tidak berdampak kepada penilaian kepuasan konsumen. Di era industri 4.0 banyak sekali persaingan baik itu di dalam dunia kerja/ maupun antar lembaga pendidikan terlebih lagi dalam penggunaan media sosial maka dizaman yang saat ini serba menggunakan media elektronik kita harus menguasainya agar lembaga kita tidak kalah saing dengan lembaga yang lainnya, lembaga islam harus berinovasi seiring dengan perkembangan zaman supaya masih di minati oleh orang tua siswa karena pada saat ini lembaga pendidikan islam kadang dianngap remeh karena kadang lulusannya kurang bersaing ketika terjun disebuah masyarakat, ataupun program yang disuatu sekolah tersebut kurang menarik jikalau dibandingkan lembaga pendidikan yang lainnya. Maka disini penulis berupaya memberikan solusi terkait permasalahan diatas.
Preferensi Masyarakat dalam Pemilihan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Pada SD NU Insan Cendekia Kediri Muhammad Nabil Khasbulloh
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.293 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i2.2299

Abstract

Pendidikan semakin mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas semakin tinggi. Mayarakat memerlukan pendidikan yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Konsekuensinya, lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu-ilmu yang aktual. Masyarakat sebagai orang tua calon siswa memiliki andil besar dalam penentuan sekolah anaknya. Masyarakat akan mencari sekolah yang bermutu bagi anak mereka termasuk sekolah dasar (SD). Menanggapi hal tersebut, setiap lembaga pendidikan akan berlomba-lomba untuk dapat menarik minat masyarakat khususnya orang tua dalam menyekolahkan anaknya. SD NU Insan Cendekia Kediri merupakan sekolah dengan konsep Islamic dan fullday school yang memiliki citra baik dan favorit di masyarakat. Keberhasilan sekolah tersebut dalam kiprahnya sebagai lembaga pendidikan Islam menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data langsung bisa dikumpulkan dengan latar alami (natural setting). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah: preferensi masyarakat dalam pemilihan lembaga pendidikan Islam SD NU Insan Cendekia Kediri, yaitu: pertama, sekolah yang berbasis keagamaan (religiusitas), kedua, sekolah memiliki fasilitas sarana-prasarana yang representatif dan memadai, ketiga, sekolah memiliki budaya yang baik, keempat, sekolah menawarkan berbagai kekhasan dan keunggulan, kelima, sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas, keenam, lokasi sekolah strategis.
Evaluasi Terhadap Pembinaan Kinerja Guru Ria Fitria Rohmah; Binti Maunah
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.803 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i2.2209

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dari kegiatan pendidikan dan pembelajaran Upaya untuk peningkatan kemampuan guru secara individu telah banyak dilakukan. Pemerintah juga telah berusaha meningkatkan kemampuan dan kelayakan guru. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogig, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Peningkatan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan usaha pengembangan profesi yang berkaitan dengan rekrutmen guru dan pemberdayaan guru. Penilaian kinerja guru dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa dengan membantu para guru menyadari potensi mereka dan dapat melaksanakan tugas seefektif mungkin. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, pelaksanaan supervisi dalam lembaga pendidikan sangatlah diperlukan. Penilaian terhadap kinerja guru difokuskan pada usaha untuk meningkatkan prestasi kerja mereka. Oleh sebab itu diperlukan adanya evaluasi terhadap pembinaan kinerja guru. Dengan adanya evaluasi terhadap pembinaan guru tersebut, seorang guru akan lebih berhati-hati dalam segala hal. Jurnal ini bertujuan untuk menggambarkan tentang evaluasi terhadap pembinaan kinerja guru. Jurnal ini menggunakan metodeanalisis perpustakaan yang digunakan untuk mencari tahu deskripsi, yang melibatkan aktual danrujukan faktual. Adapun fokus pada jurnal ini adalah (1) langkah evaluasi terhadap pembinaan guru(2) tujuan evaluasi supervisi pengajaran (3) proses evaluasi supervisi pendidikan(4) prinsip-prinsip evaluasi program supervisi pendidikan. dengan diharapkan memahami artikel ini para pembaca mampu menerapkan supervisi dengan pendekatan kolaboratif sehingga tujuan meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru dapat tercapai.
Strategi Peningkatan Mutu Internal Perpustakaan Melalui Optimalisasi Layanan Di Perpustakaan IAIN Kediri Nurwarniatun
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.142 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i2.2482

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu unsur vital dalam pendidikan, sebagai penyedia informasi kelilmuan perpustakaan harus dikelola dengan baik mulai dari koleksi sampai sistem informasi, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat yang dapat meningkatkan mutu internal perpustakaan di era modern seperti sekarang, dimana sistem informasi terus mengalami perkembangan, sehingga penggunaan perangkat digital dalam sistem informasi akan semakin memudahkan akses pemustaka dalam menggunakan layanan perpustakaan terutama jika perpustakaan sudah memiliki koleksi yang banyak dan memiliki lahan yang luas. Perpustakaan IAIN Kediri menggunakan sistem informasi berbasis digital dalam rangka memudahkan pemustaka yang dalam hal ini mahasiswa agar mendapat pelayanan yang prima dan memuaskan.
Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Moh. Zainal Fanani; Dewi Agustriani
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/joiem.v1i2.1154

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Kurikulum yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang akan ditempuh untuk menghasilkan produk model kurikulum yang mengacu KKNI di Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: (1) analisis pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) validasi produk, dan (4) uji kelayakan produk. Data dikumpulkan dari berbagai dokumen pedoman dan standar penysunan kurikulum KKNI dan catatan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berorientasi KKNI yang dikembangkan pada penelitian ini sangat layak diterapkan di Prodi S-1 MPI Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Dengan alasan Kurikulum berorientasi KKNI yang dikembangkan telah memenuhi standar nasional dan tujuan pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan perangkat perkuliahan berupa Rencana Perkuliahan Semester.

Page 1 of 1 | Total Record : 6