cover
Contact Name
Nila Zaimatus Septiana
Contact Email
joiem@iainkediri.ac.id
Phone
+6285815444827
Journal Mail Official
joiem@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam (IAIN) Kediri Jln. Sunan Ampel No. 7, Ngronggo, Kota Kediri Telp. (0354) 689282
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Islamic Education Management
ISSN : 27225542     EISSN : 27225534     DOI : https://doi.org/10.30762/joiem
Aims and Scope JoIEM: Journal of Islamic Education Management is a research journal focuses on Islamic education management with the scope limited to the various dimensions including: leadership in education organizational culture education management functions the substance of education management education administration and supervision quality management management information systems management of formal and non formal education
Articles 41 Documents
Sekolah-sekolah Islam Peran dan Prospeknya dalam Indonesia Modern Taufiqurrahman; Nuril Qodri Mubarok
Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.843 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v3i1.1

Abstract

Sejalan dengan adanya gerakan reformasi di dunia islam yang sangat menyentuh seluruh bidang kehidupan umat islam baik pada sektor   sosial, politik, budaya, pendidikan, hukum dan sektor lainnya, dan gerakan reformasi tersebut sampai di Indonesia,  hal tersebut berpengaruh pada pengelolaan pendidikan dikalangan ummat Islam. format baru dalam kelembagaan pendidikan islam dibentuk dalam bingkai sekolah islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai sekolah-sekolah islam terkait peran dan prospeknya dalam Indonesia modern. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review, mengkaji tentang sekolah-sekolah islam melalui hasil-hasil riset dan telaah Pustaka yang terkait dengan sekolah islam dalam Indonesia modern. Hasil dari penelitian ini yakni sekolah islam terpadu adalah sekolah islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integrative nilai serta ajaran islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif serta keterlibatan yang optimal dan koperatif antara guru, orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetisi guru
The Role of Parents from Various Backgrounds Toward Online Learning In Elementary School Due to The Covid-19 Pandemic At Sidoarjo Zuhrotunisa Eviana Indah Kumala; Ahmad Misbahul Munir; Bakhrul Huda
Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.907 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v3i1.4

Abstract

The purpose of this research was to identify how the implementation model of online learning is conducted by children aged 8-10 years in Sidoarjo and how the role of their parents with different backgrounds in online learning. The research method used was qualitative research with a case study. Data collection techniques in this study used interviews and documentation. For data analysis, there were two stages utilized, namely data reduction, and data presentation. The findings of this study showed that the implementation of online learning was by utilizing the WhatsApp application because it is considered to be more universal and straightforward. Thus, children aged 8 to 10 years old in Sidoarjo could learn online. In addition, Google Classroom was employed for exercises or exams. While the involvement of parents from several backgrounds in online learning was highlighted to be quite similar, such as (1) assisting children in learning and doing assignments, (2) supervising children in using cell phones, (3) explaining the material if they did not understood, (4) providing learning facilities such as cellphones or internet quotas, and (5) affording motivation or support.
Penguatan dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Al Quran Melalui Training Metode Baca Tulis dan Menghafal Al Quran Yanbu’a Bagi Pengajar dan Santri A’an Yusuf Khunaifi; Muhamad Hasan Sadili
Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.127 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v3i1.5

Abstract

Al-qur’an adalah sumber utama ajaran agama islam yang dijadikan pedoman dalam pendidikan agama Islam. Untuk itu pembelajaran al-Qur’an sangatlah penting dan menjadi dasar dalam pendidikan agama Islam. Pembelajaran al-Quran dengan menggunkan metode yang baik tentu akan dapat memberikan hasil yang baik pula dalam meningkatkan mutu generasi al-Qur’an serta pendidikan al-Qur’an. Pembelajaran al-Qur’an yang menggunakan metode yanbu'a bisa dijadikan solusi untuk mengatasi problem penuruan kualitas generasi al-Qur’an. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data dilaksanakan dengan cara menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama: penambahan kegiatan sorogan metode yanbu'a yang membuat para santri dan tenaga pengajar semakin antusias; kedua: para santri dan tenaga pengajar setiap hari langsung mempraktikkan metode yanbu'a yang langusng diawasi oleh pemateri sehingga hasil evaluasi terdapat penguatan mengajar bagi para guru dan peningkatan mutu membaca al-Qur'an bagi para santri; ketiga: dengan adanya training ini yayasan ulumiyah al-makruf memiliki calon pengajar metode yanbu'a yang memadai sehingga tidak terjadi kekosongan pemateri dalam pembelajaran membaca alqur'an dengan metode yanbu'a.
Strategi Metode Pembelajaran dalam Rangka Meningkatkan Mutu Santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’in Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Mustajib
Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.759 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v3i1.6

Abstract

This research was carried out with the aim of knowing the strategy of learning methods carried out by TPQ education institution hidayatul mubtadi'in in sukorejo village, Udanawu sub-district of Blitar in improving the quality of its students, considering that TPQ education institutions are non-formal institutions that are very influential in efforts to improve the quality of students in formal institutions. The type of research used is qualitative research type, which is the type of research that examines and that can describe complex and concrete social reality. And after the research runs for several days and produces data that the researchers think is enough, then researchers can conclude that TPQ hidayatul mubtadi'in can improve the quality of santrinya by using discipline strategies, accuracy, achievement cards, support santri guardians, punishment, and awards. And of course in its implementation there must be factors that encourage or even inhibit it.
Implementasi Manajemen Perpustakaan di MI Nurul Islam Jombang Nurwarniatun
Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.296 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v3i1.7

Abstract

This study focuses on the implementation of general management functions in managing libraries in school and how to increase students interest in reading which in closely related to the library management strategy undertaken. In essence, library management is carried out so that students are able to use school facilities to the maximum and help train students to become a generation that cares about literacy. It cannot be denied that education must balance with this increasingly advanced technology, so that to make students able to compete academically through reading media. That is why library management is very important for the sake of achieve the quality of students in both academic and non-academic fields and prepare a generation capable of responding to the challenges of the times.
Strategi Ustadzah Untuk Meningkatkan Motivasi Lansia Dalam Pembelajaran al-Qur’an Aprilia Ayu Nila Sari; Faridi; Zulfikar Yusuf
Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.54 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v3i1.9

Abstract

This study aims to describe the efforts of muslim teacher in providing motivation to the elderly in the Ta'lim Nur Hasanah Sawojajar Malang Council. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. While the objects in this study were the chairman of the assembly, ustadzah and 5 elderly people at the Ta'lim Council of Nur Hasanah Sawojajar Malang. The selection of the Ta'lim Council of Nur Hasanah Sawojajar Malang as a research site was based on the lack of people who no longer studied the Qur'an, but it turned out that there were still elderly people who had various limitations starting to study the Qur'an. With these limitations, the researcher wants to know the efforts of the cleric in motivating the elderly to continue to be istiqomah in studying the Qur'an. Data was collected through observation, interview, and documentation techniques. Meanwhile, data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data and making conclusions. The results showed that: the efforts given by the cleric were: 1). Awakening the interest of the elderly to return to reading the Qur'an, 2). Creating a pleasant learning atmosphere, and 3). Instilling positive values ​​in everyday life.
Telaah Kritis Eksistensi Pesantren sebagai Refleksi Pendidikan Islam Holistik dalam Membentuk Generasi Muslim Berkarakter Sufirmansyah; Lailatul Badriyah
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.139 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i1.1998

Abstract

This article reveals the position of pesantren as a reflection of holistic Islamic education. Compared to other educational institutions, pesantren has a distinct advantage in terms of habituating Islamic values for students. Using a qualitative methodology and van Dijk's discourse analysis approach, this article was prepared by examining and analyzing all relevant references for the sake of obtaining a systematic conclusion. This article comes to the synthesis that pesantren has tremendous potential in shaping the personality of future generations of Muslims based on the Qur'an and Hadith. The role of the kiai is very vital and supported by activities laden with high levels of Islamic morality making pesantren have a very promising bargaining value for the realization of the objectives of Islamic education, namely the formation of our people. Therefore, without ignoring other Islamic educational institutions, pesantren must continue to be supported and at the same time synergize with other institutions in order to be able to spread these characteristics so that future generations of Muslims truly have Islamic character in their daily lives.
Pengaruh Sistem Informasi SLIMS Terhadap Manajemen Kemudahan Penggunaan Layanan di Perpustakaan IAIN Kediri Puspoko Ponco Ratno; Ana Ulin Nadhirin
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.247 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i1.1956

Abstract

Kemajuan teknologi khususnya di bidang IT pada saat ini berkembang cukup pesat. Salah satu manfaat yang didapatkan dari adanya perkembangan teknologi IT ini adalah adanya kemudahaan penggunaan dalam suatu sistem / unit. SliMS (Senayan Library Management System) merupakan salah satu bentuk sistem dari adanya perkembangan IT, yang diharapkan dapat membantu peningkatan manajemen pelayanan di suatu perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen kemudahan penggunaan dari sistem informasi SliMS berdasarkan persepsi kemudahan pengguna (Perceived Easy of Use) di Perpustakaan IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dimana variabel dari penelitian ini adalah sistem informasi SliMS (X) sebagai variabel independen dan kemudahan penggunaan (Y) sebagai variabel dependen. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa MPI IAIN Kediri berjumlah 110 dengan sampel berjumlah 86, sesuai tabel sampel Krejcie Morgan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan memakai Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana didapatkan bahwa sistem informasi SLiMS (X) memiliki pengaruh positif terhadap kemudahan penggunaan (Y) dengan total pengaruh sebesar 14,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi SliMS memiliki peranan dalam peningkatan layanan yang ada di perpustakaan IAIN Kediri.
Penggunaan Aplikasi OPAC untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan Achmad Agung Nugroho; Niken Ayu Isnainy
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.723 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i1.1994

Abstract

Aplikasi OPAC merupakan salah satu bagian dari inovasi di perpustakaan. Sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dimanfaatkan untuk mencari informasi tentang koleksi buku-buku di perpustakaan atau unit lainnya yang mampu diakses dengan cara online ini dinamakan sebagai aplikasi OPAC (Online Public Access Catalogue). Aplikasi OPAC memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan sehingga banyak perpustakaan yang memilih menggunakan aplikasi tersebut. Penerapan OPAC diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, yaitu dari segi pelayanan yang disediakan bagi pemustaka agar pemustaka benar-benar terbantu saat menelusuri koleksi di perpustakaan. Penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi OPAC di perpustakaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan atau sebaliknya. Tujuannya untuk menjelaskan tentang dampak pengaruh penggunaan OPAC terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana data didapatkan dengan menyebarkan angket berupa pertanyaan-pertanyaan tertutup. Sampel yang di ambil adalah pengunjung perpustakaan. Penelitian ini membuahkan hasil yang menyatakan bahwasanya mayoritas pengunjung perpustakaan lebih terbantu ketika terdapat aplikasi OPAC. Jadi, penggunaan aplikasi ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas manajemen pelayanan perpustakaan terutama dalam pengelolaan bahan pustaka dengan menyajikan informasi-informasi yang jelas.
Pengaruh Pemberdayaan Kinerja Fungsional Pustakawan Terhadap Kualitas Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Daerah Kota Kediri) Sri Hariyanti; Noviliya
Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.64 KB) | DOI: 10.30762/joiem.v1i1.1992

Abstract

Perpustakaan memiliki peran yang penting dalam menunjang sebuah mutu pendidikan. Hal ini perlu di sadari bahwa dari tahun ke tahun terjadi penurunan dari segi sektor pendidikan. Dengan adanya pemberdayaan dalam tenaga fungsional pustakawan diharapkan dapat meningkatkan kualitas perpustakaan, dimana akan berimbas pada kualitas pendidikan karena dalam lembaga atau sekolah, perpustakaan merupakan salah satu faktor penunjang dalam aktifitas belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan membahas mengenai pemberdayaan kinerja dalam kegiatan fungsional pustakawan, dan beberapa faktor yang mempengaruhi pemberdayaan kinerja pustakawan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambat atau kendala pada kegiatan fungsional pustakawan dalam mengembangkan kualitas perpustakaan. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara, serta menggunakan studi literatur. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberdayaan kinerja pustakawan dengan kualitas perpustakaan di perpustakaan daerah kota kediri , dimana pustakawan dituntut untuk lebih professional, memiliki etos kerja yang tinggi, kompeten dalam bidangnya, serta adanya upaya-upaya perbaikan beberapa faktor penghambat.