cover
Contact Name
Dedy Juliandri Panjaitan
Contact Email
dedyjuliandri@gmail.com
Phone
+6281361141563
Journal Mail Official
Jurnal@pascaumnaw.ac.id
Editorial Address
Jalan Garu II No. 02 Medan, Kelurahan Harjosari I, Kecamaan Medan Amplas, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, 20147
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal MathEducation Nusantara
ISSN : 2614512X     EISSN : 26145138     DOI : https://doi.org/10.32696/jmn.v5i1.203
Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, pengembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, penelitian tindakan kelas, dll.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): January 2020" : 12 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Tua Halomoan Harahap
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.233 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.98

Abstract

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Maple Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Syahriani Sirait; Anshari Putra
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.003 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi Maple terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah matematika ekonomi pada materi Fungi linier dalam ekonomi dan bisnis di semester V FKIP UNA. Pengambilan sampel total yaitu kelas  V Asebagaii kelasi eksperimeni dan kelas V Bsebagaii kelasi controll dimanai masing-masing kelasi berjumlahi 30 imahasiswa. Instrumen pre-test maupuni post-test berbentuki essay masing-masingi 5 isoal. Darii hasill analisisi datai iyang dilakukani rata-ratai nilaii yang diperolehi mahasiswa padai kelasi eksperimeni untuk ipre-test 78,666 dani 9,553 sedangkani untuk ipost-test 81,8333 dan 10,127. Untuki rata-ratai nilaii dari kelasi kontroli untuki ipre-test 71,8333 dan 10,462 sedangkani untuki ipost-test 74,666 dan 10,499. Darii ianalisis datai idengan menggunakani iuji  padai itaraf nyatai 0,05 diperolehi thitung = 0,353 dan ttabel 2,00. Ternyata thitung  ttabel maka H0 ditolaki idani isebaliknya Ha iditerima. Sehingga diperolehi isimpulan dimanai iterdapat pengaruhipenggunaan aplikasi Mapleiterhadap hasillbelajar mahasiswa padai imatakuliah matematikai ekonomi di semester V prodi pendidikan matematika FKIP UNA. Kata kunci: maple; fungsi linier
Pemanfaatan Ethonomatika Permainan Engklek Dalam Pembelajaran Matematika Syaripuddin Syaripuddin
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.206 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.221

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil peningkatan kemampuan anak dan memahami suatu kegiatan permainan tradisional engklek (hopping) serta untuk dapat melakukan menyelesaikan suatu permasalahan. Metode yang digunakan adalah survey eksloratif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh melalui wawancara, pengamatan/observasi  langsung. Peneliti menemukan dalam permainan engklek terdapat unsur matematika seperti bangun datar, bilangan asli, bermanfaat untuk meningkatkan motorik kasar, serta untuk  melatih dan memahami karakter / sifat anak-anak di usia dini berupa  kedisiplinan, kebersamaan dan kejujuran
Musik Mozart Sebagai Pengiring Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Belajar Matematika Dedy Juliandri Panjaitan; Dewi Nur Hasanah
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.773 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.109

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan belajar matematika. Artikel ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Instrument yang digunakan angket untuk motivasi dan soal tes uraian untuk hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t untuk motivasi belajar matematika dimana diperoleh  sebesar  dan  sebesar  ini berarti  dan untuk hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh  sebesar  dan  sebesar  ini juga berarti , maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan hasil belajar matematika.
Pembelajaran Berbasis Masalah dan Self-Efficacy matematis Siswa Muhammad Huda Firdaus
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.641 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.100

Abstract

Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Nurdalilah Nurdalilah
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.381 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.113

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran matematika siswa. Penelitian ini adalah eksperimen semu.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes. Hasil Penelitian diperoleh Hasil penelitian skor dasar siswa meningkat nilai rata-rata dan simpangan baku hasil belajar matematika siswa pada materi segi empat dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri adalah  dan S1 = 8,45 . Nilai rata-rata dan simpangan baku hasil belajar matematika siswa pada materi segi empat dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah  dan S2= 8,16 . Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung =  2,5867 dan ttabel = 1,67. thitung> ttabel, sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa
Arah Kecenderungan dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika Sesuai Pembelajaran Abad 21 Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Sri Rafiqoh
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.722 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.101

Abstract

Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Prilaku Berberkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Subriadi Hasibuan; Ida Kamasih; Dian Armanto
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.549 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.149

Abstract

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Modelnpembelajaran Probing Prompting Dengan Media Geogebra Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat Dira Puspita Sari; Lilis Saputri
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.842 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.95

Abstract

Pengembangan Peta Konsep Pada Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Saiful Bahri
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.12 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.96

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 12