cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Ketangga Desa Kateng Kecamatan Praya Barat
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Published by bajang Institute
ISSN : 28089650     EISSN : 28089219     DOI : 10.53625
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social humaniora
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 7: Mei 2022" : 13 Documents clear
PENGARUH SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI Dewi Kusuma Wardani; Lidwina Christine Mau
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.754 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of profitability on tax avoidance with corporate social responsibility as a moderating variable. In this study, the sample used was manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and for the 2015-2019 period, based on the purposive sampling method, 44 companies were obtained. The data in this study were processed using SPSS with multiple linear regression and absolute difference value test. The hypothesis testing method uses a significance level of 5%. The results showed that sales growth had a positive effect on tax avoidance. Corporate social responsibility cannot moderate the negative effect of sales growth on tax avoidance
IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 SEBABIKECAMATAN TELAWANGTAHUN PELAJARAN 2019/2020 Aris Yulianto
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.266 KB)

Abstract

Tampaknya menggali kemampuan siswa dengan cara menumbuhkembangkan kemampuan yang telah ada belum pernah dilakukan oleh guru SDN 2 Sebabi Kecamatan Telawang, sehingga pendidikan itu terkesan memaksa dan menjemukan. Dalam proses pembelajaran, guru memulai dengan menjelaskan –memberi contoh latihan soal. Jadi siswa secara langsung diberikan rumusrumus matematika tanpa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri. Pada pembelajaran CTL guru tidak mengharuskan siswa menghapal fakta-fakta tetapi guru hendaknya mendorong siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui CTL siswa diharapkan belajar melalui ‘mengalami’ bukan ‘menghapal’. Dalam pembelajaran, guru perlu memahami konsepsi awal yang dimiliki siswa dan mengaitkan dengan konsep yang akan dipelajari. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 SebabiTahun Pelajaran 2019/2020”. Penelitian dilakukan di kelas V SDN 2 Sebabisemester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Tindakan kelas dilaksanakan dua siklus , yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Observasi dibagi dalam tiga putaran, yaitu putaran 1, 2 dan 3, dimana masing putaran dikenai perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan yang diakhiri dengan tes formatif di akhir masing putaran. Dibuat dalam tiga putaran dimaksudkan untuk memperbaiki sistem pengajaran yang telah dilaksanakan. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).
PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU Maryadi
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.852 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa persoalan mendasar yang berkaitan dengan penerapan pola kepemimpinan kepala sekolah terhadap guru SD Kecamatan Mentawa Tualan Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen terstruktur. Keseluruhan data dianalisis menggunakan regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 23. Temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan situasional terhadap kompetensi profesional guru dengan nilai t hitung 4,718 > t tabel 2,202, dan nilai sig.0,000<0,05, sedangkan kontribusi kepemimpinan situasional sebesar 27,4%. (2) Adapun sisanya sebesar 68, 8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT KELAS IV SDN 11 BAAMANG TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019 Neni Idawati
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.083 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 11 Baamang Tengah ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Ilimu Pengetahuan sosial seperti hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, dimana masih banyak sebagian siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, saat proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah saja dalam penyampaian materi pelajaran, jadi terkesan monoton dan tidak variatif, dan kegiatan pembelajaran hanya berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung hal ini terlihat dari cara guru mengajar yang kurang menarik perhatian siswa. Model Make A match merupakan sebuah program yang komprehensif untuk mengajari pelajaran membaca, menulis dan seni berbahasa pada kelas tinggi di sekolah dasar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan sosial murid kelas IV SDN 11 Baamang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan sosial murid kelas IV SDN 11 Baamang Tengah melalui model Make A Match. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari bulan Agustus 2019 hingga bulan Oktober 2019. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan II, menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada data awal sebelum tindakan perolehan nilai hasil belajar siswa sebesar 48%, siklus I hasil belajar siswa 61,6% sedangkan pada siklus II peningkatan hasil belajar diperoleh nilai 83,6%. Dari data di atas diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan hasil belajar siswa. Keadaan ini membuktikan bahwa pemilihan model belajar Make A Match dan keaktifan siswa mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Hal ini didukung oleh adanya kecenderungan meningkatnya aktivitas guru dan siswa diiringi dengan meningkatnya hasil belajar siswa.
PENGARUH KEPUTUSAN PENGAMBILAN KONSENTRASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP MINAT MENJADI SEORANG HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT di SUATU PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa) Maxmilian Aryanto Dowo Ruing
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.952 KB)

Abstract

The field of Human Resource Management (HRM) is not something that arises suddenly. History has proven that humans have been living in organizations for a long time, although not as intensively as now. This is because HRM itself is all the concepts and techniques needed to handle the personnel, or human resources aspect of a managerial position, such as selection, training, rewarding and appraisal (Garry Dessler in Meldona, 2009: 19). The research method in this study is about the nature of research, operational definitions and indicators of research variables, population, samples and sampling techniques, sources and data collection, data collection place and time, research instrument development, data quality testing and data analysis techniques. Undergraduate Study Program Management, Faculty of Economics, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa is located at Jalan Kusumanegara 121 Yogyakarta. The company started its academic activities in 1979. In 1981 the Faculty of Economics obtained registered status for the Corporate Management Study Program with the Decree of the Minister of Education and Culture No.029/0/1981, under the Coordination of Kopertis Region IV (now Region V) Special Region of Yogyakarta In accordance with the research that has been carried out and the discussion on the effect of the decision making concentration of human resource management on the interest in becoming an HRD in a company, it can be concluded that the decision variable for making the concentration of human resource management (X) has a significant effect on the interest in becoming an HRD ( Y) in a company.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS VI SDN 2 MEKAR JAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Supriady
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.953 KB)

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery)? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan (discovery) terhadap motivasi belajar siswa?Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan (discovery).Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Mekar Jaya. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,57%), siklus II (78,38%), siklus III (89,19%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 2 Mekar Jaya, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KISAH SAHABAT ABU BAKAR AS SHIDDIQ RA MELALUI METODE CERAMAH PLUS DAN DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN 7 KETAPANG TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019 Elfi Machfiati
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.473 KB)

Abstract

Maraknya industri film dan tontonan yang kurang mendidik yang tak layak dijadikan tuntunan, yang membuat kami merasa prihatin akan perkembangan anak didik kami. Mereka lebih mengenal dan menjadikan artis idola mereka daripada pejuang-pejuang Islam. Maka berdasarkan hal tersebut diatas, kami mengadakan Penelitian Tindakan Kelas. Dimana proses pembelajaran dengan mengenalkan dan memberikan contoh tontonan yang baik dari akhlak dan prilaku para sahabat Nabi. Penelitian ini kami lakukan di SDN 7 Ketapang pada siswa kelas V terdiri dari 28 siswa diantaranya 14 putri dan 14 putra dengan memakai metode yang dapat mudah difahami serta menarik dan membuat peserta didik fokus dan dapat menjadi contoh teladan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil yang kurang/tidak tuntas. Dan karena kurang/ tidak tuntas tersebut kami menggunakan metode ceramah plus dan diskusi. Kemudian peneliti menggunakan metode tersebut di siklus II dengan memakai media video cerita sahabat Kholifah Abu Bakar as Shiddiq ra . Dan kesimpulan yang peneliti dapat adalah dengan menggunakan metode ceramah plus dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada PAI materi kisah sahabat. Penggunaan metode ceramah plus dan diskusi tersebut mempunyai efek yang baik ketika diterapkan pada siswa kelas V
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURUDALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SD NEGERI 1 MENTAWA BARU HULU KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR Saiful bahdar
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.82 KB)

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah kearah peningkatan mutu. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa. Budaya sekolah yang harus dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SD Negeri 1 Mentawa Baru Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, BEBAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN BANTUL Awang Bagas Setiawan; Epsilandri Septyarini; Jajuk Herawati
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.525 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, beban kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil ialah pegawai Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bantul, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Sampel terdiri dari 62 responden Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bantul. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan) digunakan untuk membuktikan dan menganalisis hasil penelitian. hasI penelitian menunjukkan bahwa 1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 2) beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 3) motivasi berpengaruh positif dan penting terhadap kinerja pegawai. 4) Kepemimpinan, Beban Kerja dan Motivasi juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai.
MENIGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI SUPERVISI DIREKTIF KEPALA SEKOLAH Heni Tri Rahmawati
Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol. 1 No. 7: Mei 2022
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.372 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa persoalan mendasar yang berkaitan penerapan supervisi kepala sekolah sebagian kurang sesuai dengan kondisi guru, baik yang berkualifikasi S1, bersertifikasi ataupun yang belum serta belum optimalnya supervisi kepala sekolah terhadap guru, disammping kompetensi profesional guru yang masih datar saja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui supervsisi direktif pembelajaran kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di Kecamatan Tualan Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Sekolah dengan pendekatan lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan khusus dari kegiatan PTS ini adalah untuk (a) Meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan dan mengembangkan materi, struktur maupun konsep, (b) menigkatkan disiplin guru dalam mengajar, (c) meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi. Temuan penelitian melalui supervisi direktif kepals sekolah terhadap komptensi profesional guru diperoleh hasil sebagai berikut :(a) guru mampu menguasai dan mengembangkan materi, struktur, konsep dan pola pikir mengajar (b) disiplin guru dalam mengajar menigkat dari 65% pada siklus 1 menjadi 85% pada siklus 2. (c) Pada pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat 60% pada siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2. Dengan demikian hasil siklus 2 sudah menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran yang diharapkan yakni melebihi indikator 80%

Page 1 of 2 | Total Record : 13