cover
Contact Name
Yuhefizar
Contact Email
ephi.lintau@gmail.com
Phone
+628126777956
Journal Mail Official
ephi.lintau@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jati Padang Raya No. 41 Jati Padang Pasar Minggu Jakarta Selatan Kode Pos 12540
Location
,
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Sisfotek (Sistem Informasi dan Teknologi Informasi)
ISSN : -     EISSN : 25973584     DOI : -
Core Subject : Science,
Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) merupakan ajang pertemuan ilmiah, sarana diskusi dan publikasi hasil penelitian maupun penerapan teknologi terkini dari para praktisi, peneliti, akademisi dan umum di bidang sistem informasi dan teknologi dalam artian luas.
Articles 275 Documents
Evaluasi Aplikasi Business Intelligence pada Proyek Indonesia WIFI PT. PINS Indonesia Maya Avinda; Riswan E. Tarigan; Andree E. Widjaja
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.21 KB)

Abstract

Dewasa ini berbagai jenis perusahaan telekomunikasi bermunculan seiring berkembangnya teknologi. Oleh karena itu, strategi untuk menjadi penguasa pasar khususnya dalam bidang telekomunikasi sangat dibutuhkan. PT.PINS Indonesia yang merupakan salah satu anak perusahaan PT. Telkom Indonesia adalah salah satu perusahaan yang menerapkan Business Intelligence(BI). Dengan adanya proyek Indonesia WIFI, PT.PINS Indonesia menggunakan dua aplikasi yaitu Finsys dan Testcomm untuk membantu pelaksanaan proyek. Dengan menggunakan metode studi pustaka dan wawancara terhadap salah satu manajer proyek WIFI Indonesia, makalah ini akan membahas tahapan yang dilakukan saat penerapan Aplikasi Finsys dan bagaimana Finsys membantu mempertanggung-jawabkan Accrument list of project serta bagaimana melakukan data controlling dengan menggunakan aplikasi Testcomm. Hasil dan kesimpulan makalah ini menunjukkan bahwa BI yang dimplementasikandalam bentuk aplikasi Finsys dan Testcomm berperan aktif dalam pengembangan perusahaan dan membantu penggunadi dalam pengerjaan Proyek IndonesiaWIFI.
Pengembangan Sistem Informasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah Berbasis Web dan Mobile Android Efmi Maiyana; Teri Mengkasrinal
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1250.631 KB)

Abstract

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) merupakan produk pendidikan yang tidak bisa dilepaskan dari kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). SKPI merupakan dokumen yang memuat kompetensi yang dimiliki oleh lulusan, dengan SKPI diharapkan calon pengguna lulusan (stakeholder) lebih mengetahui kecakapan (kompetensi) apa yang dimiliki calon karyawannya. Dari hasil survey peniliti saat ini masih banyak perguruan tinggi yang belum menggunakan SKPI sedangkan kampus yang sudah menggunakan SKPI masih menggunakan sistem blanko (manual) dalam mendata atau mendapatkan kompetensi yang dimiliki oleh calon lulusan untuk dimasukkan dalam SKPI. Sistem ini tentu masih memiliki kekurangan seperti butuh waktu yang cukup lama untuk dikembalikan oleh calon lulusan dan kehilangan dokumen yang telah dikumpulkan. Untuk mengatasi kekurangan tersebut maka dapat dirancang sebuah system SKPI dengan memanfaatkan Sistem Informasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmnet. dengan model 4D (define-design-develop-disseminate). RnD merupakan metode penelitian yang menekankan pada hasil atau produk akhir penelitian, sementara dalam pengembangan produk yang akan dihasilkan digunakan model pengembangan system SDLC (system development life cycle) dengan pendekatan waterfall. Produkakhir dari penelitian ini adalah system informasi SKPI yang dirancang dengan pemanfaatan Webdan Mobile Android. Sebelum SI ini didesiminasi terlebih dahulu dilakukan uji produk yang meliputi uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Berdasarkan ketiga uji produk tersebut didapat bahwa SI-SKPI ini valid, praktis dan efektif digunakan dalam merancang SKPI lulusan perguruan Tinggi.
Implementasi Sistem Informasi Untuk Penunjang Pengambilan Keputusan Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat Desa Novia Lestari; Reti Handayani; Yulia Jihan SY
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.143 KB)

Abstract

Kesejahteraan Sosial merupakan suatu kondisi yang harus diwujudkan bagi seluruh warga negara di dalam pemenuhan kebutuhan material, spiritual, dan sosial agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Namun pada kenyataannya, masih banyak warga negara belum dapat memenuhi kebutuhan dasarnya karena kondisinya yang mengalami hambatan fungsi sosial, akibatnya mereka mengalami kesulitan dalam mengakses sistem pelayanan sosial dan tidak dapat menikmati kehidupan yang layak bagi kemanusiaan. Selain itu Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial juga mengalami permasalahan sebagai akibat dari belum optimalnya dukungan sumber daya manusia, peran masyarakat, dan dukungan pendanaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya upaya terarah, terpadu, dan berkelanjutan baik yang dilakukan oleh Pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial, sehingga diharapkan dapat mempercepat terciptanya Kesejahteraan Sosial bagi seluruh masyarakat.Verifikasi dan validasi data kemiskinan merupakan hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan kesejahteraan social guna mencegah terjadinya data tidak valid atau tidak up date, menimbulkan masalah yang sama muncul berulang-ulang, seperti ketidaktepatan sasaran program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, dan target penurunan kemiskinan sulit dicapai. Dengan adanya penelitian ini, dibangun sebuah system informasi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi objek penelitian yaitu perangkat desa dalam merekap serta mengolah data penduduk, sehingga tidak terjadi Peserta data ganda, data identitas yang tidak lengkap seperti tempat dan tanggal lahir, NIK, dan lainnya, serta perubahan data yang diakibatkan perpindahan atau meninggal dunia yang tidak terpantau. Selain itu membantu stakeholder terkait dalam penentuan kelayakan penerima bantuan agar merata, tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang ada.
Evaluasi Arsitektur Sistem Layanan Data Kementerian: Studi Kasus Pusintek Kementerian Keuangan Dian Adiputro; Indra Budi
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.296 KB)

Abstract

Pusintek merupakan unit organisasi di Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan layanan TIK bertanggungjawab dalam pelaksanaan integrasi TIK. Sistem Layanan Data merupakan bentuk integrasi data di lingkungan Kementerian Keuangan yang terdiri atas 2 komponen utama, yaitu data warehouse dan business intelligence. Pusintek berpedoman pada KMK 351/KMK.01/2011 dalam pengembangan sistem informasi. Salah satu tahapan dalam pengembangan sistem informasi adalah proses evaluasi, akantetapitahapevaluasitersebuttidakdilakukandalampelaksanaanpengembanganSistemLayanan Data di Kementerian Keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan evaluasi dan memperoleh tingkat kematangan arsitektur Sistem Layanan Data. Penelitian ini menghasilkan tingkat kematangan arsitektur SistemL ayanan Data Kementerian dengan nilai 4,01 pada aspek teknis dengan menggunakan Data Warehouse Capability Maturity Model. Rekomendasi diberikan untuk kriteria-kirteria yang ada di masing-masing sub kategori yang kondisi saat ini masih berada di bawah kondisi ideal dari tingkat keamatangan 4 yang diperoleh.
Motivasi Penggunaan E-Commerce dalam Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya Iin Seprina; Heri Suroyo; Dinny Komalasaric
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.164 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Jaya Palembang, dimana di Sekolah Menengah Kejuruan yang sedang berkembang menuju perbaikan, untuk mempersiapan peserta didik menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki kemampuan profesional serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang nantinya berwirausaha menjdi pilihan karir. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran motivasi untuk menjalankan wirausaha melalui media e-commerce. Rumusan masalahnya adalah untuk mengetahui motivasi penggunaan media e-commerce dalam berwirausaha pada siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan produk panduan bahan ajar dalam e-commerce. Analisis untuk membandingkan antara rerata dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh pertama terdapat beda nyata antara motivasi menggunakan e-commerce dalam berwirausaha antara kelompok responden yang sudah memiliki akun e-commerce dengan yang belum serta responden yang memilki pengalaman bertransaksi dengan yang belum berpengalaman di e-commerce. Kedua diperoleh juga terdapat beda nyata motivasi penggunaan e-commerce antara rerata data responden yang memiliki usaha sendiri/kelurga atau yang tidak/belum memiliki usaha
Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Pegawai Bidang Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Subandi Subandi
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.162 KB)

Abstract

tinggi pengaruhnya dengan faktor diluar model. Apabila varibael X1, X2 dan Y, ketiga variabel tersebut harus berjalan dengan baik maka akan terciptanya tata kelola yang baik. Hasil penelitian dan analisis data berupa deskripsi variabel, uji realibilitas, validitas, tranfromasi data ordinal ke data interval, pengujian secara statistik dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 guna menentukan pengaruh gaya kepemimpinan, dan kompetensi pegawai bidang teknologi informasi terhadap kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan
Penerapan Model Delone dan Mclean Pengukuran Kesuksesan Simak Online UIN Raden Fatah Palembang Dwi Mardiana; Gusmelia Testiana; Muhamad Kadafi
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.976 KB)

Abstract

Abstrak Perguruan tinggi sebagai salah satu organisasi pendidikan saat ini telah banyak menerapkan sistem informasi akademik (simak) dikarnakan banyaknya kendala-kendala ataupun masalah yang dihadapi. Dalam hal ini, perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja dengan mengadopsi dan mengimplementasikan sebuah sistem informasi. Implementasi sistem informasi akademik di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang digunakan untuk pengolahan data akademik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesuksesan sistem informasi akademik dan menguji variabel-variabel yang mempengaruhi kesuksesan sistem informasi akademik di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Model penelitian yang dipergunakan mengadopsi model Delone & Mclean IS Success model. Kuesioner yang disusun disebarkan kepada 390 responden yang memiliki kualifikasi sebagai pengguna SIMAK Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (mahasiswa dan dosen). Uji validitas dan reliabilitas terhadap data penelitian dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan regresi linier sederhana. Pada penelitian ini variabel yang digunakan kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, penggunaan dan kepuasan pemakai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke tujuh hipotesis mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan sistem informasi akademik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pemesanan Barang pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) Digital Printing Padang Asrul Huda; Liansyahmora Nasution; Yuhefizar Yuhefizar
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1408.64 KB)

Abstract

Sistem Informasi berperan sebagai alat untuk manajemen pelayanan dalam organisasi agar lebih akurat, efektif dan efisien. Pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) digital printing Padang karyawan masih kewalahan dalam melayani permintaan pemesanan produk maupun dalam manajemen data pemesanan karena jumlah karyawan yang bertugas dalam melayani pelanggan sangat terbatas. Selain itu, pemasaran produk masih bersifat monoton sehingga produk yang dipasarkan tidak tersebar luas pada masyarakat luar kota Padang. Untuk peningkatan pelayanan pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) digital printing Padang ini dibutuhkan sistem informasi pemesanan barang berbasis web yang mampu manajemen pemesanan barang dan juga dapat memasarkan informasi pemesanan barang pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) digital printing Padang kepada masyarakat luas. Dengan adanya sistem informasi berbasis web pemesanan barang pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) digital printing Padang diharapkan dapat meningkatkan kinerja Rumah Cetak Merdeka (RCM) Digital Printing Padang dalam melayani permintaan pemesanan, manajemen data penjualan, dan promosi produk yang ditawarkan secara meluas sehingga masyarakat akan lebih mengenal pemesanan barang pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) digital printing Padang. Perancangan sistem informasi berbasis web pemesanan barang pada Rumah Cetak Merdeka (RCM) Digital Printing Padang ini menggunakan CodeIgniter (CI) sebagai framework, PHP sebagai bahasa pemrograman, Apache sebagai web server, dan MySQL sebagai database-nya untuk menghasilkan suatu sistem informasi yang mampu memanajemen data penjualan, permintaan pemesanan dan pemasaran barang.
Kajian Penerapan E-Learning Untuk Mendukung Pembelajaran: Studi Kasus SMA Mutiara Bangsa 2 Hery Hery; Riswan E. Tarigan
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.956 KB)

Abstract

Penerapan sistem informasi sebagai media pembelajaran siswa dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu sebagai alat pendukung pembelajaran interaktif, dan yang kedua sebagai alat pembelajaran online, yang dikenal dengan nama E-Learning. Tulisan ini mengkaji mengenai bagaimana sebuah institusi pendidikan dapat menerapkan sistem informasi berupa E-Learning untuk mendukung hasil pembelajaran yang lebih optimal. Peranan E-Learning di sini tidak hanya sebagai nilai tambah dan pendukung, tetapi juga dapat menjadi business drivers bagi sebuah institusi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada makalah ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan melakukan observasi lapangan melalui kuesioner kepada siswa-siswi SMA Mutiara Bangsa 2. Kemudian, data hasil belajar dengan menggunakan E-Learning diolah menggunakan software statistik. Hasil statistik menunjukkan bahwa penerapan E-Learning di sekolah dapat menunjang proses pembelajaran dan dapat menjadi salah faktor yang penting untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sebuah institusi pendidikan.
Sistem Pendukung Keputusan Proses Rekrutmen Dengan Metode Simple Additive Weighting dan Fuzzy Logic Adeline Octaviani; Kristina Gloria Simanjuntak; Hery Hery
Prosiding SISFOTEK Vol 1 No 1 (2017): SISFOTEK 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.255 KB)

Abstract

Sistem informasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan operasional perusahaan, salah satu penerapannya dapat dilihat pada proses pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia), yaitu HRIS (Human Resource Information System). SDM adalah hal utama yang mendukung berjalannya proses bisnis perusahaan, untuk itu perlu dilakukan seleksi melalui proses rekrutmen. Proses rekrutmen adalah langkah awal perusahaan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Proses ini memakan waktu yang cukup lama apabila dilakukan secara manual (paper based), seperti yang masih dilakukan di perusahaan PT. Agricon Putra Citra Optima (APCO). Untuk itu perlu dibangun satu Sistem Informasi yang dapat membantu perusahaan menyeleksi pelamar melalui pengecekkan kesesuaian profil CV (curriculum vitae) dan kebutuhan minimal perusahaan. Sistem informasi dibangun menggunakan metode sistem pendukung keputusan SAW (Simple Additive Weighting) dan Fuzzy Logic, yaitu dengan menentukan nilai bobot untuk setiap kriteria yang dilanjutkan dengan memberikan peringkat untuk menyeleksi alternatif terbaik dari pelamar yang ada. Selain digunakan oleh perusahaan, Sistem Informasi e-recruitment ini juga memberikan kemudahan untuk pelamar melamar pekerjaan dan melengkapi CV mereka. Aplikasi ini dibangun dengan metodologi waterfall dan memakai bahasa pemrograman PHP dan JavaScript. Semua data yang diperlukan disimpan pada database dengan menggunakan MySQL. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah perusahaan dan pelamar dalam melakukan proses rekrutmen.

Page 1 of 28 | Total Record : 275