cover
Contact Name
Enos Lolang
Contact Email
enos@ukitoraja.ac.id
Phone
+6281342530900
Journal Mail Official
jkip@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Kantor Pusat UKI Toraja Lt. 1. Jl. Nusantara No. 12 Makale 91811 Kabupaten Tana Toraja - Propinsi Sulawesi Selatan Tlp. (0423)22887, Fax (0423)22073 Email: jkip@ukitoraja.ac.id
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 23028378     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2013)" : 11 Documents clear
The Correlation Between The Mastery of Vocabulary and the Ability in Listening of English Department Students of FKIP UKI Toraja Rachel Rachel
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.279 KB)

Abstract

The objective of the research is to find out, the correlation between mastery of vocabulary and the ability in listening of English department students of FKIP UKI Toraja academic year 2012/2013. In this research the writer applied descriptive method. The population of this research is the sixth semester students of English department of FKIP UKI Toraja academic year 2012/2013. The total of the population is 75 students. Because the population is relative large in number, the writer applied random sampling to take out 20 students as sample. The instruments are used to collect data are the written tests is used to find out the student’s mastery of vocabulary and the listening test is used to find out the ability in listening. The result of data analysis showed that there is a correlation between mastery of vocabulary and the ability in listening of the sixth semester students of English department students of FKIP UKI Toraja. This proved by the result of coefficient of correlation is 0.809. Based on the result above, it can be concluded that there is a significant correlation between mastery of vocabulary with the ability in listening of the sixth semester students of English department of FKIP UKI Toraja. It is shown by the point of coefficient of correlation is 0.809.
Pengelolaan Dana BOS Pada SMP Sekecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara Semuel Mawa' Ratu
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.965 KB)

Abstract

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) telah berjalan sejak tahun 2005 hingga saat ini. Sebagai bantuan pertimbangan utama dari program BOS adalah Undang – Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistim Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah NO. 48 Tahun 2008 tentang pendanaan pendidikan. Penelitian diarahkan pada Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah – Sekolah di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara yang telah mendapat Bantuan BOS sebagai dasar Evaluasi bahwa apakah ada pengaruh positif dari proses pengelolaan BOS terhadap pembangunan fisik sekolah dan kesejahteraan guru pada SMP di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat secara dekat proses terhadap penyelenggaraan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP untuk mensukseskan Program Pemerintah dalam menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun dan mengurangi beban orang tua siswa terhadap biaya pendidikan, serta merumuskan angka putus sekolah di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini adalah suatu penelitian Evaluasi dengan penyebaran Populasi pada lima Sekolah SMP di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Tujuan yang ingin dicapai dalampenelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara, dari tahun 2007 sampai sekarang. (2) Untuk mengetahui dampak Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadapproses pembelajaran pada SMP di Kecamatan Sa’’dan Kabupaten Torraja Utara, dari tahun 2007 sampai sekarang, (3) untuk mengetahui dampak Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap pembangunan Fisik Sekolah SMP di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara dari tahun 2007 sampai sekarangm, (4) Untuk mengetahui dampak Dana Bantuan Operasional Sekolah terhadap pelayanan guru SMP di Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara dari tahun 2007 sampai sekarang
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Gaya Belajarnya Visual, Auditorial, dan Kinestetik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bonggakaradeng
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.204 KB)

Abstract

Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana kita menyerap informasi dengan mudah (modalitas) kemudian mengolah dan mengatur informasi tersebut (dominasi otak). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar dari siswa yang gaya belajarnya visual, auditorial dan kinestetik.Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 orang dan dijadikan sekaligus sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk bilangan yang diperoleh dari hasil angket yang terdiri dari 21 pertanyaan dan hasil belajar matematika yang diperoleh setelah mengerjakan soal uraian sebanyak 7 nomor.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji one way anova (analisis varian satu jalur). Hasil penelitian diperoleh 24 atau 58,53% siswa yang gaya belajarnya visual dengan nilai maksimum 86, nilai minmum 47 dan nilai rata-rata 63,5. Jumlah siswa yang gaya belajarnya auditorial ada10 orang atau 24,39 % dengan nilai maksimum 81, nilai minimum 50 dan nilai rata-rata 64,8. Jumlah siswa yang gaya belajarnya kinestetik ada 7 orang atau 17,07 % dengan nilai maksimum 69, nilai minimum 47 dan nilai rata-rata 58,57. Berdasarkan hasil analisis melalui bantuan SPSS 17.0 diperoleh nilai Fhitung 1,018 lebih kecil dari nilai Ftabel 3,25 pada taraf signifikan 0,05. Jadi tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang gaya belajarnya visual, auditorial dan kinestetik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bonggakaradeng.
Ideologi Gender: Kesenjangan Sikap Tokoh Lewat Pernikahan Campur Antara Timur dan Barat Dalam Novel Pada Sebuah Kapal Karya NH. Dini Berthin Simega
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.282 KB)

Abstract

Novel adalah salah satu bentuk karya sastra yang dijadikan objek kajian oleh banyak peneliti. Berbagai pendekatan dapat digunakan dalam meneliti novel. Baik tinjauan secara intrinsik maupun secara ekstinsik. Bahkan kemajuan pada bidang kritik sastra menyatakan perlunya melakukan penelitian dengan menggabungkan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik karya sastra. Dianggap sudah saatnya sastra tidak hanya dilihat berdasarkan unsur yang membangun dari dalam seperti pengalurannya, tokoh, latar, gaya bahasa dan lain sebagainya. Melainkan, perlu juga melihat unsur luar yang turut membangun sebuah karya sastra misalnya sosial- budaya, politik, sejarah, linguistik dan lain sebagainya. Bahkan Rene Wellek (1956) manyatakan bahwa studi masalah sastra, kekuasaan dan idiologi hanya akan menarik dan mengenai sasaran bila dikaji secara ekstrinsik. Pada Sebuah Kapal (Paska) karya NH. Dini akan diteliti secara ekstrinsik dari sudut pandang Analisis Wacana Kritis (AWK) dengan menggunakan model Fairclough. Penelitian ini bertujuan meneliti novel Paska lewat analisis teks, mengemukakan interpretasi dan ekplanasi. Melalui analisis teks ditelusuri kosakata pada kata-kata idiologis yang diperjuangkan tokoh cerita. Kemudian Dari sisi struktur gramatikalnya ditelusuri pemakaian kalimat-kalimatnya. Ideologi yang dimaksudkan dalam tulisan ini merupakan sistem berpikir perempuan Timur menyangkut pernikahan. Dapat juga berarti wawasan dan harapan perempuan Timur tentang sikap dan perilaku suami terhadap istri. Pernikahan campur antara perempuan timur dan pria Barat memperlihatkan kesenjangan-kesenjangan yang berakibat tidak adanya ketentraman atau kebahagiaan salah satu pihak.
The Correlation Between Reading Comprehension With Writing Paragraph For The Fifth Semester Students Of English Departement Of FKIP UKI Toraja Nehru P. Pongsapan
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.3 KB)

Abstract

The objective of this research is to know whether there is a correlation between the ability in reading comprehension with the ability in writing paragraph /paraphrase. This research used a descriptive method. The population of this research was the fifth semester students of English Department of UKI Toraja, academic year 2013/2014. The total population is 237 students which consists of five groups. Because the population is relative large, the writer employed stratified random sampling method. The instrument that used in collecting the data is the written test, it was used to know whether there is a correlation between reading comprehension with writing paragraph/paraphrase of the fifth semester students of English Department of FKIP UKI Toraja. The data collected through written test, then analyzed in percentage and then analyzed in work sheet with use Product Moment Correlation analysis. Based on the data analysis, it is proven that there is a positive correlation between reading comprehension with writing paragraph/paraphrase of the fifth semester students of English Department of FKIP UKI Toraja. Where the “r” is +0,627. By observing the result of data analysis above, it can be concluded that there is a positive correlation between reading comprehension with writing paragraph/paraphrase. But the correlation is not perfectly yet because “r” less than +1.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Di Kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja Vonny Suzanna Noviana Rante
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.264 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui model Inkuiri. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah proses penerapan strategi Inkuiri pada siswa kelas IV sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa,dan apakah hasil belajar tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Kristen 2 Kabupaten Tana Toraja dapat meningkat ? Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus terdiri siklus I sampai siklus II pertemuan I, diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan secara signifikan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar aktivitas belajar sisa melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri tentang perubahan wujud benda di kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja
Penilaian Efektifitas Penerapan Sistem Informasi Akademik Berbasis Komputer Pada Universitas Kristen Indonesia Toraja Srivan Palelleng
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.215 KB)

Abstract

Sistem Informasi Akademik Berbasis Komputer memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam proses pengolahan data mahasiswa yang setiap tahunnya bertambah. Keuntungan yang dapat dirasakan dengan adanya sistem ini adalah kemudahan dalam penginputan Kartu Rencana Studi (KRS), pendistribusian kelas, pencetakan Berita Acara, Absensi, Kartu Hasil Studi (KHS) dan transkrip nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penerapan Sistem Informasi Akademik Berbasis Komputer pada UKI Toraja ditinjau dari variabel keamanan data, waktu, ketelitian, laporan, relevansi dan kenyamanan fisik. Hasil penelitian yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan ke pegawai masing-masing program studi yang langsung menggunakan sistem ini, dari variabel keamanan data dikategorikan belum efektif, tetapi dari variabel waktu dan ketelitian dikategorikan efektif dan variabel laporan, relevansi dan kenyamanan fisik dikategorikan sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas penerapan Sistem Informasi Akademik berbasis Komputer pada UKIT tergolong sudah efektif.
Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja Theresyam Kabanga'
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.211 KB)

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa adalah keterampilan menyimak. Oleh karena itu keterampilan menyimak perlu di tingkatkan dengan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media audio dan apakah dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan hasil menyimak pada siswa kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media audio dan untuk mengetahui hasil belajar menyimak cerita melalui media audio pada siswa kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja. Setiap siklus terdapat instrument yang berwujud tes dan nontes. Instrument tes berupa hasil keterampilan menyimak cerita, sedangkan instrument nontes berupa hasil observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak cerita anak pada pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas 53,7. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,07 dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,72 serta siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 88,37. Hasil observasi, jurnal, dan wawancara menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa ke arah positif pada tiap siklus.
Pengembangan Dosen Universitas Kristen Indonesia Toraja Dan Mangoki
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.446 KB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: bagaimana strategi pengembangan dosen, faktor internal (kekuatan dan kelemahan), faktor eksternal (peluang dan tantangan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di Universitas Kristen Indonesia Toraja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi pengembangan dosen, faktor internal (kekuatan dan kelemahan), dan faktor eksternal (peluang dan tantangan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di UKI Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah pimpinan yang berkompeten dengan strategi pengembangan dosen di UKI Toraja, yang dipilih dengan menggunakan metode purporsive. Adapun informan yang dipilih berjumlah 10 orang dosen yang menjabat sebagai pimpinan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)strategi pengembangan dosen UKI Toraja dilakukan melalui (a)strategi pendidikan, (b)strategi pengalaman kerja, (c)strategi pelatihan, dan (d)strategi keterampilan. Strategi pengembangan tersebut sudah dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku berlaku tetapi belum optimal dan maksimal. Juga Strategi itu di laksanakan melalui renstra dan program kerja UKI Toraja yang arahnya sudah tepat, namun realisasinya belum sesuai yang diharapkan.(2) Ada sejumlah faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di UKI Torja. Faktor kekuatan yang dimiliki belum dimanfaatkan secara maksimal dan optimal; sebaliknya faktor kelemahan yang dialami tidak dijadikan sebagai sarana introspeksi diri dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. (3) Ada juga sejumlah faktor eksternal (peluang dan tantangan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di UKI Toraja. Faktor peluang yang ada sesungguhnya terbuka, akan tetapi belum dijadikan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk mengatasi kelemahan dan tantangan, tentu dengan mengerahkan segala kekuatan. Sebaliknya faktor tantangan belum dapat diatasi dengan baik karena peluang yang ada dan kekuatan yang dimiliki belum dimanfaatkan secara maksimal.
Fungsi Komunikatif Dalam Bahasa Slang Remaja Di Kelurahan Tandung Kecamatan Makale Anastasia Baan
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.564 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan fungsi komunikatif dalam bahasa slang remaja di kelurahan Tandung. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah (1) menambah pengetahuan mengenai penggunaan fungsi komunikatif dalam bahasa slang remaja di kelurahan Tandung, (2) memberikan sumbangsi pemikiran tentang penggunaan fungsi komunikatif dalam bahasa slang remaja di kelurahan Tandung, (3) sebagai bahan acuan bagi peneliti dalam melaksanakan suatu penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik rekaman dan teknik catat. Hasil penelitian tentang penggunaan fungsi komunikatif dalam bahasa slang remaja di kelurahan Tandung adalah fungsi informatif, fungsi direktif, fungsi ekspresif dan fungsi komisif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11