cover
Contact Name
Enos Lolang
Contact Email
enos@ukitoraja.ac.id
Phone
+6281342530900
Journal Mail Official
jkip@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Kantor Pusat UKI Toraja Lt. 1. Jl. Nusantara No. 12 Makale 91811 Kabupaten Tana Toraja - Propinsi Sulawesi Selatan Tlp. (0423)22887, Fax (0423)22073 Email: jkip@ukitoraja.ac.id
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 23028378     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2014)" : 9 Documents clear
Kajian Alur Untuk Mengungkapkan Tema Novel Sandra Karya Agnes Jessica Berthin Simega
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.83 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan latar yang digunakan dalam novel Sandra karya Agnes Jessica, (2) Mengungkapkan tema yang terdapat dalam novel Sandra karya Agnes Jessica. Adapun manfaat dari hasil penelitian ini adalah: (1) Menambah wawasan peneliti tentang latar dan tema dalam novel Sandra karya Agnes Jessica, (2) Memberi sumbangan pemikiran terhadap pengembangan sastra secara teori melalui sebuah pengkajian sastra khususnya dengan menggunakan pendekatan objektif, (3) Sebagai sumber bahan acuan bagi siapa saja yang berkecimpung di bidang bahasa dan sastra Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif. Selanjutnya teknik yang digunakan adalah teknik catat dan teknik dokumentasi. Temuan penelitian bahwa latar yang terdapat dalam novel Sandra karya Agnes Jessica meliputi latar tempat yaitu: peron kereta api, di Yogyakarta, di Jakarta, di sebuah hotel berbintang, gedung apartemen, di mal, di Kawasan Jakarta Pusat, di stasiun TV, ruang wawancara, majalah Jelita, PT Gutama Modeling, di lantai lima, kawasan Senayan, di rumah sakit, dan sebagainya. Latar waktu yaitu: pagi hari, lima menit, tiga tahun yang lalu, berbulan-bulan, sore hari, jam dua siang, pukul tujuh, tanggal 16 April, sabtu sore, malam hari, dan sebagainya. Latar suasana yaitu: sejuk, sepi, berduka, marah, ceria, tidak bersahabat, senang, bahagia, sedih, dan sebagainya. Tema dalam novel Sandra karya Agnes Jessica berdasarkan analisis latar adalah Kebahagiaan di Bawah Temaran Jakarta. Dalam novel pemeran utama adalah Sandra yang dalam kehidupannya banyak dirundung masalah tetapi karena berkat ketegaran menghadapinya akhirnya ia bisa menikmati kebahagiaan.
Pemahaman Konsep Jarak Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Google Sketchup Syaiful Hamzah Nasution
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.24 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran langsung menggunakan Google SkecthUp untuk memahamkan konsep jarak pada topik dimensi 3 kelas X dan mengkaji apakah dengan pembelajaran tersebut, ketuntasan belajar klasikal dapat ditingkatkan. Sumber data dalam penelitian ini 39 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Turen pada tahun 2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, tes, angket, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran langsung menggunakan Google SketchUp dapat meningkatkan pemahaman siswa dan ketuntasan klasikal tentang konsep jarak pada topik dimensi 3 kelas X
Pengembangan Media Animasi Fisika Berbasis Adobe Flash Pada Materi Gerak SMP Kelas VII Rinto Suppa
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.231 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan media animasi fisika berbasis adobe flash pada materi gerak SMP kelas VII. Subjek penelitian ini adalah pakar atau ahli yang menvalidasi media dan materi sebanyak dua orang, praktisi/guru terdiri dari empat orang dimana tiga orang guru IPA dan satu orang guru TIK, dan peserta didik Kelas VII SMP Negeri 6 Palopo sebanyak 21 orang . Adapun tujuan penelitian adalah (1) mengetahui kualitas media animasi fisika berbasis Adobe Flash pada materi gerak SMP kelas VII, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media animasi berbasis Adobe Flash pada materi gerak SMP kelas VII,(3) Mengetahui respon praktisi/guru terhadap media animasi berbasis Adobe Flash pada materi gerak SMP kelas VII. Prosedur pengembangannya menggunkan model four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian mencakup (1) analisis awal-akhir, (2) analisis perserta didik, (3) analisis tugas, dan (4) analisis konsep. Tahap perancangan mencakup (1) pemilihan media, (2) pemilihan format, dan (3) rancangan awal. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan (1) media animasi berbasis adobe flash pada materi gerak SMP kelas VII, serta instrumen respon praktisi/guru dan peserta didik terhadap media, dinyatakan valid sehingga layak diujicoba dalam penelitian, (2) Respon peserta didik menyatakan bahwa media animasi berbasis adobe flash pada materi gerak SMP kelas VII untuk ketiga aspek yang dinilai yaitu efektif, efisien, dan daya tarik berada pada kategori sangat baik. (3) Respon praktisi/guru menyatakan bahwa media animasi berbasis adobe flash pada materi gerak SMP kelas VII untuk aspek praktikalitas berada pada kategori sangat baik.
The Students’ Need in Writing Skills Nehru P. Pongsapan
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.304 KB)

Abstract

Objective of this research was to find out the need of the third semester students of English Department of FKIP UKI Toraja in academic 2014/2015. Significant of this research expected to be useful information for lecturer and students in writing skills. In this research the writer used quantitative method to describe the need of the third semester students of English Department of FKIP UKI Toraja in writing skills. The population of this research was the third semester students of English Department of FKIP UKI Toraja in academic 2014/2015 consist of 132 students, because the number of population was big so the writer only took 28 students as a sample (cluster sampling). In collecting the data the writer used one part of instruments, namely: Questionnaire. Questionnaire significan to find out the students’ need in writing skills. Based on the result of analysis the data showed that the students need in writing skills are: (a)Using correct punctuation and spelling, (b)structuring sentences, (c)appropriate vocabulary, (d)the knowledge of vocabulary, (e)expressing ideas appropriately, (f)developing ideas, (g)organizing paragraph (h)the overall writing ability, (i)the creative writing, (j)the essay writing, and (k)writing introductions and conclusions.
Implementasi Kearifan Lokal Singgi’ dan Retteng Dalam Sastra Lisan Toraja: Kajian Hermeneutik Dina Gasong
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.442 KB)

Abstract

This article describes the manifestation of various forms of local wisdom in retteng and Singgi as oral literature through everyday people Toraja. The research methodology used is descriptive qualitative research . The respondents of this study consists of three cultural Toraja, the competent in the field Singgi' And retteng And five respondents Of Elements Academics. Criterion validity of the data used by researchers include : credibility, transferabilitas, dependabilitas, confirmability. The results of this study indicate that local knowledge Singgi ' and retteng in Toraja oral literature include: ethics, social, responsibility, sincerity, justice, truth. Implementation Singgi’ value, and retteng in everyday life, namely : Listen carefully to the speech of others, Ask permission if it will speak, Mutual cooperation, in rambu tuka' and rambu solo', Working tasks according to its function and role, Declare sympathy in the form of soothing words, doing rights and obligations in each activity, not lying, always telling the truth, always looked orang other than the positive side.
Pengaruh Pemberian Kombinasi Zat Pengatur Tumbuh Terhadap Pembentukan Tunas Bunga Lili (Lilium longiflorum THUNB) Secara in vitro Berlian Zetikarya Haryati
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.498 KB)

Abstract

The research aimed to know the effect of combination supplement plant growth regulator cytokinin BA with auksin NAA or 2,4-D to bud formation of lili flower (Lilium longiflorum Thunb) in vitro. Research had been conducted in the tissue culture laboratory of University State Manado in Tondano. The research used factorial completely randomized (CRD) consist of two experiments i.e cytokinin BA (B) auksin NAA (N); 2,4-D (D) with three replications and consist of ninety six treatment units. The observartion demand after ten month initiation. The results of the study showed that there was a very significant different of interaction auksin NAA and cytokinin BA of bud formation lili (Lilium longiflorum Thunb) in vitro. The medium was found positif performance for inducting callus on B2N4 ( 0,25 mg/L BA + 1,5 mg/L NAA). The treatment B4N4 ( 0,75 mg/L BA + 1,5 mg/L NAA) and B3N4 ( 0,5 mg/L BA + 1,5 mg/L NAA) producted bud and callus. Interaction auksin NAA and 2,4-D and cytokinin BA producted bud on B3D3 ( 0,25 mg/L BA + 2 mg/L 2,4-D), B3D2 ( 0,25 mg/L BA + 2 mg/L 2,4-D) and B4D2 ( 0,75 mg/L BA + 1 mg/L 2,4-D) treatment.
Efektifitas Pendekatan Kontekstual Budaya Lokal Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Selvy Rajuaty Tandiseru
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.701 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan kontekstual budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan kontekstual budaya lokal terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kecamatan Tikala dan dengan jumlah sampel 77 siswa dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Data di analisis dengan menggunakan uji-t dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual budaya lokal lebih baik dari siswa yang mendapat pendekatan kontekstual budaya lokal efektif terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa.
Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif Enos Lolang
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.105 KB)

Abstract

Hipotesis adalah bagian terpenting dalam penelitian yang harus terjawab sebagai kesimpulan penelitian itu sendiri. Hipotesis bersifat dugaan, karena itu peneliti harus mengumpulkan data yang cukup untuk membuktikan bahwa dugaannya benar. Hipotesis dibedakan atas dua jenis yaitu hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Hipotesis nol ditandai dengan kata-kata seperti tidak ada pengaruh, tidak ada hubungan, dan sejenisnya. Hipotesis alternatif adalah lawan dari hipotesis nol. Jika hipotesis nol tidak terbukti, maka hipotesis alternatif dapat diterima. Sebaliknya jika hipotesis nol dapat dibuktikan kebenarannya, maka hipotesis alternatif tidak dapat diterima. Data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis tersebut diperoleh dari sampel yang dipilih oleh peneliti. Kesalahan memilih sampel akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan kesimpulan hasil penelitian. Ada dua jenis kesalahan yang dapat terjadi dalam uji hipotesis, yaitu kesalahan jenis I dan kesalahan jenis II.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mengkendek Perdy Karuru
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 3 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.298 KB)

Abstract

Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila sebagian besar atau seluruhnya siswa terlibat secara aktif, baik fisik, mental, maupun sosial selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, juga terlihat adanya semangat belajar yang besar, rasa percaya diri, dan kegairahan belajar yang tinggi pada diri siswa. Salah satu upaya guru untuk mewujudkan keaktifan belajar siswa yang tinggi dalam pembelajaran adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi (GI) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang penekanannya pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi pelajaran (informasi) yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau siswa dapat mencari melalui internet. Dalam pembelajaran tipe GI siswa dilibatkan secara aktif mulai dari perencanaan, menentukan topik, melakukan investigasi melalui kelompok, sampai menarik suatu kesimpulan. Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi (GI) yang dilakukan melalui penelitian kerjasama dengan guru bidang studi, fokus peramasalahannya adalah : (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran; (2) aktivitas siswa; (3) respon siswa; dan (4) hasil belajar siswa setelah diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe GI. Mengingat penelitian ini adalah penelitian mandiri, maka populasi penelitian sangat dibatasi yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mengkendek yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah siswa 185 orang. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 30 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pengamatan terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, menyebarkan angket respon siswa, dan memberikan tes hasil belajar berupa tes uraian sebanyak 15 nomor. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif berupa skor rata-rata, frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa; (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tergolong baik dengan skor rata-rata 3,97, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat melibatkan siswa secara aktif dengan persentase selain mendengarkan dan mencatat penjelasan guru dan teman serta perilaku yang tidak relevan sebesar 86,57% serta pembelajaran terpusat pada siswa, (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat membuat siswa mencapai ketuntasan belajarnya. Skor rata-rata pada tes awal sebesar 32,87 dan meningkat pada postes menjadi 83,5 atau mengalami peningkatan sebesar 50,63, dan (4) respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran dan komponen model pembelajaran kooperatif tipe GI sangat positif. Hal ini terlihat dari 63,3% siswa menginginkan agar pembelajaran berikutnya masih digunakan pembelajaran kooperatif tipe GI.

Page 1 of 1 | Total Record : 9