cover
Contact Name
Abdan Rahim
Contact Email
jurnal.ibnu.rusyd@gmail.com
Phone
+6281228001135
Journal Mail Official
jurnal.ibnu.rusyd@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd - Tanah Periuk, kec. Tanah Grogot, kab. Paser Kalimantan Timur
Location
Kab. paser,
Kalimantan timur
INDONESIA
Fikruna : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan
ISSN : 26207834     EISSN : 27152928     DOI : https://doi.org/10.56489/fik
Jurnal ilmiah kependidikan,kemasyarakatan, yang menampung pemikiran/ide-ide tentang pendidikan, agama, kebudayaan, dan ranah-ranah yang lainnya. Jurnal ini boleh di isi oleh dosen luar, diisi masyarakat yang mempunyai pemikiran dan ide-ide ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN" : 5 Documents clear
HADIS PREDIKTIFTERWUJUDNYAKEMAJUANINFRASTRUKTUR, KEAMANAN DAN EKONOMI Sitti Sagirah
FIKRUNA Vol 1 No 2 (2020): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.967 KB) | DOI: 10.56489/fik.v2i1.7

Abstract

Penelitian ini: mendeskripsikan hadis prediktitif kemajuan infrastruktur, keamanan dan peningkatan ekonomi, kemudian mengkritik otentisitasnya, menganalisis kandungan dan implementasinya dalam konteks kekinian. Kajian ini berawal dari permasalahan: bagaimana otentisitas hadis-hadis prediktif tersebut, bagaiman kandungan dan implementasinya dalam konteks kekinian?. Metode yang digunakan adalah metode tahlili dan tehnik interpretasi tekstual, intertekstual, dan kontekstual dengan pendekatan multidisipliner, yaitu pendekatan teologis normatif, historis, sosiologis, dan antropologis. Penelitian ini tergolong library research. Sebelum mengkritik otentisitas hadis-hadis berdasarkan kaidah kesahihan hadis, terlebih dahulu melakukan takhrij al-hadi dengan menggunakan beberapa kata kunci dari ciri hadis prediktif. Setelah mengetahui kualitas hadis sebagai hadis sahih, maka dilanjutkan dengan studi ma‘ani al-hadis untuk mengetahui kandungan hadis dan implementasinya dalam konteks kekinian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks hadis Nabi saw. yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari ‘Adiy bin Hatim dalam kitab al-Zakat no. 1324, Nabi saw. memprediksi akan terwujudnya kemajuan di bidang transportasi dan keamanan yang berdampak pada kemajuan ekonomi dan peningkatan kesejahtraan masyarakat.
INTERPRETASI GURU KREATIF DAN IMPLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN Zulkifli Yusuf
FIKRUNA Vol 1 No 2 (2020): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.808 KB) | DOI: 10.56489/fik.v2i1.8

Abstract

Dewasa ini, istilah guru kreatif masih memiliki sejumlah interpretasi dan sudut pandang yang berbeda-beda.Tolok ukur seorang guru kreatif masih sangat subjektif, sehingga diperlukan sebuah penafsiran atau kajian secara ilmiah untuk mendefinisikannya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) untuk mengetahui bagaimana interpretasi terhadap guru kreatif, dan 2) untuk mengetahui bagaimana upaya untuk menjadi guru yang kreatif, sekaligus dapat memberikan implikasi positif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menekankan pada kualitas dan fenomena yang pernah dialami, diamati/disaksikan oleh peneliti sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengembangan konsep dan teori yang telah ditemukan.Dalam studi ini, peneliti menggunakan metode penelitian pustaka atau sering juga disebut studi literatur, book survey, atau library research.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kreatif diinterpretasikan sebagai guru yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Salah satu indikator dari pembelajaran yang bermakna yang dihasilkan oleh guru kreatif adalah proses pembelajaran yang mendapatkan respons positif dari peserta didik. Implementasi guru kreatif dalam proses pembelajaran memiliki tiga landasan utama, yakni: (1) self (penguasaan diri), (2) Lesson (penguasaan pelajaran/materi), (3) Class (penguasaan kelas). Adapunhal-hal yang dapat dilakukan agar dapat menjadi seorang guru yang kreatif sekaligus dapat berimplikasi positif di terhadap proses pembelajaran, yaitu harus dimulai dari perubahan pola pikir (mindset) dan perubahan sikap (attitude).
KONSEP AL-BALA’ DALAM AL-QUR’AN Ahmad Zabidi
FIKRUNA Vol 1 No 2 (2020): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.543 KB) | DOI: 10.56489/fik.v2i1.9

Abstract

Konsep al-Bala' dalam al-Qur'an merupakan sumbangan besar bagi kemanusiaan. Hidup manusia pada hakikatnya adalah cobaan bagi dirinya dan lingkungannya. Hal ini tidak disadari oleh sebagian besar umat manusia sehingga dalam mengarungi lautan kehidupannya, mereka menimbulkan bencana bukan saja bagi dirinya tetapi juga lingkungannya. Kedurhakaan kepada Allah swt. yang terwujud dalam berbagai bentuk penyimpangan dan pebengkangan terhadap ajaran dan aturannya adalah akibat tidak sadarnya manusia akan hakikat hidup ini. Karena itu, al-Bala' sebagai salah satu bentuk dari konsep-konsep yang terkandung dalam al-Qur'an penting untuk dipahami secara benar, dihayati, dan dibumikan ditengah masyarakat. Dalam sudut pandang sosiologi, al-Bala' relevansinya dengan sikap dan perilaku manusia terhadapnya dalam realitas duniawi, terkadang dipahami lain, bahkan disalah gunakan dengan menempakannya bukan pada tempat yang semestinya. Berdasarkan hal tersebut, akan dipaparkan tentang wawasan al-Qur'an tenang malapetaka untuk melihat melihat bagaimana pemahaman dan metodologi penafsiran Mardan terhadap makna kandungan al-Qur'an tentang bala' dan permasalahan yang ada didalamnya.
METODE ZIKIR SEBAGAI TERAPI BAGI PECANDU NARKOBA Mardiah Mardiah
FIKRUNA Vol 1 No 2 (2020): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.517 KB) | DOI: 10.56489/fik.v2i1.10

Abstract

Dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kontribusi akses distribusi ilegal obat-obatan terlarang yang dikenal dengan Narkoba sehingga menyebabkan tingginya angka pengguna narkoba di indonesia di usia rentan antara 10-59 tahun. Angka ini semakin bertambah dari tahun ketahun sehingga menyebabkan tingginya angka pecandu di Indonesia. Minimnya pengetahuan agama menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengkonsumsi narkoba yang dianggap sebagai jalan untuk mencari ketengan hidup. Ajaran Islam sebagai petunjuk agama jalan hidup yang bertujuan mencari kebahagiaan di dunia dan diakhirat adalah solusi dalam menghadapi persoalan hidup manusia. Maka pesan Alquran dan as-sunnah semestinya harus diikuti agar manusia tidak tersesat. Manusia tidak lepas dari problematika kehidupan, maka cara efektif untuk menghadapi problem kehidupan, salah satunya dengandzikrullah yaitu dengan mengingat Allah yang akan menghantarkan hati menjadi tenang dan tentram. Zikir juga bertujuan menghilangkan penyakit yang ada di hati manusia sehingga problem kehidupan dapat teratasi.
PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENERAPAN MANAJEMEN Adiyono Adiyono
FIKRUNA Vol 1 No 2 (2020): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.86 KB) | DOI: 10.56489/fik.v2i1.11

Abstract

Keberadaan manajemen besar sekali dalam kehidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Manajemen akan membuat orang menjadi produktif bahkan semakin efektif dan efisien dalam bertindak. Selama manajemen itu dipraktikkan dengan baik dan benar, maka selama itu pula akan membuahkan sesuatu yang positif dan bermanfaat. Manajemen mempunyai sejumlah fungsi, antara lain azas manfaat dan musyawarah mufakat. Dua hal ini akan bermanfaat sekali kalau diterapkan dalam kebijakan-kebijakan kepemimpinan, baik dalam memimpin diri sendiri, keluarga mau pun organisasi. Untuk itulah seyogianya manajemen mesti mendapatkan porsi perhatian yang besar dalam kehidupan sehari-hari, serta harus ditindaklanjuti secara berkesinambungan. Namun demikian tentu saja mewujudkan semua itu bukan pekerjaan yang mudah, ia membutuhkan keseriusan, ketekunan, dan keuletan. Dalam kerangka inilah diperlukan pendekatan yang tepat dan akurat, dan pendekatan itu adalah pendekatan pendidikan Islam. Yaitu sebuah pendekatan yang menggariskan adanya kinerja yang berkelanjutan dan dilakukan secara konsekuen serta konsisten.

Page 1 of 1 | Total Record : 5