cover
Contact Name
Ni Wayan Bogoriani
Contact Email
bogi_wayan@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
dianrahadian@fh.uncen.ac.id
Editorial Address
Kota Jayapura, Papua Indonesia
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
ISSN : 23383402     EISSN : 2623226x     DOI : http://doi.org/10.31957/jipi.v10i2.2195
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program magister Pendidikan IPA, Program Pascasrjana Universitas cendrawasih. JIPI terbit 3 kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan praktisi di bidang IPA dan sains dalam menerbitkan artikel hasil-hasil penelitian.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2016)" : 2 Documents clear
PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI GUGUS II DISTRIK NABIRE SITI QOMARIAH
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 4, No 3 (2016)
Publisher : Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.45 KB) | DOI: 10.31957/jipi.v4i3.377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan terhadap profesionalisme guru, untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, dan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme.Populasi penelitian ini adalah guru-guru SD di Gugus II Distrik Nabire yang terdiri dari 7 SD. Sampel berjumlah 40 orang guru, penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner. Uji validitas dengan menggunakan product moment dan uji reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan: Kualifikasi pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, Pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, Kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru. Kata Kunci : Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Profesionalisme Guru, Pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA TOPIK OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH JAYAPURA NURCAHYA NURCAHYA; BASA RUMAHORBO
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 4, No 3 (2016)
Publisher : Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.255 KB) | DOI: 10.31957/jipi.v4i3.378

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Topik Objek IPA Dan Pengamatannya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Jayapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: cara merancang modul IPA, tingkat kelayakan modul IPA yang dikembangkan, hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA, dan efektivitas modul IPA pada topik objek IPA dan pengamatannya di kelas VII SMP Muhammadiyah Jayapura. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3D dan menggunakan rancangan nonequivalent group pretest-posttest design. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) cara merancang modul IPA dengan pendekatan kontekstual yang baik yaitu mengumpulkan informasi awal, pembuatan draf, validasi pakar, dan uji coba produk, 2) modul layak untuk dilkembangkan, 3) hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA meningkat dengan n-Gain: RPP1 0,434, RPP2 0,765, RPP3 0,612 dan rata-rata RPP 0,604 berkategori sedang, 4) modul efektif untuk dikembangkan. Kata kunci: modul IPA, pendekatan kontekstual, objek IPA dan pengamatannya

Page 1 of 1 | Total Record : 2