cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
p3m@stkipaisyiyahriau.ac.id
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/Editorial_Board
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Journal Ta'lim of Journal STKIP Aisyiyah Riau
ISSN : 23025727     EISSN : 27769542     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The talim Journal of Education and Teacher Training was published for the first time in the form of an E-Journal in June 2013 with issn 2302-5727 (printed) and e issn in the administration period. Journals are collected from lecturers from both inside and outside the Study Program of Education and Teacher Training. This journal was published in order to carry out the tri Dharma of Higher Education and to improve and develop the quality of education and teacher training.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2022): JURNAL TA'LIM VOL X NO.1 JUNI 2022" : 5 Documents clear
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU DI TK SE-KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN Dina Nopriani; Baidarus Baidarus
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 10 No 1 (2022): JURNAL TA'LIM VOL X NO.1 JUNI 2022
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the principal's efforts to improve the pedagogical competence of teachers in kindergartens in the mining district of Kampar district. The research method uses a descriptive method with a quantitative approach. The population is 110 teachers with a sample of 25% of the population as many as 27 people. Data collection methods are in the form of observation, documentation, and questionnaires. Data analysis is done by using the percentage technique. The results showed that the principal's efforts in improving the pedagogic competence of teachers in Kindergartens throughout the Tambang District of Kampar Regency were classified as very good. This means that the principal has made maximum efforts in improving the pedagogical competence of teachers in Kindergartens throughout the Tambang District of Kampar Regency. Starting from 1) Planning the activities of education, care, and protection programs, 2) Implementing the education, nurturing, and protection process, 3) Carrying out an assessment of the process and outcomes of education, care and protection.
THE ROLE OF PARENTS IN SEX EDUCATION AT HOME FOR CHILDREN AGED 5-6 YEARS Intan Yuliza Kumar; Radhiyatul Fithri; Herwina
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 10 No 1 (2022): JURNAL TA'LIM VOL X NO.1 JUNI 2022
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah penelitian ini yakni peran orang tua dalam pendidikan seks dirumah pada anak usia 5-6 tahun masih tergolong lemah serta kurang maksimal dalam segala perhatiannya terhadap pendidikan seks anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran orang tua terhadap pendidikan seks pada anak usia 5-6 Tahun di Perumahan Najah Muda Sejahtera RT 004 / RW 004 Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Agustus 2021. Tempat untuk melaksanakan penelitian adalah di Perumahan Najah Mudah Sejatera. Subjek penelitian terdiri 3 orang tua yang berdomisili di Perumahan Najah Mudah Sejatera. Hasil penelitian ini yakni peran orang tua dalam pendidikan seks di rumah pada anak usia 5-6 Tahun telah dilaksanakan secara baik oleh orang tua. Kesimpulan penelitian yakni orang tua sudah memperlihatkan kerjasama dalam pendidikan anak, serta mengevaluasi pendidikan seks anak, dengan adanya pendampingan ataupun pemantauan dalam setiap pendidikan seks anak di rumah yang telah dijalankan dengan baik. Saran diberikan kepada orang tua diharapkan senantiasa lebih baik dalam memperhatikan pendidikan seks anak, agar tidak terjadinya penyimpangan pada anak dalam memahami pendidikan seks yang baik
MANAGEMENT OF FACILITIES AND INFRASTRUCTURE TK RIZKIA KIDS IN KAMPAR DISTRICT, RIAU PROVINCE Nurfadillah; Susi Herlinda; Radhiyatul Fithri
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 10 No 1 (2022): JURNAL TA'LIM VOL X NO.1 JUNI 2022
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58795/talim.v10i1.287

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana di tk rizkia.Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan sarana dan prasarana yang di terapkan di TK Rizkia Kids sudah baik karena setelah dilakukan perencanaan hasil perencanaan tersebut dilaporkan keyayasan baru disetujui dan disahkan anggaran tersebut. (2) pengadaan sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids dilakukan dengan cara menyesuaikan rencana sarana dan prasarana yang telah di sepakati dalam rapat yang telah dilakukan sebelumnya. (3) inventarisasi sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids dalam proses inventarisasi hanya dilakukan pencatatan sarana dan prasarana pada suatu buku inventarisasi saja. (4) proses penyimpanan sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids Kalau ADM sekolah disusun dengan rapi, apabila ada yang diperlukan bias diambil sesuai dengan tempatnya. (5) proses manajemen atau pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan setiap hari Kalau untuk penilaian anak di lakukan setiap hari tetapi untuk ADM lainnya dialkukan apabila di perlukan. (6) penghapusan sarana dan prasarana jika kondisi sarana dan prasarana sudah rusak Kalau sudah rusak di buat juga catatannya dan barangnya akan dibuang. (7) proses pengawasan sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids proses pengawasan sarana dan prasarana dilakukan oleh pendidik
DAMPAK VIRUS COVID 19 DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI Susi Herlinda
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 10 No 1 (2022): JURNAL TA'LIM VOL X NO.1 JUNI 2022
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Independence is an important thing that must be nurtured from an early age. Children who are not independent can have bad consequences in the future. Educating children through activities during the COVID-19 pandemic whose activities are carried out at home can make students to study independently, assisted by parents at home. There are many activities that students can do during the COVID-19 pandemic, starting from their own activities to teaching materials provided by teachers through their parents. Children's independence will be able to develop when parents and people around them can provide motivation and stimulants so that students will be provoked to carry out their daily activities such as cleaning the bedroom, bathing themselves, doing their own assignments, going to the toilet alone to urinate and defecate. Covid 19 is a virus that spreads in several countries including Indonesia with symptoms of fever, cough and flu to shortness of breath. The impact of this virus initially only had an impact on the economic field, but now it has an impact on the education sector so that learning is carried out using Darring. Learning from home is certainly required by the readiness of students and parents so that learning continues as it should
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SECARAONLINE PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi di TK At-Taubah Rumbai Pekanbaru ) Wery Agnesha Putri; Rahmah; Radhiyatul Fithri
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 10 No 1 (2022): JURNAL TA'LIM VOL X NO.1 JUNI 2022
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sehingga dalam penelitian ini tidak memerlukan hipotesis, tetapi menggambarkan apa adanya tentang “Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Secara On-line Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi di TK At-Taubah Rumbai Pekanbaru )”. Disusun secara sistematis kemudian dianalisis secara kualitatif untuk memenuhi kejelasan masalah yang dibahas, setelah analisis data selesai, maka akan disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual yang diberikan kepada anak sudah cukup baik dan telah dilakukan seoptimal mungkin walaupun dengan berbagai keterbatasan dan kendala yang ditemui saat penerapan media pembelalajran audio visual tersebut. Penerapan media pembelajaran audio visual baik dari mulai perencanaan hingga hasil dari penggunaan media pembelajaran tersebut guru dituntut kreatif dalam menentukan dan juga menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam kondisi sekarang ini pada saat pandemic covid19 karena kurangnnya pembiasaan dalam menggunakan media pembelajaran audio visual yang sebelumnya guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara langsung. Penggunaan media pembelajaran audio visual dapat dikatakan membantu kegiatan belajar mengajar karena kondisi pandemic yang tidak memungkinkan dilakukan kegiatan belajar mengajar secara langsung walaupun dengan keterbatasan dan kekurangan dalam penerapan media pembelajaran audio visual tersebut pada saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan

Page 1 of 1 | Total Record : 5