cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
p3m@stkipaisyiyahriau.ac.id
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/Editorial_Board
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Journal Ta'lim of Journal STKIP Aisyiyah Riau
ISSN : 23025727     EISSN : 27769542     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The talim Journal of Education and Teacher Training was published for the first time in the form of an E-Journal in June 2013 with issn 2302-5727 (printed) and e issn in the administration period. Journals are collected from lecturers from both inside and outside the Study Program of Education and Teacher Training. This journal was published in order to carry out the tri Dharma of Higher Education and to improve and develop the quality of education and teacher training.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2014): JURNAL TA'LIM VOL.II NO.2 DESEMBER 2013" : 5 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU Yulia Novita; Mhd. Subhan
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 2 No 2 (2014): JURNAL TA'LIM VOL.II NO.2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengguaan media internet terhadap minat berlajar Siswa di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru dengan populasi 130 siswa dan sampel di ambil 60 sampel yang menggunakan rumus Taro Yamane yang menggunakan kaedah simple random sampling. Analisis data yang digunakan regresi linier sederhan. Persamaan garis linier Y=1.569+0.544 X. Dari hasil regresi linier sederhana terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Koofisien Determinan dari hasil analisis sebesar 0.915 artinya bahwa pengaruh penggunaan media internet akan menyebabkan naiknya minat belajar siswa sebesar 91.5%. Sedangkan sisanya 8.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t regresi, diperoleh t hitung = 5.369 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05 nilai signifikansi tersebut lebih besar dari taraf 5%, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, Hipotesis secara individual/parsial variable media internet ada pengaruh terhadap minat belajar siswa.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI Multisari Fatra; Sumarno Sumarno; Sri Kartikowati
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 2 No 2 (2014): JURNAL TA'LIM VOL.II NO.2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kontribusi kesulitan belajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan design metode campuran (mixed method). Populasi yaitu 70 responden, dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampel yaitu siswa yang memiliki kesulitan belajar dengan nilai dibawah KKM. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk menganalisis tentang kesulitan belajar, sedangkan angket digunakan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Analisis data dengan menggunakan analisis butir soal dan regresi linier berganda pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dasar yang sulit bagi siswa kelas X, yaitu mengenai konsep ilmu ekonomi, masalah ekonomi, perilaku ekonomi dan keseimbangan pasar. Sedangkan untuk kelas XI yaitu mengenai pendapatan nasional, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, dan kebijakan moneter dan fiskal; (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar diantaranya yaitu minat belajar sebesar 5,763; motivasi sebesar 2,676; lingkungan keluarga sebesar 3.349; dan lingkungan sekolah sebesar 2,756; dan (3) faktor-faktor tersebut memberikan kontribusi yang negatif dengan sig < 0.05, yang artinya semakin kecil faktor yang mempengaruhi maka semakin besar kesulitan belajar siswa, sebalikmya semakin besar faktor yang mempengaruhi maka semakin kecil kesulitan belajar siswa.
PERANAN KOPERASI MITRA SEHATI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI RAKYAT PADA RUKUN WARGA (RW) 14 KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU Ristiliana Ristiliana; Nurasmawi Nurasmawi; Muhammad Ihsan Hamdy
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 2 No 2 (2014): JURNAL TA'LIM VOL.II NO.2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan secara jelas mengenai objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan koperasi Mitra Sehati dalam meningkatkan ekonomi rakyat pada Rukun Warga 14 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Koperasi Mitra Sehati pada tingkat Rukun Warga 14 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Sedangkan objek yang akan diteliti dan menjadi fokus pada permasalahan utama dalam penelitian ini adalah peranan koperasi dalam meningkatkan ekonomi rakyat pada Rukun Warga 14 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik diantaranya teknik kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data-data tersebut akan diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menuangkan dalam bentuk deskripsi atau uraian atau laporan lengkap dan terperinci sampai akhirnya membuat kesimpulan untuk disajikan sebagai hasil penelitian. Penelitian yang penulis lakukan ini pada akhirnya menghasilkan kesimpulan bahwa peranan koperasi Mitra Sehati lebih focus kepada upaya meningkatkan perekonomian masyarakat terutama ekonomi rakyat melalui ekonomi kreatif yang sedang berkembang saat ini, melalui kategori kegiatan berikut: 1). Kegiatan unit simpan pinjam dan 2). Pengadaan kegiatan ekonomi kreatif anggota dan masyarakat.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KAMPAR AIR TIRIS Novela Juliana; Gimin Gimin; Syakhdanur Syakhdanur
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 2 No 2 (2014): JURNAL TA'LIM VOL.II NO.2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 di Air Tiris untuk sampel sebanyak 96 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasilnya bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut:1) Kompetensi pedagogik guru secara langsung berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan koofisien P sebesar 0,601 2) Kompetensi pedagogik guru secara langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan koofisien P sebesar 0,247.3) Motivasi belajar siswa berpengaruh secara langsung terhadap prestasi dengan koofisien P sebesar 0,549.4)Kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara langsung terhadap prestasi dengan koofisien P sebesar 0,247 dan pengaruh secara tidak langsung kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan koofisien P sebesar 0,329.
PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA PENDEBITAN DAN PENGKREDITAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS JURNAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS HANDAYANI PEKANBARU Naskah Naskah; Salmiah Salmiah
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 2 No 2 (2014): JURNAL TA'LIM VOL.II NO.2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Handayani Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Handayani Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi yang berjumlah 81 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS (Statistica Product and Service Solution) versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil dan analisa data dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Handayani Pekanbaru, ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% maupun 1% (4.603 > 2,65 > 2.00), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Handayani Pekanbaru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5