cover
Contact Name
Marissa utami
Contact Email
marissautami@umb.ac.id
Phone
+6285159228701
Journal Mail Official
ikhafi.hrd@gmail.com
Editorial Address
Jl. Timur Indah Raya, Kota Bengkulu Kota Bengkulu, Bengkulu 38229.
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika
ISSN : 2655755X     EISSN : 27238091     DOI : -
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (JUKOMIKA) adalah jurnal ilmiah peer-review yang membahas mengenai desain dan implementasi algoritma dalam sebuah perangkat lunak. Selain itu, jurnal ini juga membahas mengenai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis robotika, kecerdasan buatan, pengolahan data serta informasi. Jurnal menerbitkan secara berkala dua kali setahun yaitu pada Juni dan Desember. Jurnal diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Penerbitan dan Percetakan Indonesian Scholar Khiar Wafi (LPPMPP IKHAFI) dibawah Yayasan Sejahtera Bersama Bengkulu. Semua artikel publikasi di Jurnal JUKOMIKA bersifat open-acess (terbuka) yang tersedia secara bebas online tanpa harus berlangganan. P-ISSN: 2655-755X E-ISSN: 2723-8091
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2020): Agustus" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA MATA MANUSIA Dwita Deslianti; Pahrizal Pahrizal
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 4 (2020): Agustus
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.606 KB)

Abstract

Penyakit mata merupakan kelainan pada mata yang dapat mempengaruhi penglihatandan karena terbatasnya layanan informasi kesehatan mata di Puskesmas  ataupun  Rumah Sakit, kurangnya tenaga dokter spesialis mata yang bisa memberikan informasi tentang gangguan kesehatan mata, serta mahalnya biaya konsultasi dokter spesialis, sehingga mengakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit mata, untuk membantu mendeteksi masalah tersebut, maka diperlukan kehadiran sistem pakar yang diyakini mampu mendeteksi gejala penyakit mata manusia. Maka dari itu pemecah masalah ini penulis akan membuat prototype aplikasi untuk mencoba menerapkan sistem pakar agar bisa memberikan solusi tercepat untuk masyarakat dan  dengan menggunakan metode Certainty Factor yang akan membantu dalam memberikan penyelesaian solusi dengan nilai ketidakpastian penyakit yang diberikan langsung dari pakar. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode certainty factor sangat diterima oleh masyarakat dengan dibuktikannya mendapat hasil pada ujian beta sebesar 78%. Juga pada prototype ini mendapatkan hasil diagnosa sesuai dengan gejala dan data yang didapatkan oleh seorang pakar penyakit mata
PEMBUATAN APLIKASI 3D BENTENG MARLBOROUGH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI Dandi Sunardi; Agusdi Syafrizal
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 4 (2020): Agustus
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.882 KB)

Abstract

Salah satu carauntuk menarik para wisatawan pada bangunan bersejarah tersebut adalahdengan promosi untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangunanbersejarah. Perlu diadakan suatu terobosan terbaru dalam promosibangunan bersejarah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yangsudah ada. Membantu kelestarian atau eksistensi dari suatu bangunanbersejarah itu sendiri, setidaknya dengan promosi tersebut dapatmemberikan kesadaran kepada masyarakat luas untuk melindungi,menjaga, memelihara, melestarikan  sejarah. Maka teknologi yangdirancang untuk promosi Benteng Marlborough Kota Bengkulu yaituAugmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi android yang dapat menampilkan objek Benteng Marlboroughbebasis 3D  menggunakan Augmented Reality sehingga dapat menjadisarana promosi yang baik untuk para wisatawan.Tempat penelitiandilaksanakan di Dinas Pariwisata Kota Bengkulu pada bulan Juli sampaidegan selesai. Teknik Pengumpulan data yang digunakan: Observasi,Wawancara, dan Studi Pustaka. Aplikasi ini dibangun denganmenggunakan laptop Lenovo.Pembuatan Aplikasi 3D Benteng Marlborough menggunakan Augmented Reality. Sebagai Media Promosiberhasil dibangun menggunakan Unity 3D. 3 Dimensi yang telah dibuat yaitu Benteng Marlborough secara utuh, Gedung Admintrasi, GedungKonsiouner, Gedung Galeri, dan Gedung Pameran.
APLIKASIPENENTUAN PORTOFOLIO OPTIMAL BERDASARKAN MODEL INDEKS TUNGGAL PADA SAHAM LQ-45 Kirman Kirman; Andilala Andilala
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 4 (2020): Agustus
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.065 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan portofolio yang optimal pada saham LQ-45 dengan Model Indeks Tunggal. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BEI, Yahoo Finance, dan BI. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 21 saham, dengan metode  porposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengolahan datanya menggunakan  Microsoft Excel 2013 dan IBM SPSS 23.0  for windows.  Berdasarkan hasil analisis didapat dari 21 saham anggota Indeks LQ-45 diperoleh kombinasi sebanyak 2 saham yang dapat membentuk portofolio optimal dengan proporsi masing-masing, yaitu: Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) dengan proporsi sebesar 52,51% dan Adaro Energy Tbk. (ADRO) dengan proporsi sebesar 47,49%. Tingkat keuntungan (expected return) dari kombinasi portofolio optimal tersebut sebesar 0,56% dengan risiko sebesar 0,30%.
METODE ROCCHIO RELEVANCE FEEDBACK MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK PANDUAN PERKEMBANGAN BALITA Sri Handayani; Pahrizal Pahrizal
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 4 (2020): Agustus
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.337 KB)

Abstract

Aspek tumbuh kembang pada anak merupakan salah satu aspek yang  diperhatikan secara serius oleh para pakar, karena hal tersebut merupakan aspek yang menjelaskan mengenai proses pembentukan seseorang, baik secara fisik maupun psikososia. Pada saat ini  pemberian informasi  perkembangan balita yang masih sangat minim dikarenakan jarak puskesmas dengan  rumah  cukup jauh dan kini proses tersebut masih berjalan dengan manual dengan membawa kartu yang biasa disebut Kartu Menuju Sehat (KMS). Kendala yang muncul jika kartu lupa dibawa taau hilang maka saat control Kesehatan selanjutnya tanpa diketahui riwayat sebelumnya baik informasi vaksi dan perkembangan tumbuh kembang lainnya. Penyelesaian masalah diatas maka penulis mengusulkan menggunakan  aplikasi android yang menggunakan Metode rocchio relevance feedback melakukan pencarian data berdasarkan 4 ( empat ) tahapan proses yakni tokenzing, feltering, stemming,  dan  term weighting  untuk menghasilkan informasi yang  relevance.
SISTEM PENGELOLAAN KEHADIRAN DAN PENGGAJIAN MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY PADA PERUSAHAAN JASA KONSULTAN IT Deasty Kartika Sari; Greenda Soundi Rabia; Inge Handriani
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 4 (2020): Agustus
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.124 KB)

Abstract

Abstrak—Manajemen sumber daya manusia merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan, sumber daya manusia itu sendiri merupakan asset penting karena peran dan fungsinya harus selalu berorientasi pada visi dan misi perusahaan. Dalam memperoleh dan mengolah informasi terkait manajemen sumber daya manusia diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mengelola data kehadiran serta data penggajian. Sistem pengolah data kehadiran dan penggajian bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data presensi serta perhitungan gaji dan meminimalisir kesalahan pada proses bisnis yang ada pada manajemen sumber daya manusia atau bagian HRD. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan PIECES untuk menganalisa permasalahan pada sistem yang berjalan serta menggunakan metode pengembangan waterfall. Dengan adanya sistem pengelolaan kehadiran dan penggajian dapat membantu bagian HRD dalam memperoleh data presensi yang akurat karena menggunakan integrasi antara log mesin fingerprint dengan sistem. Yang bertujuan untuk meningkatkan keakuratan dalam perhitungan gaji karyawan karena sistem menyediakan perhitungan denda dan insentif karyawan yang terintegrasi dengan data presensi karyawan, dan meminimalisir kesalahan dalam melakukan pembayaran gaji melalui internet banking karena sistem menggunakan payment gateway sehingga pengiriman gaji dapat dilakukan secara tepat. Abstract— Human resource management is the key that determines the development of the company, human resources are themselves important assets because their roles and functions must always be oriented towards the company's vision and mission. In receiving and processing information related to human resource management an information system is needed that can manage attendance data and payroll data. Present data processing systems and payroll are supported to improve accuracy, attendance data, and calculation of payments and minimize errors in business processes that exist in human resource management or Human Resource Department (HRD). In developing the system using PIECES to analyze challenges in the running system and use the method of developing waterfalls. With the presence and payroll management system can help the HRD in receiving accurate attendance data because it uses between the log finger-print machine and the system, increasing accuracy in the contribution of employee attendance data, Minimizing errors in making payments through internet banking because the system uses a gateway payment so that delivery can be done properly. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5