cover
Contact Name
Khairiatul Muna
Contact Email
alkawnu@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281953551996
Journal Mail Official
alkawnu@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Jalan Ahmad Yani Km 4,5 Banjarmasin Phone: 082218320771 (Febrianawati Yusup,M.Pd - Editor in Chief) Email: febrianawati.yusup@uin-antasari.ac.id
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal
ISSN : 28093542     EISSN : 28093542     DOI : https://doi.org/10.18592
Core Subject : Science, Education,
Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal is Open Access and Peer Reviewed journal that published by Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia Department, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. This journal include research articles about science learning consists development and design of learning, learning strategy, learning evaluation, inclusive education, teacher profesionalism, digital technology, and other relevant topics with the focus of science education; natural science consists theoretical and empirical research studies on natural science (biology, chemistry, physics or science application) and applied science that related the local wisdom and/or integrated to value of religion and culture. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal publishes biannually on October and April. This journal accepts submissions all year round. The template manuscripts can be downloaded here. This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science learning, natural science and applied science. Editorial board receives the articles from the educators, obsrvers, researchers to be published after having tight selection, peer review, and serious editing.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober" : 5 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Remap-NHT terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Sistem Ekskresi Fatkhiyyah; Nur Lina Safitri
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika, and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v3i1.7553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran Remap-NHT terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (kuasi eksperimen) menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pasuruan dan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 4 sebagai kelas kontrol, dengan teknik nonrandom (nonprobability) dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan model pembelajaran, tes hasil belajar dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0.44 dan 0.30. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki tingkat penguasaan konsep lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Reading Concept Mapping Numbered Heads Together (Remap-NHT) terhadap peningkatkan hasil kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasuruan pada materi Sistem Ekskresi
Pembuatan Alat Deteksi Gas Berbasis Arduino Menggunakan Sensor Gas MQ-6 dan MQ-3 Akhmad Firdaus; Ummi Rahmiatun; Suryandari
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika, and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v3i1.8560

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu: 1) Untuk merancang dan membuat alat pendeteksi gas yang menggunakan Arduino dan dua buah sensor gas, MQ-3 dan MQ-6. 2) Untuk mengetahui pengaruh dari jenis gas dan konsentrasinya terhadap waktu deteksi gas pada jarak yang sama dan pada ruangan tertutup dengan suhu ruang. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jenis eksperimen, yaitu eksperimen lapangan. Pengumpulan data hasil pengamatan akan dilakukan dengan cara pengujicobakan alat tersebut dengan sumber gas, pada penelitian menggunakan gas LPG, dan gas Alkohol. Hasil yang diperoleh ialah penelitian telah berhasil merancang dan membuat alat pendeteksi gas berbasis Arduino yang berfungi dengan cukup baik saat alat dibuat. Ketika dilakukan pengujicobaan menggunakan gas LPG pada jarak 5 cm dari sumber gas, alat berekasi dengan menyalanya LED merah dan berbunyi buzzer, alat mendeteksi adanya gas dalam waktu 3 detik, dengan konsentrasi gas yang terdeteksi sebesar 70 ppm. Akan tetapi, ketika menggunakan gas alkohol, alat tidak menunjukkan reaksi apapun. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa, peneliti berhasil merancang dan membuat alat pendeteksi gas menggunakan Arduino dan sensor gas MQ-3 dan MQ-6, akan tetapi ada error pada sensor MQ-3.  Konsentrasi gas berpengaruh terhadap waktu deteksi dari alat pendeteksi gas ini.
Jenis Paku-Pakuan di Desa Jelapat II Berdasarkan Karakter Morfologi Ika Lestari; Sari Indriyani
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika, and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v3i1.8792

Abstract

Jelapat II merupakan salah satu desa di Kalimantan Selatan yang cukup luas serta memiliki banyak sumber daya alam tumbuhan, salah satunya adalah tumbuhan paku. Faktor lingkungan yang mendukung menjadikan tumbuhan paku banyak tumbuh di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis paku-pakuan yang ditemukan di Desa Jelapat II. Metode pengambilan sampel menggunakan metode jelajah (cruise methods) dengan teknik purposive sampling yang dibagi dalam 2 zona. Data yang diambil berupa jenis paku pakuan berdasarkan morfologi, habitat serta sorusnya dan dikumpulkan menggunakan instrument penelitian pertelaan, teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian lapangan ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2020, dengan hasil penelitian yaitu ditemukan 13 jenis paku-pakuan dari 7 Famili dan 12 genus yang ada di Desa Jelapat II. Spesies tersebut diantaranya Stenochlaena palustris (Burm.F.) Bedd., Blechnum indicum  (Burm.f.),  Lygodium microphyllum  (Cav.)  R. Br., dan Pteris  vittata  L, Adiantum latifolium Lam., Drynaria quercifolia (L.) J. Sm., Taenitis blechnoides, Pityrogramma calomelanos (L.) Link, Pyrrosia piloselloides (L.) M.G. Price, Nephrolepis cordifolia (L.) C. Presl., Nephrolepis biserrata (Sw.) Schott, Christella dentata (Forssk.) Brownsey & Jermy, dan Dicranopteris linearis (Burm. f.) Underw.
Pemanfaatan Limbah Air Kelapa Tua Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Alami Pertumbuhan Sawi (Brassica juncea L.) Nida Zahra Al Banna; Najimatul Ilmiyah; Khairunnisa
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika, and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v3i1.8826

Abstract

Air kelapa tua merupakan sisa produksi santan kelapa yang seringkali dibuang atau tidak dimanfaatkan kembali dan berakhir menjadi limbah. Padahal, air kelapa tua mengandung zat pengatur tumbuh alami yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan. Air kelapa mengandung hormon sitokinin, auksin serta giberelin.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari pemanfaatan limbah air kelapa tua sebagai sebagai zat pengatur tumbuh alami terhadap pertumbuhan sawi (Brassica juncea L.). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain Rancangan Acak Lengap (RAL) satu faktor. Perlakuan yang digunakan adalah F0 (Kontrol/Tanpa air kelapa tua); F1 (Air kelapa tua 100 ml); F2(Air kelapa tua 150 ml); F3(Air kelapa tua 200 ml); F4(Air kelapa tua 250 ml); dan F5(Air kelapa tua 300 ml) dengan 3 parameter pengamatan, yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, dan luas daun. Data pertumbuhan sawi dari setiap parameter dianalisis dengan uji Anova dan Uji Beda Nyata Terkecil (Uji BNT). Hasil penelitian menyatakan bahwa perlakuan F5 pada pemanfaatan limbah air kelapa tua sebagai sebagai zat pengatur tumbuh alami terhadap pertumbuhan sawi (Brassica juncea L.) menunjukkan hasil tertinggi pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, dan luas daun pada umur 6-9 minggu setelah tanam (MST).
Perbandingan Pembelajaran Discovery Learning Berbasis LKPD dengan Pembelajaran POGIL terhadap Prestasi Belajar Siswa Noni Lestari; Siska Oktapianti
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika, and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v3i1.10855

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning  berbantuan LKPD dengan pembelajaran POGIL terhadap prestasi belajar materi koloid siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Cempaga. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment, populasi penelitiannya adalah  siswa kelas XI IPA SMAN 1 Cempaga, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen Discovery Learning dan kelas eksperimen POGIL secara berturut-turut sebesar 28,29 dan 34,69, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen Discovery Learning dan kelas eksperimen POGIL secara berturut-turut sebesar 43,58 dan 59,00. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney  diperoleh nilai 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat perbedaan pembelajaran Discovery Learning  berbantuan LKPD dan pembelajaran POGIL terhadap prestasi belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5