cover
Contact Name
-
Contact Email
wnceb@widyagama.ac.id
Phone
+6281331098586
Journal Mail Official
wnceb@widyagama.ac.id
Editorial Address
Jalan Borobudur No.35 Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia 65142
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB)
ISSN : 25985272     EISSN : 25985280     DOI : 10.31328
Prosiding Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) is a Call of Papers activity managed by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Widyagama University Malang. WNCEB will be published once a year (in November) with various topics consisting of, (but not limited to) finance, marketing, human resources, economics, accounting, entrepreneurship by applying standard research methodologies. -Management -Acounting -Islamic Banking Finance
Articles 132 Documents
Prosiding Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) 2017 FE UWG WNCEB
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 1, No 1: WNCEB 2017
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6216.03 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v1i1.494

Abstract

Prosiding Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) 2017 adalah hasil Penyelenggaraan Call for Papers bagian dari kegiatan Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) 2017 oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang yang bekerjasama dengan Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia (APMAI). WNCEB 2017 mengambil tema Penguatan Daya Saing Industri Nasional dalam Kancah Bisnis Global guna Mendukung Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 3 November 2017 di Universitas Widyagama Malang.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN KEDAI JUMJUM THAI TEA PARE - KEDIRI Rizki Olivia Dela; Bambang Budiantono; Tuti Hastuti
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.962 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3125

Abstract

AbstrakArtikel ini menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada Kedai Jumjum Thai Tea Pare - Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Kedai Jumjum Thai Tea Pare – Kediri. Pada penenlitian ini menggunakan rumus Roscoe dan metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 orang. Data di proses melalui Software Smart Partial Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas produk yang semakin baik akan meningkatkan kepuasan, Kualitas produk yang semakin baik akan meningkatkan keputusan pembelian, Kepuasan pelanggan yang berpengaruh positif tetapi tidak signifikan akan berpengaruh pada peningkatan keputusan pembelian, Kepuasan pelanggan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan dalam memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kedai Jumjum Thai Tea Pare – Kediri.Kata kunci: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan. AbstractThis article describes the effect of product quality on purchasing decisions mediated by customer satisfaction on Kedai Jumjum Thai Tea Pare - Kediri. The population in this study was a customer at Toko Jumjum Thai Tea Pare – Kediri. In this study using the Roscoe formula and the sample withdrawal method in this study using purposive sampling. The respondents in this study were as many as 150 people. Data is processed through Partial Square Smart Software (PLS). The results of this study showed that better product quality will increase satisfaction, better product quality will improve purchase decisions, customer satisfaction that has a positive but insignificant effect will have an effect on the improvement of purchasing decisions, customer satisfaction has a positive but insignificant effect in mediating product quality to purchasing decisions at Toko Jumjum Thai Tea Pare – Kediri.Keywords: Product Quality, Purchasing Decisions, Customer Satisfaction.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESA PERIODE 2016-2020 Nur Laily Safitri; Dharmayanti Pri Handini; Alfiana Alfiana
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.273 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3126

Abstract

AbstrakArtikel ini menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesa periode 2016-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016 – 2020. Berdasarkan hasil pengujian pada bab sebelumnya maka didapatkan kesimpulan Hasil pengujian secara simulatan menunjukan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hasil pengujian secara parsial  menunjukan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan Terhadap pertumbuhan laba. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh  signifikan Terhadap pertumbuhan laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020.Kata Kunci:  Profitabilitas, Ukuran Perusahaan ,Pertumbuhan Laba. AbstractThis article analyzes the effect of profitability and the size of the company on profit growth in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2016-2020. The samples used in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2016 - 2020. Based on the results of the test in the previous chapter, the results of the test are heard that the profitability and size of the company have a significant effect on profit growth. Partial test results show that profitability has a positive and significant effect on profit growth. The test results partially showed that the size of the company had no significant effect on profit growth at the Indonesia Stock Exchange-Listed Manufacturing Companies in 2016-2020. Keywords: Profitability, Company Size, Profit Growth.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN AHASS TAWANGSARI MOTOR LAWANG Ika Agustin Wijayanti; Bambang Budiantono; Tuti Hastuti
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.545 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3127

Abstract

AbstrakArtikel ini menjelaskan sejauh mana pengaruh  kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan menggunakan cara Accidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen AHASS TAWANGSARI MOTOR Lawang sejumlah 130 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis dengan software smart partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan  berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen apabila dimediasi oleh kepuasan konsumen.Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen. AbstractThis article explains the extent of the effect of quality of service on consumer loyalty mediated by consumer satisfaction. The research approach used is explanatory by using accidental sampling. The population in this study was all consumers of AHASS TAWANGSARI MOTOR Lawang as many as 130 respondents. The data collection technique used is. The analysis tool used is path analysis or path analysis with smart partial least square (PLS) software. The results showed that the quality of service has a positive effect on consumer satisfaction, the quality of service has a positive and significant effect on consumer loyalty, consumer satisfaction has a positive and significant effect on consumer loyalty, and the quality of service has a positive and significant effect on consumer loyalty when mediated by consumer satisfaction.Keywords: Quality of Service, Customer Satisfaction, Consumer Loyalty.
PENGARUH PENEMPATAN PEGAWAI TERHADAP MOTIVASI KERJA YANG DIMEDIASI KOMITMEN ORGANISASI Dilla Verna Ayuningtyas; Survival Survival; Tuti Hastuti
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.323 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3128

Abstract

AbstrakSalah satu kunci utama keberhasilan suatu organisasi terletak pada tinggi rendahnya motivasi pegawai. Tanpa motivasi, perusahaan akan mengalami penurunan produktivitas, tingkat output yang lebih rendah dan kemungkinan perusahaan akan gagal mencapai tujuan penting. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh penempatan terhadap motivasi kerja dengan dimediasi oleh komitmen organisasi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif, yaitu untuk meneliti 68 pegawai yang bekerja di Departemen Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur. Data primer yang terkumpul dianalisis dengan analisis jalur, dan uji statistik parametrik menggunakan smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan semakin efektifnya penempatan maka akan meningkatkan motivasi kerja, semakin efektifnya penempatan maka akan meningkatkan komitmen organisasi, semakin tingginya komitmen organisasi maka akan meningkatkan motivasi kerja, dan semakin efektifnya penempatan melalui komitmen organisasi yang tinggi maka akan meningkatkan motivasi kerja pada pegawai Departemen Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.Kata Kunci: Penempatan, Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja Abstract One of the main keys to the success of an organization that depends on the high and low motivation of employees. Without motivation, the company will experience decreased productivity, lower output levels and the possibility that the company will fail to achieve important goals. Therefore, the purpose of this study is to see how the influence of placement on work motivation is mediated by organizational commitment. This type of research includes explanatory research with a quantitative approach, which examines 68 employees who work in the Department of Planning and Business Development of Perum Perhutani Regional Division of East Java. The primary data collected were analyzed by path analysis, and parametric statistical tests using smartPLS. The results showed that the more effective placement will increase work motivation, the more effective placement will increase organizational commitment, the higher organizational commitment will increase work motivation, and the more effective placement through high organizational commitment will increase work motivation in the employees of the Department of Planning and Business Development of Perum Perhutani East Java Regional DivisionKeywords: Placement, Organizational Commitment, Work Motivation
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN PRIMA BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH Fahmiyatul Khukmiyah; Bambang Budiantono
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.821 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3139

Abstract

AbstrakFahmiyatul Khukmiyah, Bambang Budiantono, Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang, 2021, “Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Prima Berhadiah Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah” (Studi pada PT. Bank MuamalatIndonesia Tbk KCP Kepanjen).Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui dan menganalisis strategi pemasaran produk Tabungan Prima Berhadiah dalam meningkatkan jumlah nasabah, (Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Kepanjen). Karena dapat meningkatkan profit perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi.Dari hasil penilitian, strategi pemasaran yang diterapkan Bank Muamalat KCP Kepanjen kepada Tabungan Prima Berhadiah adalah strategi jemput bola. Agar nasabah mengetahui dan tertarik menggunakan produk Tabungan Prima Berhadiah.Kata Kunci:Strategi Pemasaran, Analisis SWOT AbstractFahmiyatul Khukmiyah, Bambang Budiantono, D3 Finance and Islamic Banking Study Program, Faculty of Economics and Bussines, Widyagama University Malang, 2021, “Marketing Strategy Analysis Of Prime Savings With Prizes To Increase The Number Of Customers” (Study at PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Sub-Branch Office Kepanjen). Advisor 1 : Bambang Budiantono.The Purpose of this study is to  identify and analyze the marketing strategy of the Prima Savings With Prize product in increasing the number of customers, (Study at PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Sub-Branch Office Kepanjen). Because it can increase company profits.Data collection techniques were carried out by interview and observation.From the results of the study, the marketing strategy applied by Bank Muamalat  Sub-Branch Office Kepanjen to Prima Savings With Prize was a pick-up strategy. So that customers know and are interested in using the Prima Savings product with Prizes.Keywords: Marketing Strategy and SWOT Analysis
ANALISIS IMPLEMENTASI SERVICE EXCELLENCE CUSTOMER SERVICE PADA BANK MUAMALAT, CAPEM KOTA BATU Dia Erawati; Bambang Budiantono
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.312 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3140

Abstract

Abstrak Dia Erawati 2021. Analisis Implementasi Service Excellence Customer Service Pada PT. Bank Muamalat, Tbk Cabang Pembantu Kota Batu. Pembimbing: Drs. Bambang Budiantono, MS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan service excellence pada PT. Bank Muamalat, Tbk Cabang Pembantu Batu. Service excellence sangat lah penting dalam suatu perbankan, karena dengan adanya service excellence inilah dapat meningkatkan citra suatu perbankan dan disisi lain dapat meningkatkan profit suatu perusahaan 0- Peneliti menggunakan data-data internal maupun eksternal dari PT Bank Muamalat Tbk Cabang Pembantu Kota Batu. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisa pada PT Bank Muamalat Tbk, Cabang Pembantu Kota Batu dapat diterapkan dengan baik agar meningkatkan kepercayaan nasabah dan kepuasan nasabahKata kunci: Service Excellence, Customer Service Abstract Dia Erawati. 2021. Analysis of Service Excellence Customer Service Implementation at PT. Bank Muamalat, Tbk Batu City Sub Branch. Supervisor: Drs. Bambang Budiantono, MS. This study aims to determine how the implementation of service excellence at PT. Bank Muamalat, Tbk Batu Sub-Branch. Service excellence is very important in a bank, because with this service excellence, it can improve the image of a bank and on the other hand it can increase the profit of a company. Researchers used internal and external data from PT Bank Muamalat Tbk Batu City Sub-Branch. Data collection with interview techniques. The results showed that the analysis at PT Bank Muamalat Tbk, Batu City Sub-Branch can be applied properly in order to increase customer trust and customer satisfactionKeywords: Service Excellence And Customer Service
PERAN MEDIASI KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK ATAS PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BELI Awen Tammah; Rahayu Puji Suci; Zulkifli Zulkifli
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.847 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3141

Abstract

AbstrakArtikel ini menjelaskan pengaruh E-WOM, kualitas produk, citra merek secara parsial dan simultan terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penjelasan (explanatory research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana akan menghasilkan data yang berbentuk numerik dan diolah menggunakan software WarpPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli t-shirt produk distro Inspired27 Soekarno Hatta Malang dan menggambil 95 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, studi kepustakaan dan penjelajahan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM secara parsial berpengaruh terhadap minat beli, E-WOM secara parsial berpengaruh terhadap kualitas produk, E-WOM secara parsial berpengaruh terhadap citra merek, kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli, citra merek secara parsial berpengaruh terhadap minat beli, kualitas produk secara tidak langsung mampu berperan sebagai mediasi pada pengaruh E-WOM terhadap minat beli dan citra merek secara tidak langsung mampu berperan sebagai mediasi pada pengaruh E-WOM terhadap minat beli.Kata kunci: E-WOM, Kualitas Produk, Citra Merek, Minat Beli. AbstractThis article describes the influence of E-WOM, product quality, brand image partially and simultaneously on buying interests. The type of research used is an explanatory research method that uses a quantitative approach, which will produce data in numerical form and processed using WarpPLS software. The population in this study was consumers who had bought t-shirts of Soekarno Hatta Malang's Inspired27 distro products and took 95 respondents. Data collection uses questionnaires, literature studies and internet browsing. The results of this study show that E-WOM partially affects buying interest, E-WOM partially affects product quality, E-WOM partially affects brand image, product quality partially affects buying interest, brand image partially affects buying interest, product quality is indirectly able to act as mediation on the influence of E-WOM on buying interest.Keywords: E-WOM, Product Quality, Brand Image, Buying Interests.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MERK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Achmad Yusuf Budianto; Rahayu Puji Suci; Soedjono Soedjono
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.137 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3142

Abstract

AbstrakTujuan  penelitian  ini  ialah  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas  produk  dan  kualitas pelayanan  terhadap keputusan pembelian dengan citra merk sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) hipotesis yang akan  diteliti.  Jenis penelitian  yang  digunakan dalam  penelitian ini  adalah jenis penelitian kuantitatif. Objek yang akan diperiksa dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2), keputusan pembelian (Y), dan citra merek (Z) . Penelitian ini dilakukan di Eiger Store Mall Olympic Garden (MOG) yang beralamat di Jl. Kawi no. 24 Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang  diperoleh dari menyebarkan kuesioner ke konsumen Eiger. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel dan 17 indikator, sehingga perhitungan dalam penelitian multivariat adalah jumlah indikator 17 x 10 = 170 maka diketahui jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 170 responden yang akan diteliti. Analisis data dalam penelitian ini sebagian paling sedikit persegi menggunakan perangkat lunak Smart PLS 3.3.3.Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merk, Keputusan Pembelian, Eiger AbstractThe purpose of this study is to find out the influence of product quality and quality of service on purchasing decisions with brand image as an intervening variable. In this study there are 7 (seven) hypotheses that will be studied. The type of research used in this research is a type of quantitative research. The objects to be examined in the study are product quality (X1), service quality (X2), purchasing decisions (Y), and brand image (Z). This research was conducted at Eiger Store Mall Olympic Garden (MOG) which is located at Jl. Kawi no. 24 Kauman, Kec. Klojen, Malang City, East Java. The data source used in the study was primary data obtained from distributing questionnaires to Eiger consumers. In this study there are four variables and 17 indicators, so the calculation in multivariate research is the number of indicators 17 x 10 = 170 then it is known that the number of samples used in this study is as many as 170 respondents.Keywords: Product Quality, Service Quality, Brand Image, Purchase Decision, Eiger
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PRICE EARNING RATIO SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Jiteng Andreas; Muchlis Mas’ud; Nasharuddin Mas
Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) Vol 2, No 1: WNCEB 2021
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.861 KB) | DOI: 10.31328/wnceb.v2i1.3143

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh  profitabilitas  dan leverage terhadap harga saham dengan price earning ratio (PER) sebagai variabel mediasi.   Penelitian ini di harapkan dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang manajemen keuangan mengenai efek perubahaan profitabilittas yang diprokikan dengan ROA dan leverage yang diproksikan dengan DAR terhadap harga saham dengan PER sebagai variabel mediasi. Pada penelitian ini walaupun tidak semua variabel berdampak terhadap harga saham, namun ada satu variael yang berpengaruh terhadap harga saham yaitu ROA, adapun variabel lainya tidak berdampak terhadap harga saham yaitu DAR dan PER. Penelitian dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan populasi 43 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria populasi, jumlah sampel yang memenuhi syarat adalah 28 bank, teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji sobel. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa: profitabilitas  berpengaruh  negatif tidak signifikan terhadap  price earning ratio (PER); leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap price earning ratio (PER); price earning ratio (PER) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham; profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhdap harga saham; leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap harga saham; price earning ratio (PER) tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap harga saham; price earning ratio (PER) tidak dapat memediasi pengaruh leveregae terhadap harga sahamKata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Harga Saham. AbstractThis study aims to find out and test the influence of profitability and leverage on share prices with a price earning ratio (PER) as a mediation variable.  The research was conducted on banking companies registered in IDX  with  a  population  of  43  companies.  The  sampling  technique  used  is  purposive  sampling.  Based  on population criteria, the number of eligible samples is 28 banks, the data analysis technique uses multiple linear regression analysis and sobel test. The results showed that:profitability had an insignificant negative effect on the price earning ratio (PER);leverage has a significant negative effect on the price earning ratio (PER); the price earning ratio (PER) has an insignificant positive effect on the share price; profitability has a significant positive effect on the share price;leverage has an insignificant negative effect on the share price; the price earning ratio(PER) cannot mediate the effect of profitability on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the influence of leveregae on the share price.Keywords: Profitability, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Share Price.

Page 1 of 14 | Total Record : 132