cover
Contact Name
Mas Fierna Janvierna Lusie Putri
Contact Email
fiernamas16@gmail.com
Phone
+6289629555512
Journal Mail Official
jurnalmahasiswakarakterbangsa@unpam.ac.id
Editorial Address
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 28095154     EISSN : 28295057     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal hasil penelitian Mahasiswa yang dihasilkan dari Skripsi Mahasiswa yang telah diujikan dihadapan dosen penguji. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Seoetember. Judul: Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB) Tagline: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa dalam Cabang Ilmu Pendidikan Topik: penelitian Penerbit: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan p-issn 2809-5154 e-issn 2809-5057 Jadwal Terbit 2 kali dalam satu tahun (Maret dan September) Bahasa: Indonesia dan Inggris Penerbit: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang Fokus dan ruang lingkup kajian: 1) pancasila dan kewarganegaraan; 2) pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; 3) hukum dan ketatanegaraan; 4) perundang-undangan dan kebijakan publik; dan 5) pendidikan dan pembelajaran
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021" : 12 Documents clear
PENERAPAN DISIPLIN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK SASMITA JAYA 2 PAMULANG Eka Nur Istiyati
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Penerapan Tata Tertib di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang (2) Untuk Mengetahui Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang (3) Untuk Mengetahui Apakah Disiplin Mematuhi Tata Tertib Sekolah Dapat Membentuk Karakter Siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, serta Teknik Analisis data menggunakan teknik tringulasi, pengecekan sejawat dan kecukupan referensi dengan subjek penelitian para Guru dan para Siswa/i di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang.Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah dalam kurikulum 2013,Selain menekankan kepada pembelajaran yang menarik, juga mengamanatkan tentang pendidikan karakter, Di era modern seperti sekarang karakter dikalangan generasi muda sudah mulai luntur,mulai dari etika, tutur kata maupun perbuatannya oleh karena itu pendidikan karakter di sekolah harus benar-benar diperhatikan untuk mencetak menjadi generasi muda yang berkarakter dan berakhlak mulia serta berguna bagi bangsa dan negara, dengan ini penulis mencoba meneliti penerapan disiplin tata tertib sekolah dalam pembentukan karakter siswa.Hasil penelitian menemukan bahwa disiplin mematuhi tata tertib bisa menjadi sarana pembentukan karakter siswa, karena tata tertib disekolah berfungsi untuk mendidik siswa agar disiplin, memiliki sikap yang baik, memiliki sopan santun yang baik,bertanggungjawab, taat terhadap aturan, dari pembiasaan baik yang dilakukan disekolah sehari-hari dapat membentuk karakter siswa.Kata Kunci : Disiplin, Tata Tertib Sekolah, Karaktek 
DINAMIKA DEMOKRASI ELEKTORAL (Studi tentang Sentimen Anti-Partai di era Reformasi Muhammad Diki
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan partai politik di suatu negara oleh banyak sebagai bentuk pengakuan hak-hak sipil dan politik, dan akibatnya keberadaan partai politik awal dalam proses warga egalitarianism politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, untuk melihat arti dari subjek memahami struktur, studi dokumentasi juga menempatkan inti wawancara mendalam sebagai pengumpulan data. Penguatan sentimen anti-partai kita dapat ditelusuri dari pemilu beberapa kali di era reformasi: 1999, 2004, dan 2009, dengan penurunan partisipasi pemilih, volatilitas pemilih dan identifikasi partai menurun, yang kemudian juga diperkuat oleh hasil survei yang dirilis oleh lembaga, menunjukkan implikasi dari sentimen anti-partai, baik reaktif atau budaya.
KENDALA ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 Nurul Hikmah
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis kendala orang tua pada pembelajaran online pandemi Covid-19 di Kampung Cibadak Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner kepada 75 orang tua siswa yang anaknya bersekolah di SMP/Mts dan SMA/SMK di Kampung Cibadak Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang.  Hasil penelitian menunjukkan adanya kekurangan interaksi dan komunikasi orangtua terhadap anak dan guru di sekolah yang membuat orang tua tidak memberikan solusi apabila anak sedang mendapat kesulitan saat belajar online. Tidak hanya itu, pada masa pandemi Covid-19 yang menggunakan media pembelajaran online sering terjadi kendala yang berpengaruh terhadap kelancaran pembelajaran yaitu keterbatasan waktu orang tua untuk mendampingi anaknya saat belajar, serta kendala orang tua untuk mendampingi anak belajar online dirumah yaitu kurangnya pemahaman materi orang tua, adanya kesulitan menumbuhkan motivasi belajar pada diri anak, terdapat orang tua yang kesulitan dalam menggunakan handphone dan kendala terkait jangkauan layanan internet yang kurang memadai. 
MASYARAKAT DAN HUKUM INTERNASIONAL Debora Tude
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hukum internasional tercipta karena adanya suatu masyarakat internasional, karena masyarakatlah yang menjadi dasar pembentukan hukum internasional. Masyarakat internasional dijadikan suatu landasan sosiologis dalam pembentukan hukum internasional. Masyarakat internasional terdiri dari sejumlah negara-negara di dunia yang sederajat dan merdeka yang mempunyai kepentingan-kepentingan untuk melakukan hubungan secara tetap dan terus-menerus. Hukum dijadikan dasar untuk mentertibkan dan mencipkatakan keamanan dalam melakukan hubungan-hubungan antar negara agar tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan.Kata Kunci: masyarakat dan hukum internasional
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PPKN. Saripudin Saripudin
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan sebuah model pembelajaran yang tepat dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang didapatkan oleh peserta didik dari seorang guru baik di dalam maupun di luar kelas pada sebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk dijadikan acuan dalam praktik siswa dalam melakukan interaksi sebagai warga dalam sebuah lembaga pendidikan, salah satunya dalam pembentukan sebuah karakter yakni adanya sikap kerjasama antar peserta didik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, menunjukan bahwa penggunaa model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran PPKn tersebut menjadi refleksi kehidupan peserta didik, terutama dalam pembentukan sebuah karakter yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan adanya sikap kerjasama . Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan berkenaan dengan model pembelajaran berbasis proyek yang mempengaruhi pemikiran, pengetahuan, dan pengaruh kepada siswa dalam sebuaj sikap kerjasama antar peserta didik dalam mepelajari pelajaran PPKn di dalam sebuah sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Metode Survei melalui sebuah observasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas VII SMPN 2 Kelapa Dua, Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket validasi. Sebelum digunakan, instrumen tersebut harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data pemahaman konsep dengan paired sample test.
RUANG LINGKUP ILMU POLITIK DAN NEGARA Ira Gamurti
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Politik pada dasarnya merupakan suatu fenomena yang berkaitan dengan manusia yang selalu hidup bermasyarakat. Pada kodratnya ia adalah makhluk sosial yang selalu hidup dinamis dan berkembang. Karena itulah politik selalu merupakan gejala yang mewujudkan diri manusia dalam rangka proses perkembangannya. Karena manusia adalah inti utama dari politik, maka apapun alasannya pengamatan atau telaah politik tidak begitu saja meninggalkan faktor manusia. kata negara atau sistem politik tidak ditemukan, tapi yang ada yaitu: bentuk susunan masyarakat, hal mana dapat diketahui sebagai ungkapan yang berkenaan dengan penguasaan, sifat dan struktur masyarakat yang dikehendaki. Secara umum dapat dikatakan bahwa politik ialah berbagai kegiatan dalam suatu sistem politik atau negara yang menyangkut proses penentuan tujuan dari sistem itu, dan bagaimana melaksanakan tujuan-tujuannya. Ruang lingkup Politik dan negara secara ringkas adalah segala sesuatu yang bersangkutan dengan kekuasaan, pemerintahan, proses memerintah dan bentuk organisasi pemerintahan, lembaga/institusi, tujuan negara atau pemerintahannya.Kata-kata kunci: Ruang Lingkup Politik 1; pemerintahan 2; Tujuan Negara 3
UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA UNTUK MENCEGAH AKSI TAWURAN ANTAR SEKOLAH (Studi kasus Di SMA PGRI 56 Ciputat) Kevin Arlen Arlen Putra Pratama
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tawuran sering dilakukan sekelompok remaja, terutama oleh para pelajar sekolah yang sering terjadi.Tentu saja perilaku buruk ini tidak hanya merugikan orang yang terlibat dalam tawuran, akan tetapi merugikan orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran untuk mencegah aksi tawuran antar sekolah di SMA PGRI 56 Ciputat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, yang mengacu pada perspektif teoritis. Adapun subjek penelitian ini adalah 2 Guru dan 5 peserta didik di SMA PGRI 56 Ciputat. Berdasarkan hasil penelitian tentang Upaya guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran siswa untuk mencegah aksi tawuran antar sekolah di SMA PGRI 56 Ciputat dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan beserta pihak sekolah bekerjasama untuk membentuk perilaku peserta didik dengan cara memberikan pesan moral pada saat penyampaian materi dikelas, memberikan arahan dan bimbingan mengenai pengetahuan tentang bahaya aksi tawuran serta dampaknya. Adapun kendala yang dihadapi guru PPKn yaitu keterbatasan pengawasan guru pada saat peserta didik sudah berada diluar lingkungan sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan Guru PPKn di SMA PGRI 56 Ciputat sudah menjalankan peran dan tugasnya dengan baik, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan dan hasil yang dicapai selama ini dalam mengurangi aksi tawuran antar sekolah.Kata kunci : Upaya Guru, Menumbuhkan Kesadaran, Aksi Tawuran ABSTRACKBr
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA DUA MEI CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN Mukti Atun Sariah
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Blended Learning terhadap minat belajar peserta didik kelas X SMA Dua Mei Ciputat yang beralamat di Jl. Pesona Gintung No.135, Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten. Populasi target dalam penelitian ini adalah 250 peserta didik, sedangkan populasi terjangkaunya sebanyak 93 peserta didik, sehingga sampel penelitian ini adalah 75 peserta didik. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah peneliti paparkan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  di SMA Dua Mei Ciputat Kota Tanggerang Selatan dapat disimpulkan bahwa uji Linieritas Regresi X atas Y, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena Fhitung<Ftabel, yaitu : Fhitung = 1,37<Ftabel = 0,01. Sehingga  regresi X terhadap Y signifikan. Hasil pengujian tingkat keberhasilan pengaruh X terhadap Y, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa X memiliki pengaruh terhadap Y karena thitung> ttabel (N-k = 75-35= 40 α =0,05 yaitu 0,3044) yang berarti thitung = 62,24 > ttabel = 0,30. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil pengujian koefisiensi korelasi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel X terhadap terhadap variabel Y karena rxy > rtabelproduct moment dengan derajat bebas (N-2/75-2=73 α = 0,2272 adalah 0,23) jadi rxy = 1,77 > rtabel =0,23. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data thitung = 62,24dan ttabel = 0,30 dengan kriteria pengujian Jika thitung< ttabel maka H0 diterima dan H1 ditolak dan jika thitung ≥ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Minat Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
PEMAHAMAN MATERI KETAHANAN NASIONAL TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS X DI SMA PGRI 56 CIPUTAT Hanifah Yusuf
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap siswa masih kurang memahami materi tentang ketahanan nasional sehingga siswa menjadi kurang paham dengan maksimal dalam belajar. Adapun tujuan dari materi ini agar dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa dan karakter yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan Untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Materi Ketahanan Nasional terhadap Karakter Disiplin Siswa kelas X di SMA PGRI 56 Ciputat. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif yang populasinya ialah  seluruh siswa SMA PGRI 56 Ciputat yang berjumlah 247 peserta didik dan populasi terjangkaunya yaitu peserta didik kelas X yang berjumlah 81 dengan 68 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel.Penelitian dengan menggunakan uji t yang telah dilakukan menunjukkan data thitung = 12,04 dan ttabel = 0,26 dengan kriteria pengujian Jika thitung< ttabel maka H0 diterima dan H1 ditolak dan jika thitung ≥ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung> ttabel hal ini berarti Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Pemahaman Materi Ketahanan Nasional terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas X di SMA PGRI 56 Ciputat Kata kunci : Pemahaman Materi Ketahanan Nasional, Karakter Disiplin Siswa 
PENGARUH KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di SMA IT AL- HUSAINY) M Sukron Makmun Sukron Makmun
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Arus modernisasi telah banyak memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat yang menyedihkan, perubahan terjadi justru cenderung mengarah kepada kerisis moral dan akhlak. Hal ini tantangan untuk seorang guru masa kini dan masa yang akan datang. Membangun karakter peserta didik bisa melalui lembaga formal yaitu melalui sekolah di mulai dari SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA yang didalamnya terdapat struktur organisasi, didalam organisasi siswa tersebut terdapat kegiatan-kegiatan  yang mana kegiatan itu berupa ( Osis, Pramuka Rohis dan  lain-lain ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Rohani Islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA SMA IT AL-Husainy. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini berjumlah 61 peserta didik. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument validasi dan instrument angket peserta didik. setelah itu, dilakukan uji normalitas, uji regresi, dan uji hipotesis penelitian.Hasil penelitiannya adalah Berdasarkan hasil pengujian koefisien Korelasi diketahui rxy > rtabel product moment dengan derajat bebas (N-2/61-2=59 α = 0,05 adalah 0,252) jadi rxy = 0,99 > rtabel = 0,252. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian koefisien korelasi pengujian Thitung dan uji signifikansi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kegiatan Rohani islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA IT AL-Husainy. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi tentang Kegiatan Rohani islam (ROHIS)Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA IT AL-Husainy. memberikan kontribusi sebesar 98%.

Page 1 of 2 | Total Record : 12