cover
Contact Name
Mas Fierna Janvierna Lusie Putri
Contact Email
fiernamas16@gmail.com
Phone
+6289629555512
Journal Mail Official
jurnalmahasiswakarakterbangsa@unpam.ac.id
Editorial Address
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 28095154     EISSN : 28295057     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal hasil penelitian Mahasiswa yang dihasilkan dari Skripsi Mahasiswa yang telah diujikan dihadapan dosen penguji. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Seoetember. Judul: Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB) Tagline: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa dalam Cabang Ilmu Pendidikan Topik: penelitian Penerbit: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan p-issn 2809-5154 e-issn 2809-5057 Jadwal Terbit 2 kali dalam satu tahun (Maret dan September) Bahasa: Indonesia dan Inggris Penerbit: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang Fokus dan ruang lingkup kajian: 1) pancasila dan kewarganegaraan; 2) pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; 3) hukum dan ketatanegaraan; 4) perundang-undangan dan kebijakan publik; dan 5) pendidikan dan pembelajaran
Articles 96 Documents
PENGARUH KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di SMA IT AL- HUSAINY) M Sukron Makmun Sukron Makmun
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.165 KB)

Abstract

Arus modernisasi telah banyak memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat yang menyedihkan, perubahan terjadi justru cenderung mengarah kepada kerisis moral dan akhlak. Hal ini tantangan untuk seorang guru masa kini dan masa yang akan datang. Membangun karakter peserta didik bisa melalui lembaga formal yaitu melalui sekolah di mulai dari SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA yang didalamnya terdapat struktur organisasi, didalam organisasi siswa tersebut terdapat kegiatan-kegiatan  yang mana kegiatan itu berupa ( Osis, Pramuka Rohis dan  lain-lain ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Rohani Islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA SMA IT AL-Husainy. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini berjumlah 61 peserta didik. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument validasi dan instrument angket peserta didik. setelah itu, dilakukan uji normalitas, uji regresi, dan uji hipotesis penelitian.Hasil penelitiannya adalah Berdasarkan hasil pengujian koefisien Korelasi diketahui rxy > rtabel product moment dengan derajat bebas (N-2/61-2=59 α = 0,05 adalah 0,252) jadi rxy = 0,99 > rtabel = 0,252. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian koefisien korelasi pengujian Thitung dan uji signifikansi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kegiatan Rohani islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA IT AL-Husainy. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi tentang Kegiatan Rohani islam (ROHIS)Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA IT AL-Husainy. memberikan kontribusi sebesar 98%.
TELAAH KURIKULUM 2013 DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI Lulu Nabilah; Mefani Dwitarastya; Nabella Amandha; Suci Indah Alviani
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa JMKB Vo.2 No.1 Maret Tahun 2022
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.268 KB)

Abstract

Kurikulum merupakan hal yang paling utama dalam proses pendidikan, di mana kurikulum digunakan sebagai acuan bagi pendidik dan murid dalam melaksanakan pembelajaran. Kurikulum pendidikan harus mengikuti situasi dan kondisi, seperti saat di masa pandemi ini, kegiatan pendidikan terbatas, sehingga mengharuskan guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam proses kegiatan pembelajaran. Maka dari itu dalam hal ini kita perlu menelaah kurikulum 2013 dalam sistem pembelajaran di masa pandemi ini. Melalui tulisan ini, kami ingin mengetahui bagaimana sistem pembelajaran dalam Kurikulum 2013 bekerja di masa pandemi dan tantangan serta solusi penerapan kurikulum di masa pandemi.  Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu kami ingin mengkaji permasalahan pembelajaran dalam menghadapi situasi pandemi seperti sekarang ini. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode kualitatif, di mana metode ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari mengkaji buku, artikel, undang-undang yang dikumpulkan. Hasil yang didapatkan yaitu kegiatan pembelajaran menjadi terganggu akibat pandemi ini, namun pembelajaran harus tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi atau aplikasi pembelajaran jarak jauh. Kurukulum 2013 tetap bisa berjalan dengan baik dengan sistem pembelajaran daring, meski ada beberapa kekurangan dan kelebihan, namun Kurukulum 2013 ini dapat mengikuti perkembangan zaman.Kata-kata kunci: kurikulum 2013; pembelajaran; pandemi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Amalina Septiana
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.632 KB)

Abstract

Amalina Septiana, 2016150228. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2020. Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Model pembelajaran open ended adalah salah satu model pembelajarana berbasis masalah, dimana model pembelajarana open ended ini diperlukan siswa yang aktif dan kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan yanga ada. Dalam menyelesaikan masalah tersebut model pembelajaran open ended ini membebaskan perserta didik untuk mencari jawaban dengan berbagai cara yang dianggap dapat memecahkan permasalahan yang ada. Dalam mata pelajaran PPKn hal tersebut diperlukan karena dalam mata pelajaran ini peserta didik diharuskan untuk menganalisis setiap peristiwa agar peserta didik lebih aktif dan kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Dimana populasi berjumlah 186 sedangkan populasi target 80. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan rumus solvin, kemudian diperoleh angka 67 sampel. Instrument yang penulis gunakan berupa soal dan angket. Pada instrument dilakuakn pengujian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Chi Kuadrat dan Uji Homogenitas Uji Bartlett, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian ini diperoleh hasil uji signifikan nilai Fhitung 2,581 > Ftabel 0,015 dan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran open ended Thitung -12,38 > Ttabel -1,65. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran open ended memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.  
Sistem Hukum Perkawinan di Indonesia Menurut Persepektif Hukum Perdata Sri Wahyuni; Rufiatul Amaliyah; Farhah Hafifah Septiani; Cipta Cipta
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.32 KB)

Abstract

Dasar kehidupan mansuia sebagai makhluk sosial memang sudah mutlak tuhan ciptkan dari manusia itu dilahirkan ke dunia. Kehidupan manusia sebagai makhluk sosial mendorong manusia untuk memilih teman hidupnya yang dipersatukan dengan ikatan perkawinan. Di dalam kepercayaan atau agama, tidak pernah lepas dari ketentuan pernikahan yang diberlakukan oleh para pengikutnya agar dapat menyesuaikan keputusan tersebut. Meski pun demikian, Negara juga memiliki peran untuk melindungi masyarakatnya dalam menjalani kehidupan. Perlindungan tersebut, Indonesia ciptakan melalui ketentuan sistem Hukum Perkawinan yang mengatur segala ketentuan dalam menjalani proses perkawinan di Indonesia. Atasa dasar hal tersebut, maka sudah sepatutnya masyarakat Indonesia dapat memahami dan mengikuti segala prosedur yang ada di dalam ketentuan hukum yang berlaku. Adanya hukum dapat mejalin hubungan manusia dalam menjalani kehidupan lebih terjamin, dan terjaga oleh negara yang menaunginya.Kata-kata kunci: Manusia 1; Perkawinan 2; Hukum 3
SISTEM POLITIK DAN PEMERINTAHAN INDONESIA SETELAH REFORMASI Febie DY Saiful M
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.786 KB)

Abstract

Sejak kemerdekaan, sistem politik dan pemerintahan Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan. Dalam rangka mencari bentuk-bentuk politik yang sesuai dengan kondisi Indonesia dan untuk mewujudkan pemerintahan yang stabil, demokratis, dan menciptakan masyarakat yang sejahtera. Pada masa “Orde Lama” (1945-1959), terdapat sistem politik dan pemerintahan yang demokratis tetapi pada saat yang sama pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat diabaikan. Setelah upaya kudeta pada 1 Oktober 1965, di mana militer mengambil alih kekuasaan, mereka mengarahkan sistem politik dan pemerintahan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi dan kemakmuran. Pada masa itu terbentuk sistem politik dan pemerintahan yang stabil tetapi tidak demokratis dan timbul penyalahgunaan kekuasaan. Pengalaman masa lalu yang sangat keduanya, berantakan di satu sisi dan cukup di sisi lain mencoba direkonstruksi oleh sistem presidensial dan parlementer campuran. Nyatanya eksperimen itu menciptakan pemerintahan dan kohabitasi yang terbagi. Disadari bahwa rekonstruksi infrastruktur politik seperti masyarakat dan partai politik merupakan kunci pembangunan politik dan pemerintahan.Kata Kunci : Politik, kemerdekaan
MEMPERTAHANKAN IDENTITAS BANGSA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR Esa Nugraha; Muhammad Kamal; Okta Marina; Pogaria Simanullang; Sintia Nurfajriah
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa JMKB Vo.2 No.1 Maret Tahun 2022
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.857 KB)

Abstract

Bahasa indonesia merupakan identitas penting bagi jati diri bangsa (Arifin, 2015). indonesia itu sendiri, karena penggunaan bahsa indonesia di setiap daerah-daerah tertentu sudah mulai luntur dan sudah mulai terkikis dengn seiring perkembangan jaman.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, metode penelitian ini lebih memfokuskan pada data-data kualitatif berisi informasi yang menggambarkan suatu keadaan yang sedang terjadi saat ini. Peran guru sebagai pendidik tentunya harus dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya menjadi jembatan penghubung antara orang tua dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran, sebagai pendidik atau guru juga sebagai salah satu yang memiliki peran penting dalam menjaga bahasa indonesai sebagai identitas bangsa melauli pembelajaran di kelas (Rahmawati, Salma, & Sari, 2022) Bahasa Indonesia adalah jati diri yang dimiliki oleh suatu bangsa. Bahsa Indonesia itu sudah disebut sebagai Bahasa persatuan yang di tanamkan dalam dunia pendidikan di Indonesia.Kata kunci: PKn, peran, Bahasa Indonesia. 
Dampak Video Teks Penjelasan Terhadap Hasil Belajar Rena Gustyani
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.019 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa menggunakan media video teks penjelasan dengan media film dokumenter. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode penelitian Eksperimen. Unit analisis adalah sekolah MA TEI Multazam Rumpin Bogor. Hasil menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran video teks penjelasan sama dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dokumenter. Tidak terbukti terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada kelas Eksperimen menggunakan media video teks penjelasan dan kelas Kontrol menggunakan media film dokumenter. Hal ini menunjukan penggunaan media pembelajaran video teks penjelaan terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan nilai rata-rata 75.25 sedangkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang menggunakan media pembelajaran media film documenter memperoleh rata-rata75.75 maka dapat dilihat bahwa penggunaaan media pembelajaran video teks penjelasan dengan media pembelajaran film documenter tidak terdapat perbedaan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari data test hasil belajar diperoleh (Sig. =0.941 > 0.050).Kata kunci : Media Pembelajaran Video Teks Penjelasan, Hasil Belajar 
RENDAHNYA PARTISIPASI POLITIK PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM Irma Irma
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.526 KB)

Abstract

Pemilu di Indoneisa merupakan suatu wujud nyata dari demokrasi dan menjadi sarana bagi rakyat dalam menyatakan kedaulatannya terhadap negara dan pemerintah. pemilu berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pemilu diselenggarakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Partisipasi politik dalam negara demokrasi merupakan indikator implementasi penyelenggaraan kekuasaaan negara tertinggi yang absah oleh rakyat (kedaulatan rakyat), yang dimanifestasikan keterlibatan mereka dalam pesta demokrasi (Pemilu). Pemilihan umum dapat dikatakan sebagai salah satu sarana demokrasi dan bentuk perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang aspiratif, berkualitas, serta bertanggung jawab untuk mensejahterakan rakyat. Suatu kategori kelompok pemilih yang sangat menarik untuk diamati dan diteliti lebih jauh adalah pemilih pemula. Pemilih Pemula adalah pemilih-pemilih yang baru pertama kali akan memberikan suaranya dalam Pemilu. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilu, faktor-faktor pendukung partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilu serta faktor-faktor penghambat partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilu. Metode penulisan yang digunakan dalam paper jurnal ini adalah studi kepustakaan dengan didukung oleh hasil penelitian yang relevan. Diharapkan Pemilih pemula lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan politik dengan cara membagi waktu antara belajar dan mengikuti kegiatan politik.Kata Kunci: partisipasi politik, masyarakat, pemilu legislatif
PENERAPAN DISIPLIN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK SASMITA JAYA 2 PAMULANG Eka Nur Istiyati
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.741 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Penerapan Tata Tertib di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang (2) Untuk Mengetahui Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang (3) Untuk Mengetahui Apakah Disiplin Mematuhi Tata Tertib Sekolah Dapat Membentuk Karakter Siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, serta Teknik Analisis data menggunakan teknik tringulasi, pengecekan sejawat dan kecukupan referensi dengan subjek penelitian para Guru dan para Siswa/i di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang.Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah dalam kurikulum 2013,Selain menekankan kepada pembelajaran yang menarik, juga mengamanatkan tentang pendidikan karakter, Di era modern seperti sekarang karakter dikalangan generasi muda sudah mulai luntur,mulai dari etika, tutur kata maupun perbuatannya oleh karena itu pendidikan karakter di sekolah harus benar-benar diperhatikan untuk mencetak menjadi generasi muda yang berkarakter dan berakhlak mulia serta berguna bagi bangsa dan negara, dengan ini penulis mencoba meneliti penerapan disiplin tata tertib sekolah dalam pembentukan karakter siswa.Hasil penelitian menemukan bahwa disiplin mematuhi tata tertib bisa menjadi sarana pembentukan karakter siswa, karena tata tertib disekolah berfungsi untuk mendidik siswa agar disiplin, memiliki sikap yang baik, memiliki sopan santun yang baik,bertanggungjawab, taat terhadap aturan, dari pembiasaan baik yang dilakukan disekolah sehari-hari dapat membentuk karakter siswa.Kata Kunci : Disiplin, Tata Tertib Sekolah, Karaktek 
KEDUDUKAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEPANJANG PANDEMI CORONA VIRUS Nurul Afifah; Afriani Afriani; An Nisa Wahyu Ningsih; Indriani Rahmadini; Dai Nur Ramadhan
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa JMKB Vo.2 No.1 Maret Tahun 2022
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.268 KB)

Abstract

Harian ini terbuat buat menganalisis kedudukan orang tua dalam pengelolaan pendidikan online. Postingan ini ditulis bersumber pada informasi yang diperoleh dari wawancara dengan orang tua serta guru kelas. Pengamatan pula dicoba dengan mendatangi rumah tersebut. Dalam postingan ini, epidemi Covid 19 menampilkan kalau proses belajar online berlangsung di rumah bersama orang tua. Pendidikan sangat membingungkan serta kedudukan wali sangat mempengaruhi. SD, pasti saja, masih belum ketahui apa yang terjalin. Saat ini, seluruh pendidikan cuma dicoba dari jarak jauh, sehingga siswa cuma dapat menjajaki instruksi orang tuanya. Pendidikan jarak jauh semacam itu bisa jadi tidak sangat efisien buat siswa sekolah bawah, sehingga orang tua memerlukan dorongan buat melakukan pendidikan tiap hari. Postingan ini ditulis dengan memakai tata cara kualitatif dengan memakai tata cara pengumpulan informasi dari wawancara dengan orang tua siswa Kata kunci: kedudukan, orang tua, pendidikan, online.

Page 1 of 10 | Total Record : 96