cover
Contact Name
Imam Faisal Hamzah
Contact Email
jurnalpsychoidea@ump.ac.id
Phone
+6281326678470
Journal Mail Official
jurnalpsychoidea@ump.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi - Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. KH Ahmad Dahlan, PO Box 202 Purwokerto 53182
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Psycho Idea
ISSN : 16931076     EISSN : 26543516     DOI : 10.30595/PSYCHOIDEA
Psycho Idea merupakan Jurnal ilmiah yang diperuntukkan bagi akademisi, praktisi, profesional, mahasiswa, maupun kalangan masyarakat lainnya di bidang : - Psikologi Klinis - Psikologi Pendidikan - Psikologi Perkembangan - Psikologi Sosial - Psikologi Industri dan Organisasi dalam konteks kearifan lokal yang bisa diimplementasikan untuk pemberdayaan individu dan masyarakat.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2017): PSYCHO IDEA" : 5 Documents clear
Apakah Calon Pendidik Melakukan Ketidakjujuran Saat Ujian Mid Semester? Herdian Herdian
Psycho Idea Vol 15, No 1 (2017): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1556.065 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v15i1.2237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk ketidakjujuran akademik pada calon pendidik PAUD saat mengerjakan ujian MID semester. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 42 mahasiswa semester 3, 5, dan 7 pada program studi PG PAUD di Universitas X di Purwokerto.Alat pengumpulan data menggunakankuesioner Vignetteyang digunakan merupakan adaptasi dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Lestari dan Asyanti (2015.Analisis data menggunakan content analysis.Hasil penelitian membuktikan bahwa bentuk perilaku tidakjujur terbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat kesulitan mengerjakan ujian mid semester yaitu bertanya/ meminta jawaban dan mencontek..Tujuan pada situasi kesulitan mengerjakan yaitu agar dapat menyelesaikan, terpancing untuk mengingat materi, sulit mengerjakan, nilai baik, dan menjabarkan jawaban.Sedangkan bentuk perilaku tidakjujur saat melihat teman-teman mencontek didominasi oleh hasil ikut teman mencontek, selebihnya bertanya pada teman, dan browsing internet. Tujuan pada situasi melihat teman mencontek yaitu agar soal terjawab semua, dapat menyelesaikan soal, agar adil (ikut teman mencontek), bertanya pada teman terkadang salah (membuka catatan), nilai bagus, dan dapat jawaban yang berbeda.Kata Kunci :Calon pendidik, Kejujuran, Ketidakjujuran akademik
Efektivitas Penggunaan Teknik Token Ekonomi Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi FKIK Universitas Jambi Khuzaimah Khuzaimah
Psycho Idea Vol 15, No 1 (2017): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1902.479 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v15i1.2238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik token ekonomi terhadap perilaku prokrastinasi mahasiswa Program Studi Psikologi FKIK Universitas Jambi.Penelitian menggunakan metode eksperimental-kuasi dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di Prodi Psikologi FKIK Universitas Jambi, dengan jumlah subjek sebanyak 46 mahasiswa.Penelitian menggunakan skala perilaku prokrastinasi akademik.Uji validitas data menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik koefisien alpha berstrarta. Hasil try out alat ukur menunjukkan bahwa skala perilaku prokrastinasi akademik memiliki skor validitas yang bergerak dari 0,284 sampai 0,782 dengan 30 butir soal pernyataan yang valid dengan nilai reliabilitas 0,82. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik paired data t-test.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan token ekonomi dengan nilai sig. 0,047.. Perbedaan signifikan 0,007 berupa penurunan perilaku prokrastinasi akademik maladaptif mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan token ekonomi, dan terdapat pengurangan mean sebesar 2,58. Tidak ditemukan perbedaan perilaku prokrastinasi adaptif dan nonprokrastinator pada mahasiswa. Perbedaan perilaku ditunjukkan lebih signifikan pada prokrastinasi maladaptif dengan signifikan 5% p=0,007 (p<0,05). Penurunan ini dikarenakan adanya nilai sebagai reward yang dihasilkan jika mengumpulkan tugas tepat waktu dan mendapatkan token. Kata Kunci: Mahasiswa, Prokrastinasi Akademik, Token Ekonomi
Dinamika Kenakalan Remaja pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Erie Khutbawanti; Yoan Tricylia Dewi; Eko Taris Wicaksono
Psycho Idea Vol 15, No 1 (2017): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1523.166 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v15i1.2239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika kenakalan remaja dan apa saja faktor yang mempengaruhi munculnya kenakalan remaja pada siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Informan dari penelitian ini dipilih secara purposive sampling.Jumlah dari informan adalah 4 orang yaitu 3 orang santri putra dan 1 orang pengurus pondok sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dinamika kenakalan remaja pada siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen muncul dalam empat aspek, yaitu: (a) orientasi, (b) emosi, (c) interaksi sosial, dan (d) aktivitas. Temuan yang menarik dari penelitian ini adalah dua faktor utama yang menyebabkan munculnya perilaku kenakalan remaja pada siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen yaitu waktu dan pengawasan.Kata Kunci :Faktor penyebab, Kenakalan remaja, Siswa sekolah berbasis Islam
Work-Family Conflict dengan Disiplin Kerja Anggota Polri Distrik Wanadadi Polres Banjarnegara Faozi Jafar; Retno Dwiyanti; Pambudi Rahardjo
Psycho Idea Vol 15, No 1 (2017): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.145 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v15i1.2233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan work-family conflict dengan disiplin kerja anggota Polri Distrik Wanadadi Polres Banjarnegara.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Polri di Distrik Wanadadi Polres Banjarnegara yang meliputi wilayah kerja Polsek Banjarmangu, Wanadadi, Punggelan dan Polsek Rakit sebanyak 67 orang dan seluruhnya menjadi sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan skala work-family conflict dan skala disiplin kerja. Hasil uji validitas skala work-family conflict bergerak dari 0,124 sampai dengan 0,665 dengan taraf signifikansi 5% ( 0,05) atau interval kepercayaan 95% dan n = 30, maka diperoleh nilai 0,361. Hasil uji validitas skala disiplin kerja bergerak dari -0,202 sampai dengan 0,760 dengan taraf signifikansi 5% ( 0,05) atau interval kepercayaan 95% dan n = 30, maka diperoleh nilai 0,361. Hasil uji validitas skala work-family conflict diketahui dari 50 aitem pertanyaan, terdapat 10 aitem yang tidak valid.Hasil uji validitas skala disiplin kerja diketahui dari 70 aitem pertanyaan, terdapat 14 aitem yang tidak valid.Item pernyataan yang tidak valid dibuang sehingga tidak diikutkan untuk mengambil data penelitian. Hasil uji reliabilitas skala work-family conflictsebesar 0,9381 dan untuk skala disiplin kerja sebesar 0,9482, yang berarti skala work-family conflict dan disiplin kerja reliabel.Hasil uji hipotesis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai r hitung sebesar -0,485 dengan nilai p =0,00 yang lebih kecil dari  = 0,05, artinya terdapat hubungan work-family conflict dengan disiplin kerja anggota Polri Distrik Wanadadi Polres Banjarnegara. Kata Kunci : Anggota polri, Disiplin kerja, Work-family conflict
Uji Validitas Konstrak Tes Minat Indonesia Melalui Aspek Minat Psikis Jelpa Periantalo
Psycho Idea Vol 15, No 1 (2017): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.9 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v15i1.2234

Abstract

Tes Minat Indonesia (TMI) berbasis budaya Indonesia yang didasarkan atas minat program studi di perguruan tinggi.Penelitian sebelumnya memberikan dukungan validitas konstrak melalui kelompok minat ilmu kesehatan.Penelitian bertujuan melakukan uji validasi konstrak melalui kelompok minat psikis. Minat Psikis terdiri dari minat Psikologi, Teologi, Filsafat, Komunikasi, Manajemen, Anak Usia Dini dan Anak Berkebutuhan Khusus. Validitas konstrak didapat melalui uji teknik konvergen, divergen, diskriminan dan kelompok.Subjek penelitian berasal dari siswa SMP, SMA, mahasiswa maupun umum. Validitas konvergen adanya hubungan positif minat bidang psikis dengan minat Ilmu Sosial Humaniora (rxy 0,453, p=0,000, N=388). Validitas divergen adanya hubungan negatif minat bidang psikis dengan minat Sains dan Teknologi (rxy=0,450, p=0,000, N=388). Validitas diskriminan tidak ada hubungan minat bidang psikis dengan TPA (rxy=-0,032, p=0,747, N=102). Validitas kelompok ditunjukkan mahasiswa ilmu psikis memiliki minat (M=9,33; N=76) lebih tinggi dari mahasiswa ilmu kesehatan (M=6,13; N=113) dengan nilai t=3,968; p=0,000. TMI dapat digunakan untuk mendiagnosis gambaran minat seseorang untuk pengembangan diri, peminatan SMA maupun penjurusan kuliah.Penelitian berikutnya untuk uji validitas kriteria dengan prestasi belajar, kepuasan belajar serta lama studi. Kata kunci : Diskriminan, Divergen, Konstrak, Konvergen, Minat, Validitas

Page 1 of 1 | Total Record : 5