cover
Contact Name
Imam Faisal Hamzah
Contact Email
jurnalpsychoidea@ump.ac.id
Phone
+6281326678470
Journal Mail Official
jurnalpsychoidea@ump.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi - Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. KH Ahmad Dahlan, PO Box 202 Purwokerto 53182
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Psycho Idea
ISSN : 16931076     EISSN : 26543516     DOI : 10.30595/PSYCHOIDEA
Psycho Idea merupakan Jurnal ilmiah yang diperuntukkan bagi akademisi, praktisi, profesional, mahasiswa, maupun kalangan masyarakat lainnya di bidang : - Psikologi Klinis - Psikologi Pendidikan - Psikologi Perkembangan - Psikologi Sosial - Psikologi Industri dan Organisasi dalam konteks kearifan lokal yang bisa diimplementasikan untuk pemberdayaan individu dan masyarakat.
Articles 222 Documents
KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Kurnia Destri V.H; Nur'aeni Nur'aeni
Psycho Idea Vol 9, No 1 (2011): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.866 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v9i1.241

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas pada siswa Sekolah Dasar yang mengalami kesulitan belajar membaca di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Subjek penelitian adalah siswa SD yang mengalami kesulitan belajar membaca di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu tes kreativitas figural yang terdiri dari beberapa aspek yakni, aspek kelancaran ide, keluwesan ide, originalitas, dan elaborasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi tentang kreativitas figural pada siswa SD yang mengalami kesulitan belajar membaca di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Siswa dengan kategori kreatifitas tinggi sebesar 0%, kategori cukup tinggi sebesar 0%, kategori sedang sebesar 0%, kategori agak rendah sebesar 95,3%, sedangkan subjek yang memiliki kreativitas figural dengan kategori rendah sebesar 4,7%. Kata Kunci: Kreativitas Figural, Kesulitan Belajar membaca
Kepercayaan Diri Ditinjau dari Dukungan Sosial pada Penyandang Tuna Netra Hirmar Waki Omnihara; Winida Marpaung; Rina Mirza
Psycho Idea Vol 17, No 2 (2019): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.332 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v17i2.4175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kepercayaan diri. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyandang tuna netra di Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Sumatera Utara sebanyak 150 orang yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Analisa Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan r = 0.598, dan p = 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan kepercayaan diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan (R2) yang diberikan variabel dukungan sosial terhadap  kepercayaan diri adalah sebesar 35.7 persen, selebihnya 64.3 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial dan kepercayaan diri, dengan asumsi semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi kepercayaan diri dan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah kepercayaan diri.
STUDI DESKRIPTIF TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PADA KANAK-KANAK PENYANDANG THALASSEMIA DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS Titik Minggarwati; Suwarti Suwarti
Psycho Idea Vol 12, No 1 (2014): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.385 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v12i1.522

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat motivasi belajar pada kanak-kanak penyandang thalassemia mayor di wilayah Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18 % anak penyandang thalassemia memiliki motivasi belajar tinggi, yaitu jika anak tersebut mampu mendapatkan pelajaran di sekolah dan berprestasi, 66 % memiliki motivasi belajar sedang, yaitu anak tersebut terkadang mampu mengikuti pelajaran d isekolah dan kadang mampu berprestasi, dan 16 % memiliki motivasi belajar rendah, ialah jika anak tersebut tidak mendapatkan pelajaran yang kurang sesuai di sekolahnya dan tidak berprestasi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Penyandang Thalassemia
ANALISIS DYADIC RELATIONSHIP MAINTENANCE BEHAVIOR PADA PASANGAN YANG MENJALANI HUBUNGAN PERNIKAHAN JARAK JAUH Galih Khumaeni Elbaliem; Tiara Ratih Widiastuti; Eka Riyanti Purboningsih
Psycho Idea Vol 18, No 2 (2020): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.144 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v18i2.7340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui noninependensi relationship maintenance behavior pada pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh. Partisipan terdiri dari 52 pasangan. Data diambil dengan teknik snowball sampling. Relationship maintenance behavior diukur dengan skala Relational Maintenance Behavior Measure (RMBM) dari Stafford (2011). Teknik analisis yang digunakan adalah dyadic analysis. Hasil analisis menunjukkan adanya nonindependensi relationship maintenance behavior pada pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh. Dengan demikian, dapat disimpulkan adanya saling ketergantungan dan kesamaan perilaku relationship maintenance behavior pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. 
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN TUBERCULOSIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SURAKARTA Yunia Annisa; Mustika Ratnaningsih Purbowati
Psycho Idea Vol 13, No 1 (2015): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.695 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v13i1.1581

Abstract

Indonesia sekarang ini berada pada ranking kelima negara dengan beban penyakit tuberkulosisi (TB) tertinggi di dunia. Estimasi prevalensi TB semua kasus adalah sebesar 660.000 dan estimasi insidensi berjumlah 430.000 kasus baru per tahun. Setiap keluarga di Indonesia dimana salah satu anggotanya mengidap TB diharapkan mampu memiliki kemandirian dalam mengatasi penyakit yang diderita keluarganya. Dari alasan ini, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemandirian keluarga dalam merawatan pasien TB. Desain rancangan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttest. Dalam penelitian ini dilakukan uji validitas dengan menggunakan analisis item. Uji Reliabilitas dipergunakan untuk menguji konsistensi jawaban 70 responden. Dalam penelitian ini uji reabilitas pada kuesioner kemandirian dengan menggunakan rumus KR-20, kemudian diolah dengan bantuan program komputer SPSS 16 for windows. Adapun instrument dikatakan reliabel jika nilai r pada hasil perhitungan KR-20 lebih besar dari 0,6 . Penelitian menunjukkan bahwa kemandirian keluarga responden setelah diberi penyuluhan pada kategori mandiri sebanyak 64 orang (91,4%), dan kemandirian keluarga responden setelah diberi penyuluhan pada kategori tidak mandiri sebanyak 6 orang (8,6%). Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa pengetahuan responden sebelum diberi penyuluhan mempunyai nilai mean: 10,13 standard deviasi: 2,401 dan setelah diberi penyuluhan mempunyai nilai mean: 12,54 standard deviasi: 2,145. Dari hasil uji statistik menggunakan t-test, diketahui bahwa pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemandirian didapatkan nilai p = 0,000 (p
Stres Kerja Pada Guru Selama Pandemic Covid-19 Akhmad Fauzan; Herdian Herdian; Totok Haryanto
Psycho Idea Vol 20, No 1 (2022): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.992 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v20i1.12764

Abstract

Pandemi COVID-19 masih dirasakan dampaknya hingga saat ini. Penelitian sebelumnya banyak melaporkan bahwa stres menjadi dampak yang umum terjadi. Lebih spesifik, Stres  kerja terjadi pada guru karena perubahan pada sistem pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana stres kerja guru selama pandemi COVID-19. Partisipan  dalam penelitian ini yaitu 98 guru yang bekerja dalam sistem pembelajaran online. pengumpulan data menggunakan google form karena saat penelitian dilakukan, pemberlakuan  physical distancing masih diberlakukan di Indonesia. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala stres kerja dengan analisis data dekriptif kategorisasi dan crosstab. Hasil penelitian menunjukan bahwa stres kerja guru selama pandemi COVID-19 didominasi kategori sedang dan tinggi. Hasil tabulasi data menemukan perbedaan terkait kategori pada data demografi jenis kelamin. Selain itu ditemukan pula perbedaan terkait kategori pada rentang usia. Pemaparan kategorisasi dan implikasi penelitian ini dibahas secara rinci.
Perspektif Kebahagiaan Masyarakat yang Tinggal Dekat Tempat Pembuangan Akhir Sampah Di Samarinda Hamka Hamka; Tri Astuti
Psycho Idea Vol 17, No 1 (2019): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.049 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v17i1.3425

Abstract

The final landfill is always identified with dirty, smelly and far from healthy lifestyles, things like that that ultimately do not encourage people to stay close to the landfill site. But in fact, there are many residents near the landfill. Although the distance living close to the mountains of waste, people feel happy life. People living close to the waste dump have lived for more than 10 years and have chosen to settle in the area. Therefore, happiness does not have to be in a beautiful and clean environment. This study aims to obtain information about the dynamics of happiness felt by residents living in landfills used in this study is a qualitative method with phenomenology approach. Data collection tools used are interviews and observation. The research analysis is used by using open encoding, axial coding and selective coding. Based on the results of the study it was found that people living near TPA feel happy because people there help each other despite the limitations of both housing and food. In addition, the public is happy because the workplace is close to where to live and there is no pressure in working. Keywords: Happiness, Final disposal, Trash, Community
DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO PELAKU PROKRASTINASI AKADEMIK Anis Latifah; Nur&#039;aeni Nur&#039;aeni
Psycho Idea Vol 11, No 2 (2013): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.127 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v11i2.513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika psikologis mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pelaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui interview pada 8 orang informan penelitian, dengan rincian 4 orang informan primer dan 4 orang informan sekunder, analisis data menggunakan analisis data interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat informan memiliki dinamika yang berbeda-beda. Penundaan tugas yang terjadi karena mendahulukan organisasi, adanya rasa malas, dan menunda tugas yang tidak disukai. Keterlambatan dalam mengumpulkan tugas lebih menonjol pada lamanya mempersiapkan diri dalam mengerjakan tugas. Kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual terhadap tugas sering kali terjadi karena sering cuti kuliah, perencanaannya tidak tercatat sehingga banyak tugas yang tidak terlaksana, pergi keluar kota dan jarang mengikuti perkuliahan sehingga tidak dapat memenuhi tugas sampai batas waktu pengumpulan tugas yang telah ditentukan. Melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan yaitu browsing di internet, bermain game, jalan-jalan, cenderung aktif di organisasi, dan bekerja baik bekerja sesuai proyek dan bekerja diluar kota sehingga kesulitan membagi waktu. Kata Kunci : Dinamika psikologis, Prokrastinasi, Akademik
MODIFIKASI PERILAKU PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Implementasi Teknik Modeling dan Toke ekonomi dalam proses perubahan tingkah laku pada anak usia dini) Yuki Widiasari
Psycho Idea Vol 14, No 1 (2016): PSYCHO IDEA
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.158 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v14i1.1571

Abstract

Modifikasi perilaku merupakan salah satu teknik pengubahan perilaku yang paling populer di kalangan para pendidik maupun psikolog. Dalam modifikasi perilaku analisis terhadap perilaku yang akan diubah harus dilakukan menjadi perilaku yang tunggal (rinci), sehingga berbeda dengan perilaku yang lain. Prosedur dan hasil modifikasi perilaku ada kemungkinan dapat diterapkan ke perilaku lain sepanjang ada kemiripan karakteristik perilaku yang akan diubah dengan perilaku yang berhasil diubah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas teknik modikasi perilaku pada perubahan perilaku anak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas teknik modifikasi perilaku terhadap perubahan perilaku anak usia dini, yaitu dari perilaku yang mal adaptif menuju perilaku yang adaptif. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif tipe studi kasus. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek merupakan anak usia dini yang memiliki perilaku mal adaptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi perilaku pada anak usia dini dapat digunakan untuk mengubah perilaku, baik menambahkan kebiasaan positif maupun mengurangi kebiasaan negatif. Kata kunci: modifikasi, perilaku mal adaptif, anak usia dini
Efektivitas Mindfulness-Based Cognitive Therapy untuk Menurunkan Depresi : Meta-Analisis Alvina Prameswari; Ananta Yudiarso
Psycho Idea Vol 19, No 2 (2021): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.013 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v19i2.9943

Abstract

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang memengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku sehingga menimbulkan permasalahan emosional dan fisik pada penderitanya.  Mindfulness-based Cognitive Therapy merupakan salah satu bentuk intervensi yang dapat digunakan untuk menurunkan tingkat depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Mindfulness-based Cognitive Therapy (MBCT) dalam menurunkan tingkat depresi. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis yaitu berupa review literatur 14 artikel penelitian yang dimuat dalam jurnal internasional. Analisis data menggunakan menggunakan website Meta-mar (Free online Meta-Analysis Service). Pedoman yang digunakan dalam penelitian ini yakni dari PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis) dan MARS (Meta-analysis Reporting Standards). Berdasarkan hasil pengolahan data berdasarkan mean (M), standar deviasi (SD), dan sample size (N) yang menghasilkan nilai effect size dengan menggunakan random effect, maka diperoleh hasil effect size hedge’s g yakni sebesar 0,6 (95% CI=0.264 sampai 0.933). Hal ini berarti bahwa Mindfulness-based Cognitive Therapy merupakan salah satu bentuk intervensi yang cukup efektif untuk menurunkan tingkat depresi.

Page 1 of 23 | Total Record : 222