cover
Contact Name
Budiyanto
Contact Email
budiyanto@perbanas.id
Phone
+62 21- 5252533
Journal Mail Official
reny.fitriana@perbanas.id
Editorial Address
Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi kode pos 12940., Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
ISSN : -     EISSN : 28071506     DOI : https://doi.org/10.56174/pjieb.v2i1.27
Core Subject : Religion, Economy,
Aims The objectives of this journal are as follows: To provide a bridge between theory and practice of Islamic Economics and Business To disseminate the results and findings of research and best practice To assist and inform those responsible for the management of Islamic Economics and Business To guide the formulation, development, implementation and evaluation of Islamic Economics and Business To develop the research agenda in Islamic Economics and Business, by identifying critical research issues, and promoting research within those areas. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business is pluralistic, publishing papers that are conceptual, quantitative-empirical, or qualitative-empirical. Scope Perbanas Journal of Islamic Economics and Business is devoted to research in all branches of Islamic Economics and Business. Specifically, the journal will deal with topics, including but not limited to: Islamic Economics Islamic Banking and Finance Islamic Business Islamic Philanthropy
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business" : 5 Documents clear
Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, dan Nilai Tukar Terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Mhd Primadona; Isnaini Harahap; Rahmat Daim Harahap
Perbanas Journal of Islamic Economics and Business Vol 2 No 2 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.152 KB) | DOI: 10.56174/pjieb.v2i2.46

Abstract

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) merupakan indeks pasar modal yang diterbitkan oleh Bapepam-LK sebagai regulator yang berwenang dan bekerjasama dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) pada tanggal 12 Mei 2011. Pergerakan Indeks Saham Syariah Indonesia dipengaruh oleh faktor mikro dan makro ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi dan nilai tukar terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari laporan tahunan variabel- variabel terkait. Sampel penelitian diambil dari akhir periode 2015 sampai 2019, dengan total sampel sebanyak 49. Dalam penelitian ini, sampel dipilih dengan menggunakan sampel jenuh dan datanya dianalisis menggunakan program Eviews 10 dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia, Inflasi tidak berpengaruh terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia dan nilai tukar tidak berpengaruh terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia dengan nilai probabilitas Fhitung > Ftabel 62.42204 > 2.812. Seluruh variabel pada penelitian ini memiliki koefisien determinasi Adjusted R-Square sebesar 0.793341.
Apakah Kredit Perbankan Berpengaruh pada Performa Bank Syariah di Indonesia? Mochamad Dandy Hadi Saputra
Perbanas Journal of Islamic Economics and Business Vol 2 No 2 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.33 KB) | DOI: 10.56174/pjieb.v2i2.53

Abstract

Sistem perbankan syariah memiliki perbedaan dengan sistem perbankan konvensional yang berlaku di Indonesia dan di dunia secara umum. Perbedaan sistem ini disebabkan oleh perbankan syariah yang menerapkan syariat islam sebagai dasar penyelenggaraan perbankan, salah satunya dalam hal penyaluran pinjaman/kredit. Dalam penelitian ini akan dikaji mengenai bagaimana pengaruh dari kredit yang dilakukan oleh perbankan umum pada performa dari perbankan syariah dalam jangka panjang beserta bagaimana proporsi pengaruh dan pengaruh guncangan pada varaibel penelitian di waktu ayng akan datang. Penelitian ini menggunakan analisis vector error correction model dengan variabel berupa return on asset sebagai indikator performa dan non-performing loan serta proporsi kredit perbankan sebagai indicator kredit perbankan umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indicator NPL dan alokasi kredit berpengaruh negative dalam jangka panjang. Selain itu, variabel kredit perbankan umum juga memiliki proporsi pengaruh yang berbeda dalam analisis prediksi melalui impulse responses dan variance decomposition. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menguji bagaimana perbandingan pengaruh yang diberikan oleh risiko kredit pada perbankan konvensional dan perbankan syariah.
Analisis Ketertarikan Wakaf Generasi Muda dengan Teknologi Acceptance Model Putri Ramadhanty Ningtias; Prameswara Samofa Nadya
Perbanas Journal of Islamic Economics and Business Vol 2 No 2 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.811 KB) | DOI: 10.56174/pjieb.v2i2.55

Abstract

Based on CAF World Giving Index 2021, Indonesia is the most generous country in the world, with the highest donor index. Supported by a high number of Moslems, there is a high potential for growth of Islamic philanthropy. Waqf as a form of Islamic philanthropy is currently still underdeveloped. One of the contributing factors is the lack of socialization. The purpose of this study was to analyze the interests of generations Y and Z both as a donator of berkahwakaf.id site with a technology acceptance model (TAM) approach. This research design uses associative research with a quantitative approach using data of 100 respondents as sample, analyzed with PLS method. The results showed that perceived benefits had a significant positive effect on interest, while user convenience had a significant negative effect on interest. Attitude has a significant positive effect on interest, usefulness has a positive effect on attitudes, while user convenience has a significant negative effect.
Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wardah di Jakarta atika amalia; Markonah Markonah
Perbanas Journal of Islamic Economics and Business Vol 2 No 2 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.296 KB) | DOI: 10.56174/pjieb.v2i2.49

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari sertifikasi halal, harga dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk skincare Wardah di Jakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan pengambilan sampel accidental sampling sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji parameter regresi dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh harga dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk skincare Wardah di Jakarta namun sertifikasi halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare Wardah di Jakarta. Rekomendasi penulis untuk penlitian selanjutnya diharapkan mampu menambah jumlah sampel penelitian dan mengembangkan variabel independen selain sertifikasi halal, harga dan brand ambassador. Kata kunci : sertifikasi halal, harga, brand ambassador, Wardah, keputusan pembelian.
Pengaruh Religiusitas, Kualitas Layanan, dan Promosi Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Hilmi Musyaffa; Muhammad Iqbal
Perbanas Journal of Islamic Economics and Business Vol 2 No 2 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.807 KB) | DOI: 10.56174/pjieb.v2i2.61

Abstract

This study aims to analyze the effect of religiosity, service quality, and promotion on interest in saving in Islamic banks. The research uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis techniques as the data analysis method. Data collection using purposive sampling technique with a Muslim population domiciled in Central Jakarta. The results obtained from this study show that religiosity and service quality do not affect interest in saving, while promotion affects interest in saving. The religiosity of a Muslim does not affect the person's interest in saving in Islamic banks. Likewise, the quality of services from Islamic banks does not determine a Muslim's interest in saving. Promotion is the only factor in this study that encourages a Muslim's interest in saving in Islamic banks. The high promotion of a Muslim about Islamic banking will increase that person's interest in saving in Islamic banks. Keywords: Religiosity, Service quality, Promotion, Interest in saving

Page 1 of 1 | Total Record : 5