cover
Contact Name
HINDAH MUSTIKA
Contact Email
hindahmustika@stiesia.ac.id
Phone
+6281263114583
Journal Mail Official
kreanova@stiesia.ac.id
Editorial Address
Jl. Menur Pumpungan No.30 Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo Kota SBY, Jawa Timur 60118
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova)
ISSN : 2798527X     EISSN : 2798527X     DOI : https://doi.org/10.24034/kreanova
Jurnal KREANOVA merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi para ilmuwan, pelaksana pengabdian kepada masyarakat dan praktisi bisnis dalam mempublikasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ekonomi, manajemen dan bisnis,, akuntansi, komunikasi dan informasi, ekonomi pembangunan serta ilmu sosial dan budaya. Jurnal KREANOVA diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya sebanyak tiga kali setahun yaitu pada bulan Januari, Mei,dan September.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022)" : 7 Documents clear
PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN DI ERA NEW NORMAL Lailatul Amanah; Nur Handayani; Siti Rokhmi Fuadati; Susanti Susanti
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.112 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.4985

Abstract

UKM berpotensi untuk terus berkembang, dalam hal produktivitas maupun daya saing. Dalam prosesnya, ada beberapa UKM yang dapat berkembang dan kemudian menjadi sukses, namun tak sedikit yang mengalami kegagalan bahkan tak mampu untuk beroperasi lagi. Kesuksesan UKM dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kemampuan dalam manajemen keuangan, pemasaran, teknologi serta modal. Salah satu strategi dalam memasarkan produk dalam era pandemi ini melalui media sosial. Strategi tersebut memudahkan UKM dalam memasarkan produknya secara tepat guna mempertahankan kelangsungan usaha yang dijalankannya pada saat ini dan masa mendatang. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor ekonomi menyebabkan konsumen menurun, yang berakibat pada menurunnya transaksi penjualan. Hal ini sangat berdampak pada UKM. Oleh karena itu UKM harus mampu mengatur keuangannya serta mencari strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Manajemen keuangan UKM yang baik dapat membantu pelaku UKM dalam mengatur keuangannya sehingga kegiatan operasional dapat berjalan lancar. Dengan kemampuan mengatur keuangan dan melakukan pemasaran online diharapkan pelaku UKM dapat bertahan dalam masa Pandemi Covid-19.
PENENTUAN HPP LELE PADA PETANI LELE DI KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN David Efendi; Emeralda Ayu Kusuma; Djawoto Djawoto
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.66 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.5217

Abstract

Akuntansi biaya adalah metode kuantitatif yang mengakumulasi, mengklasifikasi, meringkas, dan menafsirkan informasi untuk tiga tujuan utama yaitu: perencanaan dan pengendalian operasional, keputusan khusus dan keputusan produk. Akuntansi biaya sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis untuk kelancaran bisnis. Petani lele merupakan salah satu pelaku bisnis yang membutuhkan akuntansi biaya. Akuntansi biaya dapat digunakan salah satunya untuk penentuan harga jual. Berdasakan kebutuhan terhadap akuntansi biaya untuk menentukan harga jual, maka pengabdian ini dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) pembudidaya lele dalam menentukan biaya produksi lele per kilogram. Permasalahan klasik yang dihadapi oleh pembudidaya lele adalah terkait dengan penentuan harga jual. Oleh karena itu, mitra mengalami kesulitan dalam menghitung keuntungan dari kegiatan mereka. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen yang diperlukan untuk menghitung biaya produksi. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan biaya produksi ikan lele sebesar Rp. 16.998 per kilogram. Dengan diketahui biaya produksi lele maka akan memudahkan petani lele menetapkan harga jual lele di pasar.
PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PENGEMBANGAN USAHA MAKANAN DAN MINUMAN Ratih Indriyani; Sesilya Kempa
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.337 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.5220

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises have limitations in running their business in terms of awareness in the market, limited scope of sales area, and facing competition from local and other regions. This is a challenge for developing micro, small and medium scale enterprises. This community service activity is held on a service-learning basis in the form of business assistance in the food and beverage sector. The mentoring stage itself starts from the debriefing stage to monitoring. The purpose of this activity is to find out the obstacles and challenges faced by MSMEs and develop digital marketing that can support their business. Digital marketing is applied specifically in making social media suitable for MSMEs. Digital marketing is expected to expand market reach. The results of this activity show that the use of digital technology can change the way MSMEs connect with their consumers. he use of social media helps promote products to a wider audience, as well as helps wider product recognition. The characteristics and development needs of MSMEs also cause differences in the need to apply different digital marketing methods.
MEMANFAATKAN TANAMAN UNTUK KEGIATAN ECOPRINT Pramita Studiviany Soemadijo; Tri Andjarwati; Titiek Rachmawati
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.908 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.5237

Abstract

Kampung tematik Polowijen yang dikelola oleh warga, ada UKM yang menjual hasil kerajinan warga. Anggota UKM tersebut memerlukan pelatihan untuk pemulihan ekonomi, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup. Terlebih dahulu melakukan observasi, sebelum pelatihan, kemudian membuat MOU dan berdiskusi kapan akan dilaksanakan serta bentuk pelatihan apa yang dibutuhkan. Pelatihan dilakukan dengan media zoom, karena masih ada pandemi covid-19. Pelatihan dilakukan selama tiga kali yaitu mempraktekkan cara membuat ecoprint pada media kain dengan system Pounding serta menggunakan bahan alami yang berasal dari alam. Pelatihan tersebut dilakukan mulai dari awal sampai bahan siap untuk di proses menjadi bahan jadi yang siap untuk di proses menjadi tas dan bahan lainnya kepada 30 peserta. Pendampingan dilakukan selama 2 kali setelah pelatihan sampai anggota UKM mampu membuat ecoprint secara mandiri tanpa instruktur, sehingga pelatihan ini memberikan manfaat dan taraf hidup bagi anggota UKM di kampung tematik Polowijen, kelurahan Polowijen, sehingga ketahanan ekonomi di kampung ini dapat terjaga.
PENINGKATAN PRODUKTIVITAS, E-COMMERCE DAN MANAJEMEN USAHA UKM PAWON ANDI DI KOTA SURABAYA Nekky Rahmiyati; Sri Andayani Sri Andayani; Endang Indartuti
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.538 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.5272

Abstract

Tujuan Kegiatan Pengabdian Masyarakat pelatihan dan pendampingan peningkatan produktivitas, e commerce dan manajemen usaha pada UKM Pawon Andi di Surabaya. Metode yang digunakan berupa pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas dan penggunaan E comerce pada UKM Pawon Andi,dan pendampingan berupa konsultasi tentang Manajemen usaha, dan akuntansi permasalahan yang dihadapi 1) Aspek produksi dalam proses mengembangkan  adonan masih menggunakan suhu ruang tanpa alat 2) Aspek pemasaran masih mengandalkan pesanan dan memenuhi warung sekitar dengan  konsinyasi 3) Aspek Manajemen Usaha/ Keuangan/ Akuntansi karena masih menggunakan pola manajemen rumah tangga dan bersifat konvensional. Hasil yang di peroleh oleh UKM Pawon Andi 1. Diberikan alat proofer dan pelatihan penggunaan alat/ mesin dengan metode learning by doing dan terjadi peningkatan produktivitas Jika menggunakan mesin ini, 2.Melakukan pemasaran produk dengan E-commerce dengan pelatihan dan pendampingan mempercantik postingan produk di sosmed serta melakukan rephoto produk untuk sosmed & marketplace 3. UKM Pawon Andi mampu menggunakan aplikasi pembukuan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan melalui pendampingan dan pelatihan ini dapat memberi manfaat kepada UKM Pawon Andi. Selanjutnya menyarankan perlu kesinambungan kegiatan dan evaluasi setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan. Sehingga UKM Pawon Andi bisa lebih berdaya saing dan bisa berkembang dan berkontribusi dalam membuka lapangan kerja serta menumbuhkan wirausaha baru.  
PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PERAN AKTIVITAS FISIK PADA ANAK DI BOYOLALI Agus Setiyawan; Indasah Indasah; Intan Herlinawati; Ellysa Okky Gusma; Shella Dhika Rahmawati
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.928 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.5276

Abstract

Tujuan pada pengabdian masyarakat ini memberikan informasi dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran aktivitas fisik bagi tumbuh kembang anak di Boyolali. Metode yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini memberikan penyuluhan tentang peran aktivitas fisik bagi tumbuh kembang anak di Boyolali. Pada tahap pertama dilakukan wawancara untuk mendapatkan data tentang aktivitas fisik pada anak, selanjutnya didapatkan rumusan masalah, kurangnya pemahaman kader, terbatas sarana dan prasaran deteksi tumbuh kembang, kepercayaan sekitar terhadap pelayanan alternatif dan kurang kooperatifnya antara keluarga pasien dengan fasilitas kesehatan sehingga pada kondisi ini diperlukannya strategi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait tumbuh kembang dan peran aktifitas fisik bagi tumbuh kembang anak di Boyolali sehingga tercapai pemahaman masyarakat yang menyeluruh dan optimal.Intervensi yang dilakukan pada kegiatan ini adalah dengan menggunakan analisis SWOT didapatkan hasil melakukan penyuluhan guna meningkatkan pemahaman masyarakat terkait tumbuh kembang serta peran aktifitas fisik bagi tumbuh kembang di daerah sekitar klinik Intan Fisioterapi Anak Boyolali.  
SOSIALISASI BERITA HOAKS KEPADA KELOMPOK UMKM KELURAHAN NAMPES BATURETNO KABUPATEN MALANG Rismawati Rismawati
Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.164 KB) | DOI: 10.24034/kreanova.v2i2.5306

Abstract

Kegiatan ini bertujuan agar memberikan pemahaman untuk menambah pengetahuan, wawasan, khususnya ibu-ibu kelompok usaha kecil di kelurahan Nampes Baturetno Kabupaten Malang agar lebih bijaksana dalam menerima maupuan memberikan informasi di dalam menggunakan media sosial terutamanya yang ada hubungannya dengan penyebaran berita hoaks. Peserta dalam kegiatan sosialisasi akan diberikan penyuluhan dengan memberikan materi terkait dengan ruang lingkup dan juga dampak dari pemberiataan hoaks, cara mengatasi adanya penyebaran berita hoaks serta menegakkan hukum yang berlaku utamanya yang memiliki hubungan dengan penyalahgunaan terhadap penyebaran penggunaan media sosial. Agar dapat mendalami materi yang telah disampaikan maka peserta dibagikan materi dan modul dan diberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan agar hasilnya lebih maksimal dalam menganalisa adanya pemberiataan hoaks yang sering dijumpai dalam media sosial yang seringnya dipakai dalam aplikasi whatsapp, instagram, facebook. Kegiatan sosialisasi ini telah memberikan pengaruh yang besar pada pengetahuan dan wawasan ibu-ibu kelompok usaha kecil mengenai penyebaran berita hoaks dalam media sosial dan sanksi terhadap pelanggaran yang telah diatur dalam UU No.19 Tahun 2016 mengenai perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sehingga hasil pengabdian masyarakat ini memberikan wawasan dan pengetahuan  baru kepada ibu-ibu kelompok usaha kecil menengah dalam menerima informasi yang beredar di sosial media.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7