cover
Contact Name
Otto Fajarianto
Contact Email
ofajarianto@gmail.com
Phone
+628112424666
Journal Mail Official
signal@ugj.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Swadaya Gunung Jati, Jl. Pemuda No. 32 Cirebon, Jawa Barat
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Signal
ISSN : 23374454     EISSN : 25801090     DOI : http://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2
Core Subject : Humanities, Social,
URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, Broadcasting, Komunikasi Organisasi, Lokal Wisdom, Komunikasi Pemasaran, Corporete Sosial Responsibily (CSR), Komunikasi Politik, dan Komunikasi Lintas Budaya. JURNAL SIGNAL menerima tulisan dari para akademisi maupun praktisi dengan proses blind review, sehingga dapat diterima disetiap kalangan dengan penerbitan jurnal ilmiah berkala terbit setiap dua kali dalam setahun periode Juni dan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL" : 6 Documents clear
TAMAN KOTA SEBAGAI MODAL SOSIAL DAN INTERAKSI MASYARAKAT KOTA BANDUNG Rita Gani
JURNAL SIGNAL Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.705 KB) | DOI: 10.33603/signal.v5i1.887

Abstract

ABSTRAK. Bentangan kepulauan Indonesia dari Sabang hingga Merauke memberikan kekayaan yang luar biasa untuk negeri ini. Indonesia tidak saja kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah dan beragam jenis, tetapi juga sumber daya manusia yang merupakan aset untuk membangun Negara ini menjadi lebih baik. Selain itu, keberagaman suku, budaya dan agama juga menjadi pendukung masyarakat Indonesia untuk mengembangkan berbagai nilai sosial dalam kehidupan yang majemuk. Berbagai nilai sosial tersebut berkembang dalam kehidupan masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Meskipun kondisi perkotaan menyebabkan “terkikisnya” kepekaan masyarakat akan nilai-nilai sosial tersebut, namun banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat untuk mengembalikannya. Dan taman kota dengan berbagai konsep (smart garden, taman kota hijau, taman p2KH dan lain-lain) merupakan salah satunya. Khususnya di kota Bandung, keberagaman taman tematik mampu mengembalikan banyak “kegembiraan” dalam proses interaksi masyarakat. Taman di kota Bandung tidak saja menjadi elemen yang memperindah kota, tetapi juga menjadi pusat kegiatan dan interaksi masyarakat kota. Setidaknya itulah hasil temuan riset yang Penulis lakukan sepanjang bulan Mei-Juni tahun 2015 ini. Menyisir berbagai taman kota dan mengamati aktivitas masyarakat merupakan alternatif untuk mengembalikan modal sosial yang mulai redup dalam tatanan kehidupan bermayarakat.Kata kunci : modal sosial, taman kota, aktivitas masyarakat  ABSTRACT. Outlying islands of Indonesia from Sabang along to Merauke provide tremendous wealth for the country. Indonesia is not only rich in natural resources that abundant and diverse, but also human resources as an asset to build this country to be better. In addition, the diversity of race, culture and religion is also a supporter of Indonesian society to develop a wide range of social values inthe life of the compound. The variety of social value grow in the life of both rural and urban communities.Although urban conditions caused "erosion" on community sensitivity to the values of social, the government and people have been doing many offorts to restore it. And the city park with a variety of concepts (smart garden, green city park, P2KH park and others) is one of them. Especially in the city, the diversity of thematic gardens able to restore a lot of "excitement" in the process of community interaction. Parks in the city is not only an element of beautifying the city, but it also became the center of the city and a place for community interaction. At least that is the research findings which organized by the author throughout the month of May-June 2015. Excursing various city parks and observe the activity of the community in the parks is an alternative to restore social capital that began to dim in the social life order.Key words: social capital, a city park, community activities 
STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI PT. CIREBON ELECTRIC POWER nurul inayah; heriyani agustina; khairudin imawan
JURNAL SIGNAL Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.242 KB) | DOI: 10.33603/signal.v5i1.708

Abstract

ABSTRACT Corporate social responsibility or social responsibility has now become an essential part of running a business enterprise. The role of a Public Relations practioners in this case to determine important aspect in the successful delivery of messages to the target audience, the aims of this Research “Communicatio Strategy Corporate Social Responsibility in Improving Corporate Image PT. Cirebon Electric Power” are: (1) To know the communication strategy use to PT. Cirebon Electric Power is currently conductingCorporate Social Responsibility, (2) To know a Public Relations strategy in improving the company’s image, (3) To know the corporate image of PT. Cirebon Electric Power in the public, (4) To know any obtacles encountered in conveying the message. Researcher used qualitative research methods with descriptive approach. Researcher directly to the field, conducting interviews and acting as observers, to get the data and arguments wich are then processed through a qualitative descriptive approach. The research results show that: (1) The communication strategy for implementing Corporate Social Responsibility first PT. Cirebon Electric Power did social mapping, research study and adjust to the propriety of the EIA/ environmental management framework, consultation in the village forum, involving the village and local community leader, (2) Strategic Public Relations is done through a series of activities especially Corporate Social Responsibility, philanthropy and gathering to establish communication tehnuiques used and the use of media as a a means of wider dissemination of information, (3) With a range of CSR activities and corporate strategy which has been very well reseived and get an impression, of course assessment and positive image of the community, (4) communication barrier experienced by PT. Cirebon Electric Power, among the negative perception the public about the impact of a power plant construction. However, these obstacles can be overcome through persuasive approach and program of CSR activities.  Keywords: Communication, Corporate Social Responsibility, Corporate Image
PENGARUH KOMUNIKASI VIRTUAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DIKALANGAN GAME ONLINE DI ARANET PLUMBON Rifal Fathurrohman; Achdi Halim; Khaerudin Imawan
JURNAL SIGNAL Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.293 KB) | DOI: 10.33603/signal.v5i1.884

Abstract

ABSTRAK Para pemain game online lebih terbiasa melakukan komunikasi secara virtual didalam game online, hal ini terjadi karena suasana para pemain game online lebih mempunyai ketertarikan ketika berbincang dengan temannya di dalam game online. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang efektifitas komunikasi virtual, efektifitas komunikasi interpersonal serta pengaruh komunikasi virtual terhadap komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah para pemain game online di AraNet Plumbon. Hasil penelitian berkaitan dengan peningkatan efektifitas komunikasi virtual namun penurunan efektifitas komunikasi interpersonal. Faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum tersedianya tempat mengobrol yang ada di sekitar AraNet. Oleh karena itu, pemilik AraNet hendaknya membuat tempat mengobrol sehingga mereka dapat sekedar berbincang ketika tidak bermain game online Kata Kunci : Komunikasi Virtual, Komunikasi Interpersonal, Game Online, AraNet Kata Kunci: Komunikasi virtual, komunikasi antarpersonal, game online  ABSTRACT The online game players more accustomed to communicate virtually in the online game, this happens because of the atmosphere of online gamers have more interest when talking with his friends in the online game. The purpose of this study which is to obtain data on the effectiveness of virtual communication, interpersonal communication effectiveness and influence of virtual communication on interpersonal communication. This study used quantitative research methods. The subject of research is the online game players in AraNet Plumbon. The results of research related to improving the effectiveness of virtual communication but decrease the effectiveness of interpersonal communication. The main factor that inhibits felt that the unavailability of a talking shop that is around AraNet. Therefore, owners should make a point of chatting AraNet so they can just talk when not playing games online Keywords : Virtual Communication, Interpersonal Communication, Online Games
PENGARUH KOMUNIKASI VIRTUAL TERHADAP KOMUNIKASIINTERPERSONAL DIKALANGAN PEMAIN GAME ONLINE DI ARANET PLUMBON rifal fathurrohman; achdi halim; khaerudin imawan
JURNAL SIGNAL Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4922.629 KB) | DOI: 10.33603/signal.v5i1.714

Abstract

Para pemain game online lebih terbiasa melakukan komunikasi secara virtual didalam game online, hal ini terjadi karena suasana para pemain game online lebih mempunyai ketertarikan ketika berbincang dengan temannya di dalam game online.  Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang efektifitas komunikasi virtual, efektifitas komunikasi interpersonal serta pengaruh komunikasi virtual terhadap komunikasi interpersonal.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah para pemain game online di AraNet Plumbon, dilaksanakan pada bulan april 2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar kuesioner. Hasil penelitian berkaitan dengan peningkatan efektifitas komunikasi virtual namun penurunan efektifitas komunikasi interpersonal. Faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum tersedianya tempat mengobrol yang ada di sekitar AraNet. Oleh karena itu, pemilik AraNet hendaknya membuat tempat mengobrol sehingga mereka dapat sekedar berbincang ketika tidak bermain game online. Kata Kunci : Komunikasi Virtual, Komunikasi Interpersonal, Game Online, AraNet
PENGGUNAAN PATH TALK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KALANGAN REMAJA AKHIR Witanti Prihatiningsih
JURNAL SIGNAL Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.54 KB) | DOI: 10.33603/signal.v5i1.885

Abstract

ABSTRAK Path merupakan salah satu jejaring sosial yang digunakan oleh remaja. Mereka bisa membagikan foto dan video kegiatan sehari-hari, serta kita bisa membagi musik yang sedang didengarkan, film yang sedang di tonton, lokasi kita sedang dimana dan kita bisa mengucapkan selamat malam dan selamat pagi melalui path. Path memiliki fitur pribadi untuk berkomunikasi secara personal yang dinamakan Path Talk. Melalui fitur tersebut orang bisa mengirim pesan secara personal tanpa harus dilihat oleh orang lain. Namun, bagaimana penggunaan Path Talk sebagai media Komunikasi Interpersonal di Kalangan Remaja Akhir? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan infomannya adalah remaja akhir usia 18-21 tahun yang menggunakan Path serta Path Talk sebagai media komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa bagi remaja Path Talk bukan media komunikasi utama untuk berkomunikasi, biasanya mereka gunakan Path Talk hanya untuk menanyakan hal yang singkat atau umum bukan cerita panjang, karena percakapan di Path Talk secara otomatis akan terhapus setelah 7 hari. Kata Kunci : Path Talk, Media Komunikasi, Remaja  ABSTRACT Path is a social network that is widely used by teenagers. They can share daily activities photos and videos, and share the music they listened to, the film being watched, the location of where they are and say good night or good morning through the Path. Path has privacy features to communicate personally called Path Talk. Through these features, user can send personalized messages without being seen by others. However, how to use the media as Path Talk Among Teens Interpersonal Communication? This study uses qualitative research method whose infomats are teens aged 18-21 years who use Path and Path Talk as a communication medium. The conclusion from this study is that for adolescents, Path Talk is not the main communication media to communicate. They usually use Path Talk only to ask the public not short or long story, because the conversation in Path Talk will automatically be deleted after 7 days. Key Words : Path Talk, Communication Media, Teenager
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG POSITIONING PRODUK “THE BODY SHOP” Irma Zevrina
JURNAL SIGNAL Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.036 KB) | DOI: 10.33603/signal.v5i1.886

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa tentang Positioning Produk The Body Shop”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mempersepsikan positioning produk The Body Shop. Perlu dipahami, bahwa kesuksesan strategi brand positioning sangat bergantung pada persepsi publik. Maka dari itu, indikator utama kesuksesan strategi positioning adalah apabila publik mempersepsi positioning suatu merek sama dengan strategi positioning merek tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori persepsi Jalaluddin Rakhmat. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Untuk teknik wawancara menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu pemilihan informan non acak berdasarkan pada kebutuhan data yang diinginkan. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna maupun bukan pengguna produk The Body Shop di Kota Cirebon. Dari data yang terkumpul dan analisa yang disusun, diperoleh kesimpulan bahwa strategi positioning The Body Shop, baik internasional maupun di Indonesia, adalah masstige. Masstige merupakan istilah permerekan dimana merek diposisikan di antara tingkatan massal dan premium. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata informan mempersepsikan positioning The Body Shop tidak sesuai dengan positioning produk itu sendiri, mereka mempersepsikan merek The Body Shop sebagai premium brand, hanya dua dari informan yang merupakan pengguna produk The Body shop yang mempersepsikan produk tersebut sesuai dengan strategi perusahaan, yaitu sebagai masstige brand. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pergeseran persepsi mahasiswa terhadap positioning The Body Shop atau biasa disebut positioning error. Mahasiswa menganggap merek ini premium disebabkan oleh dua faktor utama yaitu, harga The Body Shop yang di atas merek massal dan lokasi penjualannya yang premium yaitu tidak dijual di supermarket. Ketidaksesuaian persepsi mahasiswa akan positioning (positioning error) ini berpotensi menghambat kesuksesan strategi positioning yang diterapkan The Body Shop. Sehingga, perusahaan selayaknya memberi perhatian khusus pada permasalahan tersebut. Kata Kunci : Persepsi, Brand Positioning, Produk The Body Shop     ABSTRACT The research titled “Student Perceptions about The Positioning of The Body Shop Products”. This research is aimed to understand how students perceive the positioning of The Body Shop Products. It should be understood that successful positioning strategy relies heavily on public perceptions. Therefore, the main indicator of successful positioning strategy if the public perceives a brand positioning is the same as the brand positioning strategy. The method used is a descriptive qualitative method using the perception theory of Jalaluddin Rachmat. Data collected through observation, interview and literature study. To interview techniques using purposive sampling technique that is non- random selection of informants based on the needs of the desired data. Informants in this research were students of both users and non-users of The Body Shop products in Cirebon city. From the data collected and compiled analysis, The concluded that the positioning strategy of The Body Shop, both internationally and in Indonesia, is masstige. Masstige a term branding where the brand is positioned between mass and premium levels. The results showed an average informants perceived positioning of The Body Shop is not in accordance with the positioning of the product itself, they perceive a brand The Body Shop as a premium brand, only two of the informants who are users of The Body Shop products who perceive these products in accordance with the company's strategy, that is masstige brand. It concluded that a shift in students' perceptions of positioning The Body Shop or so-called positioning error. Students consider this brand of premium caused by two main factors, namely the price of The Body Shop is above the mass brands and premium sales locations are not sold in supermarkets. Keywords: Perception, Brand Positioning, The Body Shop Products.

Page 1 of 1 | Total Record : 6