cover
Contact Name
Imam Santoso
Contact Email
mpbindonesia@unisma.ac.id
Phone
+6285649611196
Journal Mail Official
mpbindonesia@unisma.ac.id
Editorial Address
Magister Pendidikan Bahasa Indonesia PPS Universitas Islam Malang Jalan Mayjen Haryono 193, Telepon (0341) 551932 Fax. (0341) 552249
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah NOSI
ISSN : 23378425     EISSN : -     DOI : 10.33474
Nosi merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian bidang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah ini berisi artikel hasil penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif. Jurnal Ilmiah ini terbit 2 kali setahun.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI" : 15 Documents clear
KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI Abdur Abdur Rofik
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Cerpen adalah sebuah ciptaan, sebuah kreasi, memiliki ciri dan panjang tertentu yang dapat melukiskan kisah para tokohnya, berdasarkan kehidupan nyata atau imajinasi yang dituangkan ke dalam alur cerita. Penelitian kepribadian tokoh utama dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Banyak mengandung nilai-nilai kepribadian yang terdiri dari kepribadian sanguinis tokoh utama, kepribadian plegmatis tokoh utama, dan kepribadian koleris tokoh utama. Kepribadian merupakan segala corak yang berasal dari tingkah laku manusia dan petunjuk umum yang telah berlangsung lama di dalam kehidupan masyarakat, yang mengarah pada tingkah laku. Tujuannya adalah (1) mendeskripsikan kepribadian sanguinis tokoh utama yang meliputi (a) selalu tersenyum kepada orang lain agar tetap tercipta suasana damai, (b) memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap apa yang menjadi tujuan dan keinginannya, dan (c) penuh toleransi terhadap kesalahan orang lain, (2) mendeskripsikan kepribadian plegmatis tokoh utama yang meliputi (a) penuh kasih sayang terhadap orang lain, (b) selalu menjaga kerukunan dengan orang lain, dan (c) suka menolong orang yang membutuhkan pertolongan, dan (3) mendeskripsikan kepribadian koleris tokoh utama yang meliputi (a) suka bekerja keras dalam hidupnya, dan (b) tidak terbuka pada orang lain perihal masalahnya (introvert). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi teks yaitu kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dan yang menjadi humans instrumen kuci adalah peneliti sendiri. Berdasarkan hasil paparan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh ini diambil dari dalam cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dan berupa kutipan langsung dari dalam kumpulan cerpen yang dianalisis sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian yang dilakukan.Kata-kata kunci: Kepribadian tokoh dalam cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari.
EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMADUAN STRATEGI AFEKSI DAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI Retno Mulyaningsih
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: bertujuan untuk membuktikan: (1) Mendeskripsikan pengaruh strategi  afeksi pada pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan., (2) Mendiskripsikan pengaruh penerapan model experiential learning pada kegiatan pembelajaran ketrampilan menulis teks narasi   pada siswa kelas V SDN 1 Pagentan., (3) Untuk menguji efektivitas penerapan pemaduan strategi afeksi dengan model experiential learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain  Contol Group Pretest-Posttest. Siswa Kelas V SDN 1 Pagentan  digunakan sebagai populasi. Teknik  pengambilan sampel melalui   Sampling Purposive. Sampel penelitian adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan  teknik kusioner   dan metode tes selanjutnya hasilnya dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) Strategi afeksi dalam pembelajaran menulis teks narasi membantu siswa dalam mengontrol emosi dan sikap terhadap kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh rata-rata  83,5, (2) Pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan  model pembelajaran experiential learning  di kelas ekspriment pada hasil uji t pretest dan posttes terdapat kenaikan  rata-rata 13.8 poin, (3) ) penerapan pemaduan strategi afeksi dan model experiential learning  efisien untuk digunakan dalam pembelajaran teks narasi  dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel. Kata Kunci: Strategi Afeksi, Model Experiential Learning, Menulis teks Narasi,
PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS TEMA KEMARITIMAN NUSANTARA SEBAGAI BUKU BACAAN KEGIATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMK KEMARITIMAN Titin Setyowati
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Gerakan Literas Sekolah (GLS) merupakan sebuah gerakan yang diluncurkan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di Indonesa. Pelaksanaan GLS yang sudah bergulir lima tahun lebih ini masih menemui kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya variasi buku bacaan yang disediakan dalam GLS. Oleh sebab itu perlu adanya buku bacaan yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam membaca. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mendiskripsikan proses pengembangan media infografis tema kemaritiman nusantara sebagai buku bacaan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah GLS), (2) mendiskripsikan hasil pengembangan media infografis tema kemaritiman nusantara sebagai buku bacaan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah GLS), dan mendiskripsikan kelayakan hasil  pengembangan media infografis tema kemaritiman nusantara sebagai buku bacaan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah GLS)            Tahapan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti terdiri atas empat tahapan yang merujuk pada teori Borg & Gall yaitu (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap uji coba kelayakan, dan (4) tahap revisi produk. Pengembangan media infografis ini melibatkan ahli materi, ahli media, praktisi dan peserta didik.            Hasil validasi dan uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi, dan peserta didik menyimpulkan bahwa buku bacaan hasil pengembangan dapat digunakan dalam kegiatan GLS. Ahli materi memberikan hasil  validasinya  sebesar 83% yang termasuk predikat layak, hasil validasi praktisi sebesar 96% atau sangat layak, dan peserta didik memberikan hasil uji kelayakanya sebesar 84% atau layak pada aspek isi buku bacaan. Aspek penyajian buku bacaan yang divalidasi oleh  ahli media memberikan hasil validasinya sebesar 83%, sedangkan hasil validasi yang dilakukan praktisi dan hasil uji kelayakan oleh peserta didik memberikan hasil 96 % yang setara dengan sangat layak dan  83%  yang setara dengan layak. Selain memberi hasil validasi pada aspek isi, ahli materi juga memberikan hasil validasinya pada aspek bahasa sebesar 88%, sedangkan hasil validasi praktisi mengumpulkan skor 95%, dan peserta didik mengumpulkan skor 78%.  Aspek kegrafikaan yang divalidasi oleh ahli media dan praktisi memberikan skor 93% dan 95%, sedangkan hasil uji kelayakan peserta didik mengumpulkan skor 81% .            Buku bacaan hasil pengembangan  ini dapat digunakan oleh tim literas sekolah  dalam kegiatan literasi baik secara daring maupun luring untuk menambah kemampuan literasi peserta didik dalam memaham isi bacaan terutama yang berkaian dengan tema kemaritiman. Kata kunci: infografis, kemaritiman nusantara, buku bacaan,Gerakan Literasi Sekolah
Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Almaarif Singosari Rika Ulfatuzzahroh
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Salah satu upaya mengatasi kerumitan dan kejenuhan pada proses pembelajaran dengan melakukan inovasi dalam menggunakan media pembelajaran. Dengan menggunakan media video tutorial yang dikemas melalui animasi, materi yang disajikan guru dapat pembelajaran dapat berupa audio visual. Media video animasi dalam pengembangan bertujuan untuk mendeskripsikani (1) kebutuhan mengenai media video animasi dalam pembelajaran teks puisi untuk siswa SMA/MA kelas X. (2) Proses mengenai media video video animasi dalam pembelajaran teks puisi untuk siswa SMA/MA kelas X. Dan (3) Ketepatan/ kelayakan produk pengembangan mengenai media video animasi dalam pembelajaran teks puisi untuk siswa SMA/MA kelas X. Pengembangan produk media pembelajaran teks puisi dengan menggunakan media audio visual dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang memiliki 4 tahap penelitian pengembangan define, design, develop, dan disseminate. Dalam uji coba produk dilakukan dengan jumlah 25 siswa berskala besar, dan kemudian diujicobakan pada kelompok kecil dengan jumlah 19 siswa beserta guru Bahasa Indonesia yang terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar validasi. Data pengembangan ini, menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan guru mencapai nilai 86.5% guru sangat setuju jika diadakannya pengembangan terhadap media video animasi pada pembelajaran teks puisi siswa kelas X. Sedangkan pada analisis kebutuhan siswa 72,4% menyatakan setuju bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran video animasi yang mampu menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan kreatif pada pembelajaran teks puisi siswa kelas X. Hal ini menunjukan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan media video animasi pada pembelajaran teks puisi agar memudahkan dan memberikan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan produk  media pembelajaran berupa media video animasi Asiknya menulis puisi dalam bentuk yang dioperasikan dengan aplikasi FlipaClip dan dipadukan dengan Final Cut dalam bentuk program aplikasi. Media video animasi dikembangkan dalam 3 proses, meliputi mencari gambar mentahan melalui format PNG, mengolah gambar mentahan tersebut menjadi gambar yang dapat bergerak sesuai keinginan peneliti melalui aplikasi FlipaClip, dan dipadukan dalam aplikasi Final Cut Pro yang komponen audio visualnya sudah lengkap. Selanjutnya, dari  hasil validasi ahli materi memperoleh skor 87,5% sedangkan pada ahli media memperoleh skor 70% hal ini menunjukan bahwa produk media video animasi, pada, pembelajaran, teks, puisi siswa, kelas, X, valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Selain itu, respon guru menunjukan nilai 90%, dan respon siswa menunjukan nilai 78,9% siswa setuju apabila media video animasi menjadi materi yang mudah dipahami dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks puisi. Oleh sebab itu, media, video, animasi. Asiknya menulis puisi yang dikembangkan sudah valid tanpa revisi.Kata kunci,: Media pembelajaran, Video animasi, Teks puisi
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS UNTUK SISWA KELAS XI SMA Arifudin Arifudin
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perkembangan jaman yang semakin maju seperti saat ini maka maka kita tak lepas dari yang namanya teknologi, karena teknologi adalah suatu alat yang paling dibutuhkan, tidak terkecuali dunia pendidikan, perkembangan teknologi diharapkan mampu membawa wajah baru pada dunia pendidikan. Di sinilah perlu adanya pertimbangan untuk memanfaatkan teknologi kedalam dunia pendidikan untuk memajukan dari segala posisi, baik dari kurikulum, pembelajaran, metode pengajaran hingga media pembelajaran.Media video adalah suatu alat yang menggabungkan bermacam unsur dari media, mulai dari gambar diam, gambar bergerak atau animasi, teks hingga suara. Dengan video kita bisa mengaplikasikannya kedalam bentuk media ajar yakni media video pembelajaran.            Penggunaan video pembelajaran diharapkan mampu membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Karena media video pembelajaran ini sesuai dengan kondisi psikologi siswa yang lebih tertarik pada media ajar yang bervariasi dengan penggunaan gambar diam, animasi, teks dan suara yang disatukan. Media video sangat bisa untuk dijadikan media pendamping selain buku.            Tujuan penelitian pengembangan ini bertujuan memperoleh kajian kebutuhan media video pembelajaran dalam pembelajaran teks prosedur kompleks yang sesuai lalu memperoleh kajian mengenai pengembangan media video pembelajaran teks prosedur kompleks dan yang terakhir adalah memperoleh kajian mengenai kelayakan/ketepatan media video pembelajaran teks prosedur kompleks di kelas XI SMA.Didalam penelitian pengembangan ini membahas tentang sebuah produk yang akan dihasilkan untuk alat dalam proses pembelajaran. Alat tersebut dinamakan dengan media video pembelajaran yang nantinya setelah alat ini sudah selesai diproduksi maka langkah selanjutnya adalah validasi desain kemudian revisi produk dan yang terakhir adalah uji coba produk.Hasil validari dari ahli media untuk penilaian rata-rata dari media video pembelajaran ini adalah 95 % lalu validasi dari ahli materi untuk penilaian rata-rata dari media video pembelajaran ini mendapatkan nilai 92%. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan oleh pengembang kepada praktisi (guru) mendapat nilai rata-rata 93%. Kemudian, media pembelajaran teks prosedur kompleks untuk siswa SMA kelas XI di uji cobakan dengan tujuan menguji media pembelajaran teks prosedur kompleks terhadap hasil belajar siswa berupa kemampuan memahami isi teks prosedur kompleks. Setelah melakukann validasi kepada ahli materi, ahli media dan praktikan, langkah selanjutnya yang ditempuh oleh pengembang adalah uji coba kepada siswa, yang dimana uji coba media video pembelajaran ini dilakukan pada kelompok kecil, dan hasil rata-rata penilaian dari uji coba ini mendapatkan nilai 95,5%.Hasil dari serangkaian validasi dan uji coba produk ini dapat dikatakan bahwa media ini layak untuk diterapkan sebagai media ajar pendamping selain buku pada materi teks prosedur kompleks. Adapun saran dari peneliti ditujukan kepada guru bahasa Indonesia adalah media ini dapat digunakan sebagai awal pembukaan materi teks prosedur kompleks karena didalam media video ini sudah terdapat paparan materi dan juga contoh-contoh dari teks prosedur kompleks kemudia saran juga ditujukan kepada pengembang selanjutnya yakni media ini bisa dijadikan referensi tetapi alangkah baiknya apabila media ini disempurnakan lagi dan memakai teks lain yang belum dikembangkan dan semoga media ini bisa bermanfaat bagi pengembang selanjutnya. Kata kunci: Media ajar, Teks Prosedur Kompleks, Video Pembelajaran
PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING ALIH WAHANA SKENARIO FILM PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA Wahyu Defi Belivasari
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstak: Perkembangan dalam dunia pendidikan dan juga pembelajaran saat ini kian pesat seiring dengan perkembangan budaya juga teknologi. Mengembangkan bahan ajar pada Kurikulum 2013 merupakan satu dari sekian kompetensi yang harus dimiliki guru. Oleh karena itu sebagai penunjang buku pendamping juga diperlukan selain buku utama. Penelitian berjudul “Pengembangan Buku Pendamping Alih Wahana Skenario Film Pada Pembelajaran Teks Drama” ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kebutuhan guru dan siswa terhadap buku pendamping Bahasa Indonesia menulis teks drama untuk siswa SMP/MTs kelas VIII, (2) proses pengembangan buku pendamping Bahasa Indonesia menulis teks drama untuk siswa SMP/MTs kelas VIII, dan (3) kelayakan produk buku pendamping Bahasa Indonesia menulis teks drama untuk siswa SMP/MTs kelas VIII.Model pengembangan ini menggunakan rancangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahap yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain uji coba menggunakan 25 siswa, kemudian subjek uji coba produk menggunakan 15 siswa beserta guru Bahasa Indonesia terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk data verbal juga nonverbal berupa komentar dan saran dan kuantitatif untuk data numerik berupa hasil uji validasi. Validasi di lapangan yang didapatkan dari angket respon guru dan respon siswa menunjukan hasil sangat setuju dengan adanya buku pendamping ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku pendamping yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan pada pembelajaran.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI BATU Andriadin Andriadin; Nur Fajar Arief; Hasan Busri
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Banyak petuah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, buku adalah jalan pembuka untuk ilmu pengetahuan karena dengan buku kita mampu mengetahui hal yang belum kita ketahui menjadi kita ketahui. Buku merupakan sekumpulan kertas yang berisi informasi, sekumpulan informasi itu apabila memuat sesuatu ilmu tertentu dinamakan materi, tak terkecuali di dunia pendidikan. Buku merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII. Produk yang akan dihasilkan dalam penelitian ini adalah materi bahan ajar berbentuk buku. Setelah adanya peengembangan bahan ajar, siswa diharaapkan mampu menduukung progrram pembelajaran pada teks deskripsi.Model pengembangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P (model 4-P), yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pada pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik bahan ajar teks deskripsi dapat menambah pemahaman, pengetahuan, dan wawasan yang lebih luas tentang materi teks deskripsi dengan aktivitas belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dari hasil validasi ahli materi menunjukan nilai 85% hal ini berarti bahan ajar layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Angket yang digunakan dalam menilai kegrafikan bahan ajar 22 butir pernyataan yang harus diisi oleh ahli rancangan dan model pembelajaran setelaah membaca buku ajar yang  sudah diberikan oleh pengajar. Bahan ajar yang dikembangkan dapat disiimpulkan persentase 87% menunjukkan bahwa bahan ajar cukup valid dan perlu adanya revisi. Setelah bahan ajar ini dinyatakan valid oleh validasi ahli dan praktisi, selanjutnya buku ajar Mari Belajar Kreatif Dengan Teks Deskripsi diujicobakan kepada siswa dan divalidasi dengan menggunakan angket respon siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi. Dari hasil analisis angket respon siswa 87% siswa sangat setuju bahasa yang digunakan dalam buku mari belajar kreatif dengan teks deskripsi. Dalam penelitian ini dikembangkan bahan ajar teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik yang valid dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan pengembangan 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dari hasil analisis angket respon guru diperoleh nilai 85,1% hal ini menunjukan bahwa bahan ajar layak diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya teks deskripsi.
ANALISIS KESESUAIAN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PINTU RIME GAYO BENER MERIAH Al Insan; Akhmad Tabrani; Luluk Sri Agus Prasetyoningsih
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Bahasa dapat diartikan sebagai media komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jika tidak ada bahasa, maka manusia tidak dapat mengutarakan keinginannya. Begitu pula di dalam pembelajaran di sekolah membutuhkan bahasa sebagai media komunikasi. Begitu pula di dalam buku pelajaran yang digunakan oleh peserta didik, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga buku pelajaran yang digunakan harus sesuai dengan standar perbukuan (Pusbuk).Tujuan analisis ini untuk mendeskripsikan: (1) Kesesuaian isi atau materi buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo, (2) Kesesuaian penyajian buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime, (3) Kesesuaian bahasa yang ada di buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo, dan (4) Kesesuaian kegrafikan buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo.            Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yang bersifat uraian-uraian fakta yang sistematis dan akurat. Penelitian ini disebut sebagai (Library Research) atau penelitian kepustakaan di mana dilakukan pengumpul data-data dari jurnal, buku, artikel dan karya ilmiah lainnya. Penelitian ini mengambil data dari buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP/ MTs kelas VIII karya M. Wahyudianto. Buku ini digunakan oleh salah satu sekolah di daerah Aceh, yaitu SMPN 2 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah.Hasil dari analisis kesesuaian buku pelajaran ini berdasarkan standar dari Pusat Perbukuan adalah sesuai jika digunakan pada jenjang SMP dengan kurikulum 2013. Kesuaian ini dari segi: (1) Isi atau materi, yang meliputi: kesesuaian kompetensi inti dan kompetensi dasar, perkembangan siswa, kebutuhan bahan ajar, wawasan dan nilai moral dengan presentase kesesuaian mencapai 94,8%; (2) Penyajian Buku Pelajaran, yang meliputi: Kejelasan tujuan indikator, motivasi/ daya tarik, interaksi siswa, informasi buku pelajaran dan urutan sajian dengan presentase kesesuaian seluruhnya mencapai 91,6%, (3) Bahasa, yang meliputi: keterbacaan, kejelasan informasi, kaidah Bahasa Indonesia dan bahasa yang efektif dan efisien dengan presentase keseluruhan mencapai 100%, dan (4) Kegrafikan, yang meliputi aspek penggunaan jenis dan ukuran huruf, kesesuaia tata letak (Lay Out), kesesuaian ilustrasi, gambar dan foto serta kesesuaian desain tampilan dengan presentase keseluruhan kesesuaian mencapai 86,25%.Simpulan hasil penelitian berikut dapat dikemukakan bahwa berdasarkan analisis kesesuaian penggunaan buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII semester I karya M. Wahyudianto ini telah memenuhi kriteria kesesuaian berdasarkan standar perbukuan untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMPN 2 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Kata kunci: Analisis, Buku Bahasa Indonesia, Kesesuaian
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PLATFORM GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI Indra Nurdianto
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa mengenai media pembelajaran komik digital berbasis platform google classroom pada materi menceritakan kembali isi teks biografi secara tertulis, mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis platform google classroom berdasarkan spesifikasi produk yang meliputi wujud, isi, sistematika, bahasa, dan grafika, mendeskripsikan kevalidan atau kelayakan media pembelajaran komik digital berbasis platform google classroom, serta mendeskripsikan keefektifan penggunaan media pembelajaran komik digital berbasis platform google classroom.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedural. Model pengembangan ini terdiri dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, revisi desain, validasi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan diseminasi. Uji validasi media dilakukan dengan meminta penilaian pada dosen pascasarjana bahasa Indonesia, sedangkan uji coba produk dilakukan dengan meminta penilaian pada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IIS 1 MA Almaarif Singosari secara acak.Hasil penelitian pengembangan ini meliputi empat hal. Pertama, berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan bahwasannya pengembangan media komik digital biografi B.J. Habibie berbasis platform google classroom sudah sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dalam aspek pembelajaran maupun aspek media. Kedua, berdasarkan hasil validasi tim ahli bahwasannya media pembelajaran komik digital biografi B.J. Habibie berbasis platform google classroom yang dikembangkan sudah sesuai dengan spesifikasi produk yang meliputi wujud, isi, sistematika, bahasa, dan grafika. Ketiga, hasil uji coba produk pada tim ahli (materi dan media), guru, serta siswa secara berurutan menunjukkan persentase tingkat kevalidan atau kelayakan produk mencapai 81,25%, 85,52%, 83,75%, dan 82,88%. Keempat, uji efektivitas penggunaan produk menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen berdasarkan uji statistik Mann Whitney dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.Saran pemanfaatan produk media pembelajaran komik digital biografi B.J. Habibie berbasis platform google classroom ditujukan bagi guru bahasa Indonesia, siswa, dan peneliti lain. Petama, guru bahasa Indonesia agar memanfaatkan produk ini sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan sesuai dengan minat siswa. Kedua, siswa kelas X agar menggunakan produk ini sebagai stimulus yang memudahkan dalam menceritakan kembali isi teks biografi secara tertulis. Ketiga, peneliti lain agar menjadikan produk ini sebagai pedoman atau pertimbangan dalam melakukan penelitian pengembangan selanjutnya dengan materi yang lebih lengkap. Kata Kunci: pengembangan, komik digital, google classroom, teks biografi.
PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI AFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP AN NUR AL-MUNTAHY Kinanatul Fahriyah
NOSI Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
Publisher : NOSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan kemampuan menulis dalam pembelajaran teks fabel untuk siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy, dan mampu memperoleh penggunaan strategi afektif deskriptif yang obyektif, seperti serta mampu memperoleh deskriptif objektif tentang kemampuan membaca dan menulis siswa. Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan jawaban yang pasti dari kemungkinan adaiatau tidaknyadpengaruhaantara penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto menggunakan analisis data uji One Way Annova untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel siswa kelas VII An Nur Al-Muntahy Senior hight Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. siswa. Karena hasil penelitian menunjukkan nilai menggunakan strategi afektif memperoleh jumlah (sum2378), dengan skor rata-rata 82, dan skor tertinggi 97 sedangkan skor terendah adalah 70. Selanjutnya, pada tahap pemberian kemampuan membaca untuk sampel atau siswa yang dilakukan melalui memberikan tes tertulis pemahaman membaca, menunjukkan nilai kemampuan membaca dengan angka (≤2531), dengan nilai rata-rata 74 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 85 sedangkan nilai paling ringan mencapai 56. Kemudian dalam tahap pengujian kemampuan menulis dilakukan dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk tugas menyusun cerita fabel, menunjukkan nilai kemampuan menulis (∑2255) dengan nilai rata-rata 78 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 95 sedangkan yang paling ringan nilai yang dicapai 60. Selanjutnya, data tentang hasil penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis dilakukan oleh tes One Way Annova dengan menganalisis menggunakan SPSS.20 dilakukan dua kali pada masing-masing kemampuan kemampuan membaca dan menulis. Dari hasil analisis statistik menggunakan uji OneWay Annova dapat dilihat bahwa nilai sig dalam tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan membaca adalah 0,005 <0,05, sedangkan nilai sig pada tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan menulis yaitu 0,005 <0,05. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel.Setelah itu untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kedua kemampuan tersebut, perlu dilanjutkan dengan Tes Post-Hoc dengan menggunakan Tukey dan Bonferroni.Jika dilihat dari nilai Sig pada masing-masing analisis data di atas yaitu pada kemampuan membaca 0.000<0.05 dan pada kemampuan menulis 0.005<0.05emaka dapat ditarikhkesimpulan bahwa penggunaan strategi afektif lebih tinggi pengaruhnya terhadap kemampuan membaca khususnya pada pembelajaran teks fabel bagi  peserta didik di kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. Kata kunci: Strategi Afektif, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis, Teks Fabel

Page 1 of 2 | Total Record : 15