cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 5 Documents clear
Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Praktik Lesson Study Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di MAN 1 Kota Malang ALISA KHOIRUNNISA'
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.405 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang  jenis dan fungsi tindak tutur antara guru dan siswa yang ada di kelas X MAN 1 Kota Malang saat praktik lesson study mata pelajaran Bahasa Indonesia dan fungsi tindak tutur pada tuturan guru dan siswa saat praktik lesson study mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas X di MAN 1 Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah  kegiatan praktik lesson study  mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan secara daring dan objek penelitian ini adalah tindak tutur guru dan siswa pada proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan meliputi: 1) tahap rancangan penelitian, 2) tahap pelaksanaan penelitian, 3) tahap pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat dua belas jenis tindak tutur yang digunakan guru di MAN 1 Kota Malang yaitu tindak tutur pengantar, pemancingan, pemeriksaan, arahan, informasi,dorongan, penunjukkan, balasan, petunjuk, pengakuan, penilaian dan penyimpulan. Fungsi tindak tutur yang ditemukan dalam penelitian ini terdapat enam fungsi tindak tutur diantaranya fungsi menginformasikan, fungsi memerintah, fungsi bertanya bertujuan, fungsi memuji, fungsi berterimakasih, dan fungsi meminta maaf.Kata Kunci : tindak tutur, guru, siswa, lesson study, bahasa Indonesia.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PODICSI UNTUK MENDUKUNG DAYA SIMAK SISWA PADA TEKS PUISI KELAS X MAN KOTA BATU Yuli Ati H. Abdulloh
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.96 KB)

Abstract

Keterampilan menyimak penting untuk dimiliki siswa baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan dapat memperoleh informasi atau pemahaman dengan baik. Akan tetapi dalam kegiatan pembelajaran daring, daya simak siswa menurun yang diakibatkan berbagai macam faktor diantaranya adalah media yang digunakan oleh guru kurang mendukung. dimana dalam kegiatan belajar mengajar media sangat diperlukan guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih mudah dipahami dan menyenangkan.
MODEL PEMBELAJARAN DARING BIPA TINGKAT NOVICE BAGI SISWA ASING MUSLIM SANTHITAM NAKHON SI THAMMARAT THAILAND DI MASA PANDEMI Nuri Karomah Kamilia; Dyah Werdiningsih; Moh. Badrih
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.562 KB)

Abstract

Abstrak: Proses yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi yang dikhusukan untuk pelajar asing, dalam hal itu dibutuhkan cara bagi seorang pengajar untuk menyampaikan materi sehingga dipilihlah model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran terutama model pembelajaran yang dapat direalisasikan di masa pandemi. Namun, penyebaran pandemi virus corona telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran daring BIPA di masa pandemi merupakan cara khusus dalam menyampaikan materi, karena dalam hal ini pengajar BIPA melakukan beberapa modivikasi atau inovasi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran yang berbeda pada proses pembelajaran dengan pendekatan kualitatif deskripstif jenis studi kasus. Hasil penelitian yaitu (1) model perencanaan pembelajaran daring BIPA, (2) model pelaksanaan pembelajaran daring BIPA dan (3) model evaluasi pembelajaran daring BIPA. Hal ini ditujukkan dari langkah-langkah pembelajaran dari data yang sudah di peroleh dan diamati. Kata Kunci: Model Pembelajaran, BIPA tingkat novice, Masa Pandemi
EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI (SISWA KELAS X SMAN 1 KUTOREJO) Erien Fatmiyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.662 KB)

Abstract

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang pada umumnya digunakan oleh manusia sehingga bahasa bagian dari unsure terpenting dalam kehidupan. Pembelajaran bahasa Indonesia adalah bahasa yang pada umumnya digunakan orang Indonesia. Keterampilan bahasa Indonesia pada umumnya terdiri dari 4 yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Oleh karena itu penelitian ini akan memfokuskan salah satu keterampilan bahasa Indonesia yaitu menulis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bagaimanakah kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Kutorejo dengan menggunakan metode konvensional, (2) bagaimana kemampuan menulis puisi siswa kelas X  SMAN 1 Kutorejo  dengan menggunakan metode mind mapping, dan (3) Bagaimana efektivitas metode mind mapping dalam menulis puisi pada siswa kelas X SMAN 1 Kutorejo. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan jika terjadi peningkatan dan keefektifan menulis puisi dengan menggunakan mind mapping. Telah terbukti berdasarkan hasil nilai posttest yang sesuai KKM kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional terdapat 8 siswa sedangkan kelas eksperimen menggunakan metode mind mapping  terdapat 23. Hal ini membuktikan jika kelas eksperimen dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan menulis puisi dan lebih efektif.
EFEKTIVITAS METODE PEMODELAN DALAM JARINGAN SEBAGAI SALAH SATU MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR PADA KELAS INKLUSI MAN 3 JOMBANG Firdaus Ramadhan Syarif
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.003 KB)

Abstract

Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) adalah model pembelajaran yang menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa yang bertujuan membekali siswa dengan pengetahuan yang secara fleksibel dapat diterapkan atau ditransfer dari suatu permasalahan yang satu ke permasalahan yang lain dan dari konteks satu ke konteks yang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue