cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 9 Documents clear
KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA MAKALAH MAHASISWA BIDANG AGAMA ISLAM 1 Lia Lutfia N
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.433 KB)

Abstract

Abstrak: Pentingnya Ejaan dalam karya ilmiah, agar penulisannya dapat tertata dengan rapi sesuai panduan. Namun demikian, dalam penggunaan bahasa ada saja seseorang yang mengalami kesalahan dalam penggunaan ejaan. Analisis kesalahan berbahasa mempunyai berbagai tujuan dan manfaat, baik yang bersifat linguistis, praktis, politis, sosiokultural, dan sebagainya, yang bisa dipergunakan dalam proses pembelajaran bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf, unsur serapan, tanda baca, dan kata depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) ditemukan adanya 35 kesalahan penggunaan huruf, (2) ditemukan adanya 14 kesalahan penggunaan unsur serapan, (3) ditemukan adanya 19 kesalahan penggunaan tanda baca, dan (4) ditemukan adanya 9 kesalahan penggunaan kata depan.Kata Kunci: kesalahan, ejaan, makalah mahasiswa.
DILEMA PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN JANNA KARYA OKY E. NOORSARI Halimatus Sa'diah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.32 KB)

Abstract

Abstrak: Dilema merupakan kondisi kejiwaan seseorang yang mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, dimana kedua pilihan tersebut sukar untuk dipilih. Adapun permasalahan yang membuat tokoh utama mengalami dilema yaitu adanya keharusan memilih diantara dua pilihan yang keduanya sama-sama tidak mudah untuk dipilih, baik dalam hubungan percintaan, lingkungan keluarga, dan di tengah impitan ekonomi. Bentuk dilema yang dihadapi oleh tokoh utama, seperti: kebimbangan, takut, keraguan, tidak tenang, dan kegelisahan. Penelitian ini memaparkan bentuk dilema tokoh utama dengan menggunakan bantuan teori psikoanalisis terkait struktur kepribadian yang meliputi id, ego, dan superego untuk menyingkap keadaan jiwa tokohnya yang mengalami dilema. Kata Kunci: dilema, id, ego, superego
FENOMENA GENRE TEKS PUISI PASCA PANDEMI DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER Putri Amalia
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.679 KB)

Abstract

Abstrak: Fenomena yang terjadi pada saat ini, salah satunya media sosial, tidak sedikit orang yang aktif dalam media sosial, bahkan media sosial saat ini menjadi konsumsi pokok bagi setiap orang. Pandemi covid-19 membawa banyak fenomena yang terjadi, salah satunya dalam dunia maya khususnya pada media sosial twitter. Pada saat ini, puisi semakin diminati oleh semua kalangan penikmat karya sastra. Dahulu dimana puisi hanya diminati oleh para penyair-penyair dan kalangan-kalangan yang berkecimpung dalam dunia sastra saja. Begitupun pada saat ini puisi diminati dari berbagai kalangan, seiring perkembangan zaman pemublikasian puisi tidak hanya dalam bentuk buku namun sesuai dengan perkembangan, pemublikasian puisi saat ini dapat di jangkau seperti dalam intenet. Di internet puisi-puisi apapun dapat di akses, oleh karena itu terdapatnya media sosial yang mewadahi karya-karya sastra tidak hanya puisi saja. Berikut merupakan unsur-unsur pembangun dalam teks puisi meliputi tema/makna, diksi, pengimajinasian, tipografi. Terdapat ragam dalam puisi sebagai berikut: puisi elegi, puisi lirik, puisi ode, puisi dramatik.Kata Kunci: Fenomena Genre, Teks Puisi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA INSPIRATIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BANGOREJO BANYUWANGI Novita Hidayatun Nisa
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.836 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita inspiratif melalui model pembelajaran Time Token Arends siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi; dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis cerita inspiratif melalui model pembelajaran Time Token Arends pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia kelas IX, pengamatan aktivitas guru (peneliti), pengamatan aktivitas peserta didik kelas IX-D pada pembelajaran menulis cerita inspiratif, dan dokumentasi. Data kuantitaif diperoleh dari hasil tes menulis cerita inspiratif melalui model pembelajaran Time Token Arends. Peningkatan proses pembelajaran menulis cerita inspiratif dibuktikan dengan keaktifan, kepedulian, bertanggung jawab, dan kemandirian peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan hasil belajar menulis cerita inspiratif melalui model pembelajaran Time Token Arends dibuktikan dengan data penelitian hasil menulis cerita inspiratif pada pratindakan nilai rata-rata menulis cerita inspiratif peserta didik sebesar 61,72 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 20,68%. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata menulis cerita inspiratif peserta didik sebesar 80,86 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 82,75%. Pada tindakan siklus II terjadi peningkatan secara signifikan nilai rata-rata menulis cerita inspiratif peserta didik sebesar 96,55 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 100%.Kata Kunci : menulis, teks cerita inspiratif, time token arends
Analisis Perilaku Tokoh Utama Penderita Alexithymia dalam Novel Almond Karya Sohn Won Pyung Thoiah Amaliyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.08 KB)

Abstract

Abstrak: Novel Almond karya Sohn Won Pyung merupakan novel remaja terjemahan asal Korea Selatan. Sohn Won Pyung sebagai penulis menggambarkan seorang tokoh penderita Alexithymia, yakni sebuah penyakit di mana seseorang kesulitan untuk mengidentifikasi emosi dirinya dan orang lain. Novel ini menceritakan bagaimana perilaku tokoh utama penderita Alexithymia dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapinya dengan cara yang menarik dan detail. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku tokoh utama dalam novel Almond menggunakan teori psikoanalisis struktur kepribadian Sigmund Freud yang terdiri dari id, ego, dan super ego dan menganalisis karakteristik perilaku Alexithymia dari tokoh utama. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa perilaku ceroboh dan antipati dipengaruhi oleh id. Perilaku perhatian, empati, dan rendah hati dipengaruhi oleh ego. Sedangkan perilaku jujur, peduli, simpati, menolong, dan setia kawan dipengaruhi oleh super ego. Adapun karakteristik Alexithymia yang ditunjukkan oleh tokoh utama adalah kesulitan dalam mengidentifikasi dan menggambarkan perasaan, kesulitan membedakan antara perasaan dan reaksi tubuh yang berasal dari dorongan emosional, proses imajinasi yang terbatas, dan gaya kognitif yang berorientasi eksternal.Kata Kunci: psikologi sastra, tokoh utama, Alexithymia, novel Almond
Alih Kode Pada Podcast Puella Id Siti Aisyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.451 KB)

Abstract

Abstrak: Percakapan Cinta Laura dan Coki Pardede pada podcast Puella Id merupakan gambaran berbahasa masyarakat dwibahasa. Podcast ini berisikan informasi dan diskusi dua arah tentang pemberdaaan perempuan, dan kaum muda serta hal yang sedang hangat di bicarakan. Penelitian yang berjudul “Alih Kode pada podcast Puella Id” terdapat indikasi alih kode pada kanal podcast tersebut. Oleh karena itu bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab alih kode dalam komunikasi Cinta Laura dan Coki Pardede saat proses pembicaraan yang bertemakan ‘Pilih Penjara Dibandingkan Diam dan Tertekan Seumur Hidup”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. hasil analisis data penelitian mengenai bentuk alih kode pada podcast Puella Id ditemukan berupa bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Bentuk alih kode pada podcast Puella Id berupa alih kode eksternal. Penyebab terjadinya alih kode didominasi oleh penutur, mitra tutur, pokok pembicaraan.Kata Kunci: Alih kode, bentuk, penyebab, podcast Puella Id
HEGEMONI KEKUASAAN DALAM NOVEL “PULANG PERGI” KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Dhea Widya Purnamasari
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.096 KB)

Abstract

Abstrak: Ketika menghubungkan karya sastra dengan masyarakat maka kita akan memahami karya sastra dari sudut pandang sosiologi sastra. Dalam sosiologi sastra terdapat berbagai teori yang dapat digunakan. Salah satunya adalah teori hegemoni. Sehubungan dengan itu, maka kehidupan sosial dalam masyarakat selalu menghadirkan kekuasaan yang kemudian menimbulkan penindasan. Adapun kekuasaan yang ada pada masyarakat berada pada pimpinan terhadap bawahan, hal tersebut dapat ditemukan dalam karya sastra. Novel Pulang Pergi karya Tere Liye adalah novel yang mengangkat kisah skandal, konspirasi dan politik serta menceritakan tentang tokoh penguasa yang melakukan dominasi terhadap tokoh lainnya. Berdasarkan hal itu, penelitian dengan judul Hegemoni Kekuasaan dalam novel Pulang Pergi karya Tere Liye ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk hegemoni yang ada di dalam novel Pulang Pergi dan relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Dimana dalam penelitian ini bisa diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII dalam KD 3.9 dan 4.9 dan juga dapat membentuk pendidikan karakter siswa.Kata Kunci: Ideologi, Hegemoni, Pembelajaran 
PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 02 TALUN Hidayatullah Hidayatullah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.708 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media video pembelajaaran dan mendeskripsikan implikasi setelah menerapkan media video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini ada tiga proses yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Upaya yang harus didapatkan dalam penelitian ini, peneliti harus benar-benar mengambil data dari lapangan sesuai prosedur yang sudah dibuat. Penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan media video pembelajaran dan mempunyai dua rumusan masalah yakni Bagaimakan pemanfaatan media video pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 02 Talun dan Bagaimana implikasi media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 02 Talun. Berdasarkan data yang sudah diambil di sekolah SMP Negeri 2 Talun kelas VIIA, media video pembelajaran sangat membantu proses pembelajaran yang diajarkan yakni mata pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi Teks Berita. Siswa semakin aktif dalam berdiskusi, suasana kelas menjadi kondusif, siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan pendapat, capaian belajar siswa sangat meningkat dibandingkan dengan tidak menggunakan media video pembelajaran.Maka dari itu media video pembelajaran di sekolah SMP Negeri 02 Talun mampu minat belajar siswa.Kata Kunci: Kualitatif, deskriptif, Pemanfaatan media video pembelajaran dan implikasi
Tindak Tutur Komisif Pada Web Series Layangan Putus (Tinjauan Pragmatik) Ayu Nur Rosyidah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.377 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Tindak Tutur Komisif Pada Web Series Layangan Putus (Kajian Pragmatik)” yang mengkaji mengenai tindak tutur komisif dari percakapan antar tokoh dan respon mitra tutur pada Web Series Layangan Putus. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur komisif yang digunakan pada web series Layangan Putus dan Mendeskripsikan respon mitra tutur terhadap tindak tutur komisif dalam web series Layangan Putus. Penelitian ini menghasilkan berbagai macam bentuk pengunaan tuturan komisif dan respon mitra tutur dalam Web Series Layangan Putus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitaitif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan deskriptif karena dalam penelitian ini tidak mencari data berupa angka, melainkan mencari data berupa deskripsi berbentuk dialog percakapan yang ada dalam Web Series Layangan Putus. Hasil penelitian ini ditemukan 53 data tuturan pada Web Series Layangan Putus, terdapat 7 tuturan komisif berniat, 10 tuturan komisif berkesanggupan, 7 tuturan komisif berjanji, 2 tuturan komisif mengancam, 2 tuturan komisif bersumpah dan 25 tuturan komisif menawarkan, pada Web Series Layangan Putus ini tidak ditemukan tuturan komisif berkaul. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini dapat diketahui bahwa tuturan komisif yang paling mendominasi pada web series layangan putus ini adalah tuturan komisif menawarkan, dimana ditemukan data sebanyak 25 tuturan dari 53 data. Kata Kunci : Tindak tutur komisif, pragmatik, web series Layangan Putus

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue