cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
ISSN : 28301072     EISSN : 28301080     DOI : https://doi.org/10.55784/jupenji
JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris. Terbit empat kali dalam setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia" : 7 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023 Astuti Solong; Muh. Nasir; Ferawati Ferawati
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan desain posttest control group design, sampel penelitian berjumlah 22 orang siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 5 Kota Bima tahun pelajaran 2022/2022.
Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara Tahun Pelajaran 2022/2023 Nurul Hatimakausarina; Mei Indra Jayanti; Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.247

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode gallery walk dalam meningkatkan motivasi belajar  dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan reflesksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 23 orang. Instrument yang digunakan adalah angket motivasi dan soal tes hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi siklus I nilai total skor angket motivasi belajar dari dari 23 siswa sebesar 1074 atau 58% di kategorikan kurang tinggi. Sedangkan data hasil observasi siklus II ada peningkatan nilai angket motivasi belajar sebesar 1105 atau 60% di katagorikan cukup tinggi. Sementara hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 12 orang siswa yang tuntas dengan nilai presentasi ketuntasan klasikal 52% dikategorikan tidak tuntas, maka dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II ada peningkatan jumlah siswa yang tuntasyaitu sebanyak 20 orang siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 87% dikategorikan tuntas.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Kelas Aves Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Kinerja Siswa Kelas X SMA Pirdani Pirdani; Muhammad Zaini; Kaspul Kaspul
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.287

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa agar memiliki kemampuan berpikir kritis. Salah satu usaha yang diperlukan pendidik agar melatih keterampilan berpikir kritis siswa adalah menyediakan perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Peserta Didik. Tujaun penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektivan E-LKPD subkonsep kelas aves. Metode penelitian dengan desain Tessmer, yaitu: 1) Expert review; 2) One to one evaluation; 3) Small group evaluation; Subjek dari vaidasi meliputi 3 orang ahli, Subjek dari uji perorangan 3 orang siswa kelas X SMAN 1 Alalak, dan subjek dari uji kelompok kecil 4 orang siswa kelas X SMAN 1 Alalak. Hasil dari penelitian yaitu: 1) validitas E-LKPD dengan skor 3.44 (kategori valid); 2) kepraktisan isi E-LKPD dengan skor 3.98 (kategori baik), dan kepraktisan harapan dari E-LKPD dengan skor 96.43% (kategori sangat baik); 3) keefektifan harapan E-LKPD dengan skor 86.52% (Kategori sangat baik). keefektifan harapan E-LKPD juga di tunjang dengan keterampilan kinerja dengan skor 93.75% (kategori sangat baik).
Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Berorientasi Hots Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Di SMP Negeri 2 Kajoran Tahun Pelajaran 2021/2022 Sri Woro
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.305

Abstract

Kegiatan penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan oleh kepala sekolah yaitu belum semua guru di SMP Negeri 2 Kajoran memahami penyusunan soal berorientasi HOTS dengan baik. Penelitian ini difokuskan pada upaya meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 2 Kajoran dalam menyusun berorientasi HOTS melalui kegiatan In House Training (IHT). Subjek penelitian adalah semua guru mata pelajaran SMP Negeri 2 Kajoran yang jumlah 18 orang. Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi selama penelitian, kompetensi guru dalam menyusun soal berorientasi HOTS menunjukkan peningkatan, dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata hasil kinerja guru setelah mengikuti kegiatan IHT. Persentase jumlah guru dalam menyusun soal berorientasi HOTS meningkat menjadi 77,78% pada Siklus I padahal pada Pratindakan baru mencapai 44,44%, dan semakin meningkat pada Siklus II mencapai 100,00%. Sehingga disimpulkan bahwa kegiatan IHT dapat meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 2 Kajoran dalam menyusun soal berorientasi HOTS pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Konseling Individual Dengan Pendekatan Realita Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Upau Tahun Ajaran 2019/2020 Mustianah Mustianah
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.349

Abstract

Disiplin merupakan salah satu kecakapan hidup yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Adapun penelitian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib melalui konseling individual dengan pendekatan realita peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Upau. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini didapatkan hasil bahwa Konseling Individual dengan Pendekatan Realita dapat Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik dalam menaati Tata Tertib Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Upau. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Konseling Individual dengan Pendekatan Realita untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Konseling Individual dengan Pendekatan Realita yang lebih menarik dan bervariasi.
Pengaruh Penggunaan Metode Pengajaran Terarah Dalam Pembelajaran IPS Materi Kondisi Penduduk Indonesia Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Upau Kabupaten Tabalong Tahun Pelajaran 2021/2022 Winarsih Winarsih
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.350

Abstract

Metode pembejaran terarah merupakan salah satu metode pembejaran yang dapat membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada membaca peta lingkungan setempat setelah diterapkannya pengajaran berbasis tugas proyek dan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar peserta didik pada kondisi penduduk Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Upau tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan ke 1, Siklus I pertemuan ke 2, Siklus II pertemuan ke 1 sampai Siklus II pertemuan ke 2 secara beturut-turut adalah 69%, siklus 81%, 87%  92%. Sehingga dari hal tersebut penerapan metode pembelajaran terarah pada materi ilmu pengetahuan sosial terkait kondisi penduduk Indonesia memiliki dampak yang baik bagi prestasi peserta didik.
Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Ikan Familia Bagridae Di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala Pada Konsep Animalia Winda Ariyanti Winda; Hardiansyah Hardiansyah; Mahrudin Mahrudin
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.373

Abstract

Pengembangan bahan ajar sangat diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran di sekolah terutama yang berbasis potensi lokal. Pembelajaran Biologi merupakan pembelajaran yang sangat erat kaitannnya dengan alam, salah satunya adalah mengenai keragaman fauna. Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala merupakan wilayah yang memiliki lahan basah seperti rawa, sawah dan sungai yang memiliki keragaman makhluk hidup salah satunya adalah ikan. Ikan salah satu sumber zat gizi bagi tubuh manusia yaitu sebagai salah satu sumber protein. Juga bisa sebagai penunjang pembelajaran dalam bentuk sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini yaitu keanekaragaman ikan familia Bagridae di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala serta mendeskripsikan uji validitas dan uji keterbacaan E-Booklet keanekaragaman ikan familia Bagridae di kawasan Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala sebagai bahan ajar materi konsep animalia di SMA. Metode penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall dengan langkah yaitu research and Information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, and main product revision. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ditemukan 3 jenis ikan familia Bagridae yaitu Mystus nigriceps, Mystus gulio, dan Mystus nemurus. Hasil uji validitas diperoleh nilai sebesar 91,48% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan diperoleh nilai sebesar 93,33% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji tersebut maka produk E-Booklet dapat digunakan di SMA sebagai bahan ajar pada konsep Animalia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7