cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
ISSN : 28301072     EISSN : 28301080     DOI : https://doi.org/10.55784/jupenji
JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris. Terbit empat kali dalam setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia" : 9 Documents clear
Desain Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi TikTok Pada Pembelajaran Membaca Teks Berita Siswa SMP Hindasyah Putri; Yesi Maylani; Sary Sukawati
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.811

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, terutama ketika mengungkapkan atau mempresentasikan suatu topik yang aktual, salah satunya yaitu membaca teks berita. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fakta, bahwa keterampilan membaca teks berita siswa masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran berbasis projek dengan memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca teks berita pada siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Langkah-langkah pengambilan data dalam penelitian ini, yaitu 1) mewawancarai guru SMP kelas VIII, 2) menyebarkan angket pada siswa SMP kelas VIII, dan 3) menganalisis data hasil wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan siswa ketika membaca teks berita masih sangat rendah. Model Project Based Leraning berbantuan aplikasi TikTok memenuhi kriteria dari penggunaan media pembelajaran, sehingga dinilai layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penggunaan aplikasi TikTok bisa mengoptimalkan kemampuan membaca teks berita yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
LCD Imitation Media As a Learning Support in Improving Children's Creative Thinking Skills Siti Rohmatul Jannah; Maulida Rizqi Istiqomah; Savira Aisah Purwandini; Faiqotul Hima Mahfidah; Novita Ahriani; Julianto Julianto; Heru Subrata; Suprayitno Suprayitno
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.862

Abstract

The development of education in the 21st century encourages educators to do various creative ways in designing learning media. Not only required to be creative in designing learning media, but also required to be creative in utilizing the items around us. What is expected with the existence of learning media is to be able to increase the creativity of teachers and students in comfortable and effective learning. It would be much better if the designed media was able to utilize used items in the local environment. So that it can educate about environmental care attitudes to students. The purpose of this writing is to introduce LCD imitation media and educate the use of used goods as a medium to support learning and can improve students' creative thinking skills. The method used is a literature study that takes data from various sources of articles, journals and books offline and online. This LCD imitation media had participated in exhibitions held in the department. From the exhibition, researchers received feedback from student visitors and lecturers, and received a very constructive response in the development of this LCD imitation media for the better.
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Gaya Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Dalam 7 Siti Uswatun Khasanah; Sunarno Sunarno
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.874

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran karena bosan, kurangnya kerjasama siswa, dan siswa tidak mendapat pengalaman langsung dalam belajar. Maka dari itu penulis menggunakan model Problem Based Learning untuk memecahkan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari aktivitas guru, aktivitas siswa, serta peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Kelayan Dalam 7 menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 1 pertemuan. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian yang sudah dilakukan dalam 2 siklus terbukti dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 mencapai kriteria “Sangat Baik”, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria “Aktif” dan pada siklus II telah mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Kemudian untuk hasil belajar yang diperoleh siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik memperoleh ketuntasan mencapai 100%. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya.
Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Nova Dwi Pratiwi Sulastri; Elpisah Elpisah; Kasmawati Kasmawati; Roshayati Roshayati; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar pendidikan dengan menerapkan model pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas Biologi B pada mata kuliah Pengantar Pendidikan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan penggunaan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Pendidikan Kelas Biologi B Universitas Patompo. Dengan rata-rata persentase aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 56.55%dan pada siklus II meningkat menjadi 81.55%. Jadi dari siklus I kesiklus II aktivitas belajar siswa meningkat sebanyak 25.00%. Selain itu penggunaan model pembelajaran interaktif juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dengan rata-rata nilai hasil post test mahasiswa pada siklus I sebesar 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 81.43. Jadi dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat sebanyak 11.43.
Membangkitkan Semangat Sikap Nasionalisme Pada Siswa MAN 1 Medan: Analisis dan Strategi Inovatif Fazril Anshari; Ramsul Nababan; Andreas Tampubolon; Hanifa Putri Ramadhani; Naila Ghinaya Damanik; Shaerleen Naviry Br Kembaren
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.923

Abstract

Menurunnya nasionalisme di kalangan generasi muda semakin memprihatinkan di Indonesia akibat perkembangan teknologi dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menurunnya nasionalisme di kalangan generasi muda di Indonesia, khususnya siswa-siswi di MAN 1 Medan, akibat perkembangan teknologi dan globalisasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan observasi untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap nasionalisme, seperti mengikuti upacara bendera, menjaga kebersihan sekolah, bergotong royong, dan disiplin, sudah diterapkan oleh sebagian siswa-siswi. Namun, masih banyak yang belum menerapkan sikap nasionalisme tersebut karena karakter menyimpang yang diakibatkan oleh lingkungan. Untuk memperkuat semangat nasionalisme pada siswa-siswi, para guru telah menerapkan strategi inovatif, seperti mengenali bakat dan minat siswa-siswi, memahami karakter mereka, mengarahkan mereka untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan memberikan contoh yang baik. Semangat Nasionalisme pada kalangan remaja terutama siswa siswi MAN 1 Medan memanglah harus di tingkatkan karena jika tidak di tingkatkan maka akan membuat sikap nasionalismenya menurun, menurunnya nasionalisme dapat mengancam dan menghancurkan bangsa dari dalam, karena ketahanan nasional akan melemah dan mudah ditembus oleh pihak luar. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan rasa nasionalisme pada generasi muda melalui pendidikan dan strategi inovatif lainnya.
Analisis Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pedoman Membangun Sikap Toleransi Dalam Memperkuat Integrasi Bangsa Indonesia Di SMAN 12 Medan Anugerah Chrisjon Natalis Simanjuntak; Anjelika Andriani; Kanaka Wirasana Pradityo; Khairunnisa Wahidah; Taqiyyah Nabila Putri; Ramsul Nababan
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap toleransi pada siswa SMA, dengan studi kasus di SMAN 12 Medan. Bangsa Indonesia yang majemuk memerlukan toleransi untuk memperkuat integrasi nasional. Pendidikan kewarganegaraan memegang peranan penting dalam membentuk sikap toleransi siswa. Rumusan masalah, tujuan penelitian, dan kegunaan penelitian juga dijelaskan pada bagian pendahuluan. Tinjauan pustaka membahas hakikat pendidikan kewarganegaraan dan konsep sikap toleransi. Sikap individu terhadap suatu objek dapat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang dianutnya atau pengalaman hidupnya. Sikap terbentuk karena adanya pengetahuan dan pemahaman, serta dapat berubah karena adanya interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap toleransi di kalangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di SMAN 12 Medan memiliki kesadaran dan dukungan yang tinggi terhadap peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun sikap toleransi dan memperkuat integrasi nasional. Data kuantitatif menunjukkan bahwa mayoritas siswa mendukung pendidikan formal dan menganggap pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membangun sikap toleransi. Mayoritas siswa di SMAN 12 Medan meyakini peran positif sekolah dalam membentuk identitas persatuan, namun terdapat perbedaan pandangan. Tingginya dukungan terhadap integrasi nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman kewarganegaraan menunjukkan potensi besar sekolah sebagai agen perubahan positif dalam membentuk sikap toleransi dikalangan siswa.
Analisis Sikap dan Moral Siswa Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Di SMAN 18 Medan Andri Pratama Pencawan; Dhea Amanda Nasution; Nabila Syalita; Novita Sari; Ramsul Nababan
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.929

Abstract

Moral merupakan hal yang harus ddijaga dan dikembangkan setiap individu,untuk menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat dan bernegara.di ruang lingkup sekolah,kadangkala masih banyak kita lihat berita bahwasanya siswa tidak lagi menghormati guru,contohnya melawan guru ketika dinasehati,tidak mematuhi aturan sekolah,intoleran terhadap sesama,bolos,hal tersebut menunjukkan bahwasanya moral para siswa masih kurang baik.karena ada kalimat yang mengatakan tidak ada gunanya kamu pintar,kalo attiude-mu tidak ada.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis moral para siswa di SMAN 18 Medan dalam ruang lingkup sekolah,adapun jumlah respondennya adalah 30 orang.metode penelitian yang digunakan metode kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik,transparan dan mendalam.dari 10 pertanyaan kuisoner yang dibuat,total hasil jawaban responden yang memilih setuju adalah 175 orang,sangat setuju 22 orang dan tidak setuju 113 orang.
Pengembangan Modul Pengamatan Bakteri Berbasis Pengamatan Bakteri Pada Feses Burung Walet (Aerodramus Fuciphagus) Sebagai Materi Pengayaan Pada Mata Kuliah Mikrobiologi Saidah Lara Asih; Sri Amintarti; Aulia Ajizah
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.930

Abstract

Mikrobiologi merupakan ilmu yang mempelajari perikehidupan makhluk-makhluk kecil yang hanya kelihatan dengan mikroskop. Dalam pembelajarannya antara lain diperlukan bahan ajar sebagai sarana belajar bagi Mahasiswa/i. Didalam bahan ajar dibahas mengenai bakteri, Pemilihan diperlukan bahan ajar yang bersifat kontekstual tentang bakteri. Bakteri dapat ditemukan dimana saja, antara lain pada feses hewan. Telah dilakukan penelitian tentang keberadaan bakteri yang berpotensi terdapat pada feses burung walet (Aerodramus fuciphagus). Penelitian bertujuan menghasilkan modul dengan mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengayaan. Metode penelitian Research and Development menggunakan model Four-D. Mulai dari tahap define, design dan develove dan Disseminate. Subjek uji kesesuaian dan kelayakan adalah 3 orang validator. Subjek uji keterbacaan kelompok kecil adalah 9 orang Mahasiswa/i Pendidikan Biologi yang telah menempuh mata kuliah Mikrobiologi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi dan keterbacaan berisi saran dari ahli. Hasil penelitian menemukan 27 koloni bakteri Escherichia coli 267 koloni Staphylococcus aureus sejumlah 267 koloni Modul yang dikembangkan memperoleh skor kesesuaian yaitu 4,33 tergolong sangat sesuai, memperoleh skor kelayakan yaitu 4,46 tergolong sangat layak dan memperoleh skor keterbacaan yaitu 90,67% tergolong sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dapat digunakan untuk dosen dan mahasiswa.
Validitas dan Keterbacaan E-Booklet Di SMA Tentang Jenis Ikan Cyprinidae Di Kawasan Sungai Bagandis Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut Sry Wahyuni; Bunda Halang; Hardiansyah Hardiansyah
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss4.931

Abstract

Jenis ikan pada Famili Cyprinidae tersebar luas dan sangat beragam serta sangat berperan penting untuk menunjang kebutuhan hidup manusia, terutama masyarakat yang tinggal di pinggir sungai. Ditemukannya berbagai jenis ikan Famili Cyprinidae di Sungai Bagandis Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut menjadi suatu ciri khas potensi lokal yang dapat digunakan sebagai penunjang bahan ajar pengayaan pada materi kingdom animalia di SMA/MA sederajat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan keterbacaan E-booklet tentang keanekaragaman ikan famili Cyprinidae di kawasan Sungai Bagandis Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut sebagai bahan ajar pengayaan SMA. Teknik pengumpulan data dengan cara menetapkan titik pengambilan sampel pada setiap wilayah sebanyak 10 titik secara acak dan melakukan pemasangan jebakan ikan bernama togo pada sore hari. Hasil penelitian diperoleh 6 spesies ikan famili Cyprinidae yaitu Cyclocheilichtys apagon, Rasbora argyrotaenia, Rasbora argyrotaenia, Mystacoleucus padangensis, Mystacoleucus padangensis, Hampala macrolepidota. Uji validasi E-booklet diperoleh kriteria sangat valid (83%) dan uji keterbacaan oleh siswa diperoleh kriteria baik (81,6%).

Page 1 of 1 | Total Record : 9