cover
Contact Name
Sahidi
Contact Email
frdsahidi.007@gmail.com
Phone
+6282341390402
Journal Mail Official
jtheorema@gmail.com
Editorial Address
JL KH. Ahmad Dahlan No. 1 Mariyat Pantai Kecamatan Aimas Kabupaten Sorong - Papua Barat
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
ISSN : -     EISSN : 27459381     DOI : 10.36232
Core Subject : Education,
Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang Pendidikan Matematika
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics" : 6 Documents clear
ANALISIS VISUALISASI TEORI VAN HIELE DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP IT AL-GHUROBA Kanisius Dore Lemau
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v2i2.1203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri peserta didik pada level visualisasi berdasarkan Teori Van Hiele pada materi segitiga kelas VII SMP IT Al-ghuroba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP IT Al-ghuroba sebanyak 3 orang dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan posttest berbentuk soal uraian sebanyak 3 nomor dan wawancara. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa pemahaman pemecahan masalah pada subjek level visualisasi siswa dengan kemampuan tinggi yaitu siswa mampu menggambarkan bentuk bangun secara benar dengan sisi tegak dan bentuk garis sesuai penampakannya, siswa mampu membedakan antara dua bentuk bangun segitiga yang berbeda dengan memberikan nama bangun segitiga, siswa mampu menghitung jumlah bangun ≥ 7 dan mampu memberi nama dari bentuk bangun. Pemahaman pemecahan masalah pada subjek level visualisasi kemampuan sedang yaitu siswa mampu menggambarkan bentuk bangun secara benar dengan sisi tegak dan bentuk garis sesuai penampakannya, siswa mampu membedakan antara dua bentuk bangun segitiga yang berbeda dengan memberikan nama bangun segitiga, siswa mampu menghitung ˂ 7 atau hanya mampu memberi nama dari bentuk bangun bangun. Pemahaman pemecahan masalah pada subjek level visualisasi dengan kemampuan rendah yaitu siswa mampu menggambarkan bangun dengan kemiripan pola yang sama namun dengan sisi yang kurang tegak, siswa mampu membedakan antara dua bentuk bangun segitiga yang berbeda dengan memberikan nama bangun segitiga, siswa mampu menghitung ˂ 7 atau hanya mampu memberi nama dari bentuk bangun.
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DENGAN METODE ELIMINASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 KABUPATEN SORONG Theresia Dogoni; Sahidi Sahidi; Heny Sri Astutik
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.256 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v2i2.1204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan meyelesaikan soal cerita SPLDV denganmetode eliminasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kabupaten Sorong yang terdiri dari 6 orang pengupulan datamengunakan tes dan wawancara. Data dan analisis mengunakan pengupulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan hasil penelitian menujukan bahwa subjek dengankemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita dengan metode eliminasi sudah mampudalam memahami soal, membuat model matematika, menyelesaikan dan menarik kesimpulan,sedangkan subjek dengan kemampuan sedang hanya mampu memodelkan matematika dansubjek kemapuan rendah sudah paham dalam tahap penyelesaian tetapi kurang teliti dalam tahappengerjaan sehingga tidak mendapatkan hasil yang benar.
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA Farida Rosmiana; Suhartini Sumadi; Dwi Pamungkas
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v2i2.1674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IX A berdasarkan kecerdasan majemuk dengan dominan kecerdasan logis-matematis dan dominan kecerdasan visual-spasial dalam menyelesaikan masalah matematika materi Teorema Pythagoras di MTs. Al-Ma’Arif 1 Kabupaten Sorong. Jenis penenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes Kecerdasan Majemuk, Tes Kemampuan Berpikir Kritis, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan dominan kecerdasan logis-matematis dan dominan kecerdasan visual-spasial memenuhi semua kriteria berpikir kritis Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview, meskipun ada perbedaan dalam penyelesaiannya. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Kecerdasan majemuk, Teorema Pythagoras
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulia Manokwari Nur Iffah Luthfiyah; Haryanto Haryanto; firmansyah firmansyah
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.355 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v2i2.1731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya pada siswa kelas VIII SMP IT Insan Mulia Manokwari. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau berdasarkan teori Polya pada soal cerita Materi SPLDV yang diklasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya pada siswa kelas VIII SMP IT Insan Mulia diklasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah.
Pembelajaran Student Center Learning terhadap Motivasi Belajar Mahassiwa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pada Matakuliah Statistika Dasar Suhartini Sumadi; Teguh Yuliandri Putra; Heny Sri Astutik; Lily Rahmawaty
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v2i2.2032

Abstract

Motivasi belajar mahasiswa dalam penelitian ini dapat diartikan sebagai dorongan perubahan energy dalam diri mahasiswa yang ditandaik dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran student center learning berbasis indicator motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pada matakuliah statistika dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tiga tahapan. Hasil penelitian ini berupa 4 indikator motivasi belajar yang tercermin dari system pembelajaran student center learning yang diterapkan, diantaranya adalah 1) adanya hasrat untuk ingin berhasil dalam belajar statistic; 2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar statistic; 3) adanya harapan atau cita-cita masa depan pasca belajar statistic; 4) adanya penghargaan terhadap statistic. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat relevansi yang erat antara penerapan metode pembelajaran student center learning dengan motivasi belajar mahasiswa, sehingga dihasilkan cerminan indicator motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dalam mengikuti proses perkuliahan Statistik Dasar.
IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH AIMAS Syamsulrizal Syamsulrizal; Herlina Sinaran
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 2 No 2 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v2i2.2199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan guided inquiry learning ditinjau dari motivasi belajar, dan hasil belajar matematika mahasiswa program studi pendidikan matematika.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah Aimas. Instrumen yang digunakan adalah soal uraian, angket motivasi belajar, dan lembar observasi. Hasil uji coba instrument penelitian menujukan bahwa soal pretest dan posttes serta angket motivasi reliable dan valid. Hasil analisis data sebelum perlakuan menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji multivariate menunjukan tidak terdapat perbedaan vektor rerata pembelajaran berdasarkan masalah dengan pembelajaran langsung ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa sebelum perlakuan. Hasil penelitian adalah: 1) Guided Inquiry Learning efektif ditinjau pada aspek motivasi, dan hasil belajar siswa ; 2) Guided Inquiry Learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvesional ditinjau pada aspek motivasi, hasil belajar Siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6