cover
Contact Name
sarnoto
Contact Email
jurnalmadani2020@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalmadani2020@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi Barat Kota Bekasi
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Madani Institutte : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Budaya
ISSN : 2303145X     EISSN : 2776978X     DOI : https://doi.org/10.53976/jmi.v11i1
Institut Madani adalah Jurnal bidang Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya menyambut baik naskah-naskah berkualitas tinggi yang dihasilkan dari sebuah proyek penelitian dalam lingkup Pendidikan, Pendidikan Islam, Hukum, Ilmu Politik dan Sosial
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya" : 5 Documents clear
SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Ahmad Zain Sarnoto
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.724 KB) | DOI: 10.53976/jmi.v6i2.45

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang Pendidikan Islam pada awal perkembangannya yang telah memiliki keunggulan karena coraknya yang tersediri yaitu bersifat komprehensif dengan maksud agar anak didik didorong sehingga mampu untuk menuangkan segala kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dalam pendidikan Islam terdiri dari tujuan keagamaan dan tujuan keduniaan. Kebijakan baru untuk tujuan keduniaan telah dinampakkan dari upaya menonjolkan keterampilan bekerja dalam rangka pendidikan seumur hidup. Kedua tujuan tersebut hanya dapat dicapai bila sistem pendidikan yang berjalan efektif dan sebanding. Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan, salah satunya adalah mutu pendidik. Perubahan dalam era gloalisasi dewasa ini nampaknya memerlukan respon proaktif dan antisipatif dari dunia pendidikan terutama dalam pendidikan islam. Pendidik sebagai kunci terlaksananya perubahan perlu mempertimbangkan kondisi tersebut untuk dijadikan dorongan dalam meningkatkan kualitas kinerja melalui perbaikan secara terus-menerus. Dalam manajemen pendidikan salah satu bidang penting adalah berkaitan dengan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, baik itu Pendidik seperti guru maupun tenaga kependidikan seperti tenaga administratif. Intensitas dunia pendidikan berhubungan dengan manusia dapat dipandang sebagai suatu perbedaan penting antara lembaga pendidikan/organisasi sekolah dengan organisasi lainnya. 
ANALISA TEORI PARENT-OFFSPRING CONFLICT DITINJAU DARI KERANGKA FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN Diny Amenike
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.722 KB)

Abstract

Teori parent-offspring conflict (POC) merupakan teori yang digagas oleh Robert Trivers pada tahun 1974. Teori ini merupakan salah satu teori yang menjelaskan bagaimana konflik hubungan orang tua dan anak (keturunannya) dalam  kerangka psikologi evolusioner (evolutionary psychology) yang menekankan faktor nature dalam menjelaskan perilaku manusia. Perbedaannya dari teori lain adalah dasar teori evolusi dalam kemunculannya dalam menjelaskan konflik hubungan orang tua dan anak. Konflik yang terjadi disebabkan karena faktor genetik yang overlap dan tidak identik antara orang tua dan anak. Trivers sampai saat ini masih terus mengembangkan teorinya dan ia mencoba mempelajari dan memahami situasi di alam dimana gen-gen di dalam tubuh seseorang yang tidak sepakat (disagreement), bagaimana gen tersebut dipilih—diseleksi—dalam petunjuk yang bertentangan (conflicting directions).
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI PASAL-PASAL YANG MENGATUR WILAYAH NEGARA, WARGA NEGARA DAN PENDUDUK, AGAMA DAN KEPERCAYAAN, PERTAHANAN KEAMANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLIS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 51 JAKARTA TIMUR TIMUR Maryanti Naenggolan
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.746 KB)

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah (1) Bagaimanakah peningkatan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Pasal-pasal yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan keoercayaan, pertahanan keamanan dengan menggunakan metode CLIS pada siswa kelas X SMK Negeri 51 Jakarta Timur? (2) Bagaimanakah pengaruh metode CLIS terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Pasal-pasal yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan keoercayaan, pertahanan keamanan pada siswa kelas X SMK Negeri 51 Jakarta Timur?, serta tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Pasal-pasal yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan keoercayaan, pertahanan keamanan yang menggunakan metode CLIS dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan metode CLIS dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Dengan terciptanya susana pembelajaran yang semakin kondusif, membawa dampak positif terhadap hasil pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai seperti tampak pada tabel 4.1 dan diagram grafik perolehan nilai. Nilai rata-rata mata pelajaran adalah sebagai berikut : Nilai rata-rata siklus I = 64, Nilai rata-rata siklus II = 69,90, Nilai rata-rata siklus III = 73,83.
WORKSHOP METODE DEMONSTRASI DAPAT MENINGKATKAN POLA PENGAJARAN DAN KREATIFITAS MENGGAMBAR BAGI GURU TEMATIK DI WILAYAH BINAAN V PALMERAH Imad Sulhi
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.723 KB)

Abstract

Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mampu menggerakkan guru tematik untuk bertindak aktif dan positif, selanjutnya proses belajar perlu dibangun dengan model-model yang menyenangkan, bersemangat, dan penuh gairah. Data menunjukkan dari jumlah 22 orang nyatanya terlihat dalam hasil observasi hanya 22,72% (5 orang) yang  mampu memenuhi kreatifitas menggambar seperti yang diinginkan oleh guru. Hal tersebut dikarenakan guru masih dirasakan mengajar dengan metode konvensional. Guru tematik dirasakan masih saja menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, kemudian penulis sebagai pengawas TK/SD  melakukan penelitian tindakan kelas dengan memfokuskan peningkatan akan penggunaan workshop metode demonstrasi untuk kreatifitas menggambar guru tematik  di Wilayah Binaan V Kecamatan Palmerah. Setelah dilaksanakan penelitian dengan pemberian workshop metode demonstrasi, maka pada siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 72,72% di akhir siklus guru tematik telah mampu menggambar dengan tema lingkungan, Selanjutnya pada siklus 2 sebanyak 90,90% guru tematik telah mampu menggambar dengan tema binatang.Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan akibat pemberian workshop metode demonstrasi itu sendiri
ANALISA KEPENGAWASAN SEBAGAI SUATU KAJIAN KORELASI PENINGKATAN KINERJA GURU SEBAGAI DAMPAK DARI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENGEMBANGKAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI WILAYAH BINAAN V KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN Herman Ali Sobri
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.723 KB)

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seorang pimpinan pada saat mempengaruhi orang lain yang dipimpinnya. Pada Wilayah binaan V Kecamatan Pancoran Kota Administrasi Jakarta Selatan, Pemimpin harus mampu mengidenfikasi isyarat-isyarat yang terjadi di dalam sekolah, tetapi perilaku mendiagnosis belum cukup untuk berperilaku yang efektif. Pimpinan harus mampu mengadakan adaptasi terhadap tuntutan lingkungan dimana dapat memperagakan kepemimpinannya. Pimpinan harus mempunyai fleksibilitas yang bervariasi. Dari hasil penelitian yang ada, yaitu diketahui bahwa hubungan Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dengan Kinerja Guru pada Wilayah binaan V Kecamatan Pancoran Kota Administrasi Jakarta Selatan adalah KUAT. Hendaknya pemimpin terus mempertahankan Gaya Kepemimpinan kepala sekolah yang berimbang yaitu tergantung pada situasinya, pada saat menjelaskan tugas-tugas maka pemimpin harus bergaya instruksi , namun bila bawahan/ guru memiliki kemampuan dan keyakinan untuk memikul tanggung jawab maka pemimpin harus menerapkan gaya delegasi. Agar mencapai kinerja yang diharapkan guru hendaknya ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Pemimpin hendaknya meningkatkan perhatian dan penghargaan terhadap bawahan/ guru yang memiliki kinerja yang baik sehingga bawahan/ guru termotivasi untuk meningkatkan produktivitas kerjanya

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 12 No. 1 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 11 No. 2 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 11 No. 1 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 2 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 1 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 9 No. 2 (2020): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 9 No. 1 (2020): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 2 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 2 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 1 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 1 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 2 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 1 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 3 No. 1 (2014): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 2 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya More Issue