cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari" : 7 Documents clear
STUDI POTENSI RETRIBUSI IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DALAM RANGKA OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN SLEMAN Wiyatmoyo .
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.183 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan serta identifikasi potensi retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Sleman, termasuk melakukan proyeksi untuk beberapa tahun yang akan datang. Penelitian dilakukan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Kabupaten Sleman serta memanfaatkan data sekunder dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Sleman. Dalam penelitian ini juga dianalisis tentang kepuasan pelanggan (pembayar retribusi IMB) dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang. Sampel ini diambil dengan teknik nonprobability sampling dengan metode convenience sampling.   Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya retribusi tahun 2012 sampai akhir tahun diperkirakan sebesar Rp. 16.450.247.408,67. Sementara potensi retribusi IMB pada tahun 2013 diperkirakan sebesar Rp. 17.176.397.167,00. Dengan diberlakukannya Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang Retribusi IMB yang berlaku mulai awal tahun 2012, diperkirakan akan meningkatkan potensi penerimaan IMB sebesar 79% dibandingkan apabila menggunakan peraturan sebelumnya. Sementara hasil analisis kepuasan pelanggan (pembayar retribusi IMB) di kabupaten Sleman menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Perijinan perlu untuk terus ditingkatkan karena kepuasan pelanggan untuk variabel tangible, reliability, assurance, dan empaty berada dalam kategori antara cukup puas dan puas, bahkan untuk variabel responsiveness berada pada kategori antara tidak puas dan cukup puas.Kata Kunci : Retribusi, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Kualitas Pelayanan
MENCIPTAKAN ISLAMIC BRANDING SEBAGAI STRATEGI MENARIK MINAT BELI KONSUMEN Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.114 KB)

Abstract

Tulisan ini menyajikan beberapa pokok bahasan mengenai Islamic Branding yang saat ini mulai banyak diminati oleh konsumen. Islamic Branding merupakan merek-merek yang mempunyai keeratan dengan simbol-simbol Islami. Pembahasan dalam tulisan ini dimulai dari definisi merek, pentingnya membangun merek, fenomena Islamic Branding, strategi membangun Islamic Branding, minat beli konsumen, tantangan dan peluang pemasaran produk dan jasa dengan menggunakan merek-merek Islami.Kata kunci: Islamic Branding, Merek, Minat Beli konsumen
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM PENCAPAIAN TUJUAN ORGANISASI Anung Pramudyo
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.108 KB)

Abstract

Manajemen kepemimpinan sangat diperlukan oleh suatu organisasi. Manajemen kepemimpinan adalah suatu ilmu yang mengkaji secara komprehensif bagaimana seseorang melaksanakan kepemimpinan dengan mempergunakan seluruh sumberdaya yang dimiliki serta dengan selalu mengedepankan konsep dan aturan yang berlaku dalam ilmu manajemen. Dalam melaksanakan manajemen kepemimpinan ini, maka suatu organisasi harus memiliki pemimpin dan mempunyai karakter kepemimpinan yang kuat serta dapat melaksanakan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam menjalankan tugasnya dalam organisasi. Dengan manajemen kepemimpinan yang baik maka tujuan organisasi akan dapat tercapai dengan lebih baik.Kata Kunci : organisasi,  manajemen kepemimpinan, karakter dan prinsip kepemimpinan.
INTERNET ADVERTISING SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN INTERAKTIF Endang Hariningsih
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.293 KB)

Abstract

Internet advertising merupakan salah satu pengembangan media komunikasi pemasaran online interaktif yang bisa menjadi pilihan pemasar. Beragam keunggulan internet advertising dibandingkan media komunikasi pemasaran tradisional membuat media ini semakin meningkat penggunaannya. Pemanfaatan internet advertising disertai dengan berkembang pesatnya Situs Jejaring Sosial, mendukung penyebaran electronic Word of Mouth atau viral marketing dan pelaksanaan strategi Customer Relationship Management.Kata Kunci : Internet Advertising, Situs Jejaring Sosial, Electronic Word of Mouth, Viral Marketing, Customer Relationship Management
MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MELAKUKAN CUSTOMER UNDERSTANDING Siti Nuryudayatun
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.704 KB)

Abstract

Beberapa pokok bahasan mengenai pentingnya memahami kebutuhan pelanggan, tujuan dari customer understanding  dan pengertian kepuasan konsumen akan dibahas dalam tulisan ini. Pembahasan dalam tulisan ini dimulai dari definisi customer understanding, pentingnya memahami kebutuhan pelanggan, kepuasan konsumen. Konsumen yang puas merupakan asset bagi perusahaan sehingga memahami kebutuhan pelanggan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan. Upaya memahami pelanggan ini dapat dilakukan melalui pendekatan diantaranya adalah melakukan pendekatan dengan sikap empati terhadap pelanggan, berusaha penuh perhatian, mencatat kebutuhan pelanggan, dan menjelaskan dengan sejujurnya.Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Customer Understanding
IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING SEBAGAI STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN Indri Hastuti Listyawati
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.332 KB)

Abstract

Strategi mempertahankan kesetiaan pelanggan, salah satu diantaranya adalah implementasi relationship marketing akan dibahas dalam tulisan ini. Kesetiaan pelanggan menjadi tujuan perusahaan agar dapat bertahan. Relationship marketing menjadi strategi perusahaan dalam membangun hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan. Relationship marketing merupakan suatu desain strategi untuk memahami, mengantisipasi perilaku pelanggan, dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelangganKata Kunci: Kesetiaan Pelanggan, Relationship Marketing
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS KONSUMEN PEPSODENT DI KABUPATEN BANTUL) St Sudomo
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.739 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent di Kabupaten Bantul. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekuitas Merek yang terdiri dari Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bantul. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kesadaran Merek dan Loyalitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sementara variabel Asosiasi Merek dan Persepsi Kualitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bantul.Kata Kunci : Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 7