cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 143 Documents
STUDI POTENSI RETRIBUSI IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DALAM RANGKA OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN SLEMAN Wiyatmoyo .
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.183 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan serta identifikasi potensi retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Sleman, termasuk melakukan proyeksi untuk beberapa tahun yang akan datang. Penelitian dilakukan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Kabupaten Sleman serta memanfaatkan data sekunder dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Sleman. Dalam penelitian ini juga dianalisis tentang kepuasan pelanggan (pembayar retribusi IMB) dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang. Sampel ini diambil dengan teknik nonprobability sampling dengan metode convenience sampling.   Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya retribusi tahun 2012 sampai akhir tahun diperkirakan sebesar Rp. 16.450.247.408,67. Sementara potensi retribusi IMB pada tahun 2013 diperkirakan sebesar Rp. 17.176.397.167,00. Dengan diberlakukannya Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang Retribusi IMB yang berlaku mulai awal tahun 2012, diperkirakan akan meningkatkan potensi penerimaan IMB sebesar 79% dibandingkan apabila menggunakan peraturan sebelumnya. Sementara hasil analisis kepuasan pelanggan (pembayar retribusi IMB) di kabupaten Sleman menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Perijinan perlu untuk terus ditingkatkan karena kepuasan pelanggan untuk variabel tangible, reliability, assurance, dan empaty berada dalam kategori antara cukup puas dan puas, bahkan untuk variabel responsiveness berada pada kategori antara tidak puas dan cukup puas.Kata Kunci : Retribusi, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Kualitas Pelayanan
Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta Hartini Prasetyo Wulandari; Asih Endah Subandiyah
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.637 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v9i2.138

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, perkembangan teknologi dan informasi berjalan sangat pesat, jaringan internet memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan ekonomi secara on line. Banyak perusahaan bisnis menyediakan sarana untuk para konsumen agar dapat memudahakan dalam bertransaksi atau berbelanja secara online yang dinamakan electronic Comerrce atau e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh ulasan produk, harga, dan pembayaran non tunai (ShopeePayLater) terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pengambilan data diperoleh melalui pengisian kuesioner dan wawancara langsung kepada pengguna Shopee di Yogyakarta. Pengujian hipotesa dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan F dan dari analisa diperoleh hasil bahwa ulasan produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta, sedangkan pembayaran non tunai (Shopee Pay Later) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada MarketPlace Shopee Di Yogyakarta. Penyebab ketidak pengaruhan variabel pembayaran non tunai ini adalah berkaitan dengan karakteristik responden dimana jika dilihat dari usia responden dan pekerjaan responden adalah rata-rata antara 15 sampai dengan 25 tahun dengan profesi sebagian besar masih pelajar atau mahasiswa yang masih belum berpenghasilan tetap, sehingga meskipun ada fasilitas pembayaran non tunai namun belum dapat digunakan secara maksimal. Dari uji F diketahui bahwa semua variabel berpengaruh secara bersama-sama dengan variable dependennya.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN DIKLAT DI BLPT YOGYAKARTA DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN Siti Nurhayati
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.582 KB)

Abstract

The research aims to analyzing the influence of service quality at customer satisfactiondiklat in BLPT Yogyakarta and its impact at consumer loyalty. The population is consumer (studentof SMK Industrial and Technological group country goodness and private sector, technique studenteither from college of private sector and country, governmental institution/private sector,corporate, and public society). Population in this research have location in Jl. Kyai Mojo No. 70Yogyakarta. Method intake sampels in this research use Probability Sampling, the technics usingSimple Random Sampling. Amount of used sampel counted 165 respondent, but after conducted byspreading of kuisioner only 150 kuisioner able to be processed. In this research, hypothesis testconducted by using Linear Multipel Regression analysis and Simple Linear Regression, usingprogram SPSS 12.00 for windows, this is needed to know influence of independent variable todependent variable. Examination of yielded parameter values will be conducted using t-test, F-testand determinasi coefficient (R2)The result of this research confirm that the service quality of reliability (X1), assurance(X3) and of tangibles (X5) have an signifikan effect at consumer satisfaction of diklat in BLPT,while service quality of responsiveness (X2) and emphaty (X4) do not have an signifikan effect atconsumer satisfaction of diklat in BLPT. Consumer satisfaction have an signifikan effect atconsumer loyalty. Consumer satisfaction also represent intervening variable between servicequality and consumer loyalty.Keyword : service quality factors, consumer satisfaction, loyalty consumer
Pengaruh Harga Saham, EPS dan Market Value Terhadap Holding Period Saham Pada Saat Pandemic Covid-19 Anis Rahayu; Tuti Zakiyah; Wahyuni Windasari
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.82 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v9i2.143

Abstract

This research was conducted with the aim to test the effect of stock prices, earnings per share and market value on the holding period of shares at the time of the covid-19 pandemic (on stocks listed in the Jakarta Islamic Index (JII) in 2020). The population in this study are all companies listed in the Jakarta Islamic Index (JII) in 2020. The sample collection technique in this study is using the purposive sampling method. In this study there were 22 samples of companies with a total of 190 trading days so that the total sample was 4,180. The analysis tool used is regression data panel using EViews 9. The results of this study showed that the stock price had a positive effect on the holding period of the stock, this is indicated by a prob value of 0.0000 < 0.05. Earnings per share positively affect the holding period of the stock, this is indicated by the value of the prob. of 0.0402 < 0.05. Market value negatively affects the holding period of the stock, this is indicated by the value of prob. of 0.0000 < 0.05. Variable stock price, earnings per share and market value together affect the holding period of the stock by 48%, while the rest is explained by variables outside the model Keywords: stock holding period, JII
DAMPAK IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEBAHAGIAAN DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) Sigit Ary Wijayanto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 4 No 1 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.704 KB)

Abstract

This research is conducted to investigate the influence of organizational climate towards employeeperformance with happiness as intervening variable. The population of the research is all theemployee of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta which is 245 employees from 9 faculties and25 units/department. Path analysis was used to analysis the data. The result showed thatorganizational climate is positively influence employee’s performance and there is a finding thatbetter orgnizational climate implies to increase employee’s happiness at work. The implication ofthese finding conlude the article.Keywords : organizational climate, happiness, employee performance
PENGARUH CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI YOGYAKARTA Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.846 KB)

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of store image on customer satisfaction and customer loyalty. This research was conducted at Java Market store located in Kasihan Bantul, Yogyakarta. The sample in this research is the customer who has come to Java Market store with the frequency of arrival at least twice. This study used purposive sampling, the sample is taken based on the selection of members of the population on the basis of certain considerations. Based on hypothesis test results can be concluded that the image store has a positive influence on customer satisfaction, customer satisfaction has a positive effect on customer loyalty and store image have a positive effect on customer loyalty.Keywords: store image, customer satisfaction, customer loyalty
ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PRODUK WISATA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi Kasus pada Wisatawan DIY) Nunuk Dwi Garwanti Palupi
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.443 KB)

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of tourism product satisfaction on tourist loyalty in Yogyakarta Special Region. The sample in this study is the tourists who visit Yogyakarta. The sampling technique used is simple random sampling and data collection using questionnaire. Based on the results of hypothesis testing using regression analysis obtained the result that there is influence of tourism product satisfaction on tourist loyalty in Yogyakarta Special Region. Keywords: customer satisfaction, customer loyalty
PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP MEREK OPPO DI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Edi Cahyono
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 5 No 1 (2018): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.603 KB)

Abstract

This research aims to determine the influence of brand image, price and promotion together or partially and to know the variables that significantly influence the purchasing decision of HP OPPO in Yogyakarta. Independent variables used in this research are brand image (X1), price (X2) and promotion (X3). While the dependent variable is the purchase decision (Y). The research method used in this research is quantitative research method by using a sample of 65 respondents. Data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis method. Data processing is done by using computer software SPSS 20.0 for Windows. Based on t test results can be seen that the promotion variable significantly influence purchasing decisions, while the brand image and price variables have no significant effect onpurchasing decisions. In addition, brand image, price and promotion contribute 42% to thepurchase decision. While the rest equal to 58% influenced by other variables not examined in thisresearch.
MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN INTERNAL MELALUI PENCIPTAAN KUALITAS PELAYANAN DI BIDANG JASA PENDIDIKAN Purnama Andri Murdapa
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Agustus
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.65 KB)

Abstract

Membangun kepuasan konsumen melalui penciptaan kualitas pelayanan yang baik adalah strategi yang dapat dilakukan oleh organisasi atau perusahaan, karena setiap konsumen yang puas adalah tujuan organisasi. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh organisasi maka diharapkan semakin puas juga konsumennya. Terciptanya kepuasan konsumen ini menjadi target dari setiap organisasi termasuk yang bergerak dalam bidang pendidikan. Dengan terciptanya kepuasan, maka organisasi akan mendapatkan keuntungan yang besar. Selain mempertahankan konsumen yang telah dimiliki saat ini, dapat juga mendapatkan konsumen baru. Berbicara mengenai konsumen dalam organisasi, terdapat dua kategori konsumen yaitu konsumen internal dan konsumen eksternal. Terciptanya kepuasan konsumen eksternal sangat tergantung dari kepuasan yang diterima oleh konsumen internal. Dimana kepuasan konsumen internal dapat tercipta sangat tergantung pula dari kualitas pelayanan yang diterima oleh konsumen internal. Bila konsumen eksternal tidak puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh para penyedia jasa maka mereka tidak akan kembali lagi. Tentunya kondisi ini tidak diharapkan oleh setiap organisasi, untuk itu pentingnya memberikan pelayanan yang baik dimulai dari dalam organisasi dalam hal ini adalah konsumen internal.Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Jasa
MENCIPTAKAN ISLAMIC BRANDING SEBAGAI STRATEGI MENARIK MINAT BELI KONSUMEN Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.114 KB)

Abstract

Tulisan ini menyajikan beberapa pokok bahasan mengenai Islamic Branding yang saat ini mulai banyak diminati oleh konsumen. Islamic Branding merupakan merek-merek yang mempunyai keeratan dengan simbol-simbol Islami. Pembahasan dalam tulisan ini dimulai dari definisi merek, pentingnya membangun merek, fenomena Islamic Branding, strategi membangun Islamic Branding, minat beli konsumen, tantangan dan peluang pemasaran produk dan jasa dengan menggunakan merek-merek Islami.Kata kunci: Islamic Branding, Merek, Minat Beli konsumen

Page 1 of 15 | Total Record : 143