cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September" : 10 Documents clear
ANALISIS KESEHATAN BANK PADA BANK MUAMALAT INDONESIA DAN BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN METODE CAMEL Yuyun Wahyuni
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.188 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.101

Abstract

This research analyzed financial reports of BMI (Bank Muamalat Indonesia) and BSM (Bank Syariah Mandiri) in 2005 to 2013 through CAMEL method. The purposes of this research are to know the health level of Bank Muamalat Indonesia & Bank Syariah Mandiri and to understand the differences characteristic of parameters that control its health level. Some parameters are used to analyzed, they are CAR, NPM, ROA, BOPO & LDR. Interesting phenomenone are found through this research BMI is categorized health bank when evaluated from CAR, NPM, ROA & BOPO. Otherwhile, LDR of BMI does not indicate that bank is healthy the evaluation of CAR, NPM, ROA, BOPO & LDR in BSM indicates that BSM is healthy bank, but NPM & ROA parameters show the condition of BSM is unhealth. Statistically, NPM and BOPO ratio of both are signoficantly different, while other parameters (CAR, ROA & LDR) are in the same level /condition
MANAJEMEN KESAN PADA MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIFITAS TARGETING DAN KINERJA PENJUALAN Wahyu Eko Prasetyanto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.284 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.110

Abstract

Penelitian ini pengaruh manajemen kesan pada media sosial sebagai alat pemasaran terhadap efektifitas targeting dan kinerja penjualan pada pelaku usaha mikro di Indonesia. Dengan mengambil sampel sebanyak 150 orang pengusaha m ikro yang memanfaatkan fasilitas on - line dalam kegiatan pemasarannya, penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kesan pada media sosial memang mampu meningkatkan efektifitas tergeting secara signifikan. Efektifitas targeting juga menjadi mediator bagi hu bungan manajemen kesan pada media sosial dengan kinerja penjualan.
IMPLEMENTASI SPIRITUALITAS DALAM KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.524 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.102

Abstract

Spiritualitas menjadi topik penting dalam studi manajemen dan ekonomi, khususnya dalam kewirausahaan. Spiritualitas menjadi kekuatan yang menjiwai dan prinsip vital yang memotivasi wirausahawan untuk menjalankan bisnis yang tidak hanya untuk menghasilkan keuntungan tetapi, memungkinkan mereka untuk lebih melayani masyarakat. Spiritualitas sejalan dengan prinsip inti pengusaha, yaitu melakukan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain memenuhi kebutuhan pelanggan, kesehatan dan keselamatan pelanggan juga menjadi perhatian kita.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Indri Hastuti Listyawati
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.41 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.111

Abstract

Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian sebanyak 90 orang mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan motivasi berpengaruh terhadap niat berwirausaha.
PENGARUH PENGETAHUAN, SANKSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNANAN-PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) PADA BAPENDA KABUPATEN LOMBOK BARAT Rusli Amrul; Anna Apriana Hidayanti; Muhamad Arifulminan
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.122 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan wajib pajak, sanksi dan pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sehingga variabel penelitian ini terdiri dari 4 (empat) variabel independen yaitu pengetahuan wajib pajak, sanksi dan pelayanan variabel dependen yaitu kepatuhan wajib pajak. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak di Kabupaten Lombok Barat. Sampel diambil dengan mengunakan rumus solvin. Data diperoleh dengan menyebarkan 45 kuesioner pada responden. Kuesioner yang kembali dan bisa digunakan sebanyak 45 kuesioner. Data dianalisis mengunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengetahuan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2, variabel sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 dan variabel pengetahuan wajib pajak, sanksi pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT. OMEGA SEMARANG Edi Cahyono
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.825 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.112

Abstract

Dalam organisasi kerja keberadaan sumber daya manusia yang handal memiliki peran yang strategis dibandingkan sumber daya yang lain karena sumber daya manusia adalah harta yang paling penting yang dimiliki oleh suatu organisasi, sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan suatu organisasi tersebut. Salah satu strategi yang dianggap tepat untuk mempertahankan pertumbuhan usaha adalah dengan menerapkan strategi pemberian kompensasi kepada pegawai. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung baik secara parsial maupun serentak terhadap kinerja pegawai di PT. Omega. Populasi dari penelitian ini adalah pegawai PT. Omega dengan menggunakan teknik convenience sampling sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pola kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kompensasi langsung tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai, sementara kompensasi tidak langsung berpengaruh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pemberian kompensasi langsung dan tidak langsung secara adil dan layak akan memberikan peningkatan terhadap kinerja pegawai di PT. Omega.. Saran untuk obyek penelitian diharapkan PT. Omega dapat mempertahankan serta meningkatkan kompensasi tidak langsung, karena dari hasil penelitian pada pegawai diketahui bahwa kompensasi tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan dan dominan terhadap kinerja pegawai.
PENGEMBANGAN INDIVIDU DAN ORGANISASI YANG BERORIENTASI KEPADA LINGKUNGAN EKSTERNAL GLOBALISASI Arif Muanas
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.666 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.99

Abstract

The aim of this article is to describe the interactive relationship between the individual, organizational and external environment of globalization. There interactive relationship and mutual influence (interplay) between individuals, organizations and globalization. For individual members of an organization, then the organization is a medium that is effective for individuals to develop themselves facing globalization. On the other hand, the organization also urgently needs strong individuals to build an organization that is ready to compete in the era of globalization.
PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA KERETA API DI YOGYAKARTA Nunuk Dwi Garwanti Endang Palupi
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.995 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.106

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sikap Konsumen dan Norma Subyektif terhadap keputusan menggunakan jasa Kereta Api di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Jasa Kereta Api di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Sikap Konsumen dan Norma Subyektif berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa Kereta Api di Yogyakarta.
PENGARUH BRAND TRUST, BRAND EXPERIENCE DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Siti Nurhayati
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.048 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.100

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Trust, Brand experience dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Wardah di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk kosmetik Wardah di Yogyakarta, sedangkan sampel yang diambil adalah konsumen yang telah menggunakan produk kosmetik Wardah lebih dari dua kali. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling yaitu pengambilan sampel karena faktor kemudahan. Jumlah responden yang diambil berjumlah 86 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Brand Trust, Brand experience dan Kepuasan Pelanggan terbukti berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.
PENGARUH HARGA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AMINO DARI ULTIMATE NUTRITION DI KOTA MOJOKERTO Anna Kridaningsih
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.136 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v7i2.108

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh harga dan variasi produk terhadap keputusan pembelian Amino dari Ultimate Nutrition di Kota Mojokerto. Jumlah sampel 100 responden dengan menggunakan teknik insidental sampling dimana penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa harga dan variasi produk berpengaruh significan terhadap keputusan pembelian Amino dari Ultimate Nutrition di Kota Mojokerto baik secara parsial maupun simultan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10