cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September" : 6 Documents clear
Analisis Penanganan Penumpang Disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Yuliantoharinugroho Yuliantoharinugroho
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.024 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v8i2.122

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah staff Maskapai Citilink Indonesia di Bandara Adisujipto Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui penanganan penumpang disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, cara Maskapai Citilink mengatasi permasalahan dalam penanganan penumpang disabilitas di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan cara penanganan penumpang disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adisujipto Yogyakarta yaitu Petugas check-in akan memeriksa setiap identitas penumpang untuk mengetahui kondisi setiap penumpang. Pada saat check-in setiap penumpang disabilitas wajib melapor agar penumpang dengan Tunanetra, Tunarungu, Autis dan penumpnag yang membutuhkan kursi roda seperti halnya yang penumpang ingin didampingi sampai naik pesawat maka petugas akan memberikan sesuai dengan kebutuhan penumpang disabilitas. Permasalahan yang sering muncul adalah penumpang disabilitas yang tidak melapor ke Counter Check in, sehingga petugas pasasi akan menaikkan penumpang disabilitas yang mestinya masuk lebih awal, dimasukkan setelah penumpang yang lain memasuki pesawat.
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Digital Bangking Dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Pada PT. Bank Mandiri Cabang Kebumen Feby Evelyna
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.067 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v8i2.127

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions berpengaruh terhadap nasabah dalam menggunakan layanan digital banking. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Penelitian ini membuktikan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions berpengaruh terhadap nasabah dalam menggunakan layanan digital banking. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions berpengaruh terhadap nasabah dalam menggunakan layanan digital banking pada Bank Mandiri Cabang Kebumen.
Telaah Kritis Proses Penarikan dan Penempatan Pegawai dalam Perusahaan Sunarta Sunarta
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.993 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v8i2.123

Abstract

Abstrak Artikel ini membahas studi literatur tentang proses penarikan dan penempatan pegawai dalam praktek Manajemen Sumber Daya Manusia. Penarikan pegawai merupakan program yang biasa dilakukan untuk memperoleh calon pegawai yang memenuhi kualifikasi untuk mengisi formasi jabatan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Kebutuhan pegawai dapat dipenuhi dari internal maupun eksternal organisasi. Pemenuhan kebutuhan pegawai dari internal yaitu penarikan yang berasal dari dalam lingkungan organisasi, sedangkan pemenuhan kebutuhan pegawai dari eksternal yaitu proses penarikan yang bersumber dari luar organisasi. Sumber penarikan pegawai baik dari internal maupun eksternal, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Penarikan yang bersumber dari internal memiliki kelebihan dalam hal kecepatan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, mengenal, dan memahami tentang budaya kerja yang dianut serta digunakan sebagai norma bersama. Sebagai suatu model, penarikan yang bersumber dari eksternal akan sangat cocok dalam membangun budaya baru, mengantisipasi perubahan, dan implementasi berbagai program pengembangan organisasi. Kata kunci: penarikan pegawai, sumber penarikan, mengantisipasi perubahan, dan pengembangan organisai.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bidang Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Wilis Fahlefi
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.15 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v8i2.125

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the quality of public services on community satisfaction in the field of labor placement services at the Manpower and Transmigration Office of Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta. Sampling in this population uses a non-probability sampling technique with the type of accidental sampling. The population of people who visited the Manpower and Transmigration Office of Bantul Regency, D.I.Yogyakarta, was 50. The sample taken was 44. Data was collected by distributing questionnaires to respondents. The collection technique using SPSS.17. Based on the results of the study, it was stated that the Public Service Quality variable had a positive and significant effect on community satisfaction, having a significant value of 0.000 <0.05.
Perbedaan Pengaruh Orang Tua, Teman dan Iklan Terhadap Anak dalam Pemilihan Produk Mainan Berdasarkan Pada Jenis Kelamin dan Tempat Tinggal Anak Arif Muanas
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.673 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v8i2.124

Abstract

This study analyzes the differences in the influence of parents, friends, and advertisements on children in choosing toy products based on the gender and residence of the children. The gender review is based on the premise that boys and girls have very basic differences or traits in choosing-decisions. Based on residence, it is based on the consideration that the availability of various facilities, complete information and facilities as well as a more modern social environment in the city causes children who live in the city to tend to be more brave and open in deciding a product choice. The method used is t test using independent sample test which is possible to analyze the significance level of differences in the influence of parents, friends and advertisements on children in choosing toy products. Data were obtained from 200 boys and girls aged 9-12 years and living in cities and villages. The results of this analysis indicate that the effect of advertising on boys and girls has a significant difference. In addition, the influence of parents on children living in cities and children living in villages also has a significant difference.
Analisis Penerapan E-Filling Dimasa Pandemi Covid 19 Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Rusli Amrul
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.42 KB) | DOI: 10.54131/jbma.v8i2.126

Abstract

The purpose of this research is to determine the application of e-filling during the pandemic in increasing individual taxpayer compliance in submitting annual tax. The data analysis technique used in this study is a qualitative descriptive analysis method, namely by collecting data, processing data, analyzing data, conclude and providing interpretation. The results of the study are Tax Service Office in West Mataram in implementing e-filling during the covid 19 pandemic has been in accordance with the procedures based on tax laws and regulations on tax administration. The implementation of social distancing during the COVID-19 pandemic is one of the obstacles in disseminating the form of tax annual reports to taxpayers through e-filling. The compliance of individual taxpayers during the COVID-19 pandemic in reporting annual tax through e-filing is more constrained because individual taxpayers mostly report annual tax at the end of the reporting deadline, not all taxpayers understand technology such as computers, internet access and email, lack of knowledge of individual taxpayers in filling out annual tax report online so that there are many errors in filling out annual tax report. The network system on the website of the Directorate General of Taxes is often disrupted due to too many individual taxpayers accessing the website in the month of the annual tax report.

Page 1 of 1 | Total Record : 6