cover
Contact Name
Unang arifin
Contact Email
bcscm@unisba.ac.id
Phone
+6282118633944
Journal Mail Official
bcscm@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Jl. Tamansari No. 20, Bandung 40116, Indonesia, Tlp +62 22 420 3368, +62 22 426 3895 ext. 6891
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bandung Conference Series: Communication Management
ISSN : -     EISSN : 28282183     DOI : https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i2
Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content Creation, Content Sharing, Daya Tarik Iklan, Drama Televisi, Event, Gaya Hidup, Interior Display, Jingle, Kampanye, Keputusan Pembelian, Keterikatan Pelanggan, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi Pemasaran, Konsep Diri, Kredibilitas Komunikator, Kualitas Pelayanan, Literasi Media, Loyalitas Konsumen Manajemen branding, Media Sosial, Minat Beli Konsumen, Online Review, Pemasaran Konten, Penjualan produk, Persepsi Budaya, Personal Branding, Promosi online, Sikap, Store Atmospheredan Layout, Tagline, Terpaan Media, Tindakan Membeli, Transportasi Online, Ujaran Kebencian, Website, Word of Mouth. Prosiding ini diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah Unisba. Artikel yang dikirimkan ke prosiding ini akan diproses secara online dan menggunakan double blind review minimal oleh dua orang mitra bebestari.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management" : 5 Documents clear
Peran Ekuitas Merek di Screamous Clothing Bandung Dina Juliana Bekti; Zulfebriges
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.453 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.103

Abstract

Abstrak. Di Kota Bandung industri pakaian yang bergerak dalam bidang clothing company sudah sangat menjamur, hal itu menyebabkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antara bisnis yang sejenis. Persaingan antar perusahaan mengharuskan setiap perusahaan untuk dapat meraih dan mempertahankan keunggulan bersaing dengan menciptakan ekuitas merek yang tinggi. Dengan ekuitas merek, perusahaan dapat mengukur sejauh mana nilai dari merek perusahaan tersebut.Salah satu perusahan yang menerapkan ekuitas merek yang baik adalah Screamous Clothing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ekuitas merek di Screamous Clothing Bandung yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai peran ekuitas merek di Screamous Clothing Bandung ini penulis memilih metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Dan teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, studi pustaka obeservasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti keempat elemen dari ekuitas merek berperan positif. (1) brand awareness yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan setuju, yaitu dengan jumlah 56.75%. (2) brand association yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan setuju, yaitu dengan jumlah 53%. (3) perceived quality yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan setuju, yaitu dengan jumlah 51.75%. (4) brand loyalty yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan sangat setuju, yaitu dengan jumlah 43.25%. Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Screamous Clothing.
Promosi Dalam Elektronic Word Of Mouth pada Posting Instagram M.Andara Munazar R; Dede Lilis Chaerowati
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.409 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.104

Abstract

Abstrak. Promosi merupakan hal yang penting didalam strategi pemasaran sebuah produk dan jasa, perkembangan teknologi dan informasi membuat promosi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan maupun instansi untuk meningkatkan angka penjualan. Promosi dalam Penggunaan media sosial yang berkembang pesat menjadi salah satu tempat untuk memenuhi berbagai kebetuhan informasi, termasuk juga electronic word of mouth. Instagram, sebagai salah satu media sosial, diketahui secara efektif dalam penyebaran electronic word of mouth. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Promosi dalam Elektronic Word Of Mouth yang terdapat dalam Posting (Gambar,Caption, Hastag dan Komentar) akun Instagram 7Weddingconcept. Motode ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan teknik analisis isi dengan Sample postingan sebanyak 15. penelitian ini berusaha untuk mencari tahu bagaimana promosi dalam element e wom dalam postingan Instagram serta mengetahui frekuensi kemunculannya element e WOM paling besar. Hasil menunjukan postingan Instagram 7 wedding concept memiliki element e WOM yang meliputi Concern of Others pada gambar dan hastag sejumlah 33.33%, Expresing Positive Feelings pada gambar 53,33%, Venting Negative Feelings 6.66%, Platform Assistence pada hastag dan komentar 46.66%, dan Helping the Company pada hastag 46.66%. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Instagram
Strategi Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Mensosialisasikan Program Kerjanya Kepada Guru Puri Rahmi Surachman; Wiki Angga Wiksana
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.739 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.105

Abstract

Abstrak. Kepala sekolah sebagai pemimpin tentu memiliki program kerja yang telah dirancang agar terciptanya lingkungan sekolah yang baik, dan harus mensosialisasikannya kepada guru yang berada di bawah kepemimpinannya. Dalam mensosialisasikan program kerjanya, kepala sekolah memerlukan startegi komunikasi agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan harapan sehingga komunikasi dapat dikatakan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan kepala sekolah SDN 022 Cicadas dalam mensosialisasikan program kerjanya kepada guru. Untuk mengetahu strategi komunikasi yang digunakan dilihat dari tahapan planning, organizing, actuating, controlling. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa tahapan planning, organizing, actuating, contolling yang di rancang oleh kepala sekolah SDN 022 Cicadas berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa hambatan komunikasi yang dialami.namun tetap dapat membuat guru-gurunya menjalankan program yang telah disosialisasikan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepala Sekolah, Program Kerja, POAC
Komunikasi Antarpribadi Antara Ikhwan dan Akhwat Dalam Proses Ta’aruf Turesmi pujiyanto; Yulianti
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.114 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.106

Abstract

Abstrak. Ta’aruf merupakan komunikasi antarpribadi yang diadik antara dua orang saling memperkenalkan diri dan mempunyai hubungan yang mantap dan jelas, dimana dalam memberikan informasi harus ada pengungkapan diri satu sama lain untuk saling memahami dan memantapkan diri melangkah ke jenjang pernikahan. Ta’aruf membutuhkan kesiapan mental, tidak asal menyatakan perasaan seperti pacaran. Sekarang ini teknologi internet sebagai media baru telah berkembang, banyak situs maupun aplikasi yang menawarkan fasilitas ta’aruf, salah satu aplikasi dengan program mentoring online dan menyediakan layanan ta’aruf yang syar’i adalah Kelas Jodoh yang memberikan pemahaman kepada ikhwan dan akhwat tentang pra nikah melalui berbagai video, e-book, dan tugas-tugas pemantasan diri sebelum akhirnya melakukan ta’aruf. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengungkapan diri mengenai sikap dan opini, selera dan minat, pekerjaan, keuangan, kepribadian, dan fisik antara ikhwan dan akhwat dalam proses ta’aruf. Peneliti menggunakan teori Self-disclosure dari Jourard. Penelitian yang menggunakan teknik penarikan sampel proporsional ini, dari populasi 836 orang ditarik 85 responden dan ditemukan kesimpulan bahwa antara ikhwan dan akhwat pada keseluruhan aspek menungkapakan secara umum, namun untuk aspek sikap dan opini diungkapkan secara detail dan askpek kepribadian lebih detail diungkapkan oleh akhwat, sedangkan ikhwan hanya secara umum. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Ta’aruf, Self-disclosure.
Makna Kepahlawanan Dalam Film Nasional Ibnu Rasyid; Aning Sofyan
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.921 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.107

Abstract

Abstrak. Film merupakan salah satu bagian dari media massa yang dari dulu hingga kini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan. Film Foxtrot Six bekerjasama dengan garapan rumah produksi Hollywood, MD Pictures bekerja sama dengan Rapid Eye Picture. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Massa. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Paradigma konstruktivis memandang realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, tetapi terbentuk dari hasil konstruksi. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dimana makna denotasi, konotasi dan mitos akan peneliti cari disetiap scene dapat dilihat dari setiap adegannya serta dialognya. Kesimpulan yang didapat makna denotasi pada film Foxtrot Six ini adalah gambaran tentang seorang mantan anggota marinir bersama teman-temannya berjuang menyelamatkan Indonesia dari kemiskinan dan kepemimpinan sebuah partai politik yang korup dan jahat. Makna konotasi yang terlihat dalam film ini adalah dimana seseorang mantan anggota marinir yang dihadapkan dengan berbagai masalah dan rintangan dalam proses mencapai tujuan untuk membasmi kejahatan yang dilakukan elit politik sehingga dapat menyelamatkan masyarakat dari kemiskinan dan kesengsaraan.Mitos yang terdapat pada film ini seperti Ksatria yang berarti jadilah orang yang pemberani tidak takut apa yang sedang dihadapinya. Kata Kunci: Kepahlawanan, Foxtrot Six, semiotic Roland Barthes

Page 1 of 1 | Total Record : 5