cover
Contact Name
Unang arifin
Contact Email
bcscm@unisba.ac.id
Phone
+6282118633944
Journal Mail Official
bcscm@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Jl. Tamansari No. 20, Bandung 40116, Indonesia, Tlp +62 22 420 3368, +62 22 426 3895 ext. 6891
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bandung Conference Series: Communication Management
ISSN : -     EISSN : 28282183     DOI : https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i2
Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content Creation, Content Sharing, Daya Tarik Iklan, Drama Televisi, Event, Gaya Hidup, Interior Display, Jingle, Kampanye, Keputusan Pembelian, Keterikatan Pelanggan, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi Pemasaran, Konsep Diri, Kredibilitas Komunikator, Kualitas Pelayanan, Literasi Media, Loyalitas Konsumen Manajemen branding, Media Sosial, Minat Beli Konsumen, Online Review, Pemasaran Konten, Penjualan produk, Persepsi Budaya, Personal Branding, Promosi online, Sikap, Store Atmospheredan Layout, Tagline, Terpaan Media, Tindakan Membeli, Transportasi Online, Ujaran Kebencian, Website, Word of Mouth. Prosiding ini diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah Unisba. Artikel yang dikirimkan ke prosiding ini akan diproses secara online dan menggunakan double blind review minimal oleh dua orang mitra bebestari.
Articles 57 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management" : 57 Documents clear
Manajemen Komunikasi Event Organizer Virtual Muhammad Sodiq; Mochammad Rochim
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.639 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.173

Abstract

Abstact. This research is motivated by the continuity of event organizers in holding shows that cannot be done properly due to pandemic conditions and as a result they choose to be held in a virtual format. The new format, namely virtual, requires a different communication management because it is done with virtual communication media. This study will discuss the communication management carried out by the Jatiwangi Cup, namely bodybuilding and cultural arts performances carried out in a virtual format. The research method uses a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques that will be used are interview observations, and literature study. The results of the study were analyzed based on Koonts and O'Dannel's communication management theory which consisted of aspects of planning, organizing, staffing, leading, and controlling. The results of the study found that the Virtual Jatiwangi Cup carried out the communication management process by using virtual communication from the planning of the show to the execution of the show. The most applied aspects are planning, controlling, and leading aspects because non-proft event shows and voluntary membership can make the Jatiwangi Cup Virtual held from 2019 – 2021. The communication management process takes place by utilizing virtual communication media such as WhatsApp and Zoom. encountered in the process, namely the adaptation of members from a technical, concentration, and psychological point of view. The selection of virtual and the use of new media in the implementation of the show makes Jatiwangi Cup experience show innovation and bring regional values ​​to the show that can be known more widely and can compete with other cultures through the internet. Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi keberlangsungan event organizer dalam menyelenggarakan pertunjukkan tidak bisa dilakukan semestinya karena kondisi pandemic dan alhasil memilih untuk diselenggarakan dalam format virtual. Format baru yaitu virtual diperlukan manajamen komunikasi yang berbeda karena dilakukan dengan media komunikasi virtual. Penelitian ini akan membahas manajamen komunikasi yang dilakukan Jatiwangi Cup yakitu pertunjukkan binaraga dan seni budaya yang dilaksanakan dalam format virtual. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu pengamatan wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan teori manajamen komunikasi Koonts dan O’Dannel yang terdiri dari aspek planning, organizing, staffing, leading, dan controlling. Hasil penelitian didapati bahwa Jatiwangi Cup Virtual menjalankan proses manajemen komunikasi tersebut dengan menggunakan komunikasi virtual dari perecenanaan pertunjukkan sampai pelaksanaan pertunjukkan. Aspek yang paling diterapkan yakni aspek planning, controlling, dan leading karena pertunjukkan acara yang non-proft dan keanggotaannya secara sukarela bisa membuat menggelar Jatiwangi Cup Virtual dari tahun 2019 – 2021. Proses manajemen komunikasi berlangsung dengan memanfaatkan media komunikasi virtual seperti WhatsApp dan Zoom, kendala yang ditemui dalam prosesnya yaitu adaptasi anggota dari segi teknis, konsentrasi, dan psikologis. Pemilihan virtual dan penggunaan media baru dalam pelaksanaan pertunjukkan membuat Jatiwangi Cup mengalami inovasi pertunjukkan dan membawa nilai-nilai kedaerahan pertunjukkan bisa diketahui lebih luas dan bisa bersaing dengan budaya lainnya melalui internet.
Kampanye Komunikasi Sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sebagai Program Masterpiece Lembaga Care For Humanity Melinda Syafira; Ike Junita Triwardhani
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.007 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.231

Abstract

Abstract. This Covid-19 pandemic has lasted for almost two years, which has been a tough year, and continues to haunt the lower middle class people in Indonesia, especially West Java, this situation is like a simalakama fruit, life is reuctant to die of not. So at this difficult time, Aksi Cepat Tanggap, especially in the West Java branch, is helping underprivileged communities with the Rice Waqf program which is processed from LBW or Waqf Rice Barns. This Waqf Rice is used to help people in West Java. This study uses a qualitative research method with a case study approach. This study also uses in-depth interview data collection techniques, involved observation, and documentation, in which the resource persons in this study are the Branch Manager of Aksi Cepat Tanggap Bandung, West Java and Staff of the Rapid Response Action Program Bandung, West Java. This research method was also used to collect data regarding the research. This results in actual and factual results. In this study, it was found that Aksi Cepat Tanggap Bandung, West Java branch has successfully implemented a social campaign for the Rice Waqf Program in which ACT Bandung West Java can Build public trust and carry out Brand Awareness so that in this program many donors trust ACT itself has a humanitarian fleet in the form of Rice Trucks Abstrak. Pandemi Covid-19 ini berlagsung hampir dua tahun, dimana menjadi tahun yang berat, dan terus menghantui masyarakat menegah kebawah di Indonesia terutama Jawa Barat, keadaan ini bak buah simalakama, hidup segan matipun tak mau. Sehingga pada saat yang sulit ini Aksi Cepat Tanggap terutama di cabang Jawa Barat membantu masyarakat prasejahtera dengan program Beras Wakaf yang merupakan hasil olahan dari LBW atau Lumbung Beras Wakaf. Beras Wakaf ini digunakan untuk membantu masyarakat di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi terlibat, dan dokumentasi, yang mana narasumber pada penelitian ini merupakan Branch Manager Aksi Cepat Tanggap Bandung Jawa Barat dan Staff Program Aksi Cepat Tanggap Bandung Jawa Barat Metode penelitian ini pun digunakan untuk mengumpulkan data-data mengenai penelitian ini sehingga mendapatkan hasil-hasil yang aktual dan faktual. Pada penelitian ini mendapatkan bahwa Aksi Cepat Tanggap cabang Bandung Jawa Barat berhasil melaksanakan kampanye sosial Program Beras Wakaf yang mana pada program ini ACT Bandung Jawa Barat dapat membangun kepercayaan publik dan melakukan Brand Awareness sehingga dalam program ini banyak donatur yang mempercayai ACT Bandung Jawa Barat sebagai wadah penglolaan hasil galang dana, pun ACT sendiri memiliki armada kemanusiaan berupa Rice Truck.
Digital Marketing Samagaha Outdoor Melalui Instagram: Studi kasus pada Instagram Samagaha_Outdoor Ridwan Al Iman; Yulianti
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.294 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.277

Abstract

Abstract. As a company that provides outdoor needs, Samagaha outdoor has a unique way of marketing its products by giving discounts every day for the various products they offer. This uniqueness makes the writer interested in knowing Samagaha Outdoor digital marketing. This research uses a qualitative method with a case study approach. In this study, the authors used three data collection techniques, namely interviews, observation and literature study. The technique of checking the validity of the data used in this study is the source triangulation technique with the key informant of the head office, marcom, and content creator. The supporting informants in this study were two Samagaha Instagram followers and two Samagaha consumers. The results of this study are 1. In digital marketing, Samagaha has a pattern by first providing review content in the form of videos and photos about the products they sell. 2. In determining the price for the products they will sell, Samagaha first calculates the cost of producing the goods they make through vendors with the formula used, namely 1:1 or 1: . For discounts, Samagaha does not set a standard how many percent they will give, but immediately makes a price discount. 3. Samagaha Outdoor uses Instagram as their promotional medium because Instagram has a great influence on promotion. With more than 200k followers, Samagaha is able to market products according to their planned target market. 4. The reason there are always discounts for various Samagaha Outdoor products is to build a positive image to consumers by always providing discounts so that prices become more affordable and the market is wider. Abstrak. Sebagai perusahaan yang menyediakan kebutuhan luar ruangan, Samagaha outdoor memiliki cara unik untuk memasarkan produknya yaitu dengan memberikan diskon setiap hari untuk berbagai macam produk yang mereka tawarkan. Keunikan itulah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui digital marketing Samagaha Outdoor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Triangulasi sumber dengan key informant kepala kantor, marcom, dan content creator. Informan pendukung pada penelitian ini adalah dua orang followers instagram Samagaha dan dua orang konsumen Samagaha. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Dalam digital marketingnya Samagaha memiliki pola dengan cara terlebih dahulu memberikan konten review berupa video dan foto mengenai produk yang mereka jual. 2. Dalam menentukan harga untuk produk yang akan mereka jual, Samagaha terlebih dahulu menghitung biaya produksi barang yang mereka buat melalui vendor dengan rumus yang digunakan yaitu 1:1 atau 1: ½. Untuk penentuan diskon, Samagaha tidak mematok secara baku berapa persen yang akan mereka berikan, tetapi langsung melakukan potongan harga. 3. Samagaha Outdoor menggunakan instagram sebagai media promosi mereka dikarenakan instagram memiliki pengaruh yang besar untuk promosi. Dengan followers sebanyak lebih dari 200k Samagaha mampu memasarkan produknya sesuai dengan target pasar yang mereka rencanakan. 4. Alasan selalu ada diskon untuk berbagai produk Samagaha Outdoor adalah untuk membangun citra yang positif kepada konsumennya dengan selalu memberikan diskon sehingga harga menjadi lebih terjangkau dan pasar semakin luas.
Manajemen Media Penyiaran Televisi Swasta Lokal dalam Memproduksi Program Informatif Araaf Azhari Denny; Indri Rachmawati
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.576 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.287

Abstract

Abstract. The presence of local television has an important role in fulfilling the need for information about events occurring in the local area. The existence of local television can show regional culture as well as local events by touching the real life of the local community. So that local television can represent the cultural identity of the local community with cultural content and identity based on local wisdom. I News TV Bandung, a local television based on I News TV Jakarta, which is given the authority to broadcast information with local nuances. This paper aims to describe the management of local television media in producing informative programs on a case study of media management strategy I News TV Bandung. The research method used is descriptive qualitative, with a focus on the management of television broadcasting media I News TV Bandung. The research method used is a qualitative research method with a case study approach with data analysis techniques using the broadcast management strategy theory proposed by Peter K Pringle. The data was collected by conducting interviews, observing and documenting related matters. The data that has been collected will be analyzed by reducing the data, presenting the data and finally drawing conclusions. Abstrak. Kehadiran televisi lokal memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi mengenai peristiwa yang terjadi di daerah lokal. Keberadaan televisi lokal dapat menampilkan budaya daerah serta peristiwa lokal dengan menyentuh kehidupan nyata masyarakat setempat. Sehingga televisi lokal dapat merepresentasikan identitas budaya masyarakat daerah dengan muatan budaya dan identitas yang berbasis kearifan lokal. I News TV Bandung, televisi lokal yang berpusat di I News TV Jakarta, yang diberi kewenangan untuk menyiarkan informasi bernuansa lokal. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen media televisi lokal dalam memproduki program informatif pada studi kasus strategi manajemen media I News TV Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada manajemen media penyiaran televisi I News TV Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis data menggunakan teori strategi manajemen siaran program yang dikemukakan oleh Peter K Pringle. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap hal terkait. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan pada akhirnya menarik kesimpulannya. Kata kunci: Teori Strategi Manajemen Program, Televisi, Televisi Lokal, Manajemen media penyiaran, Kota Bandung
Pengaruh Komunikasi Verbal Catcalling terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswi: studi regresi dampak catcalling pada mahasiswi fikom unisba 2018 Geza Alkautsar; Zulfebriges
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.679 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.292

Abstract

Abstract. One of the criminal cases that often occurs in Indonesia is sexual harassment, a case of sexual harassment that often occurs, namely Catcalling. This happens a lot and is considered normal by the Indonesian people. But many people have not been educated about the effects of catcalling on victims. This research uses quantitative methods and uses a questionnaire to obtain information. Verbal communication is a process in which an individual as a communicator delivers stimulants which are usually verbal to change the behavior of others. And verbal crimes can cause victims to lose control, lower their self-esteem, and change their behavior. Verbal catcalling crimes can affect the victim's psyche and also create objective, neurotic, and moral anxiety. Abstrak. Salah satu kasus kriminalitas yang sering terjadi di Indonesia adalah pelecehan seksual, kasus pelecehan seksual yang sering terjadi yaitu Catcalling. hal ini banyak terjadi dan dianggap lumrah oleh masyarakat Indonesia. Tetapi banyak masyarakat yang belum ter edukasi tentang pengaruh catcalling bagi para korban. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan angket atau kuesioner untuk mendapatkan informasi. Komunikasi verbal yaitu sebuah proses dimana seorang individu sebagai komunikator menyampaikan stimulan yang biasanya verbal untuk mengubah perilaku orang lainya. Dan kejahatan verbal bisa membuat korban menjadi hilang kontrol, menurunkan harga diri, dan mengubah perilaku korban. Kejahatan verbal catcalling bisa mempengaruhi psikis korban dan juga membuat kecemasan obyektif, neurotis, maupun moral.
Manajemen Event Indonesia Mods Mayday dalam Melestarikan Subkultur Mods di Kota Bandung Juenva Adelia Bastari; Satya Indra Karsa
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.745 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.382

Abstract

Abstrac. In Indonesia, Mods are well known by many people, even many Mods groups are developing in Indonesia, one of which is in the city of Bandung. Mods are synonymous with scooters, clothes, and music, in the city of Bandung there is one group of Mods, namely Beatboys who regularly holds events that raise mods themselves. The event is called Indonesia Mods Mayday. Not only putting forward entertainment just like events in general, this event also has the aim of implementing a mods subculture in the city of Bandung, therefore to be able to realize it, proper planning is needed, good event management is also needed in order to achieve the desired results. This study aims (1) to find out the stages of research at theevent Indonesia mods mayday(2) to find out the design stages at theevent Indonesia mods mayday(3) to determine the stages of program planning at theeventtheevent. Indonesia mods mayday(4) to determine the stages of coordination atIndonesia mods mayday event Indonesia mods mayday. The theory used isManagement Theory Event Goldblatt's, the method used in this research is descriptive quantitative method, with data obtained from interviews with several sources, through documentation, observation and literature studies relevant to the research. Subjects in this study amounted to three people as the founder, executive vice event, members of the event Indonesia Mods Mayday. The results showed that the management of the event Indonesia Mods Mayday perform management event in five stages: research, design, planning, coordination, and evaluation. In the research phase of the event Indonesia Mods Mayday beginning to see the early history ofevent theand saw the desire and needs of the participants. In this case the committee event Indonesia Mods Mayday perform together Together to discussevent. this Design, this is done by choosing the theme of the event that is themed mods because it is from the beginning of the event Indonesia Mods Mayday greatly raised element mods, after the committee to think about perdanaan and location of the problem perdanaan event Indonesia Mods Mayday entirely from sponsors because at This event does not use a ticket system. Planning begins with some of the committee inspecting the location where thewill be held event. At this stage it must be arranged carefully and carefully considering this stage has a very important function. Planning is prepared based on the results of the data from the previous stages. Coordination, coordination carried out atin theeventthe Indonesia Mods Maydayform of communication in collaboration, and coordination was carried out to find out howdeveloping theevent was Indonesia Mods Mayday. Evaluation, carried out to each committee and evaluation of the participants present. Abstrak. Di Indonesia, Mods cukup dikenal oleh banyak orang , bahkan banyak kelompok Mods berkembang di Indonesia salah satunya di kota Bandung. Mods identik dengan skutter, pakaian, dan musik nya, di kota Bandung ada salah satu kelompok Mods yaitu Beatboys yang rutin mengadakan event yang mengangkat mods itu sendiri. Event itu bernamakan Indonesia Mods Mayday. Tidak hanya mengedepankan hiburan semata seperti event pada umumnya ,event ini juga memiliki tujuan untuk menerapkan subkultur mods di kota Bandung, oleh karena itu untuk bisa merealisasikannya diperlukan perencannan yang tepat, diperlukan juga pengelolaan manajemen event yang baik agar mencapai hasil yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tahapan riset pada event Indonesia mods mayday( 2)Untuk mengetahui tahapan desain pada event Indonesia mods mayday (3)Untuk mengetahui tahapan perencanaan program pada pada event Indonesia mods mayday( 4) Untuk mengetahui tahapan koordinasi pada pada event Indonesia mods mayday. Teori yang digunakan adalan Teori Manajemen Event Goldblatt, metode yang dugunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif,dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap beberapa narasumber, melalui dokumentasi, observasi dan studi pustaka yang relevan dengan penelitian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang selaku pendiri, wakil pelaksana acara, anggota event Indonesia Mods Mayday. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen event Indonesia Mods Mayday melakukan manajemen event dalam lima tahap yaitu riset,desain,perencanaan,koordinasi, dan evaluasi. Pada tahap riset event Indonesia Mods Mayday awal mula dengan melihat sejarah awal event tersebut lalu meliha keinginan, dan kebutuhan para partisipan. Pada hal ini panitia event Indonesia Mods Mayday melakukan kumpul Bersama untuk membahas event ini. Desain, hal ini dilakukan dengan cara memilih tema event yaitu bertemakan mods karna memang dari awal event Indonesia Mods Mayday sangat mengangkat unsur mods, setelah itu panitia memikirkan masalah perdanaan dan lokasi untuk masalah perdanaan event Indonesia Mods Mayday sepenuhnya dari pihak sponsor karna pada event ini tidak menggunakan sistem tiket. Perencanaan , diawali dengan Sebagian panitia melakukan pemeriksaan lokasi yang akan menjadi tempat dilaksanakan event. Pada tahap ini harus di susun secara teliti dan matang mengingat tahap ini memiliki fungsi yang sangat penting. Perencanaan disusun berdasarkan hasil data dari tahapan sebelum nya. Koordinasi , koordinasi yang dilakukan pada event Indonesia Mods Mayday berupa komunikasi dalam berkerjasama, dan koordinasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan event Indonesia Mods Mayday. Evaluasi,dilakukan kepada masing- masing panitia dan evaluasi dari peserta yang hadir.
Strategi Branding Based Club Melalui Media Sosial Instagram: Studi Kasus Mengenai Strategi Branding Based Club Menggunakan Tema Internet Culture Melalui Media Sosial Instagram Bintang Sania Putri; Endri Listiani
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.338 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.468

Abstract

Abstract. Strategy is defined as long-term planning designed to achieve goals and objectives, while branding is the process of using the power of a brand to provide products and services. Branding creates a psychological structure that helps consumers to organize their knowledge of products and services in a way that makes decisions that clearly provide value to the company in the process. Where the author finds indications of how the Based Club makes a branding strategy by connecting it with the theme it carries, so that the theme affects the strategy it implements. This research method is qualitative using a case study approach. Data collection techniques used are interview and observation techniques, documentation and literature related to the Based Club. The result of this research is that the branding strategy applied by the Based Club through Instagram social media is an adaptive, idealistic and differentiation brand. They made the strategy based on the theme they carried, namely internet culture. From the internet culture theme, Based Club produces an adaptive strategy to continue to be relevant to the times and young people as their target market, idealistically, the Based Club always packs internet issues with their own style, then differentiation aims to be different from competitors in the Class Based Club who are more competitive. delivered a lot of statements on the product and its campaign. Abstrak. Strategi diartikan sebagai perencanaan jangka panjang yang disusun untuk mencapai tujuan dan sasaran sedangkan branding adalah proses penggunaan kekuatan merek untuk menyediakan produk dan layanan. Branding menciptakan struktur psikologi yang menolong konsumen untuk mengatur pengetahuan mereka tentang produk dan layanan dengan cara pengambilan keputusan yang jelas memberikan nilai bagi perusahaan dalam prosesnya. Dimana penulis menemukan indikasi bagaimana Based Club membuat strategi branding dengan menghubungkannya dengan tema yang diusungnya, sehingga tema mempengaruhi strategi yang diterapkannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi, dokumentasi dan kepustakaan berhubungan dengan pihak Based Club. Hasil dari penelitian ini strategi branding yang diterapkan Based Club melalui media sosial Instagram adalah brand yang adaptif, idealis dan diferensiasi. Mereka membuat strategi tersebut berdasarkan tema yang diusungnya yaitu internet culture. Dari tema internet culture, Based Club menghasilkan strategi yang adaptif agar terus relevan dengan zaman dan anak muda sebagai target pasar mereka, idealis yaitu Based Club selalu mengemas isu internet dengan gaya mereka sendiri, lalu diferensiasi bertujuan agar memiliki perbedaan dengan kompetitor sekelas Based Club yang lebih banyak menyampaikan statement pada produk dan campaignnya.
Hubungan Aktivitas Bauran Promosi Bistro dengan Keputusan Pembelian Konsumen Syania Ismaya S.P; Mochammad Rochim
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.525 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.528

Abstract

Abstracts. Culinary tourism is growing quite rapidly, as evidenced by the increasing number of bistros and restaurants in Bandung every year. Talupa Bistro & Brunch is a new bistro that can compete with other bistros. Talupa Bistro & Brunch conducts promotional mix activities to increase sales volume through consumer purchasing decisions. This study was conducted to determine whether there is a relationship between the promotional mix activities of Talupa Bistro & Brunch which consists of advertising, sales promotion, direct marketing, and public relations with the consumer purchasing decisions of Talupa Bistro & Brunch. The theory used is the promotion mix theory, purchase decisions, and simple linear regression theory. This research uses correlation method. Data collection techniques by distributing questionnaires, interviews, literature study, and observation. Descriptive analysis techniques and inferential analysis Abstrak. Wisata kuliner berkembang cukup pesat, terbukti dengan meningkatnya jumlah bistro dan rumah makan di Kota Bandung setiap tahunnya. Talupa Bistro&Brunch merupakan salah satu bistro baru yang dapat bersaing dengan bistro lainnya. Talupa Bistro&Brunch melakukan aktivitas bauran promosi guna meningkatkan voume penjualan melalui keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas bauran promosi Talupa Bistro&Brunch yang terdiri dari advertising, sales promotion, direct marketing, dan public relations dengan keputusan pembelian konsumen Talupa Bistro&Brunch. Teori yang digunakan yaitu teori bauran promosi, keputusan pembelian, dan teori regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan metode Korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner, wawancara, studi pustaka, dan observasi. Teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hubungan Sales Promotion Shopee dengan Minat Beli Mahasiswa di Kota Bandung Nadhira Andriani; Satya Indra Karsa
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.698 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.583

Abstract

Abstract. This research is entitled "The Correlation of Sales Promotion X with Buying Interest of Students in Bandung City" Correlational Study Between Sales Promotion X and Buying Interest of Students of Bandung State Polytechnic and Bandung Islamic University. This study aims to determine the extent of the relationship between sales promotion X and student buying interest. Because X often gives or offers promos whose purpose is to make consumers interested in shopping at X. This research method uses a quantitative correlation approach. Data collection techniques in this study used a questionnaire or a questionnaire and literature study. The population in this study were active students using X at the Bandung State Polytechnic and Islamic University of Bandung. The sample in this study amounted to 100 respondents. The results of the discussion in this study are that there is a fairly strong relationship between X Sales Promotion and Buying Interest of Students in Bandung. Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan Sales Promotion X dengan Minat Beli Mahasiswa di Kota Bandung” Studi Korelasional Antara Sales Promotion X Dengan Minat Beli Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung dan Universitas Islam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan sales promotion X dengan minat beli mahasiswa. Karena X sering sekali memberikan atau menawarkan promo-promo yang tujuannya agar konsumen berminat berbelanja di X. Metode penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan studi kepustakaan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Pengguna X di Politeknik Negeri Bandung dan Universitas Islam Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara Sales Promotion X dengan Minat Beli Mahasiswa di Kota Bandung.
Hubungan antara Motivasi Penggunaan Aplikasi Media Sosial TikTok dengan Motif Mencari Identitas Diri di Kota Bandung Annisa Shafira Nurvadila; Rini Rinawati
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.907 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.613

Abstract

Abstract. This research is entitled "The Correlation Between the Motivation of Using Social Media Applications with the Motive of Finding Self-Identity (Correlational Quantitative Study of TikTok Application Users)". The Douyin application or better known as TikTok comes from China which was launched in September 2016 by Zhang Yiming. This TikTok application is an application with a short video platform with a duration that was initially only 15 seconds until now it can be extended to 3 minutes which is socially based supported by music. This study aims to determine the relationship between the use of social media applications with the motive of seeking self-identity in TikTok application users in the city of Bandung. The theory used by researchers in this study is the theory of Uses and Gratification by McQuail, Blumler and Brown and the theory of Communication Identity by Jalaluddin Rakhmat. The scientific approach used in this study is quantitative with a correlational method that refers to the positivism paradigm. Data collection uses data collection techniques in the form of questionnaires, observations, interviews, and also literature or document studies. The results of this study indicate that there is a significant correlation between the motivation for using the TikTok social media application and the motive for seeking self-identity in Bandung City. This TikTok social media application user uses the TikTok application to find self identity. Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Motivasi Penggunaan Aplikasi Media Sosial dengan Motif Mencari Identitas Diri (Studi Kuantitatif Korelasional Pada Pengguna Aplikasi TikTok)”. Aplikasi Douyin atau yang lebih kita kenal dengan nama TikTok berasal dari negeri Cina yang diluncurkan pada bulan September 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi TikTok ini adalah aplikasi dengan platform video pendek dengan durasi yang awalnya hanya 15 detik hingga sekarang bisa diperpanjang menjadi 3 menit yang berbasis sosial dengan didukung musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan aplikasi media sosial dengan motif mencari identitas diri pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Bandung. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification oleh McQuail, Blumler dan Brown dan teori Identitas Komunikasi Jalaluddin Rakhmat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional yang mengacu pada paradigma positivisme. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner (angket), observasi, wawancara (interview), dan juga studi putaka atau dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan atau korelasi di antara motivasi penggunaan aplikasi media sosial TikTok dengan motif mencari identitas diri di Kota Bandung. Pengguna aplikasi media sosial TikTok ini menggunakan aplikasi TikTok untuk mencari identitas dirinya.