cover
Contact Name
Unang arifin
Contact Email
bcscm@unisba.ac.id
Phone
+6282118633944
Journal Mail Official
bcscm@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Jl. Tamansari No. 20, Bandung 40116, Indonesia, Tlp +62 22 420 3368, +62 22 426 3895 ext. 6891
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bandung Conference Series: Communication Management
ISSN : -     EISSN : 28282183     DOI : https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i2
Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content Creation, Content Sharing, Daya Tarik Iklan, Drama Televisi, Event, Gaya Hidup, Interior Display, Jingle, Kampanye, Keputusan Pembelian, Keterikatan Pelanggan, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi Pemasaran, Konsep Diri, Kredibilitas Komunikator, Kualitas Pelayanan, Literasi Media, Loyalitas Konsumen Manajemen branding, Media Sosial, Minat Beli Konsumen, Online Review, Pemasaran Konten, Penjualan produk, Persepsi Budaya, Personal Branding, Promosi online, Sikap, Store Atmospheredan Layout, Tagline, Terpaan Media, Tindakan Membeli, Transportasi Online, Ujaran Kebencian, Website, Word of Mouth. Prosiding ini diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah Unisba. Artikel yang dikirimkan ke prosiding ini akan diproses secara online dan menggunakan double blind review minimal oleh dua orang mitra bebestari.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management" : 19 Documents clear
Pengaruh Rebranding Gojek terhadap Citra Perusahaan Andhika Rizki Pratama; Gita Widiasanty
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9599

Abstract

Abstract. Gojek is an Indonesian company that is engaged in services and online transportation. This company was founded back in 2010 has successfully become a well-known company until now and the services provided greatly facilitate our daily lives. In July 2019, Gojek changed their logo which was previously in the form of a motorcycle driver symbol and changed to be like a round circle. This logo has the meaning of one button for all and symbolizes that Gojek has become more solid and provides benefits for all. This research is to discuss the Effect of Gojek Rebranding on The Corporate's Image. The purpose of this study is to find out whether there is a significant influence when Gojek rebrands its logo on its corporate image. The type of research used in this study is Explanatory Research using the Quantitative approach method. The research was conducted on active Gojek users in Lebak Bulus area, South Jakarta. The number of samples in this study is 100 Gojek users. The data collection technique used is in the form of a questionnaire through a google form and the data processing used in this study used SPSS 23.0 to calculate and analyze the data. The result of this study shows that there has been a significant influence on its Corporate Image when Gojek rebranded their new Logo. Abstrak. Gojek adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan transportasi online di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini telah sukses menjadi perusahaan ternama hingga saat ini dan jasa yang diberikan sangat mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Pada bulan Juli 2019, perusahaan Gojek merubah logo mereka yang sebelumnya berbentuk simbol pengemudi motor di ubah menjadi seperti lingkaran bundar. Logo ini memiliki arti satu tombol untuk semua dan melambangkan bahwa Gojek menjadi lebih solid dan memberikan manfaat untuk semua. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang Pengaruh Rebranding Gojek Terhadap Citra Perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh yang signifikan ketika Gojek melakukan Rebranding Logo terhadap Citra Perusahaannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory research dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada pengguna aktif Gojek di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jumlah sampel yang ada dalam penelitian ini adalah 100 orang pengguna Gojek. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner melalui google form, pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 23.0 untuk mengkalkulasi dan menganalisa data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Citra Perusahaannya ketika Gojek melakukan rebranding logo baru mereka.
Analisis Semiotika Terapan terhadap Iklan YouTube “#CepetanGoSendInstant by Ariel NOAH x GoSend” Arya Dwi Fatwa; Kurnia
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9600

Abstract

Abstract. In this journal applying semiotic analysis in the field of advertising is the study of the elements of advertising text and their relationships. Semiotic analysis in combination with experimental tools in the context of market research makes it possible to emphasize the effect of individual elements of advertising text on the customer, and not the effect of advertising as a whole, as was usually observed in previous researchers. This journal uses a qualitative method consisting of primary data and secondary data. The results of this study indicate that there is a correlation between the use of storylines in plots, the influence of advertising and consumer perceptions. The scale used can be applied to this advertising research, the combination of semiotic analysis and experimental methods presented in this study allows researchers to get deeper into advertising content in relation to advertising effectiveness. The results can also advance understanding of the impact of ad text elements on users in future theoretical and practical research. Abstrak. Dalam jurnal ini menerapkan analisis semiotik dalam bidang periklanan adalah kajian tentang unsur-unsur teks iklan dan hubungannya. Analisis semiotik yang dikombinasikan dengan alat eksperimental dalam konteks riset pasar memungkinkan untuk menekankan efek elemen individual dari teks iklan pada pelanggan, dan bukan efek iklan secara keseluruhan, seperti yang biasanya diamati dalam peneliti sebelumnya. Jurnal ini menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi antara penggunaan alur cerita dalam plot, pengaruh iklan dan persepsi konsumen. Skala yang digunakan dapat diterapkan pada penelitian periklanan ini, kombinasi analisis semiotik dan metode eksperimental yang disajikan dalam penelitian ini memungkinkan peneliti untuk lebih dalam tentang konten iklan dalam kaitannya dengan efektivitas periklanan. Hasilnya juga dapat memajukan pemahaman tentang dampak elemen teks iklan pada pengguna dalam penelitian teoretis dan praktis di masa mendatang.
Implementasi Marker Based Tracking pada Aplikasi Augmented Reality Batik Majalengka Berbasis Android Deni Priyadi
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9601

Abstract

Abstract. Multimedia is a product of information technology which has the advantage of attracting imagination and attracting public interest, this attraction is supported by images, sound, text and animated movements. Batik businesses experience several obstacles such as obstacles from capital difficulties, lack of product innovation, and lack of utilizing information technology in product marketing. The method used to develop software in this study uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method in which there are six stages. With the Majalengka Batik Augmented Reality application, the Tourism and Culture Office of Majalengka Regency and batik entrepreneurs can add choices in conducting promotions, utilize information technology and make it easier for the public to obtain information. People who were not previously familiar with Majalengka batik, with this research the community became get to know Majalengka batik. As well as being able to attract people's interest in wearing Majalengka typical batik. Abstrak. Multimedia merupakan produk dari teknologi informasi yang kelebihannya untuk menarik imajinasi serta menarik minat masyarakat, daya tarik ini didukung dengan adanya gambar, suara,teks serta gerakan animasi. Usaha batik mengalami beberapa hambatan seperti hambatan dari kesulitan modal, kurangnya inovasi produk, serta kurangnya dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran produk.Metode yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak dalam penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) di mana terdapat enam tahapan. Dengan adanya aplikasi Augmented Reality Batik Majalengka, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka serta para pelaku usaha batik dapat menambah pilihan dalam melakukan promosi, memanfaatkan teknologi informasi dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi.masyarakat yang sebelumnya tidak mengenal batik Majalengka, dengan adanya penelitian ini masyarakat menjadi mengenal batik Majalengka. Serta dapat menarik minat masyarakat untuk mengenakan batik khas Majalengka.
Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Personal Branding Mahasiswa STIKOM InterStudi Angkatan 2018 Devina Ayu Virginia; Ahmadi
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9602

Abstract

Abstract. With the rapid development of technology, personal branding can be built through social media. The most popular platform for personal use is an application called TikTok while Personal Branding has become a trend due to two important reasons, one of which is the change in technology that has changed the structure of work at this time. In developing a professional, Personal Branding is used as a place that makes it very easy and effective for audiences to express or show their identity, what they believe in, and also what makes them unique. Therefore, researchers conducted this research to find out whether the use of Tiktok social media has an impact on personal branding. The method used in this research is a quantitative method. The population of this study were 2018 STIKOM Interstudy Students. In addition, the survey data was processed using statistical methods in SPSS software and simple regression analysis and examined for validity and reliability. Partially it is stated that Tiktok social media has a significant influence on personal branding. These results are proven in the results of partial hypothesis testing which shows that the sig value of 0.000 is smaller than the significance level of 5% or 0.05. Furthermore, the t-count of 4.381 is greater than the t-table of 2.002. The test results illustrate that Tiktok social media has a fairly strong influence on personal branding. Tiktok social media has an influence on personal branding in terms of information & identity because it has a fairly strong influence value on personal branding. Abstrak. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, personal branding dapat dibangun melalui media sosial. Platform paling populer untuk penggunaan pribadi adalah aplikasi bernama Tiktok sedangkan Personal Branding telah menjadi sebuah tren dikarenakan adanya dua alasan penting, yaitu salah satunya adalah adanya perubahan teknologi yang telah membuat perubahan struktur pekerjaan pada saat ini. Dalam meningkatkan suatu profesional, Personal Branding dijadikan sebuah tempat yang sangat mempermudah dan efektif bagi khalayak untuk mengungkapkan atau menunjukan jati dirinya, apa yang dia yakini, dan juga apa yang membuatnya menjadi seorang yang unik. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media sosial Tiktok berdampak pada personal branding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Interstudi STIKOM 2018. Selain itu, data survey diolah menggunakan metode statistik dalam software SPSS dan analisis regresi sederhana serta diperiksa bagian validitas dan reliabilitasnya. Secara parsial dinyatakan bahwa media sosial Tiktok mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap personal branding. Hasil tersebut dibuktikan dalam hasil pengujian hipotesis secara parsial yang menunjukan bahwa nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 5% atau 0,05. Selanjutnya pada t-hitung sebesar 4,381 lebih besar dibandingkan dengan t-tabel 2,002. Hasil pengujian tersebut menggambarkan bahwa media sosial Tiktok memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap personal branding. Media sosial Tiktok memiliki pengaruh terhadap personal branding dalam segi Informasi & Identitas dikarenakan memiliki nilai pengaruh yang cukup kuat terhadap personal branding.
Strategi Komunikasi dalam Mempertahankan Minat Pendengar melalui Media Sosial pada Program ‘Big City Beatz’ Motion Radio 97,5 Fm Fariz Fajri Bagaskara; Sigit Pramono Hadi
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9607

Abstract

Abstract. The Big City Beatz program is a hip-hop Rnb music broadcast program on Motion Radio 97.5 FM Jakarta. As a Hiphop RnB music program, the habit of listening to the radio on the go (in vehicles) has decreased due to restrictions on community activities, making the Big City Beatz program experience obstacles in interacting with social media activities. Various ways and strategies are used by the social media team to interact with listeners through social media. The Big City Beatz social media team is working hard so that the content presented to listeners through social media can be conveyed and has good responses by listeners. Motion Radio is a radio station that carries the Rnb hip-hop music genre. This research was conducted with the aim of knowing Big City Beatz's social media strategy to maintain listeners' interest through social media and to find out the obstacles farmers experience while processing social media content. This study used a qualitative research approach with descriptive analysis methods and research data collection techniques were conducted using in-depth interviews. The results of this study were strengthened by the data on Big City Beatz social media ratings that researchers obtained from Motion Radio. The conclusion and results of this study are that the social media program strategy carried out by Big City Beatz is to provide the latest social media content and broadcast it on social media to find out the response from listeners. Abstrak. Program Big City Beatz merupakan program siaran music hiphop Rnb di Motion Radio 97.5 FM Jakarta. Sebagai program music Hiphop RnB, kebiasaan mendengarkan radio di perjalanan (di kendaraan) yg berkurang karena pembatasan kegiatan masyarakat, membuat program Big City Beatz mengalami hambatan dalam interaksi aktivitas media sosial. Berbagai cara dan strategi dilakukan tim media sosial untuk berinteraksi kepada pendengar melalui media sosial. Tim media sosial Big City Beatz berusaha keras agar konten yang disajikan kepada pendengar melalui media sosial, dapat tersampaikan dan memiliki tanggapan yang baik oleh pendengar. Motion Radio merupakan stasiun radio yang mengusung genre music hiphop Rnb. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui strategi media sosial Big City Beatz untuk mempertahankan minat pendengar melalui media sosial dan untuk mengetahui hambatan hambatan yang dialami selama melakukan proses konten media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara yang mendalam. Hasil dari penelitian ini diperkuat denganiadanyaidata tanggaan media sosial Big City Beatz yang penulis peroleh dari Motion Radio. Kesimpulan dan hasil dari penelitian ini adalah strategi program media sosial yang dilakukan oleh Big City Beatz adalah memberikan konten media sosial terbaru dan ditayangkan di media sosial untuk mengetahui tanggapan dari para pendengar.
Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Realme Felly Erlianto; Mazaya Rizy Safira
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9608

Abstract

Abstract. The development of technology is increasing rapidly in today's times including communication technology. There are many new communication technologies being created, one of which is smartphones. Companies are required to create and cultivate a strategy, one of which is with a brand image in order to instill a good perception of consumers or potential consumers so that the brand has a high possibility of being chosen and getting a place in the hearts of customers. The purpose of this study is to determine or measure how much influence the brand image has on the loyalty of Realme smartphone users in SMA Negeri 6 Tangsel. This type of research is an associative descriptive study, using simple linear regression analysis techniques with purposive sampling, data is collected from respondents who use Realme smartphones. From the results of the hypothesis test conducted that brand image has a significant effect on loyalty. And the results of the test of determination coefficient (R Square) have a value of 62.1%, while the remaining 37.9% was influenced by other things that were not examined. Abstrak. Perkembangan teknologi semakin meningkat pesat di masa sekarang ini termasuk teknologi komunikasi, sangat banyak teknologi komunikasi baru yang diciptakan salah satunya yaitu smartphone. Perusahaan dituntut harus membuat dan memupuk strategi salah satunya yaitu dengan brand image guna menanamkan persepsi baik kepada konsumen maupun calon konsumen agar brand tersebut memiliki kemungkinan yang tinggi untuk dipilih dan mendapatkan tempat di hati pelanggan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ataupun mengukur seberapa besarnya pengaruh brand image terhadap loyalitas pengguna smartphone Realme di SMA Negeri 6 Tangsel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif, menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan purposive sampling, data dikumpulkan dari responden yang menggunakan smartphone Realme. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan bahwa brand image memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Dan hasil uji koefisien determinasi (R Square) terdapat nilai sebesar 62,1%, sedangkan sisanya sebesar 37.9% dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti.
Strategi Marketing Public Relations dalam Membangun Hubungan Mitra Bisnis Hersta Opiyalana; Rosita Anggraini
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9609

Abstract

Abstract. PT Tomo and Son has various products and services, one of which is training and education services which have stopped operating. PT Tomo and Son seeks to reactivate these services by implementing strategies that have been carried out, and continues to want to add and expand in building relationships with business partners. The purpose of this research is to find out the marketing public. and pass strategies. The concept used is a marketing public relations strategy. This study uses a qualitative research method with a descriptive type of research. The primary data collection technique was in-depth interviews with three informants, namely SS key informants, 1 MW informants and 2 RH informants. Secondary data is obtained from reference books, documents, and websites. Data analysis techniques through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that PT Tomo and Son was successful in implementing a marketing public relations strategy in building relationships with business partners. The strategy is carried out using a pull strategy by bringing in clients directly, promoting using email blasts, flayers and social media, as well as sponsoring. Push strategy by maintaining good relations with clients and making it easy for new clients or clients to access information. Pass strategy by carrying out social activities such as being a regular donor at Islamic boarding schools, providing compensation for orphans, carrying out blood donations, collaborating with universities, as well as providing funds in every August 17 activity in the area around the company. PT Tomo and Son has succeeded in carrying out marketing public relations strategies so that it is able to build relationships with business partners in accordance with the targets to be achieved by the company. Abstrak. PT Tomo and Son memiliki bermacam produk dan jasa, salah satunya jasa training and education yang pernah berhenti beroperasi. PT Tomo and Son berupaya untuk mengaktifkan kembali jasa tersebut dengan menerapkan strategi yang pernah dilakukan, dan terus ingin menambah serta memperluas dalam membangun hubungan para mitra bisnis Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing public.relations dalam membangun hubungan mitra bisnis dengan menggunakan pull, push dan pass strategy. Konsep yang digunakan adalah strategi marketing public relations. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data primer adalah wawancara mendalam dengan tiga informan yaitu key informan SS, informan 1 MW dan informan 2 RH. Data sekunder didapat dari buku referensi, dokumen, dan website. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Tomo and Son berhasil dalam menerapkan strategi marketing public relations dalam membangun hubungan dengan para mitra bisnis. Strategi yang dilakukan menggunakan pull strategy dengan cara mendatangkan langsung para klien, promosi menggunakan email blast, player dan media sosial, serta melakukan sponsorship. Push strategy dengan menjaga hubungan baik kepada para klien dan memberikan kemudahan untuk para klien atau klien baru dalam mengakses informasi. Pass strategy dengan melakukan kegiatan sosial seperti menjadi donatur tetap di pondok pesantren, memberi santunan untuk anak yatim, melaksanakan donor darah, bekerja sama dengan perguruan tinggi, serta pemberian dana dalam setiap kegiatan 17 Agustus di daerah sekitar perusahaan. PT Tomo and Son sudah berhasil dalam melakukan strategi-strategi marketing public relations sehingga mampu membangun hubungan dengan para mitra bisnis sesuai dengan target yang ingin dicapai Perusahaan.
Personal Branding Cut Fatimah Didasarkan pada Representasi Followers Media Sosial Instagram @cutfatimahhh Livia Devi Octaviany; Yasser Fikry
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9610

Abstract

Abstract. With the advent of Instagram, new influencers have been born seeking public recognition. To become an influencer, of course, requires good personal branding in the eyes of the general public. Representation is an arrangement (shape or arrangement) that can represent, state or symbolize something by conveying or expressing something. The purpose of this study was to determine the personal branding based on the representation of Instagram Social Media Followers @cutfatimahhh. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. This study uses an interpretive paradigm. The results of this study are that Cut Fatimah maintains her personal branding by creating content that complies with norms and laws, creating quality content, and always reviewing comments made by netizens. According to informants, Cut Fatimah deserves to be called an influencer/celebgram because she really inspires her followers through content uploaded on her Instagram social media, namely mix and match simple hijab fashion. Cut Fatimah is certainly different from other celebrity programs both in terms of the quality of the content, the contents are in accordance with their characteristics. Cut Fatimah's personal branding through her Instagram social media has fulfilled 8 main concepts of personal branding, namely: Specialization (The Law of Specialization), Leadership (The Law of Leadership), Personality (The Law of Personality), Difference (The Law of Distinctiveness), Visible (The Law of Visibility), Unity (The Law of Unity), Firmness (The Law of Persistence), Good Name (The Law of Goodwill). Abstrak. Dengan munculnya Instagram, influencer baru telah lahir untuk mencari pengakuan publik. Untuk menjadi seorang influencer, tentu membutuhkan personal branding yang baik di mata masyarakat umum. Representasi adalah susunan (bentuk atau susunan) yang dapat mewakili, menyatakan atau menyimbolkan sesuatu dengan cara menyampaikan atau mengungkapkan sesuatu. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui personal branding didasarkan pada representasi Followers Media Sosial Instagram @cutfatimahhh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif. Hasil dari penelitian ini adalah Cut Fatimah mempertahankan personal brandingnya dengan cara membuat konten yang sesuai dengan norma dan hukum, membuat konten yang berkualitas, selalu mereview komentar-komentar yang dibuat oleh netizen. Menurut para informan, Cut Fatimah layak dikatakan sebagai influencer/selebgram karena sangat menginspirasi para followersnya melalui konten yang diunggah di media sosial Instagramnya yaitu mix and match fashion hijab simple. Cut Fatimah tentu berbeda dengan selebgram lainnya baik dari segi kualitas konten, isi konten sesuai dengan ciri khasnya. Personal branding Cut Fatimah melalui media sosial Instagramnya sudah memenuhi 8 konsep utama personal branding, yaitu Spesialisasi (The Law of Specialization), Kepemimpinan (The Law of Leadership), Kepribadian (The Law of Personality), Perbedaan (The Law of Distinctiveness), Terlihat (The Law of Visibility), Kesatuan (The Law of Unity), Keteguhan (The Law of Persistence), Nama Baik (The Law of Goodwill).
Pengaruh Konten Instagram terhadap Minat Beli Produk Erigo Luthfir Arqam; Medo Maulianza
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9611

Abstract

Abstract. The development of communication media today is inseparable from the current state of technology, especially digital media. One of the most popular digital media today is Instagram. The birth of Instagram as a medium of information in meeting their needs. This shows that Instagram can generate followers (followers) on someone's Instagram account and can make that person have the title of Influencer on digital media. Influencer is one of the marketing strategies in which a company invites an influencer to work together in creating interesting and interactive video content to increase brand awareness of a product offered to a specified target market. Therefore, the researcher wants to know the influence of Arief Muhammad's Instagram content on buying interest. The sample in this study was selected by the Convenience Sampling method with a total sample of 100 people. The analysis of the data used in this study consisted of a validity test, reliability test, and hypothesis testing. The results showed that there was an influence between Arief Muhammad's Instagram content on buying interest in Erigo products, this was proven by the results of the t-test value of 12.705 > t table 1.984 meaning Ha was accepted, this was also strengthened by the value of the coefficient of determination of 0.622, meaning 62, 2% buying interest is influenced by the variables in this study. Then the results of the validity show that the 12 question items are valid and the reliability test shows a result of 0.944 of the 12 question items, meaning that the data has strong validity. Abstrak. Perkembangan media komunikasi saat ini tidak terlepas dari kecanggihan teknologi saat ini khususnya media digital. Salah satu media digital popular saat ini adalah Instagram. Lahirnya Instagram sebagai media informasi dalam memenuhi kebutuhan mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa instagram dapat menghasilkan pengikut (followers) pada akun instagram seseorang dan dapat menjadikan orang tersebut memiliki gelar Influencer pada media digital. Influencer merupakan salah satu strategi pemasaran yang dimana sebuah perusahaan mengajak seorang influencer untuk bekerjasama dalam membuat video konten yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk yang ditawarkan kepada target pasar yang ditentukan. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahuibbagaimana pengaruh Konten Instagram Arief Muhammad terhadap Minat Beli. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode convenience sampling dengan total sampel berjumlah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konten Instagram arief Muhammad terhadap minat beli produk erigo, hal ini dibuktikan dengan hasil dari nilai uji t hitung 12,705 > t tabel 1.984 artinya Hditerima, hal tersebut juga diperkuat dengan adanya nilai koefisien determinasi sebesar 0,622 artinya sebesar 62,2% minat beli dipengaruhi oleh variabel dalam penelitian ini. Kemudian hasil dari validitas menunjukan bahwa 12 item pertanyaan valid dan uji reliabilitas menunjukan hasil sebesar 0.944 dari 12 item pertanyaan, artinya data tersebut memiliki keabsahan yang kuat.
Pengaruh Influencer terhadap Brand Awareness melalui Media Sosial Marina Srichasanah Siagian; Kurnia
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 3 No. 3 (2023): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/bcscm.v3i3.9612

Abstract

Abstract. Payment trends are currently growing, making the advertising competition increasingly carried out by each company. Considering that the communication channel that is actively used in promoting a brand is social media, the company functions Influencers as a source of communication to build awareness of the product being advertised. This study aims to find out how much influence an influencer has on brand awareness through social media. In this study, the approach used is a quantitative approach with a non-probabilistic sampling method. The research data was collected by using a purposive sampling technique with as many as 100 respondents in the population of social media followers @soniafergina on the Instagram platform. Sonia Fergina is one of the influencers in the lifestyle category, which is enabled by LinkAja in promoting LinkAja products in 2021. The data obtained in this study were drawn from an online questionnaire. The data analysis used in this study is a simple linear regression analysis using PLS. The results of this study indicate that the influence of influencers as business communicators through social media will significantly affect brand awareness. The use of influencers in promoting LinkAja digital wallet application products is considered effective, and able to provide accurate information about LinkAja products. However, significant influence can be obtained if influencers have the capability to share information related to LinkAja products, in order to attract the audience to know more about LinkAja products. Abstrak. Trend pembayaran yang kian berkembang saat ini, membuat semakin meningkatnya perlombaan beriklan yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Mengingat saluran komunikasi yang aktif digunakan dalam mempromosikan suatu brand adalah media sosial, maka perusahaan mengfungsikan Influencer sebagai source of communication untuk membangun kesadaran akan produk yang di iklankan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh seorang influencer terhadap brand awareness melalui media sosial. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode non-probabilistic sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan teknik purposive sampling melalui sebanyak 100 responden dalam populasi followers media sosial @soniafergina pada platform Instagram. Sonia Fergina merupakan salah satu influencer dengan kategori lifestyle, yang difungsikan oleh LinkAja dalam mempromosikan produk LinkAja pada tahun 2021. Perolehan data pada penelitian ini ditarik dari kuesioner online. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier sederhana dengan menggunakan PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh influencer sebagai komunikator bisnis melalui media sosial secara signifikan akan mempengaruhi brand awareness. Penggunaan influencer dalam mempromosikan produk aplikasi dompet digital LinkAja dinilai efektif, dapat memberikan informasi yang tepat mengenai produk LinkAja. Meski demikian, pengaruh yang signifikan bisa diperoleh jika influencer memiliki kapabilitas dalam membagikan informasi terkait produk LinkAja, agar menarik audience untuk mengetahui product LinkAja lebih jauh.

Page 1 of 2 | Total Record : 19