cover
Contact Name
Rochmat
Contact Email
jurnaltechnoump17@gmail.com
Phone
+62281636751
Journal Mail Official
jurnaltechnoump17@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran Banyumas Telp : (0281) 636751
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Techno
ISSN : 14108607     EISSN : 25799096     DOI : 10.30595/techno
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) adalah jurnal ilmu teknik yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu April dan Oktober. Tujuan penerbitan jurnal techno adalah mempublikasikan hasil penelitian, ide dan karya terbaru ilmu teknik. Scope ruang lingkup jurnal techno meliputi: Clean Energy Technology, Catalyst and Reaction Engineering, Environmental and Safety Technology, Food and Bioprocess Engineering, Fundamental of Chemical Engineering and Applied Chemistry, Industrial Chemical Engineering, Material Science and Engineering, Process and Control Engineering, Separation and Purification Technology, Structural Engineering, Construction Engineering, Material Engineering, Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Municipal or Urban Engineering, Transportation Engineering, Forensic Engineering, Geotechnical Engineering, Design Research considers the processes of shaping and making of places, Power System and Information Technolog, Industrial electronics, Sensors, Micro-machines and Robotics, Biomedical Electronics, Electronics and Electrical Engineering, Photonics and Optoelectronics, Wireless/Mobile Communication and Computing, Industrial electronics, Mechatronica, Signal processing, Image Processing, Network Security and Cryptography, Parallel and Distributing Computing, High-Performance Computing, Autonomic and Trusted Computing, Software Engineering and Knowledge Engineering, Artificial Intelligence and Machine Learning, Knowledge Discovery and Data Mining, Virtual Reality and Visualization, Biomedical Informatics and Computation, Information and Its Technical Education, Mobile and Ubiquitous Computing, Analytical smart big data.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016" : 10 Documents clear
PERBANDINGAN METODE TUNING PIDPADA PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC BERBASIS PROGRAMABLE LOGIC CONTROLER Itmi Hidayat Kurniawan; Latiful Hayat
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.77

Abstract

Dalam pengendalian proses di industri, algoritma kendali Proporsional Integral Differensial (PID) telah menjadi metode yang paling populer digunakan dalam pengendalian proses khususnya dalam sistem kendali dengan umpan balik. Parameter performansi yang diperhatikan dalam perancangan sistem kendali antara lain nilai maximum overshoot, error steady state, rise , settling time dan nilai Integral Absolute Error (IAE). Hal krusial yang berkaitan dengan penggunakan pengendali PID yaitu tuning atau pemberian parameter konstanta Proporsional (Kp), Integral (Ti) dan Derifatif (Kd) untuk mendapatkan respon sistem yang diinginkan. Penelitian ini merupakan studi awal tentang pemahaman watak dan unjuk kerja sistem kendali kecepatan motor DC dengan metode tuning yang sederhana algoritmanya. Dilakukan analisis perbandingan performansi metode tuning yang terdiri dari metode Ziegler-Nichols dan metode Trial-error dalam penentuan konstanta PID. Sistem ini akan digunakan dalam pengendalian kecepatan putaran motor DC yang banyak digunakan pada proses industri sampai dengan tahap penerapannya menggunakan Programmable Logic Controller. Berdasarkan hasil percobaan dengan Setpoint kecepatan motor DC sebesar 1400 RPM, unjuk kerja sistem kendali PID menggunakan tuning Trial-error dengan nilai Kp=100, Ti=1 dan Td=2. Diperoleh nilai rise-time sebesar 1 detik, nilai IAE sebesar 99 dengan karakteristik sistem yang stabil. Sedangkan menggunakan tuning Ziegler Nichols 2 dengan nilai Kp=210, Ti=2 dan Td=1, diperoleh nilai rise time sebesar 0,5 detik, nilai Integral Absolute Error (IAE) sebesar 599 tetapi memiliki nilai overshoot cukup besar. Respon sistem memperlihatkan karakteristik yang stabil. Hasil perbandingan unjuk kerja sistem kendali untuk plant kecepatan motor DC menunjukkan bahwa performansi sistem kendali menggunakan metode tuning trial-error memiliki nilai rise time lebih cepat, nilai overshoot yang cukup kecil dan karakteristik sistem yang stabil dibandingkan menggunakan metode Ziegler-Nichols. Kata kunci : kontroler PID, tuning ziegler nichols, programble logic controler
PENGARUH VARIASI BEBAN, WAKTU PENDINGINAN DAN TEMPERATUR RUANG TERHADAP PERFORMASI MESIN PENDINGIN Mastur Mastur; Khanif Setiyawan; Bambang Sugiantoro
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap waktu pendinginan dan temperatur di dalam ruang instalasi uji dengan menggunakan AC split kapasitas ½ PK, dan untuk mengetahui proporsi beban manakah yang menghasilkan laju aliran massa refrigerant, efek refrigerasi, daya kompressor, dan Coefficient of performance yang paling tinggi dari variasi beban lampu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lampu 100 watt, 200 watt, 300 watt, 400 watt, 500 watt. Sedangkan variabel terkaitnya adalah putaran tetap pada kompressor, jenis refrigerant 22, dinding ruang instalasi uji terbuat dari triplek. Data hasil pengujian dianalisis dengan teknik deskriptif dan hasil analisa ditampilkan dalam bentuk grafik. Penurunan temperatur didalam ruang instalasi uji menjadi lebih lambat, karena bertambahnya beban pendingin, disebabkan karena beban lampu yang lebih besar akan melepaskan panas yang lebih besar ke udara. Laju aliran massarefrigeranttertinggi pada beban lampu 500 watt yaitu 0,060556 kg/s, dalam waktu 8 menit. Efek refrigerasi tertinggi pada beban lampu 100 watt yaitu 202,702 kJ/kg, dalam waktu 20 menit.Daya kompressor tertinggi pada beban lampu 500 watt yaitu 0,701 Kw dalam waktu 8 menit.Coefficient of performance tertinggi pada beban lampu 300 watt yaitu 18,27979Kw dalam waktu 4 menit. Kata kunci :Refrigerant,Refrigerasi, Kompressor, Coefficient of performance.
METODE TOPOLOGI YANG OPTIMAL UNTUK MENGGUNAAN JARINGAN INTERNET MENYESUAIKAN KEBUTUHAN PENGGUNA Edy Kurniawan
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.74

Abstract

Komunikasi data antara server dan client tergantung pada model/topology jaringan, diantaranya adalah, (1) Jaringan Lokal, (2) Jaringan Internet. Akses data pada kedua jaringan tersebut mempunyai kecepatan dan besaran yang berbeda. Bercampurnya jalur data internal dan data internet berdampak pada kecepatan dan kenyamanan akses. Optimalisasi penggunaan bandwidth yang ada didasarkan pada kelompok pengguna (staf, tamu, bagian manajemen, pimpinan, pengguna biasa) bukan atas dasar jenis server yang dibuka (lokal/internet). Dari jalur yang ada tersebut dimanfaatkan untuk akses server internal maupun server di internet. Karena penggunaan data didasarkan pada kelompok pengguna bukan pada jenis server yang diakses, maka jaringan akan sering terbebani apabila digunakan untuk akses internet. Kecepatan akses internet banyak dipengaruhi oleh topologi pada jaringan yang ada. Pemilihan metode topologi serta metode akses oleh client sangat menentukan kelancaran dalam pemanfaatan akses layanan yang ada. Untuk optimalisasi jaringan maka menggunakan metode pemisahan didasarkan pada laman yang akan dibuka. Jika laman tersebut adalah laman lokal/internal maka jalur data yang digunakan berbeda dengan laman internet. Hal ini untuk dimaksudkan untuk memisahkan jalur penggunaan data yang sebenarnya oleh pengguna/client. Dengan pemisahan jalur penggunaan data ini akan memberikan dampak pada kenyamanan dan kecepatan yang didapat oleh pengguna. Kata kunci: Bandwidth, Optimalisasi, Topologi
IMPLEMENTASI SEMANTIC TRIP PLANNING DALAM PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PERENCANAAN PERJALANAN WISATA DI WILAYAH EKS-KARESIDENAN SURAKARTA Rosleini Ria Putri Zendrato; Adhie Tri Wahyudi; Bagus Ismail Adhi Wicaksana
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.3

Abstract

Perencanaan perjalanan wisata yang tidak tepat akan menyebabkan pemborosan biaya dan juga waktu perjalanan, bahkan gagal. Namun demikian, hingga saat ini, belum terdapat sebuah tools cerdas (misal: website) yang dapat membantu calon wisatawan membuat rencana perjalanan. Untuk membangun websitecerdas yang dimaksud, sebuah teknologi semantic web diterapkan untuk membentuk pengetahuan terkait relasi antar objek pariwisata di wilayah eks-karesidenan Surakarta. Metode prototyping digunakan pada perancangan aplikasi perencanaan wisata ini. Tahap pertama dimulai dengan analisis kinerja terhadap system yang sudah ada dan dilanjutkan dengan analisis kebutuhan calon wisatawan ketika membuat sebuah rencana perjalanan wisata. Langkah selanjutnya adalah perancangan model semantic sebagai representasi data lokasi wisata di wilayah eks-karesidenan Surakarta. Model semantic tersebut dipadukan dengan data sekunder seperti restoran, hotel, jarak, dan koordinat Global Positioning System (GPS) lokasi wisata. Algoritma Djikstra juga diterapkan untuk memperoleh rencana perjalanan wisata dengan rute terdekat. Hasil ujicoba memperlihatkan bahwa prototipe telah mampu menampilkan rencana perjalanan wisata di wilayah eks-karesidenan Surakarta, meliputi lokasi wisata utama dan keberadaan lokasi wisata sekitar yang masih memungkinkan untuk ditempuh oleh user (calon wisatawan). Kata Kunci : semantic web, prototype, sistem perencanaan perjalanan wisata
SISTEM PENCATATAN KEHADIRAN MAHASISWA DAN DOSEN SERTA PERHITUNGAN KOMPENSASI DI PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI POLITEKNIK NEGERI SEMARANG MENGGUNAKAN RFID DAN DIKIRIM MELALUI SMS GATEWAY Adiba Kamalia Putri; Sarono Widodo; Abu Hasan
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem absensi mahasiswa menggunakan RFID reader dan RFID tag dengan menambahkan perhitungan sanksi kompensasi ketika mahasiswa terlambat atau tidak hadir dalam perkuliahan dan adanya absensi dosen. Setiap RFID reader memiliki IP Address yang berbeda namun masih dalam satu class yang sama. Pengembangan juga dilakukan dengan menambahkan informasi kepada orang tua ketika jumlah ketidakhadiran mahasiswa sudah melampaui batas yang ditentukan sehingga dapat dikenai surat peringatan 1, 2, dan 3. Mahasiswa juga akan mendapat pemberitahuan jika jumlah ketidakhadirannya sudah melampaui batas yang ditentukan. Semua pemberitahuan tersebut dikirimkan melalui SMS Gateway secara realtime. Untuk pemberitahuan jika jumlah ketidakhadirannya sudah melampaui batas juga dikirimkan melalui email kepada mahasiswa dan kaprodi. Metode pengembangan dengan menambahkan aturan perhitungan kompensasi pada program RTEvent yang digunakan. Hasil dari pembuatan sistem ini adalah tersusunnya sistem pencatatan kehadiran mahasiswa dan dosen yang sudah dilengkapi dengan perhitungan kompensasi dan adanya pemberitahuan informasi kegitan belajar mengajar kepada orang tua dan kaprodi. Kata kunci : RFID reader, RFID tag, IP Address, pencatatan kehadiran, real time, SMS gateway
TINJAUAN TANAH SUBGRADE DI BAWAH BADAN JALAN TOL RUAS GEDAWANG-PENGGARON STA 6+200 SEMARANG JAWA TENGAH Ary Sismiani
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.75

Abstract

Tanah dasar (subgrade) dibawah tanah timbunan yang terletak pada STA 6+200 adalah claysilt . Di STA ini terjadi gerakan tanah di sisi badan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau karakteristik tanah subgrade yang terletak di bagian bawah sisi badan jalan tersebut dan keterkaitannya dengan gerakan tanah yang terjadi. Ada 5 variasi benda uji yang digunakan pada penelitian ini (dengan kadar air yang berbeda), yaitu 10,59% , 25,19% , 30,06% , 45,93% , dan 50,67%. Selanjutnya dilakukan uji sifat mekanis tanah, yaitu uji CBR (terendam dan tidak terendam air) dan uji geser langsung. Hasil uji yang diperoleh berupa nilai CBR terendam air (soaked) sebesar 5,55% (w=10,59%) , 2,43% (w=30,06%) , dan 1,04% (w=50,67%), sedangkan untuk CBR tak terendam air (unsoaked) adalah 12,25% , 8,67%, 6,24%, 1,73%, dan 1,39%. Dari hasil uji geser langsung didapatkan nilai kohesi dan sudut gesek internal sebagai berikut : nilai kohesi 0,20 kg/cm2, 0,55 kg/cm2, 0,57 kg/cm2, 0,28 kg/cm2 dan, 0,28 kg/cm2, sedangkan sudut gesek internal tanah 26,05º, 24,60º, 23,42º, 16,69º, dan 15,76º.Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai CBR yang memenuhi syarat untuk subgrade berada pada kadar air maksimum w 30,06% (SR 48,62% yaitu 6,24%, nilai kohesi dan sudut gesek internalnya adalah c 0,57 kg/cm2 dan  23,42º. Pada kadar air yang makin tinggi akan menyebabkan tanah claysilt tersebut mengalami penurunan kuat geser dan daya dukung tanah yang ditandai dengan makin kecilnya sudut gesek internal dan nilai CBR nya.Untuk meningkatkan parameter kuat geser tanah dan daya dukung tanah, maka perlu suatu upaya yang harus dilakukan untuk mempertahankan atau mengurangi kadar air tanah yang berlebih dengan cara mengurangi ekses tekanan air pori. Untuk itu direkomendasikan pembuatan drainase terbuka atau drainase permukaan memanjang pada pada kaki lereng. Kata kunci : claysilt, kadar air, daya dukung, kuat geser tanah
SAMPAH SEBAGAI CAMPURAN BAHAN BAKU PEMBUATAN BATA Tri Watiningsih
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.4

Abstract

Sampah adalah suatu bahan atau benda padat yang sudah tidak dipakai atau tidak digunakan lagi dalam suatu kegiatan manusia dan dibuang. Para ahli kesehatan masyarakat Amerika membuat batasan, sampah (waste) adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang, yang berasal dari kegiatan manusia, dan tidak terjadi dengan sendirinya. Dari batasan ini jelas bahwa sampah adalah merupakan hasil suatu kegiatan manusia yang dibuang karena sudah tidak berguna. Sehingga bukan semua benda padat yang tidak digunakan dan dibuang disebut sampah, misalnya : benda-benda alam, benda-benda yang keluar dari bumi akibat gunung meletus, pohon di hutan yang tumbang akibat angin rebut, dan sebagainya. Penelitian dilakukan melalui percobaan pengolahan limbah sampah baik sampah organik maupun non organik kecuali benda logam ataupun kaca sebagai bahan baku tutasam (batu bata sampah) dalam berbagai teknik dan komposisi pembuatan. Metode eksperimen menjadi pilihan dalam penelitian ini karena metode yabg digunakan akan membantu dalam pengekperimenan pengolahan limbah terhadap pembuatan batu bata sampah yang ramah lingkungan. Berdasarkan dukungan pustaka penampilan produksi batu bata hasil percobaan dapat diukur dan diamati maka dapat didekripsikan bagaimana pengolahan limbah sampah dapat meningkatkan nilai ekonomis dan menerapkan TTG (Teknologi Tepat Guna) yang merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah sampah. Kata kunci: Limbah sampah, Tutasam, hasil produksi, nilai ekononis, teknologi tepat guna, mengatasi masalah sampah
EFEK TRANSISI SHUTDOWN SEMI-AUTOGENOUS MILL DAN 3rd C-TYPE HARMONIC FILTER TERHADAP EFISIENSI DISTRIBUSI JARINGAN LISTRIK Wiwik Handajadi; Andry Saftiawan
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.80

Abstract

Isu-isu dan pertimbangan terkait dengan harmonik sering diabaikan. Dengan munculnya elektronika daya dan proliferasi beban non-linear dalam aplikasi daya industri, memiliki pengaruh terhadap karakteristik respon frekuensi sinusoidal. Distorsi steady state sinusoidal arus dan tegangan dengan beban nonlinier harus ambang batas ditoleransi. ANSI / IEEE Std 519-1992, merekomendasikan distorsi harmonik total (THD) tidak dapat melebihi 5%. Memuat dalam suatu sistem tidak selalu beroperasi dalam kondisi mapan dan beban penuh. Penjadwalan shutdown untuk tujuan pemeliharaan dalam studi kasus dinamika sistem merespon dengan karakter beban, ketika waktu interval antara SAG Mill shutdown untuk filter harmonik (3 C-Type HF) di Concentrator Distribusi Daya 11 kV PTNNT menyebabkan gangguan listrik. Gangguan yang muncul setiap periode shutdown dalam bentuk fluktuasi konten harmonik, pergeseran sudut fase, dan dominasi daya reaktif, yang berhubungan dengan penurunan efisiensi dan kualitas daya.Kondisi yang tidak memungkinkan untuk operasi jangka panjang, saat masa transisi dari shutdown, dianalisis dan dihitung dengan menggunakan program komputer ETAP versi 7.0.0. Hasil analisis setiap masa transisi akan dibandingkan dengan standar praktis yang direkomendasikan untuk operasi distribusi tenaga listrik untuk pabrik-pabrik industri. Kata kunci: THD, efisiensi dan kualitas daya, SAG Mill
ANALISA KELAYAKAN USAHA PRODUKSI PERMEN JELLY KOLANG KALING DI LIMBANGAN KENDAL Indah Hartati; Nugroho Widiasmadi; Renan Subantoro
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.76

Abstract

Kolang kaling merupakan salah satu produk dari tanaman aren. Peningkatan nilai ekonomi usaha pengolahan kolang kaling dapat dilakukan melalui diversifikasi produk kolang kaling dalam bentuk permen jelly kolang kaling. Penambahan kolang kaling pada formulasi pembuatan permen jelly kolang kaling merupakan salah satu usaha untuk mengurangi penggunaan senyawa pengental yang selama ini digunakan dalam proses produksi permen jelly. Kajian kelayakan usaha produksi permen jelly kolang kaling memiliki peran stategis dalam pengembangan usaha diversifikasi produk kolang kaling. Hasil perhitungan analisa finansial menunjukkan bahwa dari perhitungan laba/rugi rencana investasi usaha akan menghasilkan laba bersih sebesar Rp 592.035,00/bulan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa usaha permen jelly kolang kaling akan mencapai titik impas (BEP) apabila memproduksi dan menjual permen jelly kolang kaling sebanyak 41,7 kemasan atau senilai Rp 687.925 Kata kunci: permen jelly, kolang kaling, analisis financial
ANALISIS KEBUTUHAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA PURWOKERTO Juanita Juanita; Tito Pinandita
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i1.81

Abstract

Pelayanan akan angkutan umum bagi masyarakat kota dilihat dari kebutuhan armada sangat penting sekali. Keseimbangan antara permintaan akan angkutan umum dengan sediaan sarana yang ada diperlukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang layak, sedangkan bagi operator diperlukan dalam menutupi biaya operasional kendaraan yang telah dikeluarkan. Penelitian dilakukan di 29 trayek angkutan kota melalui survey jumlah penumpang, rute trayek, dan biaya operasional kendaraan. Berdasarkan analisis diperoleh 11 trayek kelebihan armada, 15 trayek kekurangan armada dan 3 trayek sudah sesuai dengan armada yang dioperasikan. Kata kunci : Kebutuhan, angkutan umum, trayek

Page 1 of 1 | Total Record : 10