cover
Contact Name
Suharjanto Utomo
Contact Email
suharjanto@unnur.ac.id
Phone
+6281322956015
Journal Mail Official
jurnal_fiki@unnur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika Universitas Nurtanio Bandung Jalan Pajajaran no 219 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 20872372     EISSN : 26567458     DOI : 10.56244
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tujuan untuk mempublikasikan penelitian dari para peneliti dalam bidang ilmu komputer, informatika, teknologi informasi, dan sistem informasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi" : 7 Documents clear
PEMBUATAN GAME SIDE SCROLLING 2D THE NAILA’S SURVIVAL BERBASIS ANDROID Nopi Ramsari; Gilang Ramadhan
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.447 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.310

Abstract

Game sebagai media hiburan telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya Teknologi. Para pengembang game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih menarik dengan cara meningkatkan kelincahan intelektual pada tingkat gamplay. Game dikembangkan dalam berbagai jenis, salah satunya adalah advanture game. Advanture game adalah cerita interakif tentang karakter protagonis, biasanya berupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan rintangan yang dihadapi. Berdasarkan kajian tersebut penulis tertarik untuk membuat game yang ber-genre advanture dengan sudut pandang side scrolling, berjudul “TheNeila’s Survival”. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah game sebagai media hiburan sekaligus melatih ketangkasan, kecepatan reaksi, ataupun kecerdasan berpikir pemainnya, didalam perancangan game ini, penulis menggunakan perangkat lunak Construct 2. Diharapkan dengan pembuatan game ini akan memberikan wacana baru tentang game dan menambah pengetahuan penulis tentang cara membuat suatu game.Kata kunci: Game, Side Scrollling, Advanture, Construct 2
SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN MATERIAL PROMOSI SPAREPART KE JARINGAN DEALER DI PT.DAYA ADICIPTA MOTORA Vonny Vonny
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.132 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.311

Abstract

Material promosi yang tersedia pada saat ini adalah berupa spanduk, umbul-umbul dan flag chain yang sudah disediakan pihak PT. Astra Honda Motor, namun pendistribusian yang sudah berjalan masih mengalami kendala. Kendala yang terjadi adalah pendistribusian yang tidak merata, kurangnya informasi mengenai material promosi yang tersedia dan data yang masih manual. Sehingga jaringan dealer kesulitan dalam mendapatkan material promosi ini.Berdasarkan masalah diatas untuk mempermudah jaringan dealer dalam mendapatkan informasi dan melakukan pengajuan permintaan Material Promosi yang dibutuhkan, maka akan dibangun sebuah website yang dapat memberikan informasi mengenai material promosi yang ada dan dapat langsung mengajukan permintaan ke pihak Distributor Utama. Website yang dibagun ini menggunakan Bahasa pemrograman HTML, PHP, Java Script, framework Code Ignater, dengan database MySql. Hasil yang didapat dari skripsi yang berjudul: “Sistem Informasi Pendistribusian Material Promosi Spare Part ke Jaringan Dealer di PT. Daya Adicipta Motora” adalah dapat membantu jaringan dealer dalam memberikan informasi dan kemudahan dalam melakukan permintaan material promosi (matprom). Bagian Promosi juga terbantu untuk melakukan pengontrolan stok barang, sehingga dapat mengantisipasi kekosongan stok.Kata kunci: Material Promosi, HTML, PHP, Java Script, Code Ignater, MySql
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI REKRUTMEN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SAW BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. ATEJA) Iswanto Iswanto; Abdul Azis Muslim
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.607 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.312

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu aset yang berharga dan elemen yang penting bagi perusahaan. Karyawan atau pegawai sebagai sumber daya manusia dalam perusahaan turut memberikan peran serta dalam keberhasilan perusahaan. Karena tanpa adanya karyawan sebagai sumber daya manusia maka tidak ada yang akan menggerakkan dan menjalankan fungsi bisnis perusahaan. Seiring dengan berkembangnya dunia bisnis dan teknologi, membuat suatu perusahaan mencari berbagai cara untuk mendapatkan sumber daya manusia yang potensial dan mempunyai kualifikasi sesuai kebutuhan organisasi. Oleh karena itu, perlu dibangun suatu aplikasiyang dapat membantu organisasi dalam mendapatkan sumber daya manusia yang potensial. Suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah apabila informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan tersedia dengan cepat, tepat dan berkualtias. Dengan adanya sumber informasi yang cukup, maka mencari pegawai pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya dapat dilakukan.Dalam pembuatan tugas akhir ini penulis akan membangun sistem informasi rekrutmen karyawan menggunakan metode SAW berbasis web di PT. Ateja menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta Apache Web Server. Selain itu, diharapkan dapat mewujudkan proses pengelolaan rekrutmen pegawai yang lebih baik, menciptakan sistem yang saling terintegrasi dengan baikKata Kunci: sumber daya manusia, metode SAW, rekrutmen karyawan di PT. Ateja
IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR DI BIDANG OTOMOTIF UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR MANUAL NON INJEKSI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB Zaenal Abidin
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.845 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.313

Abstract

Sepeda motor merupakan alat tranportasi yang banyak di minati oleh masyarakat Indonesia, namun tidak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak mengetahui kondisi sepeda motornya sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis, perancangan, dan pengimplementasian sistem pakar yang dapat mendiagnosa kerusakan sepeda motor, Analisis dilakukan dengan cara mewawancarai para pakar di bidang sepeda motor agar data yang di analisis bisa akurat. Sistem pakar yang di kembangkan dalam penyusunan tugas akhir ini menggunakan metode certainty factor yaitu metode untuk mengelola ketidakpastian dalam sistem berdasarkan aturan Hasil akhir perancangan tersebut menghasilkan Sistem pakar diagnosa kerusakan sepeda motor manual noninjeksi berbasis web yang diharapkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang memiliki sepeda motor manual non injeksi.Kata Kunci: sistem, pakar, sepeda, motor, certainty, factor
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM INFORMASI TRACER STUDY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN STANDARD ISO/IEC 9126 (STUDI KASUS: FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM - UPI) Iyan Sopian
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.478 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.314

Abstract

Universitas atau perguruan tinggi perlu melakukan perbaikan secara terus menerus akan kualitas dari suatu lulusan. Alumni atau lulusan akan menjadi salah satu tolok ukur akan keberhasilan suatu perguruan tinggi. Maka dari itu kualitas dari perguruan tinggi harus selalu dievaluasi dalam rangka mendapatkan akreditasi dari suatu badan akreditasi pemerintah. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi tracer study berbasis web menggunakan framework CodeIgniter dan menguji kualitas perangkat lunak dengan menggunakan standard ISO 9126 sehingga diketahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan sistem waterfall. Sedangkan untuk pengujian kualitas perangkat lunak berdasar standard ISO 9126 menggunakan 4 karakteristik, yakni karakteristik functionality, reliability, portability dan usability. Instrumen untuk pengujian functionality menggunakan metode black box testing, untuk pengujian reliability menggunakan software WebServer Stress Tool, untuk pengujian portability menggunakan software powermapper dan browserstack, sedang untuk pengujian usability menggunakan kuesioner dari J.R Lewis yang berisi 19 pertanyaan.Hasil pengujian sistem informasi tracer study dinyatakan layak dari segi functionality, dengan hasil 100% pada black box testing pada pengujian sub-karakteristik suitability dan accurancy, dan pada sub-karakteristik security sistem juga memenuhi syarat karena dinyatakan aman dari malware, website blackmail, injected SPAM, defacement, dan SQL Injection. Untuk karakteristik reliability, sistem juga berjalan dengan baik ketika diakses oleh 10 user secara bersamaan dengan waktu rata-rata 6 detik dengan tingkat keberhasilan akses sebesar 97,16%. Karakteristik usability sistem dinyatakan layak dengan hasil pengujian usability dengan metode Alpha Cronbach sebesar 87% dan nilai reliabilitas 0.931 Sedangkan untuk karakteristik portability, hasil pengujian 100% dengan interpretasi Sangat BaikKata Kunci: Tracer Study, CodeIgniter, Website, ISO 9126
PENCARIAN RUTE TRAYEK ANGKOT TERPENDEK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA DAN HAVERSINE FORMULA Tiofani Atsilahasna Labibah
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.878 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.315

Abstract

Sebuah aplikasi telah dialisis, dirancang, dan diimplementasi, aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Algoritma Dijkstra dan Formula Haversine. Tujuan Aplikasi ini adalah pencarian rute terpendek trayek dilakukan dengan menggunakan algoritma dijkstra sebagai algoritma pencarian jarak dan formula haversine untuk mencari jarak antara dua titik dengan koordinat latitude dan longitude pada GoogleMaps. Hasil dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk membantu orang-orang menggunakan transportasi secara efisien, dengan sampel angkot di Kota Bandung sebagai media penelitian. Untuk pengembagan mengintegrasikan 4 aplikasi: mobile-sensor, aplikasi-pengguna, manajemen-trayek dan server. Sistem dapat diimplementasi penuh ketika seluruh rute,verteks, dan mobile sensor telah tersedia.Kata Kunci: rute terpendek, trayek, angkot, algoritma dijkstra, formula haversine
PERAMALAN PENDAPATAN REKSA DANA DALAM SETAHUN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA Happrila Yuliana Jayanti
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.669 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.316

Abstract

Maraknya tren Reksa Dana di masyarakat, menimbulkan banyaknya perusahaan yang membangun investas Reksa Dana. Reksa Dana adalah salah satu jenis investasi yang paling mudah dikarenakan tidak perlunya kemampuan khusus dalam bidang investasi untuk para penanam modal. Tetapi sebagai pemodal juga perlu melihat grafik pendapatan Reksa Dana miliknya. Pendapatan ini dihasilkan oleh transaksi atau prilaku pemodal terhadap investasi tersebut. Sistem Peramalan Reksa Dana Dalam Setahun dapat membantu para pemodal untuk melihat laporan pendapatan Reksa Dana mereka dalam setahun berupa grafik, yaitu dengan diagram garis. Grafik ini membantu pemodal untuk mengambil keputusan atas investasinya tersebut.Kata kunci: reksa dana, regresi, peramalan

Page 1 of 1 | Total Record : 7